20+ Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2021, Bikin Baper!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 20 Agustus 2021, 16:00
Film romantis Indonesia menawarkan cerita yang bakal bikin baper. Tertarik? Berikut rekomendasi film Indonesia romantis terbaik dan terbaru 2021.

Film romantis Indonesia merupakan salah satu genre yang paling banyak digandrungi. Genre ini disukai oleh kalangan anak remaja hingga orang dewasa.

Apakah kamu termasuk salah satu penikmat film Indonesia dengan genre romantis yang bikin baper? Sedang bingung mencari film terbaik lainnya?

Tenang! Jaka akan menyajikan daftar film romantis Indonesia terbaik sepanjang masa dan terbaru di 2021 yang wajib banget kamu tonton!

Film Romantis Indonesia Terbaru 2021

Meskipun didominasi oleh film remaja, tapi rekomendasi di bawah ini worth it buat ditonton, kok. Buat kamu yang bosan nonton film barat romantis, langsung sikat, geng!

1. "Selesai"

Film "Selesai" menawarkan kisah plot konflik percintaan yang relate dengan kehidupan sehari-hari.

Film "Selesai" mengambil latar belakang keluarga Broto (Gading Marteen) dan Ayu (Ariel Tatum), pasangan muda yang berjuang hidup di tengah kemelut pandemi COVID-19.

Belum lagi, kebijakan lockdown yang diterapkan Pemerintah membuat kehidupan perekonomian mereka berada di ujung tanduk dan menimbulkan beragam konflik.

ADVERTISEMENT

Hal ini diperparah dengan kehadiran orang ketiga dalam rumah tangga mereka, yakni Anya (Anya Geraldine). Selama setahun, Broto menjalin hubungan terlarang dengan Anya.

Judul "Selesai"
Genre Romance
Rilis 13 Agustus 2021 (Indonesia)
Durasi 1 Jam 23 Menit
Sutradara Tompi
Produksi Beyoutiful Pictures
Pemain Ariel Tatum, Gading Marteen, Anya Geraldine, dkk

2. "Antares"

Film "Antares" sebenarnya merupakan adaptasi dari novel digital yang sudah dibaca jutaan orang.

Web series Indonesia terbaru ini berkisah tentang kisah cinta anak SMA, Zea (Beby Tsabina) dan Ares (Angga Yunanda).

Bermula dari Zea yang ingin menyelidiki keterlibatan Ares akan penyebab kakaknya koma karena kecelakaan. Ares sendiri sebenarnya adalah ketua geng motor Calderioz.

Hingga suatu ketika Zea menjadi murid baru salah satu SMA dimana Ares bersekolah. Ia kemudian mendekati Ares dengan maksud mengungkapkan apa yang menjadi pertanyaannya.

Mula-mula Zea sangat membenci Ares dan hanya mendekati atas dasar sebuah misi tersebut. Namun, cinta memang susah ditebak. Kebencian Zea kepada Ares malah berubah menjadi sebuah cinta dan berpacaran.

Judul "Antares"
Genre Drama, Romantis
Rilis 30 Juli 2021 (Indonesia)
Durasi 35 Menit Per Episode
Sutradara Rizal Mantovani
Produksi MD Entertainment
Pemain Beby Tsabina (Zea), Angga Yunanda (Ares), dkk

3. "A Perfect Fit"

Mau nonton film komedi romnatis Indonesia terbaru 2021? "A Perfect Fit" mungkin bisa menjadi salah satu pilihan menarik buat kamu tonton nih, geng.

Film ini sendiri menyoroti kisah asmara Saski (Nadya Arina), seorang fashion designer yang tidak sengaja bertemu dengan seorang pengusaha sepatu bernama Rio (Refal Hady).

Pertemuan itu pun tak disangka membuat Saski merasa dilema dengan rencana pernikahannya bersama Deni (Giorgino Abraham), seorang anak bangsawan di Bali yang sayangnya kerap bersifat kasar kepada dirinya.

Berbanding terbalik dengan Deni, Rio adalah sosok pria yang sopan dan sangat menghormati perempuan. Lantas, apakah pertemuannya itu membuat Saski akan membatalkan rencana pernikahannya dengan Deni?

Judul "A Perfect Fit"
Tayang 15 Juli 2021
Durasi 1 jam 52 menit
Produksi StarVision Plus
Sutradara Hadrah Daeng Ratu
Pemain Nadya Arina, Refal Hady, Giorgino Abraham, dkk
Genre Komedi, Drama, Romance
Rating 5.2/10 (IMDb.com)

4. "Devil on Top"

Rekomendasi film Indonesia romantis terbaru 2021 berikutnya yaitu "Devil on Top" yang rilis pada 25 Juni lalu dan ditayangkan di platform streaming Disney+ Hotstar.

Film ini bercerita tentang sekelompok karyawan di sebuah perusahaan yang berusaha untuk menggulingkan Sarah (Cinta Laura), wakil direktur mereka karena dianggap menurunkan produktivitas perusahaan.

Namun tanpa diduga, tumbuh perasaan cinta antara Sarah dengan Angga (Angga Yunanda), salah satu karyawan yang terlibat dalam misi tersebut.

Bagaimanakah kelanjutan kisahnya? Akankah Angga berhenti dalam misi tersebut dan mengutamakan perasaannya kepada Sarah?

Judul "Devil on Top"
Tayang 25 Juni 2021
Durasi 1 Jam 47 Menit
Produksi MD Pictures, Umbara Brothers Film
Sutradara Anggy Umbara
Pemain Angga Yunanda, Cinta Laura Kiehl, Kenny Agustin, dkk
Genre Drama, Komedi, Romantis
Rating 7.1/10 (IMDb.com)

5. "Karena Kamu Cuma Satu"

Film "Karena Kamu Cuma Satu" yang disutradarai oleh Indra Gunawan ini menampilkan akting Ayushita dan Kevin Ardilova.

Film ini berkisah tentang mahasiswa tingkat akhir yang merupakan anak dari pemilik bus metromini. Ia terlibat cinta yang rumit dengan keponakan pengacara terkenal.

Dua karakter utama ini pun berusaha mengembalikan cinta dan menyelesaikan permasalahan masing-masing. Apakah mereka akan bersatu?

Judul "Karena Kamu Cuma Satu"
Tayang 8 April 2021
Durasi -
Produksi KlikFilm Productions
Sutradara Indra Gunawan
Pemain Kevin Ardilova, Ayushita, Joe Project P, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating -

Film Romantis Indonesia Terbaru Lainnya...

6. "Geez & Ann"

Diadaptasi dari novel populer berjudul yang sama karya Rintik Sedu, film ini mengisahkan perjalanan cinta sepasang kekasih dalam menemukan arti hidup dan komitmen.

Semua bermula dari seorang gadis independen bernama Ann (Hanggini Purinda Retto) jatuh cinta dengan seorang pemuda misterius bernama Geez (Junior Roberts).

Dari sanalah, mereka mulai didewasakan oleh situasi dan kondisi di sekitar mereka yang sarat akan konflik. Berhasilkah mereka bertahan?

Judul "Geez & Ann"
Tayang 25 Februari 2021
Durasi 1 jam 45 menit
Produksi MVP Pictures
Sutradara Rizki Balki
Pemain Junior Roberts, Hanggini, Roy Sungkono, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 5.1/10 (IMDb)

7. "Layla Majnun"

'Layla Majnun' menampilkan premis ringan tentang kisah cinta yang terhalang oleh perjodohan dan ekspektasi dari orang-orang terdekat.

Film ini mengisahkan Layla (Acha Septriasa) yang merupakan seorang guru pesantren. Ia diterima menjadi dosen tamu di universitas bonafit di Azerbaijan.

Sebelum berangkat, teman Layla bernama Ibnu Salam (Baim Wong) yang merupakan calon bupati datang melamarnya karena sudah dijodohkan oleh pamannya.

Layla terpaksa menerima perjodohan asal ia diizinkan pergi di Azerbaijan. Di sana, ia bertemu mahasiswa bernama Samir (Reza Rahadian) yang jatuh hati padanya.

Judul "Layla Majnun"
Tayang 11 Februari 2021
Durasi 1 jam 59 menit
Produksi Starvision Plus
Sutradara Monty Tiwa
Pemain Acha Septriasa, Reza Rahadian, Baim Wong, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 6.3/10 (IMDb)

8. "Sobat Ambyar"

Kenangan tentang almarhum Didi Kempot diabadikan dalam film "Sobat Ambyar" yang disutradarai langsung oleh musisi campursari ini.

Film komedi terbaru ini menceritakan kisah cinta pemiliki kedai kopi, Jatmiko (Bhisma Mulia) yang bertemu seorang gadis bernama Saras (Denira Wiguna).

Pertemuannya dengan Saras menjadi pengalaman jatuh cinta pertama bagi Jatmiko. Sayang, ia juga harus mengalami patah hati untuk pertama kalinya hingga hidupnya berantakan.

Dengan slogan "Patah hati dijogeti", film ini tidak hanya mengajarkan penonton tentang move on, tapi juga mengingatkan bahwa patah hati adalah waktu untuk memperbaiki diri.

Judul "Sobat Ambyar"
Tayang 14 Januari 2021
Durasi 1 jam 41 menit
Produksi Magma Entertainment, Paragon Pictures, Rapi Films, Ideosource Entertainment
Sutradara Charles Gozali
Cast Bhisma Mulia, Denira Wiraguna, Fransisca Saraswati Puspa Dewi, dkk
Genre Komedi, Drama, Romansa
Rating 6.2/10 (IMDb)

9. "Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi"

"Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi" mempertemukan aktor yang sedang naik daun, Jefri Nichol dengan aktris pendatang baru, Aurora Ribero.

Kamu bakal menyaksikan perjuangan mereka dalam menemukan sebuah hubungan yang sesuai dengan diri mereka masing-masing, apakah itu cinta, atau hanya sebatas sahabat karib.

Buat kamu penggemar setia Jefri Nichol, kamu wajib banget nonton ini karena menjanjikan dialog yang hidup serta akting yang totalitas.

Judul "Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi"
Tayang 15 Oktober 2020
Durasi 1 jam 26 menit
Produksi IFI Sinema, Screenplay Films
Sutradara Lasja Fauzia
Pemain Jefri Nichol, Aurora Ribero, Axel Matthew Thomas, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 4.6/10 (IMDb)
Nonton Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi (2020) | Ketika Sahabat Jadi Cinta
Nonton film Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi dan saksikan perjuangan Jefri Nichol dalam menyatakan cintanya kepada sahabatnya sendiri.
LIHAT ARTIKEL

10. "Bucin"

Rilis perdana pada tanggal 18 September di platform streaming Netflix, Bucin berkisah tentang empat sahabat yang berusaha keluar dari hubungan asmara mereka.

Bahkan, karena alasan itu pula mereka memutuskan ikut kelas anti bucin agar tak lagi diperbudak oleh cinta.

Tuh, geng! Buat kamu yang masih sering kirimin mantan pacar kata-kata bucin, mending langsung tonton film yang satu ini, deh!

Judul "Bucin"
Tayang 18 September 2020
Durasi 1 jam 37 menit
Produksi Rapi Films
Sutradara Chandra Liow
Pemain Andovi Da Lopez, Jovial Da Lopez, Tommy Limm, dkk
Genre Komedi, Drama, Romansa
Rating |4.0/10 (IMDb)

11. "Mariposa"

Sumber foto: ekavfth.r (Mariposa merupakan salah satu film romantis Indonesia 2020 yang bakal bikin kamu baper setelah menontonnya).

Dibintangi dua aktor remaja berbakat Angga Yunanda dan Adhisty Zara, "Mariposa" mungkin bisa jadi salah satu pilihan buat kamu yang mau nonton di tahun 2021, nih!

Film bioskop Indonesia romantis ini merupakan hasil adaptasi cerita Wattpad SMA karya Luluk HF dengan judul serupa yang telah dibaca oleh jutaan pengguna.

"Mariposa" bercerita tentang kisah Acha (Adhisty Zara), sosok perempuan cantik, pintar, dan sempurna yang terus berusaha mengejar teman satu sekolahnya, Iqbal (Angga Yunanda).

Judul "Mariposa"
Tayang 12 Maret 2020
Durasi 1 jam 57 menit
Produksi Falcon Pictures
Sutradara Fajar Bustomi
Pemain Angga Yunanda, Adhisty Zara, Dannia Salsabila, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 8.3/10 (IMDb)

12. "Tersanjung: The Movie"

Diangkat dari salah satu sinetron Indonesia tahun 1998 hingga 2000-an, "Tersanjung: The Movie" menyajikan cerita yang lebih segar dan bisa dinikmati oleh generasi muda masa kini.

Film ini memfokuskan cerita pada sosok Yura (Clara Bernadeth), gadis malang yang terpaksa dijodohkan dengan lelaki dari keluarga kaya karena krisis ekonomi yang dialami oleh keluarganya.

Namun, suatu hari Yura harus menelan kenyataan pahit saat dirinya justru hampir diperkosa oleh calon suaminya tersebut.

Judul "Tersanjung: The Movie"
Tayang 19 Maret 2020
Durasi -
Produksi MVP Pictures, Dapur Film
Sutradara Pandu Adjisurya, Hanung Bramantyo
Pemain Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, Kevin Ardilova, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating -

13. "Teman Tapi Menikah 2"

Sumber foto: Falcon (Nggak nemu film komedi romantis Indonesia 2018 terbaik? Kalau gitu, tonton saja film Indonesia terbaik dengan genre romance satu ini).

Merupakan sekuel dari [film "Teman Tapi Menikah"(https://jalantikus.com/tips/nonton-download-gratis-film-teman-tapi-menikah/) yang rilis pada 2018, "Teman Tapi Menikah 2" menggandeng aktris muda Mawar Eva sebagai pemeran Ayu.

Melanjutkan cerita dari film sebelumnya, film ini mengisahkan Ayu (Mawar Eva) yang akhirnya hamil di saat ia dan Ditto (Adipati Dolken) belum puas menikmati momen sebagai pasangan baru.

Kepribadian Ayu yang mendadak berubah semenjak kehamilannya membuat pasangan ini sering bertengkar. Mampukah mereka menahan ego masing-masing untuk mempertahankan rumah tangganya?

Judul "Teman Tapi Menikah 2"
Tayang 27 Februari 2020
Durasi 1 jam 40 menit
Produksi Falcon Pictures
Sutradara Rako Prijanto
Pemain Adipati Dolken, Mawar Eva de Jongh, Vonny Cornellya, dkk
Genre Biografi, Drama, Romansa
Rating 7.6/10 (IMDb)
Nonton Film Teman Tapi Menikah 2, Drama Ayu Dan Ditto Berlanjut!
Penasaran dengan kelanjutan kisah Ayu dan Ditto di film ini? Yuk, nonton film Teman Tapi Menikah 2 (2020) full movie di sini!
LIHAT ARTIKEL

14. "Toko Barang Mantan"

Dirilis pada 20 Februari 2020, "Toko Barang Mantan" cocok buat kamu yang lagi cari film komedi romantis Indonesia, nih!

Film garapan sutradara Viva Westi ini bercerita tentang Tristan (Reza Rahadian) yang kembali bergelora semenjak bertemu dengan sang mantan, Laras (Marsha Timothy).

Pasalnya, Laras yang diketahui sudah bertunangan tiba-tiba datang ke toko barang mantan milik Tristan untuk menjual cincin pertunangannya tersebut.

Merasa memiliki kesempatan kedua, Tristan pun berusaha merebut kembali hati Laras dengan bantuan dua sahabatnya. Apakah usahanya akan berhasil?

Judul "Toko Barang Mantan"
Tayang 20 February 2020
Durasi 1 jam 38 menit
Produksi MNC Pictures
Sutradara Viva Westi
Pemain Reza Rahadian, Marsha Timothy, Iedil Dzuhrie Alaudin, dkk
Genre Komedi, Drama, Romansa
Rating 6.1/10 (IMDb)
Nonton Toko Barang Mantan (2020) | Film Romantis Tentang Mantan
Pingin tahu gimana Reza Rahadian kalau rambutnya gondrong? Yuk nonton film Toko Barang Mantan (2020) lewat link di artikel ini ya, geng.
LIHAT ARTIKEL

15. "Milea: Suara dari Dilan"

Merupakan sekuel dari film "Dilan 1990" dan Dilan 1991 yang sudah lebih dulu dirilis, "Milea: Suara dari Dilan" menyajikan kisah cerita yang nggak kalah bagus dari dua film sebelumnya.

Pasalnya, film ini mengambil sudut pandang Dilan dengan menampilkan hal-hal yang nggak pernah diceritakan baik di film "Dilan 1990" ataupun "Dilan 1991".

Film Indonesia yang diadaptasi dari novel best-seller karya Pidi Baiq ini masih dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla.

Judul "Milea: Suara dari Dilan'
Tayang 13 Februari 2020
Durasi 1 jam 42 menit
Produksi Max Pictures
Sutradara Fajar Bustomi, Pidi Baiq
Pemain Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, Vanesha Prescilla, Ira Wibowo, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 6.1/10 (IMDb)
Nonton Film Milea: Suara Dari Dilan (2020), Kandasnya Tali Asmara!
Penasaran dengan kelanjutan kisah Dilan dan Milea di film ini? Yuk, nonton film Milea: Suara dari Dilan (2020) full movie di sini!
LIHAT ARTIKEL

16. "Nikah Yuk!"

Kalian yang berumur 20-an pasti sudah mulai mendengar pertanyaan "kapan nikah?" setiap kali ada acara perkumpulan keluarga seperti yang ditunjukkan di film "Nikah Yuk!".

Di film ini kita bertemu dengan Arya (Marcell Darwin), seorang fotografer profesional yang memilih untuk fokus di karirnya alih-alih membangun keluarga.

Hal ini menjadi sumber konflik antara Arya dan keluarganya yang terus memaksa Arya untuk menikah cepat karena trauma telah menikah di masa senja.

Namun, pandangan Arya berubah ketika dia jatuh cinta dengan Lia (Yuki Kato), seorang komikus yang membuat Arya berpikir dua kali tentang pernikahan.

Dengan latar negeri matahari terbit Jepang yang penuh teknologi aneh, kamu juga dijamin akan terbuai oleh pemandangan bunga Sakura yang indah, geng!

Judul "Nikah Yuk!"
Tayang 6 Februari 2020
Durasi 1 jam 34 menit
Produksi Lens Cinema
Sutradara Adhe Dharmastriya
Pemain Marcell Darwin, Yuki Kato, Roy Marten, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 6.9/10 (IMDb)

17. "Temen Kondangan"

Film "Temen Kondangan" mengadopsi ide cerita yang cukup relatable dengan kehidupan orang-orang zaman sekarang.

Film ini mengisahkan tentang Putri (Prisia Nasution) yang menerima undangan dari sang mantan, Dheni (Samuel Rizal), dan berniat datang untuk membuktikan bahwa ia sudah move-on.

Namun, Putri nggak ingin datang sendiri sehingga dia harus mengundang tiga cowok berbeda dengan harapan bahwa salah satu dari mereka ada yang bersedia menjadi teman kondangannya.

Sayang, semuanya terjadi di luar ekspektasi Putri. Ketiga cowok tersebut tanpa diduga-duga hadir secara bersamaan yang membuat suasana menjadi kacau.

Judul "Temen Kondangan"
Tayang 30 Januari 2020
Durasi 1 jam 26 menit
Produksi MNC Pictures
Sutradara Iip Sariful Hanan
Pemain Prisia Nasution, Gading Marten, Kevin Julio, dkk
Genre Komedi, Drama
Rating 6.0/10 (IMDb)

Film Romantis Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Daftar film Indonesia romantis di bawah ini merupakan film yang dirilis mulai awal 2000-an, hingga di periode 2018 sampai 2019.

1. "Dua Garis Biru"

Dua Garis Biru bisa dibilang sebagai film Indonesia romantis 2019 yang menjadi buah bibir. Selain karena ceritanya yang kontroversial, akting Zara JKT48 juga berhasil mencuri perhatian.

Ia berperan sebagai Dara, seorang siswa SMA yang memiliki kekasih bernama Bima (Angga Aldi Yunanda). Mereka berdua memadu kasih hingga melakukan hal terlarang.

Akibatnya, Dara yang masih belia pun harus hamil di luar nikah. Keduanya pun dihadapkan pada kehidupan yang tak terbayangkan bagi anak seusia mereka.

Judul "Dua Garis Biru"
Tayang 11 Juli 2019
Durasi 1 jam 53 menit
Produksi Starvision

Wahana Kreator Nusantara
Sutradara Ginatri S. Noer
Pemain Adhisty Zara, Angga Yunanda, Cut Mini Theo, dll
Genre Drama, Keluarga
Rating 8.0/10 (IMDb)

2. "Imperfect"

Di dunia yang penuh dengan selebgram dan kaum-kaum Senoparty, wajar bagi kita-kita rakyat jelata merasa insecure sedikit.

Konsep ini yang diangkat oleh sutradara Ernest Prakasa di film Indonesia romantis komedi Imperfect yang diangkat dari novel karya istrinya, Meira Anastasia.

Di film ini, kita bertemu dengan Rara (Jessica Milla), seorang wanita gemuk dan rakus yang menjadi korban body shaming di perusahaan tempat dia bekerja.

Meskipun begitu, Dika (Reza Rahadian), bisa melihat kecantikan Rara yang sebenarnya dan tetap setia menjadi pacar Rara, geng!

Judul "Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan"
Tayang 19 Desember 2019
Durasi 1 jam 53 menit
Produksi StarVision
Sutradara Ernest Prakasa
Pemain Jessica Mila, Reza Rahadian, Yasmin Napper, dkk
Genre Komedi, Drama, Keluarga
Rating 8.1/10 (IMDb)
Nonton Film Imperfect (2019) | Ketika Fisik Menjadi Bahan Bully
Nonton film Imperfect di tahun 2020? Kenapa gak? Kamu bisa nonton dan download film Imperfect (2019) full movie di sini!
LIHAT ARTIKEL

3. "Dilan 1990"

"Dilan 1990" diangkat dari sebuah novel best-seller karya Pidi Baiq yang berjudul sama. Film ini bercerita tentang Milea (Vanesha Prescilla) yang pindah ke Bandung.

Di sekolah, ia bertemu dengan Dilan (Iqbal Ramadhan). Karakter Dilan yang unik membuat Milea lama kelamaan menjadi tertarik dengannya.

Cara-cara yang digunakan Dilan untuk mendekati Milea juga berbeda dengan laki-laki lainnya. Salah satunya adalah menggunakan kata-kata romantis nan puitis yang langsung melekat di hati Milea.

Pada akhirnya, Milea memutuskan pacarnya yang di Jakarta dan hal tersebut membuat hubungannya dengan Dilan semakin akrab.

Tentu tidak ada yang selalu mulus. Banyak sekali cobaan yang menghampiri mereka berdua. Apalagi, Dilan merupakan ketua geng motor di Bandung.

Judul "Dilan 1990"
Tayang 25 Januari 2018
Durasi 1 jam 50 menit
Produksi Max Pictures, Maxima Pictures, Falcon Pictures
Sutradara Fajar Bustomi
Pemain Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Yoriko Angeline, dll
Genre Drama
Rating 7.3/10 (IMDb)

4. "Surat Cinta Untuk Starla"

Sumber foto: Screenplay Films (Surat Cinta Untuk Starla adalah salah satu film Indonesia romantis yang bikin nangis penonton).

Film ini diangkat dari lagu romantis ciptaan Virgoun berjudul sama, yakni "Surat Cinta Untuk Starla the Movie" yang diangkat ke layar lebar.

Film Indonesia romantis 2017 ini menceritakan tentang seorang laki-laki bernama Hema (Jefri Nichol) yang terobsesi pada alam.

Obsesinya tersebut membuatnya sering menuliskan surat cinta untuk alam dengan menggunakan mesin tik peninggalan kakeknya yang seorang jurnalis pada masanya.

Suatu ketika, Hema berkenalan dengan Starla (Caitlin Halderman), seorang perempuan yang berhasil membuatnya jatuh cinta pertama kali hanya dalam waktu 6 jam.

Untuk pertama kalinya, Hema sadar bahwa surat cinta untuk Starla lebih indah dari surat cinta yang ia tulis untuk alam.

Sayang, ketika hubungan mereka semakin dekat, tiba-tiba Starla memutuskan untuk menjauh dan menyuruh Hema melupakan 6 jam kisah mereka.

Judul "Surat Cinta Untuk Starla the Movie"
Tayang 28 Desember 2017
Durasi 1 jam 30 menit
Produksi Screenplay Films, Lecagy Pictures
Sutradara Rudi Aryanto
Pemain Jefri Nichol, Caitlin Halderman, Salshabilla Adriani, dll
Genre Drama
Rating 7.1/10 (IMDb)

5. "Posesif"

Bukan, bukan judul lagunya Naif yang terkenal itu, geng! "Posesif" merupakan salah satu judul film yang sukses bikin penontonnya baper.

Film ini bercerita tentang kisah asmara antara dua remaja bernama Lala (Putri Marino) dan Yudhis (Adipati Dolken) yang bersekolah di SMA yang sama.

Lala merupakan atlet lompat indah yang harus mengalami naik turunnya kehidupan setelah bertemu dengan Yudhis sebagai cinta pertamanya.

Perlahan-lahan Lala mulai terseret kehidupan baru yang sama sekali berbeda dengan kehidupannya selama ini.

Judul "Posesif"
Tayang 26 Oktober 2017
Durasi 1 jam 42 menit
Produksi Palari Films, Phoenix Films
Sutradara Edwin
Pemain Putri Marino, Adipati Dolken, Griselda Agatha, dll
Genre Drama, Romansa
Rating 7.3/10 (IMDb)

Film Romantis Indonesia Terbaik Lainnya...

6. "Rudy Habibie"

Diangkat dari buku karya Gina S. Noer berjudul Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner, "Rudy Habibie" merupakan prekuel film Habibie & Ainun karya Hanung Bramantyo.

Film biografi ini menceritakan masa muda Habibie (Reza Rahadian) sewaktu kuliah di Jerman bersama teman-temannya yang juga berasal dari Indonesia.

Di sana, ia bertemu dengan Ilona Ianovska (Chelsea Islan), seorang wanita asal Polandia yang sempat Habibie cintai sebelum bertemu dengan Ainun.

Film ini menggambarkan perjuangan Habibie di Jerman sebagai pemuda dengan cita-cita memajukan Indonesia, meskipun halangan yang merintangi begitu banyak.

Judul "Rudy Habibie"
Tayang 30 Juni 2016
Durasi 2 jam 4 menit
Produksi MD Entertainment
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Reza Rahadian, Millane Fernandez, Chelsea Islan, dll
Genre Drama, Romansa
Rating 7.5/10 (IMDb)

7. "Ada Apa dengan Cinta? 2"

Sumber foto: Miles Films (Bingung mau nonton film romantis Indonesia apaan? Ada Apa dengan Cinta 2 mungkin bisa jadi salah satu pilihan terbaiknya).

Hadir 14 tahun setelah seri pertamanya, "Ada Apa dengan Cinta? 2" (AADC 2) nggak kalah populer dari seri pertamanya, loh!

Cinta (Dian Sastrowardoyo) telah tumbuh dewasa dan ia memiliki Kafe Seni Pop Mini di Jakarta. Di sisi lain, Rangga (Nicholas Saputra) adalah co-owner dari kedai kopi di New York City.

Setelah didesak oleh adik tirinya, Rangga memutuskan kembali ke Indonesia untuk mengunjungi ibunya sekaligus bertemu dengan Cinta.

Sayangnya, Cinta tengah berada di Yogyakarta untuk berlibur bersama geng SMA-nya. Rangga pun memutuskan untuk mengejar hingga akhirnya mereka bertemu meski Cinta sempat menolak.

Judul "Ada Apa dengan Cinta? 2"
Tayang 28 April 2016
Durasi 2 jam 3 menit
Produksi Miles Films, Legacy Pictures
Sutradara Riri Riza
Pemain Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Titi Kamal, dll
Genre Drama, Komedi, Romansa
Rating 7.4/10 (IMDb)

8. "Habibie & Ainun"

Terinspirasi dari buku tulisan Habibie sendiri yang berjudul sama, "Habibie & Ainun" menceritakan tentang perjalanan cinta sang presiden ketiga Indonesia dengan istrinya, Ainun.

Habibie (Reza Rahadian) merupakan ahli pesawat terbang yang bercita-cita membuat pesawat untuk negaranya. Ia bertemu dengan teman SMP-nya, Ainun (Bunga Citra Lestari), di Bandung.

Ainun yang sempat diejek oleh Habibie di masa lalu ternyata membuat Habibie jatuh cinta dan memutuskan untuk melamarnya.

Mereka pun akhirnya berjuang bersama untuk bisa merealisasikan mimpi Habibie. Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Akan tetapi, semua hal memiliki batasnya sendiri.

Judul "Habibie & Ainun"
Tayang 20 Desember 2012
Durasi 2 jam 00 menit
Produksi MD Pictures
Sutradara Faozan Rizal
Pemain Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, dll
Genre Drama, Romansa, Biografi
Rating 7.6/10 (IMDb)

9. "Ayat-Ayat Cinta"

Selanjutnya, Jaka ingin membahas film Indonesia Islami romantis "Ayat-Ayat Cinta" yang menceritakan naik-turunnya permasalahan hidup.

Fahri (Fedi Nuril), seorang mahasiswa yang sedang berusaha meraih gelar masternya di Al-Azhar, Mesir, harus berhadapan dengan banyak wanita.

Sebagai laki-laki yang memegang teguh ajaran Islam, ia tidak mau pacaran sebelum menikah. Prinsipnya diuji dengan beberapa wanita yang ia temui di Negeri Piramida.

Ia bertemu Maria Girgis (Carissa Puteri), tetangga satu flat yang beragama Kristen namun mengagumi Al-Quran. Ia juga bertemu Nurul (Melanie Putria), seorang anak kyai yang jatuh hati kepadanya.

Lalu ada Noura (Zaskia Adya Mecca) yang sering disiksa ayahnya sendiri dan mendapatkan empati dari Fahri.

Terakhir adalah Aisha (Rianti Cartwright) yang membuat ia jatuh cinta kepada Fahri karena suatu peristiwa. Lantas, kepada siapakah Fahri menaruh hati?

Judul "Ayat-Ayat Cinta"
Tayang 28 Februari 2008
Durasi 2 jam 10 menit
Produksi MD Pictures
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Dennis Adhiswara, dll
Genre Drama, Romansa
Rating 7.1/10 (IMDb)

10. "Ada Apa dengan Cinta?"

Salah satu film Indonesia terbaik yang menjadi momen kebangkitan perfilman Indonesia selain Petualangan Sherina adalah "Ada Apa dengan Cinta?" garapan Rudi Soedjarwo.

Film ini berpusat pada seorang anak SMA bernama Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang populer bersama teman-teman satu gengnya seperti Maura (Titi Kamal) dan Milly (Sissy Priscillia).

Pertemuan pertamanya dengan Rangga (Nicholas Saputra) terjadi ketika ia gagal dalam sebuah kompetisi puisi di sekolah, di mana Rangga berhasil mengalahkannya.

Berawal dari saling tidak suka, muncul perasaan cinta dari kedua remaja ini. Hanya saja, Cinta harus mengorbankan kepercayaan teman-temannya demi menghabiskan waktu dengan Rangga.

Judul "Ada Apa dengan Cinta?"
Tayang 8 Februari 2002
Durasi 1 jam 52 menit
Produksi Miles Productions
Sutradara Rudy Soedjarwo
Pemain Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Ladya Cheryl, dll
Genre Drama, Romansa
Rating 7.8/10 (IMDb)

Akhir Kata

Nah, itulah rekomendasi film romantis Indonesia terbaik dan terbaru 2021 yang wajib kamu tonton. Ceritanya dijamin seru dan bakal bikin baper, deh!

Apakah kamu setuju dengan daftar tersebut? Apalagi kalau kamu punya rekomendasi lainnya, tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film Romantis atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Prima Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT

7 Adegan Konyol & Klise yang Ada di Film Romantis, Gak Masuk Akal Banget!

7 Film Romantis Terburuk Sepanjang Masa, Gak Bikin Baper Sama Sekali!

20 Film Korea Komedi Romantis Terbaik & Terbaru 2020, Bikin Baper!

25+ Film Indonesia Terbaik & Terbaru 2021 | Banyak Drama Romantis!

Daftar Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2021, Wajib Nonton!

15 Situs Download Film Terbaik & Legal 2021, Lengkap Banget!

undefined
Kembali Keatas