51 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Update 2022)

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 29 April 2022, 13:00
Berikut ini film Indonesia terbaik sepanjang masa hingga 2022 (genre action, romantis, comedy, dll). Simak selengkapnya di sini!

Film terbaik Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan film buatan Hollywood. Alur cerita dan pengembangan karakter yang dibawakan di dalam film terasa natural.

Mulai dari film komedi, horor, bahkan komedi romantis semuanya bisa menghibur kamu. Bahkan, kualitas dari jajaran film yang dibuat nggak perlu diragukan lagi. Contohnya, kamu bisa simak ulasan Jaka mengenai genre film tersebut di artikel Jaka berjudul Daftar Film Indonesia Terbaik & Terbaru 2022.

Tahun telah berganti, tentunya kamu wajib nonton film Indonesia terbaik di sepanjang masa. Gak perlu bingung buat mencari tahu mana aja film yang wajib kamu tonton.

Soalnya, Jaka sudah menyiapkan rekomendasi film Indonesia terbaik sepanjang masa yang sayang buat kamu lewatkan. Film yang Jaka rekomendasaikan itu merupakan film Indonesia terbaik dan terbaru pilihan tim JalanTikus yang wajib banget kamu tonton! Check it out!

DISCLAIMER:

Data film Indonesia terbaik berdasarkan jumlah penonton ini dilansir dari situs FilmIndonesia.or.id yang tayang tahun 2003-2022 (data ter-update hingga Februari 2022).

Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Lagi cari tontonan yang masih fresh dan punya jalan cerita apik? Kalau begitu, beberapa film Indonesia terbaik berikut ini wajib masuk watch list kamu!

Tidak hanya ceritanya saja yang bikin penasaran, tapi para pemeran di dalamnya pun sukses membuat filmnya semakin menarik dan disukai banyak orang.

ADVERTISEMENT

1. "Jakarta vs Everybody" (2022)

Berkisah tentang kehidupan Dom (Jefri Nichol) yang sedang berjuang mewujudkan mimpinya, film "Jakarta vs Everybody" (2022) menjadi film Indonesia terbaik sepanjang masa yang begitu populer di kalangan pecinta film Tanah Air.

Film yang syuting pada tahun 2019 dan baru dirilis pertengahan bulan Maret 2022 lalu itu punya pesan moral yang sangat dalam.

Dom ditampar oleh kehidupan bahwa untuk mewujudkan impian nggak cukup hanya sekadar niat saja. Dia harus siap jatuh sampai terlibat dalam dunia hitam, yaitu industri perdagangan narkoba. Lantas, gimana nasib Dom?

Judul "Jakarta vs Everybody"
Genre Drama
Durasi 1 Jam 40 Menit
Tayang 17 Maret 2022 (Indonesia)
Produksi Pratama Pradana Picture
Sutradara Ertanto Robby Soediskam
Pemain Jefri Nichol(Dom), Wulan Guritno(Pinkan), Ganindra Bimo(Radit),dkk
Nonton Film Jakarta Vs Everybody (2021), Kisah Kurir Narkoba Dan Kerasnya Ibukota
Mengangkat lika-liku kerasnya kehidupan di ibukota, bikin Jakarta vs Everybody layak untuk kamu saksikan. Sebelumnya, simak sinopsis dan faktanya dulu, yuk!
LIHAT ARTIKEL

2. "Baby Blues" (2022)

"Baby Blues" (2022) merupakan film Indonesia terbaik bergenre comedy-drama yang menceritakan tentang kehidupan sepasang suami dan istri setelah mempunyai bayi.

Sang suami bernama Dika (Vino G. Bastian) dan istrinya bernama Dinda (Aur lie Moeremans). Mereka berdua merasa ada yang tidak beres pada kehidupan rumah tangganya.

Setelah mendapatkan anak pertama, mereka berdua sering bertengkar. Dinda pun mengalami baby blues syndrom yang membuat emosinya sering tidak stabil.

Namun, di tengah pertengkaran yang sering terjadi, Dika dan Dinda merasakan bahwa jiwanya tertukar.

Judul "Baby Blues"
Genre Drama, Comedy
Durasi 1 Jam 40 menit
Tayang 29 Maret 2022 (Indonesia)
Directors Andi Bachtiar Yusuf
Pemain urelie Moeremans, Vino G Bastian, Ratna Riantiarno, Mathias Muchus, Rigen Rakelna, Abdurrahman Arif

3. "The Other Side" (2022)

"The Other Side" bercerita tentang Alea (Davina Karamoy), seorang remaja asal Jakarta, yang memutuskan pindah sekolah ke Kota Kembang, Bandung, demi memulihkan hatinya yang luka. Ia meminta kepada orangtuanya untuk pindah ke sekolah di kota tersebut.

Setelah mengetahui bahwa dia diselingkuhi pacarnya, Ale pun tegas untuk move on. Namun, setelah pindah ke Bandung, hatinya bukan malah sembuh, malahan harus jatuh ke lubang yang sama.

Dia jatuh cinta kepada wakil ketua OSIS yang ternyata sudah mempunyai tambatan hati.

Meskipun bergenre drama asmara remaja, tetapi banyak pesan moral yang bakalan kamu dapatkan dari film ini. Ada pesan buat dirimu sebagai remaja maupun orang tua.

Judul "The Other Side"
Tayang 17 Maret 2022
Durasi 134 menit (2 jam 14 menit)
Produksi Lingkar Pictures
Sutradara Girry Pratama
Pemain Davina Karamoy, Bryan Andrew, Sandy Pradana, Pamela Bowie, Amel Carla, dan masih banyak lagi
Genre Drama, Romantis
Nonton Film The Other Side (2022), Perjalanan Move On Yang Kompleks
Sinopsis dan link nonton The Other Side (2022) tersedia di sini. Film drama romantis tersebut dapat menjadi tontonan sekaligus tuntunan untukmu, lho.
LIHAT ARTIKEL

4. "Cinta Pertama, Kedua, Ketiga" (2022)

Film ini merupakan film pertama yang Jaka tonton di bioskop di tahun 2022, geng. Film terbaru dari sutradara Dua Garis Biru, Gina S. Noer ini pun benar-benar meninggalkan kesan mendalam.

Film drama keluarga ini mengisahkan Raja (Angga Yunanda) dan Asia (Putri Marino) yang sama-sama jadi sandwich generation. Mereka punya kewajiban mengurus orang tua mereka satu-satunya di tengah pandemi Covid.

Ayah Raja bernama Dewa (Slamet Rahardjo) dan ibu Asia bernama Linda (Ira Wibowo) berkenalan dan jatuh cinta. Tak disangka, Raja dan Asia pun juga ikutan jatuh cinta.

Elemen drama keluarga dan percintaan dikemas dengan apik. Menyentuh ranah keluarga yang sensitif banget, dan disertai dengan soundtrack ciamik yang membuat film ini sayang buat dilewatkan.

Judul "Cinta Pertama, Kedua & Ketiga"
Tayang 6 Januari 2022
Durasi 1 Jam 45 Menit
Produksi Kharisma Starvision Plus, Wahana Kreator Nusantara
Sutradara Gina S. Noer
Pemain Angga Yunanda, Putri Marino, Slamet Rahardjo, Ira Wibowo, dkk
Genre Drama, Keluarga, Romantis

5. "Dear Nathan: Thank You Salma" (2022)

"Dear Nathan: Thank You Salma" dianggap jadi penutup terbaik dari trilogi adaptasi novel Wattpad Dear Nathan karena gak hanya mengangkat kisah cinta Nathan (Jefri Nichol) dan Salma (Amanda Rawles) tapi juga tentang isu penting pelecehan seksual di kampus.

Diceritakan Nathan dan Salma mulai berkuliah. Hubungan mereka pun perlahan menjauh karena perbedaan sifat dan aktivitas mereka di kampus. Nathan jadi aktivis, sementara Salma memilih berekspresi secara digital.

Kondisi semakin rumit ketika Nathan diminta untuk membantu temannya yang jadi korban pelecehan seksual. Sementara Salma jadi dekat dengan seorang musisi bernama Afkar (Ardhito Pramono).

Judul "Dear Nathan: Thank You Salma"
Tayang 13 Januari 2022
Durasi 1 Jam 52 Menit
Produksi Rapi Films, Screenplay Films
Sutradara Kuntz Agus
Pemain Amanda Rawles, Jefri Nichol, Ardhito Pramono, dkk
Genre Drama, Romantis
Nonton Dear Nathan: Thank You Salma (2022), Lebih Dari Sekadar Penutup Kisah Cinta Remaja
Sinopsis dan link nonton Dear Nathan: Hello Salma. Angkat kisah kekerasan seksual yang relate dengan remaja. Simak selengkapnya di sini!
LIHAT ARTIKEL

6. "Kukira Kau Rumah" (2022)

Nah, film yang satu ini sedang cukup trending beberapa waktu lalu dan berhasil mendapatkan lebih dari 1,5 juta penonton bahkan di masa pandemi.

"Kukira Kau Rumah" adalah film drama romantis yang jadi debut sutradara muda Umay Shahab. Film ini diadaptasi dari lagu berjudul sama dari musisi Amigdala.

Film ini mengangkat tema mental illness, tepatnya tentang bipolar disorder yang diderita karakter Niskala (Prilly Latuconsina).

Kita akan diajak melihat kehidupan Niskala yang berusaha untuk bisa berkuliah dan bergaul dengan normal. Sampai akhirnya ia jatuh cinta dengan musisi penyendiri bernama Pram (Jourdy Pranata).

Judul "Kukira Kau Rumah"
Tayang 3 Februari 2022
Durasi 1 Jam 30 Menit
Produksi Sinemaku Pictures
Sutradara Umay Shahab
Pemain Prilly Latuconsina, Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, dkk
Genre Drama, Romantis, Psikologis
Nonton Film Kukira Kau Rumah (2022), Angkat Tema Kesehatan Mental Diadaptasi Dari Lagu Amigdala
Sinopsis & link nonton Kukira Kau Rumah (2022), film debut sutradara Umay Shahab. Kisah cinta gadis bipolar dan musisi kesepian. Simak selengkapnya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Film Indonesia Terbaik 2021

Gak hanya tahun ini saja perfilman Indonesia begitu menarik. Namun juga sejak tahun 2021.

Buat kamu yang belum sempat menonton semuanya atau melewatkan apa saja film yang rilis kemarin, Jaka sudah sediakan daftarnya nih buat kamu. Langsung catat ya, agar bisa kamu tonton kalau sudah tayang di platform streaming film legal.

1. "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" (2021)

Rekomendasi film Indonesia terbaik tentu saja harus memasukkan film karya Edwin, "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas". Film yang diadaptasi dari novel karya Eka Kurniawan.

Berjudul internasional "Vengeance is Mine, All Others Pay Cash" ini memang sudah mencuri perhatian internasional.

Bercerita tentang Ajo Kawir (Marthino Lio), seorang petarung tak takut mati yang impoten.

Ia bertarung tak kenal takut karena hal itu, sampai ia bertemu dengan Iteung (Ladya Cheryl). Iteung adalah petarung wanita yang bisa mengimbangi Ajo Kawir. Mereka berdua pun jatuh cinta.

Film ini tak hanya menyajikan kisah cinta Ajo Kawir dan Iteung saja, geng. Namun juga sebagai kritik terhadap toxic masculinity di masyarakat Indonesia.

Judul "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas"
Tayang 2 Desember 2021
Durasi 1 Jam 54 Menit
Produksi Palari Films, Kaninga Pictures, Phoenix Films
Sutradara Edwin
Pemain Marthino Lio, Ladya Cheryl, Reza Rahadian, Sal Priadi dkk
Genre Drama, Komedi, Action

2. "Sobat Ambyar" (2021)

Kenangan tentang almarhum Didi Kempot diabadikan dalam film "Sobat Ambyar" yang disutradarai langsung oleh musisi campursari ini.

Film romantis komedi terbaru ini menceritakan tentang kisah cinta pemiliki kedai kopi, Jatmiko (Bhisma Mulia) yang bertemu dengan gadis bernama Saras (Denira Wiguna).

Pertemuannya dengan Saras menjadi pengalaman jatuh cinta pertama bagi Jatmiko. Sayang, ia juga harus mengalami patah hati untuk pertama kalinya hingga hidupnya berantakan.

Dengan slogan "Patah hati dijogeti", film Indonesia terbaik Sobat Ambyar tidak hanya mengajarkan penonton tentang move on, tapi juga mengingatkan bahwa patah hati adalah waktu untuk memperbaiki diri.

Judul "Sobat Ambyar"
Tayang 14 Januari 2021
Durasi 1 jam 41 menit
Produksi Magma Entertainment, Paragon Pictures, Rapi Films, Ideosource Entertainment
Sutradara Charles Gozali
Pemain Bhisma Mulia, Denira Wiraguna, Fransisca Saraswati Puspa Dewi, dkk
Genre Komedi, Drama, Romansa
Rating 6.2/10 (IMDb.com)

3. "June & Kopi" (2021)

Dirilis pada Januari 2021, "June & Kopi" merupakan film Indonesia kedua yang mengangkat kisah persahabatan manusia dan anjing.

Film ini terinpsirasi dari pengalaman pribadi sang sutradara, Noviandra Santosa. Ia memiliki anjing adopsi bernama Cody, dan satu lagi adalah anjing berkaki tiga.

June & Kopi menceritakan pasangan muda Ayu (Acha Septriasa) dan suaminya, Ale (Ryan Delon), yang menyelamatkan dua ekor anjing jalanan. Anjing itu pun dinamai June dan Kopi.

Selain cocok untuk pecinta hewan, film Indonesia terbaik tentang anjing ini juga mengajarkan kita bahwa anjing bukanlah hewan yang bisa disuruh-suruh, melainkan bagian dari keluarga juga.

Judul "June & Kopi"
Tayang 28 Januari 2021
Durasi 1 jam 30 menit
Produksi Aurora Films
Sutradara Noviandra Santosa
Pemain Acha Septriasa, Ryan Delon, Makayla Rose Hilli, dkk
Genre Komedi, Drama, Keluarga
Rating 6.1/10 (IMDb.com)

4. "Ali & Ratu Ratu Queens" (2021)

"Ali & Ratu Ratu Queens" merupakan fim original Netflix yang sangat cocok buat pecinta film bergenre keluarga. Secara khusus, film ini sangat cocok buat kamu yang mengaku penggemar garis keras Iqbaal Ramadhan, loh.

Mengisahkan tentang Ali (Iqbaal Ramadhan) yang berencana pergi ke New York demi mencari ibunya, ternyata ia harus mendapati bahwa pencarian ibunya tidaklah semudah di bayangan.

Beruntungnya, ia bertemu dengan banyak malaikat penolong di sana. Akankah Ali berjumpa ibunya di New York? Apa yang akan terjadi selanjutnya di film Indonesia terbaik ini?

Judul "Ali & Ratu Ratu Queens"
Tayang 17 Juni 2021
Durasi 1 Jam 40 Menit
Produksi Palari Films
Sutradara Lucky Kuswandi
Pemain Iqbaal Ramadhan, Asri Welas,Nirina Zubir,dkk
Genre Drama, Komedi

5. "Affliction" (2021)

Teddy Soeriaatmadja kembali hadir dengan film layar lebar terbaru. Bukan tentang drama atau romansa, tapi film Indonesia horor berjudul "Affliction" ("Pulang").

Nina (Raihaanun) ditinggal ibunya yang tewas bunuh diri. Saat berkabung, ia didatangi wanita bernama Narsih yang mengaku sebagai pengasuh ibu mertuanya di kampung.

Suami Nina, Hasan (Ibnu Jamil), awalnya menentang untuk membawa ibu mertuanya ke kota. Hasan juga seolah menutup-nutupi hal tentang ibunya dari keluarga kecilnya.

Judul "Affliction"
Tayang 21 Januari 2021
Durasi 1 jam 30 menit
Produksi Karuna Pictures, Roemah Rumah Films
Sutradara Teddy Soeriaatmadja
Pemain Raihaanun, Tutie Kirana, Ibnu Jamil, dkk
Genre Horor, Thriller
Rating 6.2/10 (IMDb.com)

6. "Layla Majnun" (2021)

Selanjutnya ada film romantis "Layla Majnun" yang menampilkan premis ringan tentang kisah cinta yang terhalang oleh perjodohan dan ekspektasi dari orang-orang terdekat.

Film Indonesia terbaik penuh makna ini mengisahkan Layla (Acha Septriasa) yang merupakan seorang guru pesantren. Ia pun diterima menjadi dosen tamu di universitas bonafit di Azerbaijan.

Sebelum berangkat, teman Layla bernama Ibnu Salam (Baim Wong) yang merupakan calon bupati datang melamarnya karena sudah dijodohkan oleh pamannya.

Layla terpaksa menerima perjodohan asal ia diizinkan pergi di Azerbaijan. Di sana, ia bertemu dengan mahasiswa bernama Samir (Reza Rahadian) yang jatuh hati padanya.

Film romantis Indonesia ini memiliki banyak pesan moral, salah satunya adalah pentingnya cinta dalam hidup setiap umat manusia.

Judul "Layla Majnun"
Tayang 11 Februari 2021
Durasi 1 jam 59 menit
Produksi Starvision Plus
Sutradara Monty Tiwa
Pemain Acha Septriasa, Reza Rahadian, Baim Wong, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 6.3/10 (IMDb.com)

7. "Losmen Bu Broto" (2021)

Selanjutnya, ada film drama keluarga Indonesia terbaru yang sukses bikin Jaka berlinangan air mata saat menontonnya, geng. Adalah "Losmen Bu Broto".

Film Indonesia terbaru ini merupakan film yang diadaptasi dari serial TVRI berjudul "Losmen" yang tayang pada 1980-an silam.

Bercerita tentang keluarga Pak Broto (Mathias Muchus) dan Bu Broto (Maudy Koesnaedi) yang memiliki usaha losmen. Pasangan suami istri ini memiliki tiga anak, yakni Mbak Pur (Putri Marino), Jeng Sri (Maudy Ayunda), dan Tarjo (Baskara Mahendra) yang membantu usaha keluarganya ini.

Film ini bakal menceritakan konflik keluarga mereka. Semuanya dimulai ketika Mbak Pur didekati oleh Jarot (Marthino Lio), seorang seniman lepas yang akan tinggal di losmen untuk beberapa waktu.

Judul "Losmen Bu Broto"
Tayang 18 November 2021
Durasi 1 Jam 49 Menit
Produksi Paragon Pictures, Ideosource Entertainment,

Fourcolours Films, Ideoworks
Sutradara Ifa Isfansyah, Eddie Cahyono
Pemain Mathias Muchus, Maudy Koesnaedi, Putri Marino,

Maudy Ayunda, Baskara Mahendra, dkk
Genre Drama, Keluarga

8. "Nussa: The Movie" (2021)

Terbaru tentu saja ada salah satu film animasi Indonesia terbaik yakni "Nussa: The Movie".

Kamu pasti familiar sama sosok Nussa dan sang adik, Rarra, yang menggemaskan banget. Kali ini mereka muncul dalam film layar lebar, geng.

Filmnya sendiri berkisah tentang Nussa yang pintar di sekolah dan suka memenangkan kompetisi sains. Namun, saingan datang ketika ada anak baru bernama Jonni.

Nussa pun merasa terancam dan mulai khawatir tidak bisa memenangkan kompetisi sains. Ia akan menghadapi berbagai rintangan yang mengujinya untuk mempelajari arti sebenarnya dari rasa syukur.

Judul "Nussa: The Movie"
Tayang 14 Oktober 2021
Durasi 1 Jam 47 Menit
Produksi Visinema Pictures
Sutradara Bony Wirasmono
Pemain Muzakki Ramdhan, Aysha Raazana, Fenita Arie, dkk
Genre Animasi, Keluarga

9. "Yuni" (2021)

Seperti judulnya, film ini berkisah tentang seorang remaja wanita bernama Yuni (Arwanda Kirana) yang punya cita-cita tinggi setelah ia lulus SMA.

Yuni yang memiliki otak cerdas dan ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, justru harus terhalang oleh lingkungan sekitarnya yang masih memegang ada ketimuran.

Akhirnya, ia pun diminta untuk segera menikah setelah lulus dari sekolahnya. Beberapa laki-laki telah datang ke rumahnya untuk melamar Yuni, tapi ia tetap menolak dan bertekad mengejar mimpinya.

Lantas, apakah Yuni berhasil melanjutkan mimpinya atau justru luluh oleh prinsip ketimuran yang ada di lingkungannya? Film ini mungkin bakal related bagi banyak perempuan di Indonesia, geng.

Judul "Yuni"
Tayang 9 Desember 2021
Durasi 2 Jam 2 Menit
Produksi Starvision Plus, Fourcolours Films
Sutradara Kamila Andini
Pemain Arwanda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, dkk
Genre Drama

10. "Balada Sepasang Kekasih Gila" (2021)

Rilis 20 Agustus 2021, film Indonesia terbaru berjudul "Balada Sepasang Kekasih Gila" mengisahkan sosok Jarot (Denny Sumargo) yang mengalami gangguan kejiwaan dan dirawat di RSJ.

Sementara itu, Lastri (Sara Fajira) diusir dari kampung dan diculik tiga pria diperkosa bergantian. Lastri pun membunuh mereka dan dijebloskan ke penjara.

Suatu malam, Lastri kabur dan dikejar anak buah Lisa. Jarot yang jadi tuna wisma pun menyelamatkan Lastri. Keduanya jatuh cinta lalu nikah di hadapan Kiai (Wing Sayz).

Judul "Balada Sepasang Kekasih Gila"
Tayang 20 Agustus 2021
Durasi 1 Jam 30 Menit
Produksi KlikFilm Production
Sutradara Anggy Umbara
Pemain Denny Sumargo, Sara Fajira, Wing Sayz, dkk
Genre Drama

Film Terbaik Sepanjang Masa Lainnya

11. "A Perfect Fit" (2021)

"A Perfect Fit" menceritakan kisah Saski (Nadya Arina), gadis cantik asal Bali sekaligus fashion writer yang bersiap merayakan ulang tahun pacarnya, Deni Wijaya (Giorgino Abraham).

Sebelumnya, seorang peramal sempat mengatakan bahwa hidupnya akan berubah dan Saski akan menemukan jalan baru. Ia pun kemudian bertemu dengan Rio (Refal Hady).

Film Indonesia terbaru romantis ini berhasil memadukan konsep adat dan modern yang memberi kesan tersendiri pada sebagian besar plot cerita yang disajikan.

Judul "A Perfect Fit"
Tayang 15 Juli 2021
Durasi 1 Jam 52 Menit
Produksi Starvision Plus; Netflix Indonesia
Sutradara Hadrah Daeng Ratu
Pemain Nadya Arina, Refal Hady, Laura Theux, dkk
Genre Drama, Komedi, Romantis

12. "Guru-Guru Gokil" (2020)

Rekomendasi film Indonesia terbaik 2020 ini cocok banget buat kamu yang bosen dengan cerita percintaan, dan ingin tertawa lepas melepas semua beban pikiran.

"Guru-Guru Gokil" berkisah mengenai Taat (Gading Marten) seorang pria yang terpaksa menjadi guru karena himpitan ekonomi, padahal dia benci sekali dengan profesi yang satu ini.

Banyak problematika menarik yang disajikan dengan humor yang segar di dalam film ini. Kamu bukan hanya akan diajak untuk tertawa, tapi juga diajak untuk merenungi makna hidup.

Judul "Guru-Guru Gokil"
Tayang 17 Agustus 2020
Durasi 1 jam 41 menit
Produksi BASE Entertainment
Sutradara Sammaria Simanjuntak
CPemain Gading Marten, Boris Bokir, Kevin Ardilova, dkk
Genre Drama
Rating 6.9/10 (IMDb.com)

13. "Danur: I Can See Ghosts" (2017)

"Danur: I Can See Ghosts" atau dikenal dengan "Danur" adalah film horor adaptasi novel berjudul Gerbang Dialog Danur karya Risa Saraswati. Disutradari oleh Awi Suryadi dan rilis di bioskop pada 30 Maret 2017.

Berkisah tentang pertemuan seorang gadis indigo bernama Risa Saraswati dengan sahabat-sahabat hantunya. Risa adalah seorang gadis indigo yang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk gaib.

Diproduksi MD Pictures dan Pichouse Films, "Danur: I Can See Ghosts" laris manis di bioskop. Film yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina ini mencatatkan 2,7 juta penonton.

Judul "Danur: I Can See Ghosts"
Tayang 30 Maret 2017
Durasi 1 Jam 14 Menit
Produksi Pichouse Films, MD Pictures, Dee Company
Sutradara Awi Suryadi
Pemain Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Shareefa Daanish, Kinaryosih, dkk
Genre Horor

14. "The Raid" (2012)

"The Raid" adalah film aksi seni bela diri dari yang disutradarai oleh Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais. Pertama kali dipublikasi pada Festival Film Internasional Toronto (Toronto International Film Festival, TIFF) 2011.

Para kritikus dan penonton memuji film tersebut sebagai salah satu film aksi terbaik setelah bertahun-tahun. Menjadikannya sebagai film komersial produksi Indonesia pertama yang paling berhasil di tingkat dunia.

Film "The Raid" sebenarnya adalah ide lanjutan dari keseluruhan cerita yang diinginkan sutradara Gareth Evans. Film in sukses mencatatkan 1,8 juta penonton.

Judul "The Raid"
Tayang 21 Maret 2012
Durasi 1 Jam 41 Menit
Produksi PT. Merantau Films, XYZ Films
Sutradara Gareth Evans
Pemain Iko Uwais, Ray Sahetapy, Joe Taslim, Donny Alamsyah, Yayan Ruhian, dkk
Genre Aksi, Kriminal, Thriller

15. "5 cm" (2012)

Dibintangi oleh Herjunot Ali, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Saykoji, Raline Shah, dan Pevita Pearce, film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama.

Saking fenomenalnya film ini, banyak yang terpengaruh untuk mendaki gunung bersama teman-teman. Ditambah lagi, quote-quote yang sering menjadi dialog pada film ini menambah kepopulerannya.

Film "5 cm" mendapat 5 nominasi Piala Citra dan berhasil memenangkan kategori Pengarah Sinematografi Terbaik di Festival Film Indonesia 2013. Film ini sukses mencatatkan 2,4 juta penonton.

Judul "5 cm"
Tayang 12 Desember 2012
Durasi 2 Jam 5 Menit
Produksi Soraya Intercine Films
Sutradara Rizal Mantovani
Pemain Herjunot Ali, Raline Shah, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Denny Sumargo, Saykoji, dkk
Genre Drama, Petualangan, Romansa

16. "Garuda di Dadaku" (2009)

"Garuda di Dadaku" merupakan film yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah berdasarkan novel Mimpi Sang Garuda karya Benny Rhamdani. Pembuatan film ini dilakukan di beberapa lokasi di Jakarta, seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Garuda di Dadaku" masuk ke dalam empat kategori, dengan meraih satu kategori yaitu kategori khusus film anak terbaik. "Garuda di Dadaku "juga sempat dipentaskan di Michel Kinder und Jungen Filmfest pada tahun 2010 di Hamburg, Jerman.

Saking fenomenalnya film ini, soundtrack-nya hingga saat ini dipakai oleh para pecinta sepak bola Indonesia untuk nyanyian dukungan timnas ketika bertanding. Film ini mencatatkan 1,3 juta penonton.

Judul "Garuda di Dadaku"
Tayang 18 Juni 2009
Durasi 1 Jam 37 Menit
Produksi SBO Films, Mizan Productions
Sutradara Ifa Isfansyah
Pemain Emir Mahira, Aldo Tansani, Marsha Aruan, Ikranegara, Maudy Koesnaedi, dkk
Genre Drama, Sport

17. "Eiffel I'm in Love" (2003)

"Eiffel I'm in Love" adalah film komedi remaja percintaan tahun 2003 dari mengenai konflik remaja dan orangtua. Dibintangi oleh Samuel Rizal dan Shandy Aulia sebagai karakter utama, film ini diangkat dari novel laris berjudul sama karya Rachmania Arunita.

Kocak sekaligus menggemaskan, beberapa bintang kondang juga turut meramaikan film bernuansa cinta ini, di antaranya Titi Kamal, Helmy Yahya, Didi Petet, dan Hilda Arifin.

Film ini meraih beberapa penghargaan dan nominasi di antaranya pada MTV Indonesian Movie Awards 2004. Film yang mempunyai versi diperpanjang ini mencatatkan 2,6 juta penonton.

Judul "Eiffel I'm in Love"
Tayang 21 November 2003
Durasi 4 Jam 22 Menit (versi diperpanjang)
Produksi Soraya Intercine Films
Sutradara Nasri Cheppy
Pemain Shandy Aulia, Samuel Rizal, Titi Kamal, Yogi Finanda, Helmy Yahya, Didi Petet, dkk
Genre Drama, Komedi, Romansa

Rekomendasi Film Indonesia Terbaik

Selain film terbaru, Jaka juga bakal mengulas sejumlah film terbaik Indonesia yang tayang di layar lebar dan mendapatkan total penonton dalam jumlah yang cukup fantastis.

Film-film yang ada pada daftar ini pun hadir dari berbagai genre, seperti action, drama, comedy, dan juga romance yang diminati berbagai kalangan.

Pada umumnya juga, film-film ini berhasil menembus angka satu juta penonton selama masa penayangannya loh. Ajib, kan?

Lalu film apa sajakah yang masuk dalam daftar kali ini? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. "Milea: Suara dari Dilan" (2020)

Sumber foto: MAX Pictures (Milea: Suara dari Dilan merupakan salah satu film Indonesia romantis terbaik tahun ini).

Siapa yang nggak tahu film satu ini? Berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 3.122.263 orang, "Milea: Suara dari Dilan" cocok banget buat kamu yang suka kisah percintaan.

Film ini masih menampilkan kisah perjalanan cinta dari Dilan dan Milea, namun dengan mengambil sudut pandang Dilan.

Banyak cerita yang belum pernah ditampilkan di kedua film sebelumnya, sehingga nggak heran kalau film yang diadaptasi dari novel best-seller ini berhasil mendulang sukses yang luar biasa.

Judul "Milea: Suara dari Dilan"
Tayang 13 Februari 2020
Durasi 1 jam 42 menit
Produksi Max Pictures
Sutradara Fajar Bustomi, Pidi Baiq
Pemain Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Ira Wibowo, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 6.0/10 (IMDb.com)

2. "Mariposa" (2020)

Masih dari seri film romantis, "Mariposa" menjadi salah satu film terbaru rilisan 2020 yang wajib banget untuk kamu tonton.

Film ini terinspirasi dari novel dengan judul yang sama. Tema percintaan yang disajikan di dalam film ini sedikit berbeda dari cerita cinta pada umumnya.

Di film "Mariposa", Acha menjadi pihak yang harus berjuang untuk mendapatkan cinta pria idamannya, Iqbal, yang tergolong pemalu dan susah untuk didekati.

Buat kamu para pecinta film genre komedi romantis, Mariposa bisa menjadi alternatif hiburan menarik untuk ditonton.

Judul "Mariposa"
Tayang 12 Maret 2020
Durasi 1 jam 57 menit
Produksi Falcon Pictures & Starvision Plus
Sutradara Fajar Bustomi
Pemain Angga Yunanda, Adhisty Zara, Dannia Salsabila, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 8.8/10 (IMDb.com)

3. "Akhir Kisah Cinta Si Doel" (2020)

Meskipun bukan didominasi oleh para aktor muda tanah air, film "Akhir Kisah Cinta Si Doel" nyatanya berhasil menjadi salah satu film tersukses dengan jumlah penonton sebanyak 1.155.859 orang.

Sesuai dengan judulnya, film Indonesia terbaik 2020 romantis ini bercerita tentang akhir dari percintaan Doel (Rano Karno) yang dihadapkan dengan keputusan sangat sulit.

Ia harus memilih untuk hidup bersama dengan Zaenab (Maudy Koesnadi) yang tengah hamil, atau rujuk kembali dengan Sarah (Cornelia Agatha) dan membangun kehidupan baru demi sang buah hati.

Judul "Akhir Kisah Cinta Si Doel"
Tayang 23 Januari 2020
Durasi 1 jam 33 menit
Produksi Falcon Pictures, Karno's Film
Sutradara Rano Karno
Pemain Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 7.0/10 (IMDb.com)

4. "Mangkujiwo" (2020)

Untuk kamu para pecinta film horor, "Mangkujiwo" bisa jadi pilihan menarik untuk ditonton. Sensasi horor yang disajikan di dalam film ini akan langsung terasa beberapa menit setelah menontonnya.

Film ini bercerita mengenai awal mula lahirnya sosok hantu menyeramkan kuntilanak, bagaimana sosok perempuan di balik hantu legendaris ini menemui ajalnya.

Mangkujiwo pun disajikan dengan elemen kedaerahan yang kental untuk membuat suasana mistis di dalam film ini menjadi semakin terasa.

Judul "Mangkujiwo"
Tayang 30 Januari 2020
Durasi 1 jam 49 menit
Produksi MVP Pictures
Sutradara Azhar Kinoi Lubis
Pemain Sujiwo Tejo, Yasamin Jasem, Asmara Abigail, dkk
Genre Horor
Rating 6.0/10 (IMDb.com)

5. "Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2" (2020)

Selanjutnya ada film "Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2" yang meraih jumlah penonton terbanyak keempat dengan total 863.003 orang. Film thriller terbaik berbau horror terbaik ini sangat sayang jika dilewatkan.

Film ini masih melanjutkan kisah teror menegangkan yang dialami oleh Alfie (Chelsea Islan) dari film sebelumnya.

Diceritakan bahwa setelah dua tahun berlalu, kini mereka berdua kembali dihantui oleh sosok misterius itu lagi yang bangkit untuk menjemput.

Judul "Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2"
Tayang 27 Februari 2020
Durasi 1 jam 50 menit
Produksi Frontier Pictures, Legacy Pictures, Rapi Films
Sutradara Timo Tjahjanto
Pemain Chelsea Islan, Widika Sidmore, Baskara Mahendra, dkk
Genre Horor, Misteri, Thriller
Rating 6.2/10 (IMDb.com)

Film Indonesia Terbaik Lainnya

6. "Dignitate" (2020)

Film romantis yang satu ini dibuat dengan konsep percintaan yang lebih dewasa. Konflik yang coba diangkat di dalam film ini pun dikembangkan dengan lebih kompleks.

"Dignitate" bercerita mengenai percintaan di antara Alfi (Al Ghazali) dan Alana (Caitlin Halderman) yang terbentur masa lalu kelam saat benih cinta mulai tumbuh.

Premis konflik percintaan dan keluarga yang dihadirkan di dalam film ini menarik untuk kamu saksikan. Penasaran sebagus apa filmnya? Langsung tonton saja, deh!

Judul "Dignitate"
Tayang 23 Januari 2020
Durasi 1 jam 49 menit
Produksi MD Pictures
Sutradara Fajar Nugros
Pemain Al Ghazali, Caitlin Halderman, Giorgino Abraham, dkk
Genre Drama
Rating 7.8/10 (IMDb.com)

7. "Nikah Yuk" (2020)

"Nikah Yuk" memiliki alur cerita yang terasa dekat bagi banyak orang Indonesia. Film ini menceritakan seorang laki-laki bernama Arya yang diminta untuk segera menikah oleh orang tuanya.

Arya sebetulnya masih ingin berkonsentrasi dengan kariernya sebagai seorang fotografer, terlebih lagi dia pun belum menemukan cinta sejati di dalam hidupnya.

Dilema sederhana ini dikembangkan dengan cara yang menarik, membuat penonton menjadi penasaran akan akhir dari masalah ini.

Judul "Nikah Yuk"
Tayang 6 Februari 2020
Durasi 1 jam 34 menit
Produksi Lens Cinema
Sutradara Adhe Dharmastriya
Pemain Yuki Kato, Marcell Darwin, Aliyah Faizah, dkk
Genre Drama
Rating 6.9/10 (IMDb.com)

8. "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" (2019)

Sumber foto: Movie Trailer (NKCTHI menjadi salah satu film keluarga terbaik Indonesia dengan jumlah penonton sebanyak lebih dari 2 juta).

Bingung mau nonton film keluarga terbaik yang mana? Tonton saja film "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" alias NKCTHI!

Diangkat dari novel berjudul sama karya Marchella FP, film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang tampak terlihat bahagia dan baik-baik saja.

Namun, di balik itu semua kakak-beradik; Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara), dan Awan (Rachel Amanda) rupanya menyimpan pilu masing-masing.

Hingga pada akhirnya mereka bertiga berontak dan sebuah rahasia keluarga pun terungkap. Apakah itu? Langsung saja tonton film-nya!

Judul "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini"
Tayang 23 Mei 2020
Durasi 2 jam 1 menit
Produksi Visinema Pictures, IDN Media
Sutradara Angga Dwimas Sasongko
Pemain Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha, Rachel Amanda, dkk
Genre Drama, Keluarga
Rating 7.7/10 (IMDb.com)

9. "Dua Garis Biru" (2019)

Meskipun sempat menjadi salah satu film yang menuai kontroversi bahkan sebelum perilisan resminya, nyatanya "Dua Garis Biru" berhasil menjadi salah satu film favorit, loh!

Mengambil tema anak sekolah, film ini bukan cuma menawarkan kisah asmara dari para pemain utamanya saja tapi juga pesan moral di dalamnya.

Bukan hanya memfilmkan cinta remaja, film ini justru menonjol karena membahas tentang pendidikan seks untuk anak, kehidupan si kaya dan si miskin, realita pernikahan dini, dll.

Saking bagusnya, film ini bahkan berhasil mendapat beragam tanggapan positif dari para penonton dan kritikus film.

Judul "Dua Garis Biru"
Tayang 11 Juli 2019
Durasi 1 jam 53 menit
Produksi Starvision
Sutradara Ginatri S. Noer
Pemain Adhisty Zara, Angga Yunanda, Cut Mini Theo
Genre Drama, Keluarga
Rating 8.1/10 (IMDb.com)

10. "Dilan 1991" (2019)

Sumber foto: MAX Pictures (Meraih jumlah penonton sebanyak lebih dari 5 juta, Dilan 1991 sukses menjadi best film Indonesia 2019 yang paling laris).

Nggak berselang lama, kisah Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla) kembali berlanjut di film "Dilan 1991" yang ditayangkan pada 2019.

Setelah resmi berpacaran, hubungan keduanya nggak selamanya mulus. Dilan terlibat masalah karena geng motornya hingga membuatnya terancam dikeluarkan dari sekolah.

Milea yang berusaha melindungi Dilan terus meminta pasangannya ini untuk melupakan posisinya sebagai ketua sebuah geng motor di Bandung.

Belum genap setahun setelah perilisannya, "Dilan 1991" sukses masuk ke dalam jajaran film Indonesia terlaris dengan total 5.253.411 penonton. Nice!

Judul "Dilan 1991"
Tayang 28 Februari 2019
Durasi 2 jam 1 menit
Produksi Falcon Pictures, Maxima Pictures
Sutradara Pidi Baiq, Fajar Bustomi
Pemain Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Ira Wibowo, dkk
Genre Drama
Rating 6.8/10 (IMDb.com)

11. "Imperfect" (2019)

"Imperfect" menawarkan cerita menarik yang bukan hanya sekadar film romantis cinta-cintaan saja, tapi juga penuh pesan moral yang bagus, geng.

Film Indonesia terbaik ini mengangkat isu body shaming yang kerap kali dialami oleh Rara (Jessica Mila) sejak dia kecil karena bentuk tubuhnya yang nggak proposional.

Hingga akhirnya keadaan berubah ketika Rara bertekad untuk menjadi prempuan kurus dan cantik demi bisa menduduki posisi manajer di kantornya atas permintaan sang bos (Dion Wiyoko).

Judul "Imperfect"
Tayang 19 Desember 2019
Durasi 1 jam 53 menit
Produksi StarVision Plus
Sutradara Ernest Prakasa
Pemain Jessica Mila, Reza Rahadian, Yasmin Napper, dkk
Genre Drama, Komedi, Keluarga
Rating 8.1/10 (IMDb.com)

12. "Perempuan Tanah Jahanam" (2019)

Bosan dengan film Indonesia terbaik yang menawarkan kisah romantis dari pemainnya? Kalau gitu, mungkin film horor "Perempuan Tanah Jahanam" ini bisa jadi pilihan tepat buat kamu tonton.

Film arahan Joko Anwar ini becerita tentang seorang perempuan bernama Maya (Tara Basro) yang dihadapkan dengan berbagai kejanggalan saat pulang ke kampung halamannya, Jawa Tengah.

Film Perempuan Tanah Jahanam juga dinilai memiliki jalan cerita serta penyajian gambar sinematografi yang menarik yang menjadi salah satu keunggulannya.

Judul "Perempuan Tanah Jahanam"
Tayang 17 Oktober 2019
Durasi 1 jam 46 menit
Produksi Rapi Film, Logika Fantasi, BASE Entertainment
Sutradara Joko Anwar
Pemain Tara Basro, Ario Bayu, Marissa Anita
Genre Drama, Horor, Misteri
Rating 7.7/10 (IMDb.com)

Wah kalau menurut kamu film "Perempuan Tanah Jahanam" ini belum terlalu horor, Jaka punya nih rekomendasi film horor Indonesia lainnya. Cek artikelnya di bawah ini ya!

7 Film Horor Indonesia Yang Diangkat Dari Kisah Nyata | Bikin Merinding!
Menawarkan cerita seram yang bikin penonton ketakutan, ternyata film-film horor Indonesia berikut ini diangkat berdasarkan kisah nyata lho.
LIHAT ARTIKEL

13. "Yowis Ben" (2018)

Siapa bilang film yang mengangkat budaya daerah nggak laku di pasaran? Buktinya film "Yowis Ben" garapan sutradara Fajar Nugros dan Bayu Skak ini berhasil mendapat respons positif dari masyarakat.

Film komedi yang dirilis pada Februari 2018 ini bahkan menggunakan bahasa Jawa dengan kadar sebanyak 80% dari keseluruhan ceritanya.

Film "Yowis Ben" sendiri bercerita tentang seorang remaja biasa bernama Bayu (Bayu Skak) yang menyukai teman satu sekolahnya yang berwajah cantik, Susan (Cut Meyriska).

Judul "Yowis Ben"
Tayang 22 Februari 2018
Durasi 1 jam 39 menit
Produksi Starvision Plus
Sutradara Fajar Nugros, Bayu Skak
Pemain Bayu Skak, Cut Meyrisk, Brandon Salim
Genre Komedi, Drama
Rating 8.6/10 (IMDb.com)

14. "Dilan 1990" (2018)

Sumber foto: Falcon (Dilan 1990 merupakan film Indonesia terbaik 2018 yang berhasil berada di urutan pertama film terlaris tahun itu).

Punya cerita yang menarik, nggak salah kalau film romantis "Dilan 1990" yang diadaptasi dari novel populer karya Pidi Baiq ini juga masuk jajaran salah satu film terbaik, geng.

Film ini mengangkat kisah romansa anak SMA, yakni Dilan (Iqbaal Ramadan) dan Milea (Vanesha Prescilla) dengan latar belakang cerita di Bandung era '90-an.

Dengan bumbu-bumbu puitis dan kisah drama di dalamnya, Dilan 1990 seakan menghipnotis para penikmat novel dan film romantis sepanjang cerita.

Hingga saat ini, film "Dilan 1990" mendapatkan total 6.315.664 penonton sejak dirilis 2018 lalu.

Judul "Dilan 1990"
Tayang 25 Januari 2018
Durasi 1 jam 50 menit
Produksi Falcon Pictures, Max Pictures, Maxima Pictures
Sutradara Fajar Bustomi
Pemain Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Yoriko Angeline, dkk
Genre Drama
Rating 7.4/10 (IMDb.com)

15. "Suzzanna: Bernapas dalam Kubur" (2018)

Sumber foto: Suzzana: Bernapas dalam Kubur merupakan salah satu film Indonesia terbaik 2018 yang mengambil genre horor).

Penghadiran sosok Suzzanna, legenda perfilman horor Indonesia ditampilkan secara apik dalam film "Suzzanna: Bernapas dalam Kubur" yang ditayangkan 2018 lalu.

Film ini berkisah mengenai Suzzanna (Luna Maya) yang harus tewas mengenaskan dalam kasus perampokan yang terjadi di rumahnya.

Walau sudah dikuburkan, arwah Suzzanna masih saja berdiam di rumah mereka yang juga dihuni Satria (Herjunot Ali) dan tiga orang pembantunya.

Akting Luna Maya menjadi sosok Suzzanna dianggap banyak kalangan sukses membawa nuansa horor khas Indonesia. Film ini pun mendapatkan total 3.346.185 penonton.

Judul "Suzzanna: Bernapas dalam Kubur"
Tayang 15 November 2018
Durasi 2 jam 5 menit
Produksi PT. Soraya Intercine Film
Sutradara Rocky Soraya, Anggy Umbara
Pemain Luna Maya, Herjunot Ali, T. Rifnu Wikana, dkk
Genre Komedi, Drama, Horor
Rating 5.8/10 (IMDb.com)

16. "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2" (2017)

Walau nggak sesukses film pertamanya, "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2" juga patut diacungi jempol sebagai film komedi terbaik Indonesia saat ini.

Masih mengangkat kisah Dono (Abimana Aryasatya), Kasino (Vino G. Bastian), dan Indro (Tora Sudiro) yang kini dalam misi mencari harta karun dengan tujuan melunasi utang.

Petualangan baru dari kelompok Warkop DKI ini akhirnya membawa mereka ke sebuah pulau angker yang dipenuhi hantu-hantu yang menyeramkan.

Di layar lebar, "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2" mendapatkan total 4.083.190 penonton sejak tayang pada 2017 lalu.

Judul "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2"
Tayang 31 Agustus 2017
Durasi 1 jam 50 menit
Produksi Falcon Pictures
Sutradara Anggy Umbara
Pemain Abimana Aryasatya, Vino G. Bastian, Tora Sudiro, dkk
Genre Komedi
Rating 5.7/10 (IMDb.com)

17. "Critical Eleven" (2017)

Sumber foto: StarvisionPlus (Mau nonton film Indonesia romantis 2017? Tonton saja film Critical Eleven).

Disutradarai oleh Monty Tiwa dan Robert Ronny, "Critical Eleven" masuk dalam daftar film Indonesia terlaris 2017 dengan jumlah penonton sebanyak 881.530 orang.

Film romantis yang diadaptasi dari novel best seller karya Ika Natassa ini juga turut menampilkan jajaran artis kenamaan seperti Adinia Wirasti, dan lainnya.

Meski mengambil judul dari istilah penerbangan, tapi film ini sama sekali nggak menceritakan tentang dunia penerbangan, melainkan kisah cinta dari Ale dan Anya yang terjalin begitu istimewa.

Judul "Critical Eleven"
Tayang 10 Mei 2017
Durasi 2 jam 15 menit
Produksi Starvision Plus, Legacy Pictures
Sutradara Robert Ronny, Monty Tiwa
Pemain Reza Rahadian, Adinia Wirasti, Hannah Al Rashid, dll
Genre Romansa
Rating 7.3/10 (IMDb.com)

18. "Ayat-Ayat Cinta 2" (2017)

Setelah sukses dengan film pertamanya, kisah perjalanan cinta Fahri pun berlanjut di film romantis "Ayat-Ayat Cinta 2" yang dirilis pada tahun 2017 silam.

Di film ini Fahri (Fedi Nuril) diceritakan masih menunggu dalam kesedihannya dan berharap Aisha bisa kembali ke dalam kehidupannya.

Bukan hanya menonjolkan masalah percintaan saja, film Ayat-Ayat Cinta 2 juga semakin berwarna dengan adanya unsur religi dan juga humor yang menyelimuti ceritanya.

Judul "Ayat-Ayat Cinta 2"
Tayang 21 Desember 2017
Durasi 2 jam 5 menit
Produksi MD Pictures
Sutradara Guntur Soeharjanto
Pemain Chelsea Islan, Bront Palarae, Tatjana Saphira dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 5.6/10 (IMDb.com)

19. "Pengabdi Setan" (2017)

Sumber foto: ALAM SYAH08 (Pengabdi Setan jadi film Indonesia terbaik sekaligus terlaris di tahun 2017).

"Pengabdi Setan" yang dirilis pada 2017 bisa dikatakan sebagai salah satu film hantu paling seram dengan kengerian yang luar biasa saat kamu menyaksikannya.

Kisahnya mengenai teror tiada henti yang menghantui keluarga yang baru saja ditinggalkan oleh sosok seorang ibu.

Dibuat ulang dari "Pengabdi Setan" yang dirilis tahun 1980, versi terbarunya ini sukses meraup hingga 4.206.103 penonton.

Judul "Pengabdi Setan"
Tayang 28 September 2017
Durasi 1 jam 47 menit
Produksi Rapi Films, CJ Entertainment
Sutradara Joko Anwar
Pemain Tara Basro, Bront Palarae, Dimas Aditya, dkk
Genre Drama, Horor, Misteri
Rating 6.7/10 (IMDb.com)

20. "Cek Toko Sebelah" (2016)

Masih dari genre yang sama seperti film sebelumnya, "Cek Toko Sebelah" merupakan film Indonesia terbaik garapan sutradara Ernest Prakasa yang dirilis pada tahun 2016 lalu.

Menariknya, ide cerita dibuat berdasarkan realitas etnis Tionghoa di mana anak-anak yang sudah beranjak dewasa dan kuliah tinggi justru berakhir bekerja di toko orang tuanya sendiri.

Saking digemarinya, film ini bahkan berhasil mendapatkan sembilan nominasi dari berbagai ajang penghargaan termasuk film terbaik Indonesia, sutradara terbaik, aktor terbaik, dan masih banyak lagi.

Judul "Cek Toko Sebelah"
Tayang 28 Desember 2016
Durasi 1 jam 44 menit
Produksi Starvision Plus
Sutradara Ernest Prakasa
Pemain Ernest Prakasa, Dion Wiyoko, Kin Wah Chew
Genre Komedi, Drama, Keluarga
Rating 8.0/10 (IMDb.com)

21. "Rudy Habibie" (2016)

Merupakan prekuel dari film "Habibie & Ainun", Rudy Habibie menawarkan cerita yang nggak kalah menarik diadaptasi dari novel berjudul Rudy: Kisah Muda Sang Visioner.

Dibintangi oleh Reza Rahadian, Chelsea Islan, dan lainnya, film biografi ini menceritakan sosok Rudy (B.J. Habibie muda) semasa kuliah di Jerman.

Mengambil lokasi syuting di 6 kota dan 2 negara berbeda, film Indonesia terbaik ini cocok banget buat kamu tonton di waktu luang deh, geng!

Judul "Rudy Habibie"
Tayang 30 Juni 2016
Durasi 2 jam 4 menit
Produksi MD Entertainment
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Reza Rahadian, Chelsea Islan, Dian Nitami
Genre Drama, Romansa
Rating 7.5/10 (IMDb.com)

22. "I Love You From 3800 Feet" (2016)

Dipersembahkan untuk mengenang seorang pramugari sebuah perusahaan maskapai Indonesia yang meninggal dalam kecelakaan pesawat pada 2014, film ini menawarkan cerita haru sekaligus bikin baper.

"I Love You From 3800 Feet" bahkan berhasil meraih jumlah penonton yang cukup tinggi hingga tembus 1 juta penonton setelah perilisannya pada Juli 2016 lalu.

Film ILY 38000 Feet ini sendiri dibintangi oleh Michelle Ziudith dan Rizky Nazar di mana chemistry yang terjalin di antara keduanya semakin membuat penonton gemas.

Judul "I Love You From 3800 Feet"
Tayang 5 Juli 2016
Durasi 1 jam 42 menit
Produksi Screenplay Films, Legacy Pictures
Sutradara Asep Kusnidar
Pemain Michelle Ziudith, Rizky Nazar, Tanta Ginting
Genre Romansa
Rating 7.2/10 (IMDb.com)

23. "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1" (2016)

Selanjutnya ada film "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1" yang menceritakan ulang kisah grup komedian legendaris Indonesia, Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro).

Pada film terbarunya ini, Dono (Abimana Aryasatya), Kasino (Vino G. Bastian), dan Indro (Tora Sudiro) kembali terlibat dalam kisah kepolisian menangkap para begal.

Mereka tergabung dalam organisasi CHIIPS (Cara Hebat Ikut-Ikutan Penanggulangan Sosial). Sepanjang film, kamu bakal diberikan kisah koplak dalam menanggulangi kejahatan.

Pemuncak daftar film Indonesia terbaik ini mendapatkan total hingga 6.858.616 penonton. Sebuah pencapaian manis dari remake film Warkop DKI terbaru ini ya!

Judul "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1"
Tayang 8 September 2016
Durasi 1 jam 35 menit
Produksi Falcon Pictures
Sutradara Anggy Umbara
Pemain Abimana Aryasatya, Vino G. Bastian, Tora Sudiro, dkk
Genre Komedi
Rating 6.5/10 (IMDb.com)

24. "My Stupid Boss" (2016)

Berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 3.052.657 pada 2016 silam, film Indonesia terbaik "My Stupid Boss" menjadi salah satu film terseru yang nggak boleh kamu lewatkan.

Film ini mengisahkan tentang Diana (Bunga Citra Lestari), seorang kepala administrasi di sebuah perusahaan yang memiliki bos sangat menyebalkan hingga dijuluki sebagai Bossman (Reza Rahadian).

Dengan watak yang super menyebalkan dan juga sistem aturan yang nggak jelas, Bossman pun sukses menjadi biang kerok di kantornya sendiri.

Judul "My Stupid Boss"
Tayang 19 Mei 2016
Durasi 1 jam 48 menit
Produksi Falcon Pictures
Sutradara Upi Avianto
Pemain Bunga Citra Lestari, Reza Rahadian, Alex Abbad, dkk
Genre Komedi
Rating 7.2/10 (IMDb.com)

25. "Ada Apa Dengan Cinta? 2" (2016)

"Ada Apa Dengan Cinta? 2" (AADC2) melanjutkan kisah romansa Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra) yang terpisah 14 tahun lalu.

Selama itu Cinta sudah tumbuh dewasa dan memiliki usaha di Jakarta, sementara Rangga yang pergi ke New York sudah menjadi co-owner sebuah kedai kopi di sana.

Film AADC2 sekaligus menjadi pengobat rindu para penontonnya yang menonton film perdananya di saat mereka masih SMA. Film ini sukses mendapatkan 3.665.509 penonton pada 2016.

Judul "Ada Apa Dengan Cinta? 2"
Tayang 28 April 2016
Durasi 2 jam 3 menit
Produksi Miles Films, Legacy Pictures
Sutradara Riri Riza
Pemain Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Titi Kamal, dkk
Genre Comedy, Drama, Romance
Rating 7.4/10 (IMDb.com)

26. "Habibie & Ainun" (2012)

Bisa dibilang, "Habibie & Ainun" menurut Jaka jadi salah satu film percintaan terbaik yang pernah Jaka tonton.

Film yang berkisah tentang Habibie (Reza Rahadian) dan Ainun (Bunga Citra Lestari) ini benar-benar membuat kita terhanyut akan kisah cinta sejati yang hanya bisa dipisahkan oleh maut.

Terlebih dengan mengangkat kisah nyata dari Bapak Teknologi Indonesia, B. J. Habibie, tentu membuat film ini membuat penasaran banyak kalangan.

Nggak salah kalau film Habibie & Ainun pada akhirnya mendapatkan total 4.583.641 penonton selama masa penayangan.

Judul "Habibie & Ainun"
Tayang 20 Desember 2012
Durasi 2 jam
Produksi MD Pictures
Sutradara Faozan Rizal
Pemain Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, dkk
Genre Biografi, Drama, Romansa
Rating 7.6/10 (IMDb.com)

27. "Laskar Pelangi" (2008)

Sumber foto: Falcon (Menawarkan cerita inspiratif, Laskar Pelangi menjadi salah satu film terbaik Indonesia tahun 2008).

Kemudian ada "Laskar Pelangi" yang menceritakan tentang perjuangan 11 orang anak kecil yang berusaha meraih mimpi mereka.

Jalan terjal pun harus mereka lalui untuk mewujudkannya, terutama karena keterbatasan ekonomi dan geografi yang mereka alami.

Kisah ini adalah film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata. Film Indonesia terbaik satu ini berhasil mendapatkan 4.719.453 penonton, loh!

Walau sudah lebih dari 10 tahun sejak pertama kali tayang, kamu masih bisa menonton Laskar pelangi di layanan streaming film Indonesia yang biasa kamu tonton, kok.

Judul "Laskar Pelangi"
Tayang 25 September 2008
Durasi 2 jam 4 menit
Produksi Miles Films, Mizan Production
Sutradara Riri Riza
Pemain Cut Mini Theo, Ikranagara, Tora Sudiro, dkk
Genre Drama
Rating 7.8/10 (IMDb.com)

28. "Ayat-Ayat Cinta" (2008)

Ditayangkan pada tahun yang sama dengan "Laskar Pelangi", "Ayat-Ayat Cinta" juga mendapatkan jumlah penonton yang fantastis kala itu.

Film ini berkisah mengenai sosok Fahri bin Abdillah (Fedi Nuril), seorang pelajar Indonesia yang sedang berusahan mendapatkan gelar master di Al Azhar.

Perjalanan kehidupan Fahri kemudian diwarnai dengan kehadiran empat wanita, yakni Maria Girgis (Carissa Putri), Nurul (Melanie Putria), Noura (Zaskia Adya Mecca), dan Aisha (Rianti Cartwright).

Banyak kalangan terkesima dengan film Indonesia terbaik yang satu ini hingga mendapatkan total 3.676.210 penonton kala itu.

Judul "Ayat-Ayat Cinta"
Tayang 28 Februari 2008
Durasi 2 jam 10 menit
Produksi MD Pictures
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Dennis Adhiswara, dkk
Genre Drama, Romansa
Rating 7.1/10 (IMDb.com)

Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

  1. "Baby Blues" (2022)
  2. "Cinta Pertama, Kedua & Ketiga" (2022)
  3. "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" (2021)
  4. "Sobat Ambyar" (2021)
  5. "June & Kopi" (2021)
  6. "Affliction" (2021)
  7. "Layla Majnun" (2021)
  8. "Balada Sepasang Kekasih Gila" (2021)
  9. "A Perfect Fit" (2021)
  10. "Guru-Guru Gokil" (2020)
  11. "The Raid" (2012)
  12. "Garuda di Dadaku" (2009)
  13. "Eiffel I'm in Love" (2003)
  14. "Akhir Kisah Cinta Si Doel" (2020)
  15. "Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2" (2020)
  16. "Nikah Yuk" (2020)
  17. "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" (2020)
  18. "Dilan 1990" (2018)
  19. "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2" (2017)
  20. "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1" (2016)
  21. "Ayat-Ayat Cinta 2" (2017)
  22. "Cek Toko Sebelah" (2016)
  23. "I Love You From 3800 Feet" (2016)
  24. "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1" (2016)
  25. "Ada Apa Dengan Cinta? 2" (2016) . "Habibie & Ainun" (2012)
  26. "Laskar Pelangi" (2008)

Akhir Kata

Nah, itulah dia rekomendasi film Indonesia terbaik sepanjang masa di layar lebar yang sudah Jaka ulas serta rangkum untukmu.

Sudah nonton film yang mana saja nih? Atau malah sudah nonton semua film di atas, geng?

Jangan lupa buat share artikel ini dan dapatkan informasi menarik lainnya, tips & trik, serta update terbaru dari JalanTikus.com ya!

Baca juga artikel seputar Film Indonesia atau artikel menarik lainnya dari Naufaludin Ismail.

ARTIKEL TERKAIT

15 Film Action Indonesia Terbaik & Terbaru 2021 | Lebih Kece dari Hollywood!

50+ Film Indonesia Terbaru dan Terbaik 2022, Update Bulan Mei

Anti Mainstream! Inilah 7 Film Indonesia yang Diadaptasi Dari Lagu

Bikin Bangga! Inilah 7 Film Indonesia yang Go International

14 Film Hari Pahlawan dan Kemerdekaan Indonesia, Bangun Semangat Nasionalisme!

15 Situs Download Subtitle Bahasa Indonesia Terbaik 2022 + Cara Download

undefined
Kembali Keatas