Nonton Film Yuni (2021), Perwakilan Indonesia untuk Oscars: Tayang di Bioskop 9 Desember 2021

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 10 Desember 2021, 13:00
Nonton film Yuni (2021), film Indonesia terbaru tayang di bioskop 9 Desember 2021. Cek informasi lengkapnya di sini!

Nonton film "Yuni" (2021) bisa jadi salah satu aktivitas mengisi waktu luangmu di akhir pekan. Film karya sutradara Kamila Andini ini sedang tayang di bioskop sejak 9 Desember 2021 kemarin.

Salah satu film Indonesia terbaru 2021 ini memang cukup sering diperbincangkan akhir-akhir ini karena berhasil meraih berbagai penghargaan internasional.

Film drama yang satu ini berhasil berjaya di ajang Toronto International Film Festival (TIFF) 2021 dan juga mendapatkan respon positif dari penggemar film tanah air.

Pasalnya, film ini dianggap bisa memperlihatkan fenomena nyata yang sampai sekarang masih dialami remaja perempuan di Indonesia dan juga belahan dunia lain.

Saat nonton film ini, kemungkinan besar kamu akan dibuat marah sekaligus sedih melihat apa yang terjadi pada sosok Yuni dan perempuan di sekitarnya.

Penasaran seperti apa kisah yang disajikan dalam film ini? Simak dulu beberapa informasi yang sudah Jaka rangkum untuk kamu ya. Mulai dari sinopsis, fakta menarik, hingga informasi nonton film Yuni (2021).

Sinopsis Film Yuni (2021)

Sumber foto: Fourcolours Films

Film Yuni menceritakan sosok Yuni (Arawinda Kirana), seorang siswi tahun terakhir SMA yang dikenal cerdas tapi punya kebiasaan buruk mengambil barang-barang temannya yang berwarna ungu, warna kesukaannya.

ADVERTISEMENT

Yuni punya impian besar melanjutkan kuliah dengan beasiswa. Mimpi yang didorong oleh salah satu gurunya, Bu Lies (Marissa Anita).

Namun mimpinya tersebut tak bisa dengan mudah dicapai. Yuni tinggal di sebuah kampung yang ada di Banten. Di sana, umumnya para remaja perempuan sudah menikah bahkan sejak SMP.

Sama halnya dengan Yuni, ia mulai dilamar oleh pria yang tidak ia kenal. Lamaran pertama ia tolak. Hal yang sama ia lakukan untuk lamaran kedua yang ia terima.

Namun ketika lamaran ketiga datang, Yuni dibuat bingung karena ada mitos bahwa seorang perempuan yang sudah menolak 3 lamaran tidak akan pernah menikah. Ia ketakutan, belum lagi harus menghadapi pandangan orang-orang di kampungnya.

Hidupnya semakin rumit ketika ia terjebak di antara sosok Yoga (Kevin Ardilova), adik kelasnya di sekolah yang menyukai dirinya serta Pak Damar (Dimas Aditya), guru sastra di sekolah yang ia idolakan tapi menyimpan rahasia besar.

Film Yuni mengeksplorasi masalah-masalah yang dihadapi wanita setiap harinya. Mulai dari pernikahan dini, tekanan sosial untuk tidak melanjutkan pendidikan, serta proses pendewasaan diri ekstrem yang harus dilalui Yuni.

Review Film Yuni (2021)

Sumber foto: Fourcolours Films

Beruntungnya, Jaka sudah nonton film Yuni (2021) langsung di bioskop nih, geng. Menurut Jaka sih, film ini salah satu film Indonesia paling penting yang harus kamu tonton di bioskop.

Isu yang dibawakan sangat penting. Mulai dari pernikahan anak, kebebasan berpendapat, seksualitas remaja, hingga masalah LGBT pun dibahas di sini.

Film "Yuni" berani membicarakan hal yang masih dianggap tabu dengan cara yang terbuka dan sangat realistis. Kamu pasti pernah melihat sebagian besar kejadian yang dialami Yuni dan teman-temannya di keseharianmu, deh. Alhasil, cerita mereka jadi terasa begitu dekat dengan kehidupan kita.

Kamila Andini memasukkan banyak elemen masyarakat Indonesia yang begitu familiar. Seperti isu tes keperawanan di sekolah, perempuan yang hanya dipandang dari keperawanannya semata, perempuan yang disebut urusannya hanya di dapur-sumur-kasur saja, dan masih banyak lagi. Isu yang penting banget, deh!

Film ini bukan sekadar film cinta-cintaan semata, namun juga eksplorasi sosok Yuni sebagai seorang remaja yang masih belum tahu apa yang dia mau. Namun merasa cukup tertekan untuk segera tahu apa yang dia mau.

Juga tentang perjuangan Yuni berusaha meraih mimpinya dengan segala tekanan dari lingkungan. Yuni dipaksa sehingga jadi gak bisa punya kehendaknya sendiri oleh lingkungan. Mungkin kamu di satu titik pernah merasakan apa yang Yuni rasakan, dan itu yang bikin film ini kerasa dekat banget dengan diri kita.

Arawinda Kirana juga berhasil memerankan sosok Yuni dengan sempurna. Gak heran kalau dia memenangkan penghargaan Piala Citra untuk aktris wanita terbaik, geng.

Buat kamu para perempuan, ketika nonton ini pasti akan banyak momen yang bikin marah sekaligus sedih. Melihat sesama perempuan gak bisa hidup sebebas diri kita itu rasanya campur aduk, geng.

Selain ceritanya yang memang jempolan, Jaka juga suka banget sama soundtrack-nya yang enak-enak, geng. Ada lagu legendaris "Tua Tua Keladi" dan juga lagunya Anggun C. Sasmi yang berjudul "Mimpi". Dijamin bikin kamu ikutan nyanyi, deh!

Pemain Film Yuni (2021)

Selain dipuji dari segi ceritanya yang dianggap sangat bagus dan mewakili suara perempuan, film Yuni juga dibintangi banyak aktor dan aktris berbakat yang penampilannya sangat kuat. Kenalan dulu sama mereka, yuk.

Sumber foto: Fourcolours Films

Fakta Menarik Film Yuni (2021)

Sumber foto: Fourcolours Films

Sebelum nonton film Yuni di bioskop kesayanganmu, Jaka punya beberapa fakta menarik seputar film coming of age yang satu ini, geng. Simak dulu ya!

Nonton Film Yuni (2021)

Judul Yuni
Rilis 9 Desember 2021
Durasi 2 jam 2 menit
Sutradara Kamila Andini
Produksi Fourcolours Films, Akanga Film Asia, Manny Films
Cast Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Neneng Risma, dkk
Genre Drama, Coming of Age
Rating 7.5/10 (IMDb)

100% (RottenTomatoes)

Seperti yang sudah Jaka sebutkan di atas, film Yuni sudah tayang di beberapa festival film internasional.

"Yuni" juga sudah bisa disaksikan di bioskop seluruh Indonesia sejak 9 Desember 2021 kemarin. Jadi, cus aja langsung nonton filmnya hanya di bioskop ya! Dijamin gak rugi deh, geng. Sudah tersedia baik di jaringan XXI, CGV, maupun Cinepolis.

Jaka sarankan agar kamu secepatnya menonton di bioskop, sebelum jatah layar di minggu depan habis diambil Spider-Man: No Way Home (2021), hehehe.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut nih, geng, terkait apakah film Yuni akan tayang di situs streaming film Indonesia terbaik seperti Netflix atau Amazon Prime Video atau tidak. Tunggu informasi selanjutnya dari Jaka, ya!

Download Film Yuni (2021)

Sumber foto: Fourcolours Films

Karena belum tayang di aplikasi nonton film mana pun, maka Jaka juga belum bisa menyediakan link download film Yuni 2021 yang legal nih, geng. Kamu masih harus menunggu untuk beberapa waktu, ya. Namun, kamu bisa tetap pantengin situs download berikut ini; siapa tahu film Yuni akan nongol di sana.

15 Situs Download Film Terbaik & Legal 2021, Lengkap Banget!
Situs download film terbaik kini semakin banyak jumlahnya. Biar tidak bingung, simak daftar web download film terbaik di sini. Dijamin legal dan tidak akan terblokir!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah itulah dia deretan informasi lengkap seputar film Indonesia terbaik 2021, Yuni. Film penting yang wajib ditonton seluruh remaja di Indonesia karena kaya akan pesan moral dan kisah yang menyayat hati. Selamat menonton di bioskop, geng! Tetap jaga protokol kesehatan, ya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT

5 Film Indonesia dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Syok!

5 Tokoh dari Film Indonesia yang Jadi Korban Ghosting Paling Nyesek!

7 Film Indonesia dengan Judul Terpanjang, Bikin Lidah Kepleset!

7 Film Indonesia dengan Soundtrack Paling Ikonik, Bikin Nostalgia Masa Muda!

50+ Poster Film Indonesia Terbaru & Jadul | Bikin Kangen Nonton Film!

10 Adegan Ciuman Bibir Terbaik di Film Indonesia, AADC Termasuk!

undefined
Kembali Keatas