7 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Novel Best Seller, Bagusan Mana?

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 29 April 2020, 20:00
Nggak cuma terinspirasi dari kejadian nyata di sekeliling saja, beberapa film Indonesia berikut ini justru diadaptasi dari novel best seller lho.

Inspirasi pembuatan sebuah karya film tentu bisa datang dari mana saja, termasuk salah satunya novel best seller yang saat ini banyak kita temukan di layar bioskop.

Meskipun sering memicu perdebatan karena dianggap nggak kreatif dan sebagainya, nyatanya film yang diadaptasi dari novel ini memiliki jumlah penggemar yang cukup banyak lho, geng.

Oleh karenanya, nggak heran kalau saat ini industri perfilman di tanah air banyak dihiasi oleh judul-judul film hasil adaptasi novel terkenal.

Lalu, apa sajakah judul film Indonesia yang diadaptasi dari novel best seller? Cari tahu jawabannya lewat pembahasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Film Indonesia yang Diadaptasi dari Novel Best Seller

Nggak cuma film berdasarkan kisah nyata saja yang berhasil membuat orang penasaran, film hasil adapatasi novel juga demikian lho, geng.

Misalnya saja beberapa judul film Indonesia hasil adaptasi novel best seller berikut ini yang sempat meramaikan layar bioskop tanah air.

1. Bumi Manusia (2019)

Pertama, ada film Bumi Manusia yang sempat meramaikan layar bioskop tanah air pada bulan Agustus 2019 lalu.

ADVERTISEMENT

Film yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang ketidakailan pada zaman Orde Baru, lengkap dengan kisah cinta antara Minke (Iqbaal Ramadhan) dan Annelies (Mawar de Jongh).

Mneawarkan cerita yang seru dan menegangkan, film Bumi Manusia rupanya merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.

2. Dilan 1990, 1991, dan Milea: Suara dari Dilan (2018, 2019, 2020)

Buat kamu yang hobi nonton film Indonesia romantis, pasti tahu dong dengan film trilogi Dilan?

Tayang perdana pada tahun 2018 bertajuk Dilan 1990, kesuksesan film ini kemudian diikuti oleh dua sekuelnya; Dilan 1991 yang dirilis pada tahun 2018 dan Milea: Suara dari Dilan tahun 2020.

Film trilogi Dilan sendiri diadaptasi dari novel best seller dengan judul serupa karya penulis Pidi Baiq, yang juga berperan sebagai sutrada dalam proses produksi film Dilan.

3. Danur, Danur 2, dan Danur 3 (2017, 2018, 2019)

Film Indonesia selanjutnya yang diadaptasi dari novel best seller adalah seri film Danur yang dirilis tiga tahun berturut-turut, mulai tahun 2017 hingga 2019.

Ketiga film horor tersebut bahkan telah menelurkan tiga spin-off film horor lainnya; Asih, Rasuk, dan Silam yang juga sama-sama diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati.

Oleh karena itu, nggak heran kalau seri film Danur ini kemudian disebut-sebut sebagai waralaba film horor terbesar di Indonesia, geng.

4. 5 cm (2012)

Dibintangi oleh Raline Shah, Herjunot Ali, Fedi Nuril, dan sederet aktor ternama tanah air lainnya, 5 cm kala itu berhasil menjadi salah satu film terbaik dan terpopuler yang rilis pada tahun 2012.

Menceritakan tentang perjalanan lima orang sahabat saat pergi mendaki ke puncak gunung Semeru, film 5 cm sebenarnya merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul sama karya Donny Dhirgantoro.

Menariknya, belakangan ini berhembus kabar yang menyebutkan bahwa sekuel film 5 cm akan segera dibuat walaupun belum tahu kapan tanggal pastinya, geng.

Jadi, buat kamu yang dulu penasaran banget dengan kelanjutan kisah Arial, Riani, dan kawan-kawan, selamat bersabar menunggu sekuelnya di layar lebar, ya!

5. Laskar Pelangi (2008)

Bukan hanya inspiratif, Laskar Pelangi merupakan salah satu film anak-anak terbaik sepanjang masa yang digarap oleh sutradara Riri Riza.

Film yang diadaptasi dari buku berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini bahkan berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 4.6 juta saat perilisannya pada tahun 2008 silam lho, geng.

Film Laskar Pelangi sendiri mengisahkan tentang sekelompok murid SD di sebuah desa terpencil yang berjuang dalam meraih pendidikan mereka meskipun terhalang oleh banyak keterbatasan.

6. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Nah, kalau film yang satu ini pasti kamu sudah nggak asing lagi dong, geng?

Digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo, Ayat-Ayat Cinta merupakan film Indonesia yang diadaptasi dari novel best seller berjudul serupa karya Habiburrahman El Shirazy.

Film Ayat-Ayat Cinta sendiri menyajikan kisah cinta dari sang tokoh utama yaitu Fahri (Fedi Nuril) yang dipadukan dengan unsur agama, khususnya Islam yang sangat kental.

Film ini kemudian merilis sekuelnya yang bertajuk Ayat-Ayat Cinta 2 pada tahun 2017.

7. Critical Eleven (2017)

Terakhir ada film Indonesia berjudul Critical Eleven yang diadaptasi dari novel best seller karya penulis Ika Natassa.

Bukan hanya menyajikan kisah romantis yang sanggup bikin baper penonton, film ini juga dihiasi oleh penampilan sejumlah aktor ternama Indonesia seperti Reza Rahadian, Adinia Wirasti, dan masih banyak lagi.

Film Critical Eleven sendiri bercerita tentang pertemuan Ale (Reza Rahadian) dan Anya (Adinia Wirasti) yang terjadi di sebuah pesawat.

Hubungan keduanya kemudian berlanjut ke arah yang lebih serius saat Ale dan Anya memutuskan untuk menikah. Cinta, perjuangan, dan kehilangan pun menghiasi hari-hari mereka.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa film Indonesia yang ceritanya diadaptasi dari novel best seller, geng.

Kalau kamu paling suka film yang mana? Atau kamu punya favorit judul film Indonesia lainnya? Tulis di kolom komentar bawah, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

10 Drama Korea Netflix Terbaik 2020, Pecinta Drakor Wajib Nonton!

7 Film Tentang Sulap Terbaik 2020, Penuh Atraksi dan Ilusi Menakjubkan!

10 Film tentang Dewa Mitologi Terbaik, Seru dan Menegangkan

7 Anime yang Laku Keras di Amerika Serikat, One Piece Gak Termasuk?

7 Anime yang Diadaptasi dari Kartun Amerika, Banyak dari Film Disney!

7 Sutradara Film yang Dipecat Saat Proses Syuting, Ngenes Banget!

undefined
Kembali Keatas