13 Fitur Instagram Terbaru 2023, Wajib Coba Biar Makin Hits!

Default

Instagram mengukuhkan diri sebagai salah satu aplikasi media sosial paling populer dan terbaik di dunia. Hingga tahun 2023, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 miliar kali di Google Play Store.

Nggak heran, Instagram atau IG berusaha keras untuk mengembangkan fitur-fitur terbarunya demi menjaring lebih banyak pengguna. Mulai dari hadirnya reels 2020 lalu, fitur dark mode hingga leave a note yang baru diluncurkan Desember 2022.

Penasaran kira-kira apa saja fitur IG terbaru yang siap dipakai? Jaka akan mengulasnya secara lengkap di artikel berikut plus cara pakainya. Yuk, baca hingga tuntas!

1. Tampilan Baru Bio IG

1 Custom 0f6d0
Sumber foto: Reseller Indo

Sadar nggak sih, geng, saat memasuki tahun 2021 lalu, ada perubahan desain yang cukup signifikan pada halaman profil IG? Betul, Instagram melakukan beberapa perombakan besar-besaran pada desain user interface nya, salah satunya pada halaman Bio.

Dulu, jika kamu lihat, halaman Bio IG dipenuhi dengan informasi bertumpuk seperti Edit Profile, Promotion, Open Archive, dan Email. Sekarang tampilan Instagram terbaru lebih segar dan kece!

Saat ini, Instagram benar-benar berfokus memperlihatkan jumlah followers dan following serta memperbesar space untuk menulis Bio. Jadi, pastikan kamu merapikan Bio Instagrammu biar makin dilirik followers baru ya, geng!

2. Fitur Restrict untuk Anti Bully

2 Custom D8e58
Sumber foto: Time Magazine

Salah satu fitur baru IG yang paling dinanti-nanti penggunanya adalah fitur Restrict. Fitur ini didesain khusus untuk membatasi pengguna Instagram yang dianggap melakukan bullying dalam bentuk apapun.

Berbeda dengan fitur Blockir, fitur ini masih memungkinkan pengguna yang kita restrict untuk melihat postingan akun kita. Namun, ia akan sangat dibatasi untuk berinteraksi dengan akun kita, salah satunya, ia nggak akan bisa melihat Instagram Story dan DM yang ia kirim akan masuk ke Request Message.

Caranya menggunakan fitur Restrict ini gampang banget. Kamu cukup ,asuk ke akun pengguna IG yang hendak kamu restrict. Setelah itu, tap simbol titik tiga di bagian kanan atas, lalu tap Restrict.

3. Instagram Reels

3 Custom B9ae8
Sumber foto: GSMArena.com

Fitur Instagram Story terbaru tahun 2021 yang harus kamu coba adalah Instagram Reels. Fitur ini diciptakan untuk menyaingi popularitas TikTok yang sedang naik daun belakangan ini.

Nantinya, pengguna dapat merekam video dengan durasi 15 detik. Mirip-mirip dengan TikTok, video tersebut dapat diedit dengan menambahkan musik atau audio lainnya. Aneka effect menarik pun juga bisa ditambahkan secara kreatif.

Hanya saja, fitur ini masih dalam tahap uji coba dan baru bisa dipakai di beberapa akun saja. Tapi tenang geng, kamu sudah bisa mendapatkan dan menikmati fitur ini paling lambat akhir tahun. Bikin gak sabar nih!

4. Activity

4 Custom C689c
Sumber foto: Selular.ID

Fitur terbaru di Instagram yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan fisik dan mentalmu, yaitu activity. Sebagai informasi, terlalu lama menatap membuka media sosial berdampak kurang baik terhadap kondisi psikologismu.

Selain itu, terlalu lama berdiam sambil menatap layar HP juga berdampak buruk bagi kondisi fisikmu. Maka dari itu diciptakanlah fitur baru Instagram bernama Activity. Nantinya, berapa lama kamu bermain Instagram bakal tercatat tiap harinya dalam satuan menit.

Dengan fitur IG ini, seseorang bisa melakukan kontrol terhadap seberapa lamanya ia bermain media sosial. Fitur ini juga bisa dipakai orang tua dalam mengontrol anak-anaknya agar tidak terlalu lama bermain Instagram.

Bahkan, fitur ini juga menyajikan alarm untuk membatasi waktu untuk bermain IG. Jadi nggak usah khawatir lagi kebablasan bermain Instagram, geng. Berikut cara menggunakan fitur IG terbaru yang satu ini!

  1. Masuk ke halaman Account/Akun.
  2. Setelah itu, klik simbol titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Tap opsi Your Activity.

Selesai! Dari sana kamu bisa melihat aktivitas bermedia sosialmu di Instagram. Hayo, siapa yang penggunaannya melebihi 1 jam dalam sehari?

5. Sticker Stay Home untuk Dukung Physical Distancing

5 Custom F4e31
Sumber foto: FlipWeb

Dengan merebaknya pandemi virus Covid-19 (Corona), berbagai macam organisasi dan perusahaan melakukan aksi untuk mendukung aktivitas physical distancing.

Inipun juga dilakukan oleh Instagram lewat sticker Stay Home yang diluncurkan sekitar bulan Maret 2020 lalu. Dengan menggunakan sticker ini, para pengguna IG diharapkan tetap seluruh aktivitas di rumah aja.

Untuk cara menggunakan fitur Instagram terbaru tahun 2021 ini sangatlah gampang. Kamu cukup membuat story seperti biasanya, lalu di fitur Edit bakal langsung muncul sticker ini. Kamu bisa membukanya di HP Android maupun iPhone.

6. Verification Request

6 Custom 9adbd
Sumber foto: Forbes

Tahukah kalau sebenarnya kamu bisa mendapatkan lambang centang biru alias verified dari Instagram? Betul sekali! Dengan logo tersebut, kamu bisa merasakan kenikmatan jadi tokoh publik seperti selebriti.

Selain itu, kamu bakal merasakan aneka fitur eksklusif layaknya akun verified, salah satunya adalah akses promosi yang lebih besar dan luas serta mendapatkan followers yang lebih banyak.

Supaya kamu bisa mendapatkan centang biru di Instagram, kamu harus melakukan beberapa tahapan. Tenang, semua sudah Jaka tulis melalui artikel yang Jaka cantumkan di sini.

7. Aneka Fitur Sticker Terbaru di Instagram Story

7 Custom 053a9
Sumber foto: Adweek

Nah, kalau fitur yang satu ini bakal selalu update setiap ada event-event besar di dunia. Seperti contohnya event Pride Month yang jatuh pada bulan Juni tiap tahun. Pada saat ini, Instagram bakal mengunggah sederet sticker menarik guna mendukung Pride March.

Nggak cuma itu aja. Instagram juga mendukung fitur Sticker based on location. Maksudnya, ketika kamu berada di lokasi tertentu, sticker tersebut baru bisa muncul. Contohlah seperti sticker Jakarta yang hanya muncul di kawasan Jabodetabek.

Silakan dicoba satu-satu fitur baru pada Instagram Stories di tahun 2021 ini biar kamu bisa makin terkenal dan dipandang, khususnya buat kamu yang ingin tahu caranya jadi selebgram. Pastinya keren banget!

8. IG Dark Mode

8 Custom F5548
Sumber foto: Drive and Hype

Salah satu fitur terbaru Instagram di tahun 2021 yang wajib kamu coba adalah fitur Instagram Dark Mode. Fitur ini memungkinkan kamu melihat layar IG dengan background gelap.

Fitur ini juga sangat berguna saat kamu sedang berada dalam kondisi gelap. Fitur IG Dark Mode terbaru ini sangat membantumu biar nggak silau saat melihat layar smartphone.

Untuk mengetahui cara mengganti tema IG untuk Android dan iPhone jadi Dark Mode, kamu bisa membaca artikel Jaka di bawah ini.

9. Instagram Music

9 Custom 0d841
Sumber foto: Animoto

Fitur Musik di IG Story memang sudah hadir di beberapa negara lain, mulai dari Singapura dan Australia. Namun, Indonesia sendiri masih belum muncul. Kenapa bisa begitu?

Usut punya usut, salah satu alasan kenapa fitur stiker musik Instagram Stories ini belum segera masuk Indonesia karena masalah lisensi, geng, mengingat gak semua lagu yang masuk di fitur IG story ini legal.

Jadi pihak Instagram ingin merapikan lisensi lagu dan musik populer lebih dulu, baru bisa masuk. Kalau kamu nggak sabar, kamu bisa membaca artikel Jaka seputar cara membuat Instagram Music di Instagram Stories 2020. Silakan baca di bawah ini ya, geng!

10. Buat Filter IG Sendiri

10 Custom B1fbd
Sumber foto: Later

Instagram/IG sudah lama dikenal menjadi platform yang memberikan ruang sebesar-besarnya untuk mengasah kreativitas para penggunanya. Gak heran ini juga digunakan para kreator untuk membuat filter-filter IG yang keren abis.

Gak heran, banyak yang ingin tahu cara membuat story IG terbaru yang dilengkapi dengan filter bikinan sendiri maupun orang lain, mengingat filter bikinan IG dirasa monoton dan membosankan.

Nah, jangan khawatir, geng, kamu bisa bikin fitur IG terbaru ini loh! Buat kamu yang ingin tahu cara membuat filter Instagram sendiri, kamu bisa membaca artikel yang sudah Jaka tulis di bawah ini.

Cara Membuat Filter Instagram Banner 77461
Cara Membuat Filter Instagram Sendiri | Dijamin Mudah & Bikin Keren!
Cara membuat filter Instagram bisa dilakukan dengan cukup mudah menggunakan Spark AR Studio. Berikut cara membuat filter IG sendiri terlengkap 2022.
LIHAT ARTIKEL

11. Menghapus Followers Instagram Tanpa Ketahuan

11 Custom 70cac
Sumber foto: resellerindo.com

Sedang mencari cara buat unfollow akun IG tanpa ketahuan? Tenang aja, geng! Jika dulu kamu unfollow akun Instagram tapi akun tersebut masih nge-follow kamu, sekarang udah nggak lagi loh!

Panduan ini juga sangat bermanfaat buat menghapus akun IG yang dirasa toxic abis, entah itu akun spam, teman-teman yang suka pamer kekayaan, atau bahkan akun mantan.

Cara menggunakan fitur IG yang satu ini gampang banget, geng. Tinggal menuju Akun > Followers > pilih followers yang hendak kamu hapus followersnya. Klik 3 titik di bagian kanan lalu pilih Remove. Gampang banget, kan?

12. Screenshot Story Bakal Ketahuan

12 Custom Fc8bc
Sumber foto: Quora

Fitur baru ini sebenarnya sudah lama terdengar di kalangan pengguna IG. Berawal dari tahun 2018 saat IG mengumumkan hendak mencoba fitur baru, di mana pengguna bakal menerima notifikasi konten IG Story nya dipindai alias di-screenshot.

Usut punya usut, ternyata fitur Instagram terbaru ini batal rilis, kemungkinan karena masalah privasi. Namun, fitur IG ini tetap ada di Dirrect Message (DM), kok!

Caranya gampang banget. Misalkan saja kamu sedang mengirim foto atau video di DM IG dengan pilihan "View Once" atau "Allow Replay". Nantinya saat mereka membuka fotomu dan mereka iseng men-screenshot nya, notifikasi IG bakal langsung muncul.

13. Leave a Note

J2gkkqbet3
Sumber foto: Instagram - Fitur Leave a Note

Saat ini, pengguna Instagram kembali dihebohkan dengan munculnya fitur baru bernama Leave a Note. Fitur ini sebenarnya sudah diuji coba oleh Instagram sejak Juli 2023, namun baru diluncurkan secara global pada Desember 2023.

Fitur ini punya vibes yang hampir mirip dengan status BlackBerry Messenger (BBM). Pengguna dapat menuliskan apapun di kolom note, namun hanya dibatasi sebanyak 60 karakter.

Tulisan di kolom note ini juga hanya bertahan selama 24 jam, hampir mirip seperti stories. Note-nya bisa diatur untuk dibagikan ke semua teman atau hanya ke teman dekat (close friends). Selain itu, pengguna juga bisa membalas note pengguna lain.

Cara pakainya juga mudah. Pengguna cukup membuka IG, menggeser layar ke kanan (membuka Direct Message), lalu fiturnya akan terlihat di atas pesan. Ketuk kolom note, pilih Leave a Note, masukkan catatan yang ingin kamu berikan.

Akhir Kata

Itulah tadi sederet fitur Instagram terbaru di tahun 2022 yang harus kamu coba! Fitur-fitur ini dijamin bakal mempercantik Instagram Story terbaru kamu, bikin kamu makin hits dan kekinian!

Fitur terbaru, Leave a Note, dinilai lebih efektif untuk memantik perbincangan singkat antara pengguna Instagram. Tidak seperti story yang harus dibuka satu per satu, kita bisa lihat note para followers dan following kita secara langsung dari laman DM.

Fitur-fitur yang disematkan Instagram mungkin pernah kamu temui di media sosial lain. Tidak perlu heran, karena Instagram juga perlu menyesuaikan gap fitur dengan kompetitor supaya semakin lengkap dan tetap jadi pilihan pengguna.

Baca juga artikel seputar Instagram atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mendapatkan Followers Instagram 51885
Cara Mendapatkan Real Followers Instagram Secara Gratis & Organik, Permanen!
Caption Instagram Kekinian 46c14
1000+ Caption Instagram Kekinian Aesthetic, Singkat, & Lucu 2023, Auto Banjir Likes!
Cara Hack Instagram 7615b
14 Cara Hack Instagram Orang Lain Terlengkap 2023, Bisa Hack dari Situs & Aplikasi
Aplikasi Penambah Followers Instagram C1749
7 Aplikasi Penambah Followers Instagram Gratis & Terbaik 2020
Cara Repost Instagram Fedf1
Cara Repost Postingan IG Buat Feed & InstaStory, Bisa Tanpa Aplikasi!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal