J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

80+ Kumpulan Ucapan Belasungkawa Untuk Berbagai Kalangan, Penuh Doa Haru

Senin, 26 Okt 2020, 13:00 WIB
Ini kumpulan ucapan belasungkawa buat kamu gunakan saat berduka. Pilih kata-kata belasungkawa yang paling tepat di sini.

Salah satu takdir yang tidak dapat dihindari di dunia ini adalah kematian.

Dalam hidup, pasti setidaknya kita pernah mendengar ada teman atau bahkan keluarga yang mengalami musibah meninggal dunia.

Ucapan belasungkawa sendiri lumrah diungkapkan untuk menunjukkan simpati dan empati kita, serta sebagai salah satu bentuk kepedulian bagi keluarga yang ditinggalkan.

Tentunya, kita ingin memberikan ucapan yang dapat menenangkan dan memberi ketabahan untuk mereka, sekaligus memberikan ucapan perpisahan yang baik.

Untuk itu, Jaka punya rekomendasi ucapan belasungkawa untuk berbagai kalangan yang bisa kamu pilih berikut ini.

Ucapan Belasungkawa Untuk Berbagai Kalangan

Dalam mengucapkan belasungkawa, kita juga tidak boleh sembarangan, geng.

Tentunya kata-kata yang digunakan harus disesuaikan dengan penerima ucapan belasungkawa kita.

Selain mengucapkan dengan sopan, kita juga perlu mempertimbangkan latar belakang orang yang ingin kita kirimi ucapan tersebut.

Maka dari itu, Jaka akan memberikanmu berbagai rekomendasi ucapan belasungkawa untuk teman, keluarga, dan kerabat lainnya yang bisa kamu gunakan sesuai dengan budaya, agama, maupun kondisi yang sesuai.

Ucapan Belasungkawa Bahasa Indonesia

Ucapan Belasungkawa Bahasa Indonesia 08ae0

Berikut ini adalah kumpulan ucapan belasungkawa dalam Bahasa Indonesia yang bisa kamu gunakan secara netral untuk mengungkapkan kesedihan dan kehilanganmu kepada orang-orang terdekat.

Sebaiknya, kamu juga menambahkan kata-kata motivasi bagi keluarga yang ditinggalkan, agar ucapanmu tidak menambah kesedihan mereka, geng.

Ucapan-ucapan berikut dapat kamu sampaikan ke siapa saja, asalkan sesuai dengan tata bahasanya.

Yang lalu biarlah berlalu, yang bisa kita lakukan sekarang adalah mendoakan dia yang telah pergi meninggalkan kita selama-lamanya. Semua ini adalah rencana baik Tuhan, dan kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.

Tetesan air mata dari hati tidak akan pernah mampu mengembalikan seseorang yang telah pergi selama-lamanya. Tetaplah tegar sahabatku, anggaplah kepergian dia sebagai pengingat bahwa kita hanya manusia biasa yang juga akan menghadapi kematian. Jadi jalani hidup dengan keberanian dan ingatlah bahwa kita pun akan mengalami kematian.. Jika hari kemarin adalah sebuah hujan, di esok hari Tuhan selalu menjanjikan sebuah kesuburan dan kebahagiaan di atas tanah yang di hujani-Nya. Maka bersabarlah. Bagi orang yang sedang diberikan cobaan oleh-Nya janganlah membuat hujan tangis yang deras. Sebab Tuhan akan segera memberikan sebuah kebahagiaan untukmu di sana. Sebuah kelahiran adalah kehendak Tuhan dan bukan sebuah kehendak kita. Kematian juga bukanlah kehendak dan pilihan kita. Namun kehidupan kita adalah sebuah pilihan kita sendiri. Orang yang meninggalkan anda lebih bahagia ketika melihat anda bersuka ria daripada bersedih. Hanya doa yang bisa kita panjatkan semoga semua kebaikannya diterima di sisi-Nya. Sebab hanya itu saja yang pantas untuk segala jasanya selama masa hidupnya. Kehilangan seseorang untuk selamanya bukanlah suatu hal yang mudah. Rasanya sungguh berat. Tapi, tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya.. Temanku, kepulanganmu kepada Sang Pencipta sungguh terasa begitu cepat. Kebersamaan yang telah dilalui bersama, kini yang tinggal hanyalah kenangan. Semoga segala amal ibadahmu diterima oleh-Nya. Amin.

Sebagaimana Engkau membersihkan baju yang berwarna putih dari segala kotoran, berikanlah rumah yang lebih baik dari pada rumahnya di dunia. Berilah keluarga atau istri di surgaMu nanti, yang lebih baik dari keluarganya di dunia. Masukkan ia ke surgaMu dan jauhkan ia dari api neraka. Kebaikan dan ketulusan hati beliau akan selalu aku ingat selamanya dalam hati. Semoga beliau sudah tenang di sisi-Nya ya. Aku turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya. Nggak ada yang bisa mengerti beratnya perpisahan, terutama perpisahan seperti ini. Turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk kamu dan keluarga ya. Semoga diberikan ketabahan dan keikhlasan untuk melalui masa-masa sulit ini. Turut berduka cita atas musibah yang menimpa kamu dan keluarga. Semoga duka ini cepat berlalu. Turut mengucapkan duka cita yang mendalam atas yang menimpa kamu dan keluarga. Semoga musibah ini segera berakhir. Saya berdoa untuk kamu dan keluarga semoga diberikan kesabaran dan ketabahan hati dalam menghadapi musibah ini. Turut berduka cita atas musibah yang menimpa kamu dan keluarga. Mungkin musibah ini teguran, namun harus menjadi pelajaran yang sangat berharga juga untuk membuat hidup kamu menjadi kuat. Di balik ceria ada duka yang bersahaja, ada canda yg tak bisa tertawa, ada tangis tak mengeluarkan air mata, ada cita tanpa pencapaiannya, ada senyum tanpa pesona. Bahkan ada cerita tanpa sepatah kata. Sukacita & dukacita dalam hidup ini hanyalah bersifat sementara, tidak kekal. Hidup ini ada saatnya bergembira dan ada waktunya bersedih; ada waktunya berkumpul dan ada saatnya berpisah, seperti rembulan yang pada saatnya bundar purnama, dan ada saatnya tidak bundar. Sukacita dan dukacita adalah dua hal yang tak terpisahkan bersamaan mereka datang dan ketika satu di antaranya duduk bersamamu ingatlah bahwa yang lainnya sedang tidur di atas tempat tidurmu.

Air mataku menetes di hari kepergianmu. Sungguh aku sangat kehilanganmu, terima kasih sudah mau menjadi sahabat terbaikku. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu.

Ucapan Belasungkawa Singkat

Ucapan Belasungkawa Singkat Ece0d

Jika kamu adalah orang yang to the point dan tidak ingin menggunakan kalimat yang terlalu panjang dalam menyampaikan rasa duka citamu, beberapa ucapan yang telah Jaka kumpulkan berikut akan cocok untukmu.

Meskipun singkat, ungkapan-ungkapan di bawah ini sudah mencakup hal yang ingin diutarakan oleh pengirimnya secara singkat, padat, dan jelas.

Ingin menambah kesan teduh? Kamu bisa menyisipkan kata-kata senja yang sesuai dalam ucapan belasungkawamu.

Aku turut berdukacita atas kepergian saudaramu. Aku akan selalu di sini jika kamu membutuhkan. Selamat jalan. Kami senantiasa berdoa untukmu. Kami ikut berbelasungkawa. (Sebut nama yang meninggal) adalah orang baik. Tetaplah bersabar menjalani ketentuan-Nya. Mari bersama doakan kedamaian kuburnya. Keluarga kami turut berduka. Kami percaya kalian kuat menghadapi kondisi ini. Semoga amal dan ibadahmu semasa hidup diterima oleh-Nya. Selamat jalan. Selamat tinggal. Kuharap kita akan bertemu lagi di surga. Turut belasungkawa atas wafatnya (sebut siapa yang meninggal)mu. Semoga kalian sekeluarga diberi ketabahan.

Saya ikut berduka cita atas kehilangan yang menimpa keluarga kalian. Tidak ada yang dapat kukatakan selain turut berduka cita. ``Ini rencana Tuhan. Semoga dia mendapat tempat terbaik.

Ungkapan Belasungkawa Untuk Teman

Ucapan Belasungkawa Untuk Teman 7fc6c

Jika ada teman yang meninggal, sudah sepantasnya kita merasa sangat berduka. Selain berdoa dalam hati, rasa sedih itu juga dapat diungkapkan dengan ungkapan belasungkawa atas meninggalnya temanmu.

Lebih dari itu, ungkapan belasungkawa untuk teman berikut juga akan mampu menggambarkan kerinduanmu terhadapnya.

Dalam mengungkapkan rindumu, kata-kata hujan juga akan sangat bisa menambah suasana rindu dan haru.

Kami tak menyangka kau akan pergi secepat ini, Kawan. Semoga ibadahmu diterima di sisi-Nya. Semoga keluargamu tetap tabah. Teman, kenangan kita begitu banyak hingga saat ini. Terima kasih sudah bersamaku tumbuh dewasa. Aku takkan melupakanmu. Kini, kudoakan kita bisa bermain bersama di surga. Dia teman yang menyenangkan, namun tetap tak ragu saling mengingatkan. Kami senang mengenal orang sepertinya. Kami juga percaya dia akan mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Selamat jalan, temanku. Doaku pasti terus menyertaimu walau kita kini telah berbeda alam. Sebenarnya ada rasa tak rela melepasmu secepat ini, tapi kusadari bahwa aku harus melakukannya. Aku takkan melupakanmu dan persahabatan kita. Semoga ibadahmu diterima dan amal jariyah terus mengalir. Kamu adalah sahabat baik saya. Selamat tinggal. Semoga kelak kamu ditempatkan di surga-Nya yang paling indah. Aamiin. Tanpa sadar tangisku mengalir di hari kematianmu. Sahabat, aku teramat kehilanganmu. Namun, aku ikhlas melepasmu untuk selamanya. Semoga amal ibadahmu mampu menerangi serta melapangkan kuburmu. Selamat jalan. Tuhan, ampunilah dosa sahabatku, sayangi dia. Hindarkanlah dia dari azab kuburnya. Perkenankanlah ia kelak menghuni surga-Mu. Aku tahu kesedihanku takkan mengubah kondisi, kamu takkan hidup kembali. Namun kali ini biarkan aku bersedih sejenak. Aku dan semuanya mencoba terus tegar. Semoga kamu bahagia di kehidupan yang akan datang.

Semoga kau dilancarkan menuju surga. Kami akan berusaha tidak berlarut-larut menangisi kematianmu. Sebagai sahabat, kami akan selalu melantunkan doa baik untukmu.

Ucapan Belasungkawa Agama Islam

Ucapan Belasungkawa Islami 9469e

Dalam menyikapi kematian, umat Islam biasanya mengucapkan "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" yang berarti "Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali".

Kalimat istirja atau tarji ini tercantum dalam Q.S Al-Baqarah : 156, dimana umat Islam dihimbau untuk mengucapkan ucapan belasungkawa islami ini ketika menerima kabar duka.

Sematkanlah pula beberapa kata-kata Ali bin Abi Thalib yang sesuai, misalnya saja ucapan beliau tentang berpikir positif atau ucapan yang menenangkan hati lainnya.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Sahabat kecilku, engkau meninggalkanku begitu cepat. Semua kebersamaan yang pernah kita lewati kini telah menjadi sebuah kenangan. Semoga segala amal ibadahmu diterima di sisi Allah. Inna lillahi wainna ilaihi roji un Kami turut berduka cita, semoga ini menjadikan kita semakin taat beribadah kepada Allah swt. Aamiin. Inna lillahi wainna ilaihi roji un Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga amal dan ibadah almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah swt dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan. Ya Allah ampunilah dia dan berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia dari beberapa hal yang tidak ia sukai di alam sana. Maafkanlah ia dan tempatkan ia di tempat yang terbaik, dan juga mulai yaitu surgaMu. Luaskan kuburnya dan mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan yang telah dilakukannya. Peliharalah dia dengan rahmatMu dari siksaan neraka yang jahim, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya di dunia. Berilah ia keluarga yang lebih baik dari keluarganya di dunia, dan ampunilah para pendahulu kami, anak-anak kami, dan orang-orang yang mendahului kami dari keimanan. Kami atas nama keluarga besar turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya (sebutkan namanya). Kami harap anda selalu bersabar dan selalu tabah dalam menghadapi kepergiannya. Ingatlah selalu ayat alquran yang berbunyi, kullu nafsin dzaiqotul maut. Semoga dengan mengingat ayat itu anda selalu merelakan kepergiannya. Sabar selalu saudaraku, aku tahu ini menjadi hal yang sangat berat bagimu dan seluruh keluargamu. Tapi janganlah berlarut-larut, ingatlah apa yang selalu diucapkan Rasulullah yang isi pesannya yaitu sesungguhnya mayat itu disiksa karena tangisan dari keluarganya. Yang tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya, maka ikhlaskanlah ia yang telah pergi.

Inna lillahi wainna ilaihi roji un Turut berduka cita atas meninggalnya .. semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali kelak. Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Karena, segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Semua rasa sakit yang kamu alami selama ini sudah berakhir, Allah lebih menyayangimu daripada kita semua disini. Selamat jalan sahabatku, semoga kamu sudah tenang di surga sana. Semoga segala doa-doa terbaik yang kupanjatkan dikabulkan oleh Allah. Hanya satu yang bisa aku lakukan saat ini, kini biarkan aku mengenang dan mendoakanmu. Selamat jalan sahabatku.

Ucapan Belasungkawa Agama Kristen

Ucapan Belasungkawa Kristen 1a3ce

Dalam menjumpai peristiwa kematian, umat Kristiani baik Protestan maupun Katolik meyakini bahwa Yesus Kristus akan memberikan penghiburan dan kekuatan untuk orang-orang yang ditinggalkan.

Beberapa ayat juga dijadikan kutipan ketika mendengar kabar duka kematian.

Turut berduka cita atas kembalinya (diisi nama) ke Bapa di Surga. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan dan penghiburan pada keluarga yang ditinggalkan. Turut duka cita yang mendalam untuk beliau, semoga Surga Tuhan tetapkan untuk beliau. Turut berduka cita atas kepergian beliau. Semoga tabah dan Tuhan memberikan kesabaran dan penghiburan. Sangat prihatin dan turut berduka cita bagi seluruh korban peristiwa ini . Kiranya Kasih karunia Tuhan menghibur dan memberikan kekuatan bagi keluarga duka dalam menerima peristiwa duka ini. Amin. Tuhan menyapa ciptaan-Nya melalui beragam cara, termasuk kematian. Sesungguhnya kepergian sahabat kita justru membahagiakan baginya. Sebab Tuhan menyapanya dan ajal membawa dia ke pada-Nya. Mari berdoa agar dia layak untuk surga. Selamat tinggal, Kawan. Tuhan Maha Baik, semoga bagi-Nya kau pantas mendapat tempat terbaik. Kematian bukan sebuah akhir, tetapi awal dari kehidupan yang kekal. Jangan larut dalam rasa kehilangan. Tetap jalankan bagian kalian, sebab dia yang meninggal pun sudah melakukan bagiannya.

Kami sekeluarga menyampaikan duka cita. Namun tetaplah mengingat bahwa ia yang pergi adalah orang yang baik. Di mata Tuhan, kematian orang yang dikasihi oleh-Nya amat berharga. Percayalah pada Mazmur 116:15. Terkait musibah yang kalian alami, yakinlah Tuhan telah menyiapkan rencana baik setelah kesedihan kalian usai. Jangan putus harapan kepada kasih-Nya. Matius 5:4 mengatakan jika mereka yang berduka cita patut berbahagia, sebab mereka akan dihibur oleh-Nya. Berdoalah. Jangan sedih dan resah berkepanjangan. Turut belasungkawa atas berpulangnya (sebut siapa orangnya) ke sorga. Semoga ia memperoleh tempat yang terindah. Semoga kiranya Tuhan Yesus menguatkan dan memberi penghiburan kepada mereka yang ditinggalkan. Rasa sakit kehilangan orang tersayang akan lebih sakit apabila kita enggan merelakannya pergi. Biarkan ia tenang di alam berikutnya. Semoga Yesus Kristus menghapus semua dosanya. Tuhan, sabarkan keluarga (sebut nama yang meninggal) yang ditimpa musibah. Kiranya Engkau berkenan menyambut arwah sahabat kami dengan tangan-Mu lalu menempatkannya di sisi-Mu. Rencana Tuhan selalu melampaui pemikiran kita. Kami ikut berbelasungkawa untuk kepergiannya. Mudah-mudahan ia damai di dalam surga Bapa.

Ucapan Belasungkawa Agama Hindu

Ucapan Belasungkawa Hindu 1e008

Dalam agama Hindu, dikenal ungkapan "dumogi amor ring acintya" yang artinya "semoga menyatu dengan kedewataan". Ungkapan ini sendiri digunakan ketika mendapat kabar guka.

Untuk itu, Jaka telah mengumpulkan beberapa ungkapan belasungkawa Hindu yang dapat kamu gunakan berikut ini.

Kami berdoa dumogi amor ring acintya. Dia adalah seorang yang sangat baik. Semoga keluarga dan orang-orang dekatnya ikhlas melepas kepergiannya. Om swastyastu. Turut berbela sungkawa atas wafatnya (sebut status yang meninggal) Anda. Semoga ia bisa mencapai moksa. Om shanti santhi santi Om.

Tityang berduka cita atas wafatnya beliau. Tityang harap keluarga senantiasa sabar lascaria. Dumogi amor ring acintya. O Sang Hyang Widhy Wasa, ampuni seluruh dosa semasa hidupnya. Semoga arwahnya memperoleh sorga, keheningan tanpa sengsara, serta manunggal dengan-Mu. Semoga ia meraih kesempurnaan atas pengetahuan, ampunan, dan kuasa-Mu. Om Swastiastu. Kami berbelasungkawa atas berpulangnya Bapak atau Ibu atau Saudara/i (sebut nama orang yang meninggal). Dumogi amor ring acintya. Saya ikut berduka cita. Semoga atman (sebut nama yang meninggal) dapat menyatu dengan brahman. Semoga ia sukses menggapai kebahagiaan sejati dengan para leluhur. Turut berduka atas wafatnya beliau. Semoga segenap keluarga dikaruniai kekuatan lebih supaya tangguh melanjutkan hidup.

Ucapan Belasungkawa Agama Buddha

Ucapan Belasungkawa Buddha B1f2a

Umat Buddha biasa mengatakan "sabbe sankhara anicca" yang menggambarkan bahwa segala yang berkondisi tidaklah abadi, daripada mengucapkan "turut berduka cita".

Selain itu, sabbe sankhara anicca juga bertujuan pada ungkapan nasehat dan empati. Nah, kamu bisa menggunakan contoh ungkapan-ungkapan berikut untuk menyampaikan empatimu.

Sabbe sankhara anicca. Pertemuan dan perpisahan adalah satu paket kehidupan. Tetaplah kalian melanjutkan roda kehidupan. Sabbe sankhara anicca. Dia kini menempuh karmanya. Semoga ia dapat ke surga atau terlahir kembali dalam wujud yang baik. Sabbe sankhara anicca. Kesedihan tidak boleh berlarut-larut. Semoga sanak saudara terus hidup dengan baik. Sabbe sankhara anicca. Mudah-mudahan kamu terlahir kembali dengan bentuk yang kamu inginkan.

Sabbe sankhara anicca. Jika takdir memihak, mudah-mudahan kita kembali dipertemukan di kehidupan berikutnya.

Ucapan Belasungkawa Khonghucu

Ucapan Belasungkawa Khong Hu Chu 38b39

Tak ada hal yang terjadi di luar firman, termasuk takdir hidup dan mati. Sekarang adalah saat bagi (sebut nama) menjumpai kematian. Semoga kebaikan yang dikerjakan semasa hidup diterima dan diganjar setimpal, bahkan lebih. Tian Yang Maha Esa, terimalah keluarga, teman, dan saudara kami di sisi-Mu. Ampuni dosa-dosanya selama ini di bumi. Kami turut berbelasungkawa atas meninggalnya beliau. Semoga kalian yang ditinggalkan dapat tabah melanjutkan hidup. Beliau tentu ingin yang terbaik bagi kalian semua. Atas nama keluarga besar, saya mengucapkan belasungkawa yang amat besar atas wafatnya (sebut nama). Ia kini pulang ke haribaan kebajikan Tian. Semoga segenap keluarganya diberikan kesabaran. Turut berduka pada (sebut nama) yang meninggal (sebut waktu). Semoga kebaikannya diterima oleh Tian Yang Maha Esa.

Akhir Kata

Pada akhirnya, kematian harus kita sikapi dengan bijak.

Kita diperbolehkan untuk bersedih atas kematian seseorang, namun akan ada waktunya kita harus menerima dan menyerahkan orang yang kita sayangi secara ikhlas kepada Tuhan.

Jangan terus-terusan banjir air mata ya ketika kehilangan orang yang kamu sayang, agar ia juga tenang disana.

Semoga info yang Jaka berikan bermanfaat, sampai jumpa lagi.

Baca juga artikel seputar Kata-kata atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Ucapan Ulang Tahun 8cbd6
300+ Ucapan Ulang Tahun Paling Berkesan, Lengkap Buat Semua!
Ucapan Idul Fitri 2020 2a7ee
50+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H (Terbaru 2020)
20130703113223_1923
Cara Membuat Ucapan Selamat Puasa atau Lebaran dalam Bahasa Arab
Anti Valentine Banner
19 Ilustrasi Ucapan Valentine yang Unik dan Anti-Mainstream
3 Cara Membuat Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri Di Android Kreatif Dan Menarik 4f20e
3 Cara Mudah Membuat Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri di Android
Caption Buat Pacar 4f098
100 Kata-Kata Buat Pacar Paling Romantis, Biar Hubungan Lebih Awet!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
100+ Ucapan Ulang Tahun Islami Untuk Orang Terkasih, Penuh Harapan!
100+ Ucapan Ulang Tahun Islami Untuk Orang Terkasih, Penuh Harapan!
50+ Kumpulan Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab | Biar Berkah saat Ultah!
50+ Kumpulan Ucapan Ulang Tahun Bahasa Arab | Biar Berkah saat Ultah!
100+ Ucapan Ulang Tahun Paling Berkesan, Lengkap Buat Semua!
100+ Ucapan Ulang Tahun Paling Berkesan, Lengkap Buat Semua!
50+ Ucapan Ulang Tahun Kristen Terbaik, Makin Dekat dengan Tuhan!
50+ Ucapan Ulang Tahun Kristen Terbaik, Makin Dekat dengan Tuhan!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal