J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Film Indonesia Paling Sedih Ini Bikin Nangis & Banjir Air Mata

10 Film Indonesia Paling Sedih Ini Bikin Nangis & Banjir Air Mata

Rabu, 29 Jul 2020, 09:00 WIB
Cari Film indonesia sedih yang bikin kamu mengharu-biru? Simak artikel Jaka tentang deretan film indonesia paling sedih yang bakal menguras air mata.

Bosan dengan drama Korea yang sedih? Mungkin kamu bisa ganti mencoba menonton film Indonesia yang bisa bikin kamu mengharu-biru, geng.

Indonesia punya segudang film Indonesia sedih yang bisa membuatmu menguras air mata dan memporak-porandakan hati. Dan kamu nggak bakal menyesal menontonnya karena film ini juga sangat terkenal waktu dirilis.

Buat kamu yang pengin tahu apa saja film Indonesia paling sedih yang bisa bikin kamu menguras air mata, pantengin terus artikel Jaka di bawah ini, ya!

Daftar Film Indonesia yang Bikin Sedih Penonton

Heart Film Sedih Indonesia 6b85e

Terkadang, kita ingin menonton film yang bisa bikin kita mengeluarkan air mata. Film Indonesia yang sedih memang tak ada duanya, karena beberapa memiliki permasalahan yang ada di sekitar kita.

Kalau kamu juga sedang ingin menguras air mata dan sedih-sedihan, kamu bisa cek artikel Jaka berikut ini. Siapa tahu kamu menemukan film sedih Indonesia 2020 favorit kamu. Jangan lupa sedia tisu, ya!

1. Sabtu Bersama Bapak

Film Indonesia Sedih Sabtu Bersama Bapak Custom Ba697

Film yang diadaptasi dari novel karya Adhitya Mulya ini mengisahkan tentang seorang Bapak yang selalu hadir di hari Sabtu walau sebenarnya ia sudah meninggal. Film sedih tentang Ayah ini menunjukkan tentang kasih sayang sang Bapak yang ingin selalu hadir bagi anak-anaknya.

Diceritakan Bapak mengidap penyakit yang parah saat anak-anaknya masih kecil. Supaya ia tetap bisa hadir setelah ia meninggal pun, ia menghabiskan sisa-sisa waktunya untuk membuat rekaman video yang akan ditonton kedua anak lelakinya, Satya dan Cakra di setiap hari Sabtu.

Film ini mengingatkan kita akan betapa dalamnya kasih sayang seorang Bapak kepada anak-anaknya. Akting Abimana yang apik pun membawa kita dalam sosok Bapak yang penuh cinta.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2016
Produksi Falcon Pictures, Max Pictures
Sutradara Monty Tiwa
Pemeran Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Deva Mahenra, Arifin Putra, Acha Septriasa, Sheila Dara Aisha

2. Surat Kecil untuk Tuhan

Film Indonesia Sedih Surat Kecil Untuk Tuhan Custom 47d93

Ketika film ini ditayangkan di bioskop berhasil membuat ratusan ribu penonton keluar dengan mata sembab. Film ini diangkat dari kisah nyata dalam novel yang berjudul sama.

Surat Kecil untuk Tuhan mengisahkan seorang gadis berusia 13 tahun bernama Keke yang tampaknya memiliki hidup yang sempurna. Walau orang tuanya sudah bercerai, ia berasal dari keluarga yang berada dan memiliki orang-orang di sekitarnya yang menyayanginya.

Namun semua hal tersebut runtuh ketika ia terkena sebuah penyakit langka yang pertama kali ada di Indonesia. Film ini menunjukkan bagaimana Keke berjuang untuk sembuh dan mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya membuat para penonton tak kuasa membendung air mata.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2011
Produksi Skylar Pictures
Sutradara Harris Nizam
Pemeran Dinda Hauw, Esa Sigit, Alex Komang, Egi John Foreisythe

3. Heart

Film Indonesia Sedih Heart Custom 310de

Film cinta sedih ini sempat populer hingga dibuat seri TV-nya, Heart menceritakan perjalanan perasaan sepasang manusia sejak kecil hingga beranjak dewasa, Rachel dan Farel. Keduanya selalu bersama, hingga akhirnya sebuah perasaan bertumbuh perlahan.

Hingga suatu hari Farel bertemu dengan Luna yang diketahui sedang sakit. Rachel tak tahu ia merasakan cemburu saat Farel meminta bantuannya untuk meluluhkan hati Luna.

Di akhir cerita ditunjukkan sebuah pengorbanan salah satu tokoh yang di luar dugaan. Penonton dibuat terkoyak hatinya melihat ketulusan Farel dan pengorbanan Rachel yang tidak pernah mengungkapkan perasaannya tersebut.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2006
Produksi Kharisma Starvision Plus
Sutradara Hanny Saputra
Pemeran Nirina Zubir, Irwansyah, Acha Septriasa

4. Critical Eleven

Film Indonesia Sedih Critical Eleven Custom 9a2e5

Critical Eleven diadaptasi dari novel laris karya Ika Natassa yang berkisah tentang kehidupan sepasang suami-istri yang saling mencintai. Film romance favorit ini tampak membahagiakan sebelum sebuah masalah hidup menerjang pasangan tersebut.

Film cinta sedih ini menunjukkan sisi kelam dari sebuah pernikahan yang tak selalu menunjukkan keindahan. Apalagi setelah mereka akhirnya mereka merasakan sebuah kehilangan terbesar dan saling tenggelam dalam kesedihan mereka.

Kamu akan dibuat mengharu-biru dengan akting Reza Rahadian dan Adinia Wirasti yang awalnya sangat harmonis lalu berubah 180 derajat. Kamu juga akan mendapatkan pandangan dan banyak pelajaran mengenai pernikahan melalui film ini.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2017
Produksi Starvision Plus
Sutradara Robert Ronny, Monty Tiwa
Pemeran Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Hannah Al Rashid, Hamish Daud

5. Rectoverso

Film Indonesia Sedih Rectoverso Custom 66b5d

Film Rectoverso cukup unik karena di dalamnya terdapat 5 cerita yang berbeda yang masing-masing disutradarai 5 aktris cantik Indonesia. Rectoverso diangkat dari novel karya penulis terkenal Dewi Lestari dengan nama yang sama.

Salah satu cerita yang paling menyentuh adalah yang berjudul Malaikat Juga Tahu. Abang yang diperankan oleh Lukman Sardi adalah seorang pria dengan autisme yang tinggal bersama ibunya yang memiliki sebuah kos-kosan.

Abang dekat dengan salah satu anak kos bernama Leia yang sangat baik dan memahami Abang. Abang jatuh cinta pada Leia, namun hatinya hancur ketika ia mengetahui hubungan kakaknya dengan Leia.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2013
Produksi Keana Production & Communication
Sutradara Marcella Zalianty, Rachel Maryam, Cathy Saron, Olga Lidya, Happy Salma
Pemeran Lukman Sardi, Prisia Nasution, Sophia Latjuba, Yama Carlos, Tio Pakusadewo, Acha Septriasa, Fauzi Baadilla

6. Emak Ingin Naik Haji

Film Indonesia Sedih Emak Ingin Naik Haji 73119

Emak Ingin Naik Haji adalah salah satu film Indonesia sedih tentang Ibu terbaik. Menceritakan tentang perjuangan seorang ibu yang mau melakukan apapun demi memenuhi keinginan yang selama ini ia idamkan, yaitu ibadah haji.

Sosok Emak yang diperankan oleh Aty Cancer ini adalah seorang wanita berusia lanjut yang sabar, tulus, dan penuh kebaikan hati. Ia hanya berjualan kue untuk menyambung hidup dan sedikit menabung.

Zein, anaknya, mengetahui seberapa besar harapan sang Ibu untuk bisa beribadah haji. Iapun ikut berjuang untuk membantu tabungan ibunya agar segera tercapai.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2009
Produksi Mizan Productions
Sutradara Aditya Gumay
Pemeran Aty Cancer Zein, Reza Rahadian, Didi Petet

7. Keluarga Cemara

Film Indonesia Sedih Keluarga Cemara Custom B9255

Ingat serial TV favorit Keluarga Cemara yang terkenal saat kita kecil? Di tahun 2019, Visinema Pictures memutuskan untuk membuat remake yang lebih modern dari serial tersebut dengan pemain-pemain baru.

Dalam Keluarga Cemara versi layar lebar ini menceritakan Abah yang mengajak keluarganya pindah ke desa terpencil. Pasalnya, rumah dan harta miliknya di kota disita oleh penagih utang yang diakibatkan ulah kakak iparnya.

Film sedih tentang keluarga ini bercerita tentang kehidupan Abah yang semakin sulit ketika ia terancam kalah di pengadilan. Apabila Abah tidak berhasil memenangkan kasus tersebut, ia dan keluarganya harus menelan pil pahit dengan hidup miskin selamanya.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2019
Produksi Visinema Pictures
Sutradara Yandy Laurens
Pemeran Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara, Widuri Putra Sasono

8. Habibie & Ainun

Film Indonesia Sedih Habibie Ainun Custom Ae0e7

Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah menonton film baper sedih yang super mengharukan ini? Tak ada salahnya untuk nonton lagi, geng! Buat kamu yang belum pernah nonton, film ini cocok kalau kamu sedang ingin film Indonesia sedih.

Film ini mengangkat kisah perjalanan cinta Presiden Indonesia ke-3, B.J. Habibie dan istrinya, Ainun. Mereka dipertemukan sejak bangku sekolah, namun ternyata mereka berdua berjodoh.

Sejak menjadi istrinya, Ainun dengan setia mendampingi Habibie meniti kariernya mulai dari bawah. Namun takdir tak bisa diprediksi, kita dibawa hanyut dengan patah hatinya Habibie yang harus kehilangan Ainun untuk selamanya.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2012
Produksi MD Pictures
Sutradara Faozan Rizal
Pemeran Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Ratna Riantiarno, Mike Lucock

9. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Film Indonesia Sedih Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Custom Fa63f

Film romansa satu ini selain dapat membuat hati terenyuh juga dibuat memanjakan mata, sebab hampir semua pemerannya adalah aktor dan aktris yang rupawan, seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian.

Alkisah Zainuddin, seorang pemuda sederhana yang pergi ke tanah kelahiran ayahnya. Saat itu ia terpikat dengan seorang gadis bangsawan bernama Hayati.

Perbedaan status sosial membuat mereka tak bisa bersatu. Hingga akhirnya Hayati dijodohkan dengan seorang pemuda kaya bernama Aziz. Tak disangka ia terbelit masalah ekonomi sampai harus menitipkan Hayati pada Zainuddin.

Hayati berniat pulang ke tanah Minang menaiki kapal Van Der Wijck. Naas, kapal tersebut tenggelam di tengah perjalanan, dan saat itulah Zainuddin baru mengetahui bahwa Hayati juga masih mencintainya.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2013
Produksi Soraya Intercine Films
Sutradara Sunil Soraya
Pemeran Herjunot Ali, Pevita Pearce, Reza Rahadian, Randy Nidji, Jajang C. Noer, Niniek L. Karim

10. Badai Pasti Berlalu

Film Indonesia Sedih Badai Pasti Berlalu Custom C020d

Film yang dirilis tahun 2007 ini merupakan film remake dari tahun 1977 dengan judul yang sama. Kedua film ini diangkat dari novel karya Marga T.

Film ini diawali dengan kisah Siska yang dikhianati oleh kekasihnya. Ia lalu bertemu dengan Leo, teman kuliah kakaknya.

Namun ternyata Leo hanya memanfaatkan Siska sebagai taruhan bersama teman-temannya. Siska kembali merasa sakit hati, namun malah Leo jadi beneran jatuh cinta dengannnya.

Siska kemudian jatuh ke dalam pelukan Helmi, seorang manajer kafe yang berkarakter licik. Badai demi badai menerpa kehidupan Siska, namun ia yakin badai akhirnya pasti berlalu.

Detail Keterangan
Tahun Rilis 2007
Produksi Astral Pictures
Sutradara Teddy Soeriaatmadja
Pemeran Vino G. Bastian, Raihaanun, Winky Wiryawan

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan tentang deretan film Indonesia yang paling sedih yang bisa bikin kamu menguras air mata. Cocok banget buat kamu yang sedang ingin suasana mengharu -biru dan menghayati filmnya.

Film Indonesia favorit yang bikin sedih mana yang jadi favorit kamu dan sudah kamu tonton, geng? Bagi jawabanmu di kolom komentar yuk!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Film Musikal Terbaik 6cbcf

10 Film Drama Musikal Terbaik Sepanjang Masa | Bikin Kamu Nangis Bombay!

A Social Life

Film Pendek Tentang Menyedihkannya Media Sosial, Jago Kalo Gak Nangis!

Anime Sedih Terbaik 61c00

10 Anime Sedih Terbaik 2020, Siapin Tisu Sebelum Nonton!

Film Binatang Terbaik Bd2d7

10 Film Terbaik dengan Tokoh Utama Binatang | No. 3 Bikin Nangis Tersedu-sedu!

Banner Jadi 26ac3

7 Adegan Paling Bikin Baper di Film Romantis, Bikin Nangis Terharu!

Banner 275bd

7 Film Tentang Patah Hati yang Paling Tragis, Nangis 1 Liter!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
25 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Hingga 2020 | Laku Keras di Bioskop!

25 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Hingga 2020 | Laku Keras di Bioskop!

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?

15 Film Indonesia Terbaru Maret - April 2020 | Banyak Film Drama & Horor!

15 Film Indonesia Terbaru Maret - April 2020 | Banyak Film Drama & Horor!

10 Film Jadul Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Gak Mengecewakan!

10 Film Jadul Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Gak Mengecewakan!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal