11 Film Keluarga Terbaik Sepanjang Masa, Makin Sayang Orangtua!

Default

Film keluarga terbaik sangat cocok untuk kamu saksikan di saat liburan bersama anggota keluarga, seperti adik, kakak, dan orang tuamu.

Waktu kamu masih kecil, apakah kamu juga sering memiliki sesi nonton bareng bersama orangtua kamu seperti Jaka, geng?

Sebelum ada yang namanya Mobile Legends, hiburan Jaka memang biasanya terbatas di rental VCD yang dulu tersebar di semua penjuru Jakarta, geng!

Berkat keberadaan rental-rental film tersebut, Jaka jadi mendapat kesempatan nonton beragam film ketika berkumpul bersama keluarga Jaka.

Selama pilihan kalian tepat, film bisa menjadi medium universal yang bisa dinikmati oleh semua orang dari yang sudah jompo sampai yang masih SD, geng. Ada film komedi yang lucu, ada pula film drama yang bikin nangis. Lengkap!

Buat kalian yang sedang mencari tontonan yang cocok dinikmati di waktu liburan, berikut adalah rekomendasi 10 film keluarga terbaik 2021 dari Jaka!

Film Keluarga Terbaik Indonesia 2021

Semua film yang akan Jaka bahas di sini semuanya nggak ada yang memiliki elemen tidak senonoh tapi tetap menarik untuk orang dewasa, geng.

Pertama-tama, Jaka akan membahas beberapa film Indonesia terbaik bertema keluarga karena kita harus selalu menghormati produk lokal.

1. Nussa: The Movie (2021)

Kamu pasti familiar kan sama serial animasi anak-anak asli Indonesia "Nussa"? Nah sekarang kamu bisa nonton Nussa versi film layar lebar, geng!

Nussa: The Movie menceritakan tentang Nussa (Muzakki Ramdhan) dan Rara (Aysha Razaana), dua bersaudara yang cerdas dan menggemaskan.

Nussa merupakan anak yang rajin dan semangat belajar di sekolah. Ia ingin jadi juara kelas dan memenangkan kompetisi sains di sekolah.

Namun tiba-tiba ada murid baru di sekolah Nussa bernama Jonni (Ali Fikry). Jonni juga anak yang cerdas dan sering meraih juara sains di sekolah lamanya.

Tak itu saja, Joni juga memiliki peralatan canggih yang lebih bagus daripada Nussa. Melihat hal itu, Nussa pun merasa takut tersaingi oleh Jonni.

Bisakah Nussa mengatasi berbagai rintangan untuk tetap menjadi juara kompetisi sains? Petualangan seru macam apa yang akan dihadapi oleh Nussa dan kawan-kawan untuk mempelajari arti sebenarnya dari rasa syukur?

Judul Nussa: The Movie
Rilis 14 Oktober 2021
Durasi 1 jam 47 menit
Sutradara Bony Wirasmono
Produksi Visinema Pictures
Cast Muzakki Ramdhan, Aysha Raazana, Fenita Arie, dkk
Genre Animasi, Family
Rating 9.3/10 (IMDb)

2. Keluarga Cemara (2019)

Selamat pagi emak, selamat pagi abah, mentari hari ini berseri indah. Siapa, sih, anak jaman 90-an yang tidak kenal dengan potongan lirik lagu ikonik tersebut?

Berawal dari cerita karangan mendiang Arswendo Atmowiloto di tahun 70-an, sebelum diangkat menjadi sinetron di tahun 90-an, Keluarga Cemara akhirnya diangkat ke film di tahun 2019.

Salah satu film keluarga yang mengharukan ini menceritakan keluarga dari gadis cilik bernama Cemara (Widuri Sasono) yang akrab dipanggil Ara yang memiliki kakak bernama Euis (Adhisty Zara).

Setelah ditipu oleh salah satu relasi mereka, Ara dan keluarganya harus rela menjual harta benda mereka dan pindah ke sebuah desa kecil di antah berantah.

Meskipun kepindahan ini awalnya sulit dicerna, Ara beserta keluarganya lambat laun menemukan kalau mereka masih memiliki harta yang paling berharga, yaitu keluarga. Hati-hati, geng, film ini rawan bikin kamu nangis berlinang air mata loh.

Judul Keluarga Cemara
Tayang 3 Januari 2019
Durasi 1 jam 50 menit
Produksi Visinema Pictures, Ideosource Entertainment, Kaskus
Sutradara Yandy Laurens
Cast Nirina Zubir, Ringgo Agus Rahman, Adhisty Zara, Widuri Sasono, dkk
Genre Drama, Family
Rating 7.9/10 (IMDb.com)

3. Laskar Pelangi (2008)

Sebagai film adaptasi dari novel populer karya Andrea Hirata, film Laskar Pelangi yang disutradarai Riri Riza sudah sangat dinantikan sebelum dirilis.

Menceritakan perjuangan 10 anak dari sebuah desa terpencil di Pulau Belitung, film ini dibintangi anak-anak setempat yang berbakat untuk menjaga keaslian film.

Dengan suguhan pemandangan yang indah dan soundtrack yang sangat ikonik, salah satu film Indonesia yang mendunia ini dijamin bisa membawa senyuman sekaligus air mata pada penonton, geng!

Laskar Pelangi juga diikuti oleh 2 sekuel film yang juga diangkat dari novel tetralogi Laskar Pelangi dari Andrea Hirata yakni Sang Pemimpi dan Edensor.

Judul Laskar Pelangi
Tayang 25 September 2008
Durasi 2 jam 4 menit
Produksi Miles Films, Mizan Production
Sutradara Riri Riza
Cast Cut Mini Theo, Ikranagara, Tora Sudiro, dkk
Genre Adventure, Drama
Rating 7.8/10 (IMDb.com)

4. Kulari ke Pantai (2018)

Setelah sempat ada kekosongan di genre keluarga, sutradara ternama Riri Riza kembali dengan film keluarga terbaik 2018 Kulari ke Pantai.

Kali ini, pemandangan indah Pantai Plengkung di Banyuwangi yang digunakan sebagai latar film bertema keluarga oleh Riri Riza, geng.

Salah satu film komedi drama keluarga ini menceritakan konflik Sam (Maisha Kanna) dan sepupunya, Happy (Lil'li Latisha), serta usaha ibu Sam, Uci (Marsha Timothy) dalam mendamaikan mereka.

Konflik antar saudara memang sudah banyak ditemukan dan hal itulah yang membuat film ini menjadi sangat relatable bagi anak dan orangtua.

Judul Kulari ke Pantai
Tayang 28 Juni 2018
Durasi 1 jam 52 menit
Produksi Miles Films
Sutradara Riri Riza
Cast Maisha Kanna, Lil'li Latisha, Marsha Timothy, dkk
Genre Family
Rating 8.0/10 (IMDb.com)

Film Keluarga Terbaik Sepanjang Masa 2021

Cinta produk Indonesia nggak berarti kita harus menghina karya luar dan berikutnya, Jaka akan memberi rekomendasi film bertemakan keluarga terpopuler dan terbaik dari luar!

5. The Willoughbys (2020)

Mau nonton film anak-anak lucu bersama adik dan orangtua? Coba tonton The Willoughbys, deh! Meski ber-genre komedi, film ini punya cerita yang menyentuh hati.

The Willoughbys mengisahkan tentang empat bersaudara yang merasa bahwa mereka sanggup hidup tanpa orangtua mereka. Mereka pun berusaha untuk bebas dari orangtuanya yang egois.

Karena berkeinginan untuk hidup bahagia tanpa orangtua, Willoughbys bersaudara akhirnya merencanakan liburan untuk orangtuanya supaya bisa berpisah dari mereka.

Tapi, apakah hal ini berhasil membuat empat bersaudara tersebut merasa lega? Atau, mereka justru merindukan orangtuanya? Mending langsung ditonton aja, geng!

Judul The Willoughbys
Tayang 22 April 2020
Durasi 1 jam 32 menit
Produksi Bron Animation, Creative Wealth Media
Sutradara Kris Pearn
Cast Will Forte, Maya Rudolph, Alessia Cara
Genre Comedy
Rating 90% (RottenTomatoes.com)

6.4/10 (IMDb.com)

6. Dora and the Lost City of Gold (2019)

Kalau dipikir-pikir, karakter kartun Dora the Explorer yang sering bertanya ke kita melalui TV itu memang agak aneh, geng.

Untungnya, tidak ada momen absurd seperti itu di adaptasi live-action kartun Dora and the Lost City of Gold, salah satu film keluarga paling populer 2019.

Di sini, kita bergabung dengan Dora, (Isabela Moner), sepupunya, Diego (Jeff Wahlberg), dan beberapa teman Dora dalam menyelamatkan orang tua Dora yang diculik.

Di sini kita diajak bergabung dengan Dora versi SMA dalam petualangannya ala Indiana Jones di kuil penuh jebakan di Amerika Selatan.

Judul Dora and the Lost City of Gold
Tayang 9 Agustus 2019
Durasi 1 jam 42 menit
Produksi Paramount Players, Walden Media, Screen Queensland
Sutradara James Bobin
Cast Isabela Moner, Eugenio Derbez, Michael Pena, dkk
Genre Adventure, Family
Rating 84% (RottenTomatoes.com)

6.0/10 (IMDb.com)

7. Paddington 2 (2017)

Terinspirasi dari karakter Paddington Bear yang sangat ikonik di Inggris, beruang baik hati tersebut dijamin bisa melelehkan hati semua penontonnya, geng!

Melanjutkan cerita dari pendahulunya, Paddington 2 menceritakan kisah Paddington (Ben Whishaw) yang dituduh mencuri sebuah buku.

Fitnah tersebut menjerumuskan Paddington ke penjara dan film ini menunjukkan usaha Paddington dan keluarga Brown dalam membersihkan nama Paddington.

Kualitas Paddington 2 ini nggak usah diragukan karena saat ini, Paddington 2 memiliki rating 100% di situs film Rotten Tomatoes, geng.

Judul Paddington 2
Tayang 5 November 2017
Durasi 1 jam 43 menit
Produksi StudioCanal, Anton, Amazon Prime Video
Sutradara Paul King
Cast Ben Whishaw, Hugh Grant, Hugh Bonneville, dkk
Genre Adventure, Comedy, Family
Rating 100% (RottenTomatoes.com)

7.8/10 (IMDb.com)

8. Finding Nemo (2003)

Hampir semua film animasi terbaik dari studio Pixar bisa Jaka masukkan di sini tapi untuk variasi, Jaka memutuskan untuk memilih Finding Nemo saja.

Finding Nemo yang tayang di Disney+ Hotstar ini menceritakan perjuangan Marlin (Albert Brooks), seekor ikan clownfish dalam mencari anaknya yang hilang, Nemo (Alexander Gould).

Di perjalanannya di laut lepas, Marlin bergabung bersama Dory (Ellen DeGeneres), seekor ikan blue tang yang memiliki masalah ingatan jangka pendek.

Para orangtua dapat bersimpati dengan kisah Nemo dan keluarganya sementara anak-anak akan terbuai dengan pemandangan bawah laut yang sangat memanjakan mata, geng.

Sebagai catatan tambahan, kalian juga bisa menikmati Finding Dory, sekuel film family terbaik ini yang juga nggak kalah seru. Wajib nonton!

Judul Finding Nemo
Tayang 30 Mei 2003
Durasi 1 jam 40 menit
Produksi Pixar Animation Studios, Walt Disney Pictures
Sutradara Andrew Stanton, Lee Unkrich
Cast Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Alexander Gould, dkk
Genre Animation, Adventure, Comedy
Rating 99% (RottenTomatoes.com)

8.1/10 (IMDb.com)

9. Inside Out (2015)

Sebagai anak-anak, kalian pasti pernah merasa kalau kesedihan itu adalah sebuah perasaan yang sama sekali nggak guna dan cuma buang-buang waktu dan tenaga saja.

Nah, stigma itulah yang ingin ditebas studio animasi Pixar di film Inside Out yang mengilustrasikan perasaan yang berkecamuk di dalam diri kita.

Bertempat di dalam kesadaran seorang gadis bernama Riley, film ini mengikuti Joy (Amy Poehler) dan Sadness (Phyllis Smith) dan usaha mereka membantu Riley.

Dalam rekomendasi film family ini, kita ditunjukkan bahwa menangis dan kesedihan itu memiliki tempat di kehidupan kita yang membuat film ini cocok menjadi bahan pelajaran. Cerita filmnya bisa banget bikin kamu meneteskan air mata deh, geng!

Judul Inside Out
Tayang 19 Juni 2015
Durasi 1 jam 35 menit
Produksi Pixar Animation Studios, Walt Disney Pictures
Sutradara Pete Docter, Ronnie Del Carmen
Cast Amy Poehler, Bill Hader, Lewis Black, dkk
Genre Animation, Adventure, Comedy
Rating 98% (RottenTomatoes.com)

8.2/10 (IMDb.com)

10. Wonder (2017)

Jaka yakin sewaktu kecil, kalian pernah diajarkan bahwa kalian nggak boleh menilai seseorang dari penampilan fisiknya, kan?

Nasihat inilah yang ditunjukkan di film Wonder di mana kita diajak berkenalan dengan Auggie (Jacob Tremblay), seorang anak yang mengalami kelainan fisik di wajahnya.

Meskipun langsung menjadi target bullying, Auggie tidak berkecil hati berkat dukungan dari kedua orangtua dan kakak perempuannya.

Selain Tremblay, film family terbaik ini dibintangi oleh Julia Roberts dan Owen Wilson sebagai orangtua Auggie, geng!

Judul Wonder
Tayang 17 November 2017
Durasi 1 jam 53 menit
Produksi Lionsgate, Participant, Walden Media
Sutradara Stephen Chbosky
Cast Jacob Tremblay, Owen Wilson, Izabela Vidovic, dkk
Genre Drama, Family
Rating 85% (RottenTomatoes.com)

8.0/10 (IMDb.com)

11. Miss Granny (2014)

Meskipun karakter utamanya sudah jompo, salah satu film Korea yang sangat populer ini berjudul Miss Granny punya daya tarik yang sangat universal, geng!

Di film ini kita bertemu dengan Oh Mal-Soon (Na Moon-Hee), seorang nenek menjengkelkan yang kelakukannya sampai menjadi beban dari anaknya sendiri.

Setelah iseng menggunakan layanan seorang tukang foto, Mal-Soon mendapati dirinya menjadi muda kembali dan mengubah namanya menjadi Oh Doo-Ri (Shim Eun-Kyung).

Dengan meniru gaya idolanya, aktris legendaris Hollywood Audrey Hepburn, kita diajak melihat tingkah laku konyol Oh Doo-Ri dalam mengulang masa mudanya kembali.

Saking populernya, Miss Granny ini bahkan sudah di remake di beberapa negeri, termasuk oleh Indonesia dengan judul Sweet 20 dibintangi Tatjana Saphira, geng!

Judul Miss Granny
Tayang 22 Januari 2014
Durasi 2 jam 4 menit
Produksi Yeinplus Entertainment, CJ Entertainment
Sutradara Dong-hyuk Hwang
Cast Eun-kyung Shim, Moon-hee Na, In-hwan Park, dkk
Genre Comedy, Fantasy, Music
Rating 80% (RottenTomatoes.com)

7.3/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Itulah daftar rekomendasi film keluarga terbaik dari Jaka. Sesekali, coba ajak keluarga kalian mendekatkan diri dengan nonton film di atas bersama, geng.

Film-film tersebut cocok banget ditonton saat sedang berkumpul bersama anggota keluarga.

Bagaimana menurut kalian dengan rekomendasi Jaka di atas? Mana dari film di atas yang menjadi favorit kalian? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 41 62c57
40 Film Komedi Terbaik & Terbaru 2021 | Lucu & Menghibur!
Film Barat Terbaru Terbaik Ec14d 0a94c
20+ Film Barat Terbaru dan Terbaik Tahun 2021, Semuanya Wajib Nonton!
Affliction 0850b
30+ Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Update 2021)
Film Animasi Terbaik F8ba5 8fdf0 E1362
25+ Film Animasi Terbaik & Terbaru 2021 | Dari yang Kocak Sampai Bikin Banjir Air Mata
Rekomendasi Film Romantis Indonesia Terbaru E7c2d
25+ Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2021, Bikin Baper!
Film Korea Komedi Romantis 315e4
20 Film Korea Komedi Romantis Terbaik & Terbaru 2020, Bikin Baper!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal