Robot Gundam Raksasa Resmi Dipamerkan di Jepang, Bisa Bergerak!

Default

Setelah pengumuman Super Nintendo World dibuka di Jepang, kini masyarakat Negeri Sakura memiliki wahana hiburan baru, yaitu kompleks Gundam Factory Yokohama, Tokyo, yang menampilkan robot Gundam raksasa.

Sebelumnya, patung RX-78 telah didirikan di distrik Odaiba, Tokyo, sebelum diganti dengan RX-0 Unicorn yang bisa berubah wujud.

Namun, ini adalah pertama kalinya terdapat RX-78 dalam skala asli, yaitu setinggi 18 meter, yang bisa bergerak. Mulai menggelengkan kepala, mengangkat tangan, berjalan, hingga berlutut. Semua gerakan itu bisa dilakukan meski agak lambat berkat bantuan dek yang menopang robot seberat 25 ton tersebut.

Life Size Gundam 3d371

Tidak hanya menghadirkan robot Gundam raksasa, kompleks Gundam Factory Yokohama juga memiliki Gundam Lab yang menggunakan teknologi augmented reality (AR) agar pengunjung dapat merasakan simulasi memasuki kokpit Mobile Suit, serta toko oleh-oleh dan kafe Gundam.

Tapi, tentu saja atraksi utama adalah Gundam Dock Tower dengan Gundam raksasa yang ditopang oleh beberapa dek. Pengunjung bisa menaiki dek untuk menyaksikan lebih dekat robot yang dioperasikan dengan teknologi 5G tersebut.

Pembangunan Gundam raksasa bergerak diprakarsai oleh perusahaan mainan terbesar Jepang, Bandai Namco Holdings, dan dimulai pada 2014. Dua tahun pertama merupakan tahap rancangan untuk memastikan keseimbangan dan fungsionalitas robot. Mereka memilih RX-78-2 yang merupakan robot original dalam serial anime mecha Gundam.

Tayangan Mobile Suit Gundam disiarkan di Jepang pada 7 April 1979 hingga 26 Januari 1980 dan menghasilkan 43 episode. Serial anime berlatar masa depan ini bercerita tentang pilot robot bernama Amuro Ray yang berjuang dan tumbuh dalam peperangan antara Kerajaan Zeon dengan Federasi Bumi.

Sebenarnya, robot tersebut telah selesai dibangun pada Juli lalu. Kompleks Gundam Factory Yokohama juga direncanakan dibuka pada Oktober, namun akibat pandemi, mereka terpaksa mengundurkan jadwalnya menjadi 19 Desember. Robot Gundam raksasa bisa disaksikan hingga 31 Maret 2022.

Giant Gundam Robot 43e52

Tidak hanya bergerak, robot tersebut juga memiliki berbagai kemampuan lain, seperti menggerakkan kepalanya untuk melihat langsung ke arah pengunjung, ganti pose setiap setengah jam sekali, dan menyala ketika malam hari. Ada-ada saja, ya, teknologi unik dari Jepang.

Kalau kamu tertarik untuk menyaksikannya, tiket masuk ke Gundam Factory Yokohama adalah 1.650 yen atau sekitar Rp225 ribu untuk pengunjung usia 13 tahun ke atas, 1.110 yen atau sekitar Rp152 ribu untuk usia 7-12 tahun, dan gratis untuk usia 6 tahun ke bawah.

Tapi, pengunjung dikenakan biaya tambahan 3.300 yen atau sekitar Rp451 ribu untuk naik ke dek dan melihat robot Gundam raksasa lebih dekat.

Giant Moving Gundam 66ea6

Nah, karena masih masa pandemi, kamu masih ada kesempatan untuk menabung supaya bisa berkunjung ke sana ketika keadaan sudah aman. Sambil menunggu, kamu bisa memainkan game robot offline untuk mengobati rasa penasaran terhadap robot Gundam raksasa.

Game Gundam juga sangat banyak jenisnya, baik untuk konsol maupun PC. Kalau kamu mencari game Gundam terbaik, kamu bisa coba mainkan Gundam Versus yang dirilis pada 2017 untuk PlayStation 4.

Ingin melihat Mobile Suit seperti yang digunakan oleh robot Gundam RX-78 raksasa? Kamu bisa menemukannya di game tersebut karena ada 90 Mobile Suit dari 17 seri Gundam. Dijamin bikin pengalaman bermain jadi seru.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Urutan Anime Gundam 7817d
26 Urutan Anime Gundam Terbaru Sesuai Kronologi Waktu, Lengkap!
Korsel Ciptakan Robot Gundam Raksasa Berawak Manusia
Canggih! Korsel Ciptakan Robot Gundam Raksasa Berawak Manusia
Review Game Ps4 New Gundam Breaker 30c54
Review Game PS4 New Gundam Breaker: Game Gundam Pake WAIFU!
Film Robot Terbaik 2020 86b60
10 Film Robot Terbaik & Terbaru 2020, CGI-nya Gak Kaleng-Kaleng!
Banner Wallpapersxl Kemampuanrobot
4 Kemampuan Manusia Dalam Pekerjaan yang Tidak Bisa Digantikan Robot
5 Robotik Gadget Yang Akan Mengubah Dunia Di Masa Depan
5 Robot Gadget yang Akan Mengubah Dunia di Masa Depan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal