J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

26 Urutan Anime Gundam Terbaru Sesuai Kronologi Waktu, Lengkap!

26 Urutan Anime Gundam Terbaru Sesuai Kronologi Waktu, Lengkap!

Sabtu, 25 Jul 2020, 19:00 WIB
Mau tahu urutan menonton anime Gundam biar nggak bingung? Berikut panduan menonton anime Gundam secara kronologis dari Jaka.

Mobile Suit Gundam adalah salah satu franchise anime mecha asal Jepang yang cukup sukses baik dalam bentuk anime maupun action figure. Anime-nya sendiri sudah ada sejak tahun 1979 lho, geng.

Saking terkenalnya, anime Gundam sudah cukup banyak diproduksi hingga saat ini. Ada beberapa anime Gundam yang berkesan, ada juga yang jalan ceritanya membosankan.

Nah, buat kamu yang membutuhkan panduan untuk menonton urutan anime Gundam sesuai kronologi waktu sudah Jaka ulas selengkapnya di bawah ini. Siapa tahu kamu mau mencoba menonton ulang, geng.

Daftar Urutan Anime Gundam Berdasarkan Kronologi Waktu

Urutan Gundam Kronologis 88d58

Setiap anime Gundam menyimpan jalan ceritanya masing-masing yang ternyata sesuai kronologi waktu. Kadang mungkin kamu menonton satu anime Gundam yang ternyata adalah lanjutan dari anime Gundam lainnya atau sebelumnya, padahal tidak diproduksi dalam tahun yang berurutan.

Hal ini bisa membuatmu bingung, khususnya untuk para penggemar yang baru saja mulai mengikuti anime Gundam.

Ada lima era yang menjadi panduan kronologi waktu dalam anime Gundam ini. Agar kamu lebih nyambung menontonnya, sangat disarankan untuk menonton dari awal hingga ke anime terbarunya.

Buat kamu yang mau nonton ulang dari awal, yuk ikutin panduan yang Jaka urutkan berdasarkan kronologi waktu di lima era tersebut. Simak ya!

Urutan Anime Gundam di Universal Century

Universal Century adalah timeline pertama dalam franchise Gundam. Sebagai era yang paling tua, tentu timeline ini memiliki jejak budaya yang besar dan hampir sebagian besar seri anime Gundam berada di timeline Universal Century.

Dalam era ini, dikisahkan munculnya One Year War, sebuah konflik antara Bumi dan koloni luar angkasa yang memberontak. Sisi baik berada di Earth Federation, sedangkan Republic of Zeon menjadi sisi jahat yang menampilkan image dan idealisme Nazi.

Berikut adalah urutan anime Gundam di Universal Century:

1. Gundam: The Origin UC 0068

Gundam The Origin Loum Arc Custom B1b52

Merupakan kisah asli dari One Year War, anime berbentuk original video animation (OVA) ini mulai saat tokoh legendaris Char Aznable masih anak-anak dan memunculkan detail akan intrik politik yang membentuk Republic of Zeon.

Pada anime OVA yang dirilis tahun 2015 ini memperlihatkan bagaimana kebangkitan Zeon hingga akhirnya menuju awal One Year War. Anime ini dibagi menjadi enam episode.

2. MS IGLOO UC 0079

Urutan Gundam Ms Igloo Custom 6f9a3

Anime OVA satu ini dirilis dalam tiga episode spesial di tahun 2004 yang berfokus pada tim teknik Zeon dan kesiapan mereka untuk membuat teknologi yang sangat dibutuhkan oleh para prajurit yang berjuang.

Berlangsung di waktu yang hampir bersamaan dengan Mobile Suit Gundam dan The Origin, MS IGLOO mengikuti eksploitasi Unit Evaluasi Teknis Zeon, kru khusus peneliti pengembangan senjata.

Mereka ditempatkan di atas bekas kapal kargo sipil Jotunheim. Episode dalam ini diklaim sebagai episode penting sepanjang One Year War yang nyaris tidak disebutkan secara mendalam di seri aslinya.

3. Mobile Suit Gundam UC 0079

Urutan Gundam First Gundam B048c

Ini adalah anime pertama yang dibuat, namun timelinenya berada di nomor ketiga saat One Year War sudah dimulai. Anime ini berfokus pada persaingan yang terjadi antara Amuro Ray dan Char Aznable.

Keduanya adalah petarung mobile suit terbaik dari masing-masing Federasi Bumi dan Zeon. Saat itu Amuro jatuh cinta pada Lalah, yang tak sengaja terbunuh saat berhadapan dengan Char.

Di akhir episode, Amuro bertarung satu lawan satu dengan Char dan saling menyalahkan atas kematian Lalah. Namun setelah itu Char membunuh musuh aslinya, yakni Kycilia Zabi.

4. The 08th MS Team UC 0079

Urutan Gundam Gundam 08th Ms Team A6f22

Merupakan cerita sampingan dari selama One Year War, yang menceritakan tentang satu unit Earth Federation di bagian Asia Tenggara.

Aina dan Shiro saling mengenal satu sama lain, namun nasib menempatkan mereka menjadi pilot Gundam dalam organisasi yang berbeda. Aina menjadi pilot di Earth Federation, sementara Shiro berada di Zeon.

Ketika akhirnya mereka jatuh cinta, mereka harus memutuskan berpihak pada sisi yang mana, untuk bersama atau dengan sisi mereka masing-masing.

5. 0080: War in the Pocket UC 0079-80

War In The Pocket Custom Eeacf

Diproduksi tahun 1989, sebenarnya anime ini adalah OVA pertama yang dibuat dari franchise Gundam. Namun dalam kronologi, anime ini terhitung cukup jauh.

Masih bertempat dalam setting One Year War, cerita sampingan ini menampilkan seorang bocah protagonis berusia 11 tahun yang berusaha memahami arti perang ketika ia dihadapkan pada satu perang.

6. 0083: Stardust Memory UC 0083

Urutan Gundam Gundam Stardust Memory 2165d

Dalam waktu yang berbeda setelah peliknya One Year War, justru kini Earth Federation yang mengambil alih sisi jahat.

Saat Albion, mobile suit Gundam yang bersenjatakan nuklir dicuri oleh kelompok Zeon, awak Earth Federation menjadi panik, tanpa tahu bahwa itu adalah bagian dari rencana yang lebih besar untuk mengacaukan Earth Federation.

7. Zeta Gundam UC 0087

Urutan Gundam Mobile Suit Zeta Gundam Custom 34123

Anime kedua yang diproduksi oleh franchise Gundam di tahunh 1985 yang memunculkan protagonis baru bernama Kamille Bidan. Masih di era Universal Century, delapan tahun setelah kejadian di Mobile Suit Gundam dan empat tahun setelah kejadian Stardust Memory.

Di sini muncul The Titans, sebuah unit yang diciptakan khusus oleh Earth Federation untuk membunuh sisa-sisa anggota Zeon. Namun justru prajurit Titan malah secara keji membantai semua orang yang menginginkan hak asasi yang sama.

Kedua orang tua Kamille diculik oleh Titans sebagai ganti Gundam yang dicuri oleh Kamille. Namun tanpa sengaja, sang ibu terbunuh dan membuat Kamille bergabung dengan Anti-Earth Union Group (AEUG), sebuah kelompok pemberontak yang bertujuan membasmi Titans.

8. Gundam ZZ UC 0088

Urutan Gundam Gundam Zz F999d

Anime ketiga di tahun 1986 ini merupakan sekuel dari Zeta Gundam dengan semua karakter baru. Seperti Haman Karn, regenerasi dari Mineva Lao Zabi di Mobile Suit Gundam.

Cerita dalam anime ini lebih ringan dibanding para pendahulunya dan tak berisi pembantaian berdarah dingin.

9. Char's Counterattack UC 0093

Urutan Gundam Char Counterattack 03c5c

Kembali lagi dalam perseteruan Amuro vs Char. Di tahun ini, Char kembali ke Neo Zeon dan berencana menjatuhkan asteroid ke Bumi.

Amuro berusaha menghentikan rencana tersebut, namun sayang, asteroid itu berhasil jatuh di Tibet.

10. Gundam Unicorn UC 0096

Urutan Gundam Unicorn 97807

Sebenarnya kisah ini lebih awal dan lebih original, karena jalan ceritanya bermula di tahun UC 0001. Anime ini mengikuti kisah cerita keturunan terakhir Republic of Zeon.

Kemudian dipercepat menjadi 16 tahun setelah akhir dari One Year War. Kisah dalam anime ini menjadi pusat dari seluruh kisah yang ada di kronologi waktu Universal Century.

11. Gundam F91 UC 0123

Urutan Gundam Gundam F91 91aff

Bertempat dalam 30 tahun setelah anime Char's Counterattack dan karakter yang sama sekali baru. Kisah ini tentang Seabook Arno dan temannya Cecily Fairchild yang harus bertemu dalam sebuah peperangan.

Ayah kandung Cecily bermimpi untuk menjatuhkan Earth Federation yang sudah terkorupsi. Walau ia enggan untuk bergabung dengan mereka, namun ia tak punya pilihan.

12. Victory Gundam UC 0153

Victory Gundam Custom 7188a

Kisah dalam anime ini berpusat tentang Uso Ewin, seorang anak berusia 13 tahun yang terpaksa menjadi pilot Gundam untuk mempertahankan kota yang dicintainya.

Pada tahun ini, kota Kasarelia di Eropa Timur diserang oleh BESPA, angkatan bersenjata luar angkasa dari Kerajaan Zanscare.

13. G-Savior UC 0223

Urutan Gundam G Saviour 296f9

Merupakan live action anime pertama dari franchise Gundam yang dibuat oleh Kanada. Di tahun ini, Earth Federation telah hancur dan akhirnya semua koloni luar angkasa bergabung dalam kelompok independen bernama Settlements.

Congress of Settlement Nations (CONSENT) muncul di mana anggotanya sebagian besar dari Earth Federation. Ketika itu masalah baru muncul, yakni kekurangan bahan makanan yang membuat banyak rakyat menderita.

Urutan Anime Gundam di After Colony

Kronologi waktu ini diluncurkan pada tahun 1995 di Jepang. Masih menyimpan cerita yang sama, di After Colony, Bumi masih berperang dengan koloni luar angkasa.

Namun yang berbeda, kini justru koloni luar angkasa yang menarik simpati penonton. Tiap koloni mengembangkan mobile suit mereka sendiri.

Ceritanya memang tak jauh beda dengan era Universal Century dan memang mengisahkan ciptaan setelah koloni di era UC. Muncul pula karakter bertopeng mirip Char.

Berikut ini adalah urutan anime Gundam di After Colony:

1. Gundam Wing - UC 195

Urutan Gundam Gundam Wing 53037

Merupakan salah satu anime Gundam yang cukup terkenal, di mana kini para manusia sudah menguasai luar angkasa. Sebuah aliansi di bumi menekan satu koloni di luar angkasa yang membuat mereka tak jadi bebas.

Saat itu Heero Yuy memimpin sebuah gerakan yang menginginkan kebebasan bagi koloni mereka di tahun After Colony 175. Namun sayang Heero Yuy ditembak mati dan koloni luar angkasa banyak yang dihancurkan.

Anime ini berfokus pada lima karakter pilot Gundam yang memiliki tujuan sama, yakni melawan langsung Organizations of the Zodiac (OZ), sehingga Aliansi di Bumi tak lagi punya senjata dan membebaskan dari tahta opresif mereka.

2. Endless Waltz - UC 195

Urutan Gundam Gundam Wing Endless Waltz 44d5a

Anime merupakan kelanjutan dari Gundam Wing di mana perseteruan antara Bumi dan koloni luar angkasa telah selesai. Pada era ini melahirkan Earth Sphere Unified Nation (ESUN) dan Preventers.

Para pilot Gundam merasa tidak dibutuhkan kembali, akhirnya membuang semua Gundam mereka ke Matahari. Walaupun begitu, kedamaian ini tidak bertahan lama dan perpecahan pun muncul kembali.

Urutan Anime Gundam di Cosmic Era

Di zaman Cosmic Era masih memusatkan cerita pada pertarungan antara Bumi dan koloni luar angkasa. Namun kini yang berperang adalah para Naturals atau manusia biasa dengan Coordinators, manusia modifikasi yang hidup di luar angkasa.

Seperti menjadi khas dari franchise Gundam setelah kemunculan Char, dalam era ini juga muncul tokoh bertopeng layaknya Char. Berikut adalah urutan anime Gundam di Cosmic Era:

1. Gundam SEED

Urutan Gundam Gundam Seed 9e475

Gundam SEED mungkin menjadi salah satu anime Gundam yang sangat terkenal. Kisahnya berpusat pada Kira Yamato, seorang Coordinator muda yang lebih memilih berpihak pada Bumi dan bukannya pada koloni luar angkasa seperti orang-orang yang sama dengannya.

Jalan ceritanya cukup mirip dengan Gundam Wing di mana muncul lima pilot Gundam yang memiliki kisahnya masing-masing. Perang kemudian muncul antara Bumi dan Plants, tempat para Coordinator bernaung.

Dalam anime ini aliansi terbagi menjadi tiga, yakni Earth Forces yang mewakili Bumi dan ZAFT yang mewakili koloni luar angkasa, serta Orb Union yang memilih menjadi pihak Netral.

2. Gundam SEED Destiny

Urutan Gundam Gundam Seed Destiny 7460b

Merupakan sekuel dari Gundam SEED, di mana jalan ceritanya menjadi lebih panjang dan sedikit gelap.

Kira Yamato dan Athrun Zala masih menjadi karakter tetap di sana, namun kini tokoh utama diambil alih oleh Shinn Asuka, seorang Coordinator yang menjadi pilot salah satu Gundam di ZAFT.

3. C.E. 73 Stargazer

Urutan Gundam Stargazer Custom C5e36

Merupakan cerita sampingan dalam tiga episode yang berfokus pada Phantom Pain, sebuah grup berisikan karakter lain di dalam Gundam SEED Destiny.

Sven Cal Payang, seorang Natural dan Selene McGriff, seorang Coordinator menjadi kedua tokoh utama dalam anime ini.

Urutan Anime Gundam di Our Century

Ini adalah satu-satunya kelompok anime Gundam yang mengikuti jagat yang sama dengan para penontonnya. Karakter dalam anime ini adalah manusia dengan kemampuan normal pada umumnya yang kebetulan menjadi penggemar Gundam.

Orang-orang semua usia membuat Gunpla, model Gundam terbuat dari plastik, dan membuat Gunpla ini saling bertarung untuk kesenangan maupun keuntungan.

Tetap saja, seperti khasnya anime dalam franchise Gundam, masih ada tokoh bertopeng dalam anime di era ini. Berikut adalah urutan anime Gundam di Our Century:

1. Gundam Build Fighters

Urutan Gundam Gundam Build Fighter 911e8

Gunpla Battle, sebuah game virtual reality menggunakan Gundam di mana para pemainnya disebut Gunpla Fighters. Sei Iori, bermimpi menjadi Gunpla Fighters terbaik di dunia.

Sebagai anak tunggal, keluarganya memiliki sebuah toko Gunpla kecil. Ia bersama Reiji, berjuang bersama untuk menjuarai Gunpla Battle dan mendapatkan juara dunia.

2. Gundam Build Fighters Try

Urutan Gundam Gundam Build Fighter Try 27026

Tujuh tahun setelah Gundam Build Fighters, aturan Gunpla Battle diperbaharui. Permainan ini menjadi lebih populer sampai ada klubnya di sekolah.

Sayangnya, di Seiho Academy, sekolah Sei Iori dulu, anggota Gunpla Battle Club hanya tinggal satu, Fumina Hoshino. Namun setelah itu, ia bersama kedua teman lainnya mulai berjuang dalam kejuaraan dunia.

Urutan Anime Gundam di One-shot Centuries

Walau memiliki kronologi, ada beberapa anime Gundam yang memiliki timeline mereka sendiri yang tidak ada kaitannya dengan anime Gundam lainnya.

Akan tetapi kisahnya masih tetap seputar pertarungan antara Gundam dan juga tentu saja, tokoh bertopeng misterius yang masih terus muncul.

Kamu bisa menontonnya dengan bebas tanpa urutan. Berikut anime Gundam di One-shot Centuries:

1. After War Gundam X

Urutan Gundam Gundamx Custom 6cffd

Setelah Space War ke-7 telah berakhir, tepatnya di tahun After War 15, Bumi kembali pulih dari bencana luar biasa yang dialaminya.

Anime ini bercerita tentang pencuri muda yang hanya berusaha bertahan hidup. Namun setelah ia berjumpa dengan cewek misterius, ia memutuskan untuk menjadi pilot Gundam untuk menyelamatkan si cewek.

2. Future Century Mobile Fighter G Gundam

Urutan Gundam G Gundam 159c0

Dalam era Future Century, makin banyak manusia yang meninggalkan bumi dan hidup di luar angkasa. Ketimbang perang, mereka menyetujui untuk mengadakan Gundam Fight tiap empat tahun sekali.

Pemenang dari turnamen ini membuat koloni mereka mendapatkan hak untuk memerintah semua koloni selama empat tahun kemudian. Tokoh utama sedang dalam misi mencari saudara lelakinya saat ia mewakili Jepang untuk ikut dalam turnamen ini.

3. Anno Domini Gundam 00

Urutan Gundam Gundam 00 1d7a3

Anime ini dibagi menjadi dua season, di mana tiga faksi di bumi dan luar angkasa bertarung untuk memperebutkan sumber daya yang terbatas di era Anno Domini 2300-an.

Muncullah kelompok keempat yang disebut dengan Celestial Being yang membentuk senjata luar biasa masif, dalam bentuk lima buah Gundam, dalam tujuan mengganggu keseimbangan kekuatan.

4. Advanced Generation Gundam AGE

Urutan Gundam Gundam Age 99d15

Gundam AGE menceritakan kisah yang terbagi dalam empat babak, tiga di antaranya berfokus pada tokoh protagonis yang berbeda.

Sementara di babak terakhir yang merupakan Three Generations, memunculkan ketiga protagonis tersebut.

5. Regild Century Reconguista in G

Gundam Reconguista In G Custom 8a0a9

Manusia telah memasuki kedamaian universal yang berdasarkan agama antiteknologi. Seorang pria muda memutuskan untuk menjadi pilot Gundam yang tidak tahu dari mana asalnya.

Hal tersebut mengubah hidupnya selamanya. Ia terlibat dalam perseteruan antara Earthnoids dan Spacenoids di era Regild Century 14.

6. Correct Century Turn A Gundam

Urutan Gundam Turn A Gundam Custom 5d2be

Turn A Gundam bertempat pada waktu Correct Century 2345 yang memiliki kalender berbeda dari semua proyek Gundam.

Populasi Bumi ditampilkan simpel dan damai serta lebih menggunakan banyak tenaga uap. Bulan ditinggali oleh para Moonrace, manusia yang meninggalkan Bumi setelah peperangan dahulu kala, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk kembali ke Bumi.

Akhir Kata

Nah, itulah dia daftar lengkap urutan anime Gundam sesuai dengan alur dan cerita yang masih berkesinambungan serta kronologi waktunya. Kini kamu nggak perlu bingung lagi ketika ingin memulai nonton anime Gundam, geng.

Dari semua yang sudah Jaka ulas di atas, mana anime Gundam yang jadi anime favorit kamu? Yuk share pendapatmu pada kolom komentar di bawah ya!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Yamishibai Banner

8 Episode Anime Jepang yang Paling MENYERAMKAN Sejauh Ini

Anime Unsur Illuminati Banner Bfa9e

10 Anime dengan Unsur Illuminati dan Satanis, Naruto Punya Banyak!

Anime Terbaru Gundam Dengan Michael Bay Banner

Michael Bay Campur Tangan di Anime Terbaru Gundam

Penemuan Patung Gundam Zaman Banner C2c0d

Penemuan Patung Gundam dari Zaman Majapahit? Ini Fakta Sebenarnya!

Korsel Ciptakan Robot Gundam Raksasa Berawak Manusia

Canggih! Korsel Ciptakan Robot Gundam Raksasa Berawak Manusia

Wallpaper Gundam Banner 05a05

60 Wallpaper Gundam HD 2019 (Wing, Unicorn, Seed, dll)

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

7 Anime Paling Dibenci Sepanjang Masa, Boku no Pico Termasuk?

7 Anime Paling Dibenci Sepanjang Masa, Boku no Pico Termasuk?

7 Kematian Paling Tidak Terduga di Anime, Bikin Sedih Penonton!

7 Kematian Paling Tidak Terduga di Anime, Bikin Sedih Penonton!

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal