J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bukan Hanya Kecepatan! Inilah 5 Hal Luar Biasa yang Akan Terjadi Jika Teknologi 5G Telah Tiba

Bukan Hanya Kecepatan! Inilah 5 Hal Luar Biasa yang Akan Terjadi Jika Teknologi 5G Telah Tiba

Kamis, 2 Agt 2018, 13:00 WIB
Berikut ini Jaka akan mengulas 5 hal luar biasa yang terjadi kalau teknologi 5G telah hadir. Simak ya!

5G merupakan teknologi penerus dari 4G LTE, sebagai penerus pastinya teknologi ini jauh lebih baik dan lebih cepat dibanding 4G LTE. Sebagian peneliti bahkan menyatakan bahwa teknologi 5G dapat mengubah cara hidup kita di masa depan. Dengan kecepatan 100 kali lipat daripada koneksi seluler saat ini atau sekitar 1 Gbps. Dengan kecepatan tersebut pastinya akan merubah gaya hidup kita nantinya.

Namun, kita tidak hanya membicarakan kecepatan demi kecepatan. Karena Evolusi yang ditimbulkan setelah hadirnya teknologi 5G ini akan semakin banyak. Kombinasi antara kecepatan, daya tanggap dan jangkauan dapat membuka era teknologi yang baru seperti Self-driving, Drone, VR, dan masih banyak lagi.

Kabar buruknya, kita belum tahu kapan teknologi 5G ini akan hadir. Namun, para peneliti yakin bahwa teknologi 5G ini akan rilis lebih cepat dari dugaan kita. Semoga bisa cepat rilis ya, karena 5 hal keren ini akan terjadi jika teknologi 5G sudah hadir. Berikut ini Jaka akan mengulas 5 hal luar biasa yang terjadi kalau teknologi 5G telah hadir. Simak ya!

BACA JUGA
  • ANTI Boros! 10 Tips Ampuh Hemat Kuota Internet di Smartphone
  • Cara Mempercepat Koneksi Internet Android dengan VPN
  • Cara Blokir Koneksi Internet Orang Lain dengan Android

5 Hal Luar Biasa Jika Teknologi 5G Telah Tiba

1. Menjalankan Semua Aktivitas Dari Jarak Jauh

1 Defdf
Sumber foto: cnet.com

Selain kecepatan, manfaat penting lain dari teknologi 5G adalah Latensi rendah. Lantensi di dunia jaringan disebut sebagai "Jeda Singkat" antara perangkat yang melakukan Ping. Mungkin kamu tidak menyadari, ternyata di jaringan 4G LTE masih memiliki lag saat melakukan Ping ke perangkat tertentu. Dan di masa depan, tepatnya di jaringan 5G hampir tidak ada lag.

Hal tersebut pasti sangat bermanfaat untuk mengendalikan sebuah perangkat dari jarak jauh. Seperti dilansir dari cnet.com, perusahaan Ericsson yang bekerja sama dengan startup NeuroDigital Technologies dan dokter di universitas King's College, London menciptakan sebuah alat bedah jarak jauh.

Di video tersebut kita ditunjukkan bagaimana seorang dokter melakukan operasi jarak jauh menggunakan headset VR dan sarung tangan khusus untuk mengendalikan lengan robot yang akan melakukan sebuah operasi di tempat lain.

Mereka mengatakan, bahwa teknologi ini tidak akan berjalan jika kita belum memiliki jaringan 5G. Jika benar demikian, maka bisa saja semua aktivitas kita di dunia ini dapat dilakukan di tempat lain. WOW, Keren!

2. Internet Dapat Membawa Rasa Nyata, Seperti Sensasi Sentuhan

2 2a9c2
Sumber foto: digitaleng.news

Dengan kecepatan yang dihasilkan oleh jaringan 5G, para ilmuan pun dapat menciptakan sebuah alat yang dapat memaksimalkan sharing atau membagikan sensasi, seperti sensasi sentuhan, sensasi visual dan suara.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan oleh perusahaan Ericsson, mereka membuat sebuah kursi mobil tiruan yang terletak sejauh 50 KM dari kursi mobil yang asli. Hasilnya, kursi tersebut dapat merasakan sensasi nyata atau sama persis seperti apa yang dirasakan saat kamu berada di kursi mobil yang asli.

Dilansir dari cnet.com, "Untuk merasakan sentuhan dan sensasi yang sama dari sebuah benda yang jauh, kamu membutuhkan koneksi ber-latensi rendah" kata Chief Technology Officer Sprint, John Saw. Latensi rendah disini adalah koneksi jaringan yang sangat cepat, tanpa ada lag. Dan hal itu ada di teknologi 5G

3. Mobil Self-Drive Menjadi Hal Lumrah

3 E4be4
Sumber foto: autoexpress.co.uk

Teknologi Self-drive sebenarnya sudah ada dan sudah diuji coba berkali-kali, namun dari semua percobaan tersebut para pengembang masih terkendala dengan satu hal, yaitu koneksi. Self-drive atau bisa disebut fitur dimana mobil dapat menyetir sendiri, merupakan sebuah teknologi yang sangat mengandalkan koneksi internet.

Koneksi internet tersebut berfungsi untuk mengontrol mobil dengan teknologi Self-drive. Jika koneksi yang digunakan belum cukup cepat maka teknologi tersebut tidak bisa diterapkan.

Dan setelah teknologi 5G tiba, bukan tidak mungkin semua mobil bisa menyetir sendiri. Dan hal tersebut akan menjadi lumrah dan biasa.

4. Teknologi Drone Semakin Canggih dan Berguna

4 4618f
Sumber foto: wondershare.com

Kamu pasti tahu Drone kan? Ya, pesawat mini yang bisa terbang dan biasanya membawa 1 buah kamera dibawah body-nya. Kegunaan drone saat ini memang sangat berguna, apalagi untuk membuat video atau film dokumenter.

Tetapi, saat teknologi 5G muncul. Drone akan memiliki fungsi yang jauh lebih baik dan berguna. Seperti jangkauan terbang drone yang semakin luas, dapat mengirim kualitas video dengan definisi tinggi, hingga kontrol drone yang semakin mudah dan lancar tanpa adanya lag.

5. Virtual Reality Yang Semakin Nyata

5 02f1e
Sumber foto: mashable.com

Bisa kita simpulkan bahwa semua hal bisa berubah jika koneksi internet kita semakin cepat. Terutama cara kita berkomunikasi dimasa depan nanti. VR (Virtual Reality) merupakan teknologi yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan.

Tren ini semakin populer semenjak teknologi VR hadir di acara pameran teknologi MWC (Mobile World Congress) tahun lalu. VR **bukan hanya alat untuk melihat video 360 **, VR juga bisa digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Dengan alasan yang sama, para pengembang belum bisa mengimplementasikan kemampuan tersebut karena koneksi internet yang lambat. Jika teknologi 5G telah tiba, bukan tidak mungkin teknologi VR dapat kita gunakan untuk berkomunikasi satu sama lain.

Berkomunikasi dengan VR, berarti kita seakan-akan berada di tempat lain atau sedang berada di satu tempat dengan lawan bicara kita. Sangat keren bukan?

Akhir Kata

Itulah 5 hal keren yang akan terjadi jika teknologi 5G telah hadir, apakah kamu salah satu orang yang menantikan teknologi tersebut? Atau kamu mempunyai prediksi lain, tentang apa saja yang terjadi jika teknologi 5G telah hadir? Tulis di kolom komentar ya.

ARTIKEL TERKAIT
Misteri Internet 5 449ac

5 Misteri Paling Mengerikan di Internet! Berani Lihat?

Aplikasi Paling Banyak Diblokir 87865

5 Aplikasi yang Paling Banyak Diblokir Negara di Dunia, Ada Tik Tok?

Fitur Rahasia Smartphone Android 27ae1

10 Fitur RAHASIA yang Ada di Smartphone Android Kamu

Aplikasi Backup Ac9a5

7 Aplikasi Backup Data Terbaik untuk Android 2019 | Aman dan Gratis!

Android Iphone C0f0a

7 Fitur di Smartphone Android yang Mirip dengan Fitur iOS 12, Ngikutin?

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Rocket Vpn Icon
Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
Apps Liquidum Limited
Http Injector Ssh Proxy Vpn Trik Internet Gratis Icon
HTTP Injector (SSH/Proxy/VPN) - Internet Gratis 5.0.2
Apps Evozi
Kaspersky Android Icon
Kaspersky Internet Security 11.8.4.625
Apps Kaspersky
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Terungkap! 10 Asal Usul Sebenarnya Nama Teknologi Populer

Terungkap! 10 Asal Usul Sebenarnya Nama Teknologi Populer

5 Teknologi Ini Diprediksi Akan Sangat Dibutuhkan Oleh Manusia di Masa Depan

5 Teknologi Ini Diprediksi Akan Sangat Dibutuhkan Oleh Manusia di Masa Depan

MENGERIKAN! 5 Teknologi Ini Paling Berpotensi Memusnahkan Umat Manusia

MENGERIKAN! 5 Teknologi Ini Paling Berpotensi Memusnahkan Umat Manusia

10 Teknologi Berbahaya yang Mengancam Punahnya Manusia di Masa Depan

10 Teknologi Berbahaya yang Mengancam Punahnya Manusia di Masa Depan

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal