J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Cara Terampuh Mengatasi Smartfren Gangguan (Ciri-Ciri & Penyebabnya)

4 Cara Terampuh Mengatasi Smartfren Gangguan (Ciri-Ciri & Penyebabnya)

Senin, 23 Mar 2020, 18:00 WIB
Jaringan kartu Smartfren kamu tiba-tiba ngadat? Ngga usah khawatir! Nih, Jaka kasih cara mengatasi Smartfren gangguan, ciri, dan juga penyebabnya!

Meskipun jaringan internet Telkomsel dikenal cepat dan bagus, tapi ketenaran Smartfren sebagai salah satu operator penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia rupanya nggak kalah eksis nih, geng.

Hal itu tentunya nggak lepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkannya mulai dari harga paket internet yang lebih terjangkau, hingga kecepatan internet yang nggak kalah cepat dari operator lain.

Tapi, meskipun bisa diandalkan untuk mendapatkan jaringan internet super cepat, provider satu ini juga bisa saja sewaktu-waktu mengalami gangguan lho.

Nah, kalau kamu termasuk salah satu pengguna Smartfren dan mau tahu cara mengatasi Smartfren gangguan serta ciri juga penyebabnya, kamu bisa simak informasi selengkapnya berikut ini.

Ciri-Ciri Smartfren Gangguan

Mungkin akan sedikit sulit untuk sebagian orang mengetahui apakah gangguan yang tengah mereka alami memang dikarenakan masalah pada provider atau bukan.

Tapi, kalau kamu sedang mengalami kendala ini, kamu bisa cek beberapa ciri Smartfren gangguan berikut ini.

1. Tidak Dapat Terhubung ke Internet

Cara Mengetahui Smartfren Gangguan A0b6c

Sumber foto: Pinterest (Tidak dapat terhubung ke internet menjadi salah satu ciri ketika kartu Smartfren gangguan)

Salah satu ciri paling jelas dari permasalahan kartu Smartfren yang mengalami gangguan yaitu putusnya jaringan internet yang terjadi secara tiba-tiba.

Bukan hanya terputus secara tiba-tiba saja, kamu juga akan sulit untuk dapat terhubung kembali ke jaringan internet Smartfren tersebut, geng.

Jika sudah begini, maka satu-satunya cara agar kamu bisa mendapatkan jaringan internet kembali saat itu juga yaitu dengan menghubungkan HP ke jaringan WiFi. Tapi, jangan sampai bobol WiFi tetangga ya!

2. Koneksi Internet Lambat

Cara Mengatasi Gangguan Kartu Smartfren 34e0e

Ciri kartu Smartfren gangguan berikutnya yaitu koneksi internet yang menjadi lebih lambat dari biasanya, geng.

Koneksi internet yang melambat ini biasanya dialami dalam durasi beberapa saat dan bukan hanya dialami oleh kamu sendiri tapi juga beberapa pengguna kartu Smartfren lainnya.

Meskipun nggak sampai benar-benar terputus seperti pada kasus sebelumnya, tapi memiliki koneksi internet yang lambat tentu sama sekali nggak ada mengasyikkan dong?

3. Jaringan Selular Terputus

Kartu Smartfren Gangguan Hari Ini 5cb07

Nggak mengalami dua kendala sebelumnya tapi jaringan selular kamu tiba-tiba terputus? Mungkin kartu Smartfren kamu sedang mengalami gangguan, geng!

Soalnya, selain nggak dapat terhubung ke internet atau koneksinya menjadi melambat, kartu Smartfren yang mengalami gangguan juga menunjukkan ciri lain berupa putusnya jaringan selular secara tiba-tiba.

Jika jaringan selular sudah terputus, maka kamu bukan hanya nggak bisa terhubung ke internet saja tapi juga nggak bisa melakukan atau menerima panggilan telepon serta SMS.

Cara Mengatasi Smartfren Gangguan

Nah, kalau kamu mengalami salah satu atau bahkan semua ciri-ciri di atas, tenang nggak perlu khawatir, geng!

Soalnya, di sini Jaka bakal kasih informasi cara mengatasi masalah Smartfren gangguan yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah.

Mau tahu? Langsung saja simak cara selengkapnya berikut ini!

1. Aktifkan Mode Pesawat Sementara

Ciri Kartu Smartfren Gangguan 26c7a

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kartu Smartfren yang gangguan yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat untuk sementara waktu, geng.

Cara ini bertujuan untuk membuat koneksi jaringan di perangkat smartphone kamu ter-refresh sehingga kualitas jaringan menjadi lebih baik dan stabil.

Pada dasarnya, mode pesawat adalah mode untuk mematikan sejumlah koneksi pada smartphone seperti misalnya jaringan internet, koneksi selular, bluetooth, hingga Wi-Fi tanpa perlu mematikan HP.

Meskipun, dalam beberapa kasus mode pesawat juga sering dimanfaatkan untuk menghemat baterai HP hingga untuk mempercepat pengisian daya baterai.

2. Pastikan Lokasi Terjangkau Jaringan Smartfren

Penyebab Kartu Smartfren Gangguan B9254

Kartu Smartfren gangguan secara tiba-tiba? Jangan marah-marah dulu, geng!

Soalnya, di banyak kasus seringkali gangguan yang dialami oleh para pengguna itu dikarenakan lokasi tempat mereka berada memang nggak menjangkau jaringan Smartfren.

Jadi, jika suatu saat kartu Smartfren mengalami gangguan, mending pastikan terlebih dahulu kalau memang di lokasi tempat kamu berada masuk dalam cakupan jaringan Smartfren.

3. Restart HP

Smartfren Gangguan Hari Ini 2388d

Jika kedua cara di atas masih belum membantu kamu dalam mengatasi permasalahan kartu Smartfren yang mengalami gangguan, mungkin kamu perlu coba melakukan restart HP milikmu.

Kamu bisa mematikan daya smartphone untuk beberapa saat dan kemudian hidupkan kembali.

Meskipun nggak ada jaminan kalau permasalahannya bakal teratasi, tapi di beberapa kasus serupa cara ini cukup ampuh untuk kamu coba kok!

4. Tunggu Sampai Jaringan Pulih

Cara Mengatasi Smartfren Gangguan Sinyal 93bf9

Masih belum mendapat jawaban atas permasalahan gangguan Smartfren yang kamu alami? Kalau gitu, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan sekarang yaitu sabar, geng!

Kamu harus sabar menunggu hingga jaringannya kembali pulih dan bisa digunakan seperti sedia kala.

Walaupun kamu jadi nggak bisa mengakses apapun yang berhubungan dengan internet dan jairngan selular, tapi biasanya gangguan operator semacam ini nggak akan berlangsung lama kok.

Nah, biar nggak bosan, mending kamu bermain game offline sambil menunggu jaringannya pulih lagi.

Penyebab Smartfren Gangguan

Seperti yang kita semua tahu, perangkat smartphone kini telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang di zaman sekarang.

Hampir di setiap waktunya kita membutuhkan HP untuk mendukung aktivitas sehari-hari mulai dari kebutuhan kerjaan hingga sekadar untuk hiburan seperti bermian game.

Oleh karenanya, nggak sedikit orang yang merasa kesal saat jaringan selular operator yang mereka digunakan mengalami gangguan.

Tapi, sebenarnya apa saja sih yang jadi penyebab kartu Smartfren mengalami gangguan? Berikut adalah jawabannya, geng!

1. Perbaikan Jaringan

Penyebab Smartfren Gangguan 2f9d6

Salah satu alasan penyebab kartu Smartfren mengalami gangguan yaitu karena sedang dalam proses perbaikan jaringan.

Smartfren sendiri tergolong cukup sering melakukan perbaikan yang biasanya dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas jaringan agar lebih baik lagi, geng.

Tapi, masalah perbaikan jaringan ini sebenarnya bukan hanya sering dilakukan oleh Smartfren saja tapi juga sejumlah operator peneyedia layanan telekomunikasi lainnya.

2. Cuaca Buruk

Kartu Smartfren Mengalami Gangguan 5ab3d

Meskipun terdengar aneh, tapi kenyataannya cuaca buruk seringkali memengaruhi jaringan suatu operator termasuk Smartfren lho, geng.

Apalagi kalau cuaca buruk tersebut disertai dengan petir yang akan semakin memperparah kualitas jaringan internet.

Jadi, kalau di wilayah kamu sedang mengalami cuaca buruk dan tiba-tiba kartu Smartfren jadi gangguan, nggak usah panik ya! Mending nonton film yang sudah kamu download.

3. Kartu SIM Smartfren Bermasalah

Cara Mengatasi Smartfren Sedang Gangguan Ad6be

Penyebab lainnya yang mungkin memicu kartu Smartfren kamu mengalami gangguan adalah permasalahan pada kartu Smartfren-nya itu sendiri, geng.

Tapi, biasanya kondisi ini hanya terjadi pada kartu SIM yang sudah memiliki umur lama sehingga bagian plat kuning di bagian bawahnya mengalami kerusakan.

Untuk memastikan bahwa kerusakan ada pada kartu SIM Smartfren, kamu bisa coba pindahkan kartu tersebut ke perangkat HP lain.

Jika masalahnya masih sama, maka kamu perlu membawanya ke gerai Smartfren terdekat di wilayahmu.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi informasi seputar cara mengatasi Smartfren gangguan dan juga ciri serta penyebabnya, geng.

Kalau kamu mengalamai masalah ini, coba deh lakukan cara-cara yang sudah Jaka jelaskan di atas. Semoga membantu ya!

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Harga Paket Internet By U Terbaru D9e82

Daftar Lengkap Harga Paket Internet by.U Terbaru 2020

Cara Cek Kuota Telkomsel 70235

3 Cara Mudah Cek Kuota Telkomsel + Masa Aktifnya Terbaru 2020

Daftar Lengkap Harga Paket Nelpon Axis Terbaru 2020 Nelpon Bebas Tanpa Batas D7f65

Daftar Lengkap Harga Paket Nelpon Axis Terbaru 2020, Nelpon Bebas Tanpa Batas!

Harga Pasang Wifi 8c9f2

Daftar Harga Pasang Wi-Fi Terlengkap 2020 (IndiHome, First Media, Biznet, dll)

Banner Jadi 4efd7

Rekomendasi 7 HP Xiaomi Harga 1 Jutaan Terbaik di Tahun 2020

Kelebihan Kekurangan Redmi Note 9 Pro Max 062a8

8 Kelebihan & Kekurangan Redmi Note 9 Pro Max, Rajanya HP Gaming Murah!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal