J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Cara Mengatasi HTTP URL Not Found Saat Daftar Paket, Dijamin Ampuh!

5 Cara Mengatasi HTTP URL Not Found Saat Daftar Paket, Dijamin Ampuh!

Minggu, 21 Jun 2020, 11:00 WIB
Bayangkan, kamu lagi daftar paket, tiba-tiba ada tulisan HTTP URL Not Found. Panik? Tenang, bisa diatasi kok! Baca aja tulisan Jaka berikut ini!

Pernahkah kamu menemukan masalah saat sedang mendaftar paketan smartphonemu? Iya, pas lagi semangat mau daftar paketan data terbaru dan terbaik di providermu, tiba-tiba muncul tulisan "HTTP URL Not Found".

Kira-kira, apa yang terjadi ya? Maksudnya apa? Kira-kira gimana cara mengatasinya? Tenang aja, geng! Kali ini Jaka bakal menjelaskan dengan rinci penyebab beserta cara mengatasi HTTP URL Not Found di HP mu.

Apa Itu HTTP URL Not Found?

Sebelumnya, Jaka bakal membahas terlebih dahulu tentang istilah HTTP dan URL. HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, sedangkan URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator.

Nah, keduanya ini berhubungan dengan alamat situs yang dituju. Jika sampai muncul notifikasi HTTP URL Not Found, maka bisa jadi penyebabnya adalah alamat yang kamu tuju nggak ditemukan.

Kok bisa? Kemungkinannya ada tiga, geng. Pertama, bisa jadi kamu salah memasukkan alamat situsnya. Kedua, kebetulan aja situs yang kamu tuju sedang bermasalah jaringannya. Ketiga, situs tersebut emang nggak pernah ada.

Dalam kasus ini, nggak mungkin faktor pertama dan ketiga yang terjadi, dong. Maka bisa jadi, jaringan providermu memang sedang bermasalah. Ini mirip-mirip dengan permasalahan Mobile Network Not Available yang sudah pernah Jaka tulis dulu.

Cara Mengatasi HTTP URL Not Found di HP Android

"HTTP URL Not Found" sendiri jika di-translate ke Bahasa Indonesia artinya "HTTP URL tidak ditemukan".

Permasalahan ini cukup sering terjadi saat mendaftar paket data provider terkenal, seperti XL, Axis, Telkomsel, hingga kartu Indosat.

Dari hasil riset yang dilakukan Jaka, Jaka menemukan 5 cara mengatasinya secara singkat di bawah ini. Disimak, ya!

1. Cek Kuota Paket Data

1 Custom 0f57b

Sumber foto: Maxoke.com

Muncul notifikasi "HTTP URL Not Found" saat daftar paket? Coba cek kuota paket datamu. Masih ada isinya atau nggak?

Bingung cara mengecek kuota? Santai aja, Jaka sudah menuliskan artikel terkait, kok. Misalnya aja buat yang mempunyai provider XL, kamu bisa mengeceknya di sini. Untuk yang menggunakan Indosat, kamu bisa mengeceknya di sini. Untuk yang mempunyai provider AXIS, kamu bisa mengeceknya di sini.

Jika paket datamu sudah habis, berarti kamu memang nggak bakal bisa mengakses apapun, bahkan termasuk situs atau aplikasi layanan jual beli pulsa sekalipun, geng.

Maka cara yang bisa kamu lakukan adalah membeli paket data atau pulsa secara manual di gerai-gerai fisik seperti konter pulsa, Indomaret/Alfamart.

Kamu juga bisa memanfaatkan pulsa darurat yang disediakan beberapa provider, bisa juga meminta tolong orang lain untuk transfer pulsa ke nomor HP mu. Tapi jangan lupa diganti ya, geng!

2. Cek Pengaturan Internet Smartphone

2 Custom 3bebb

Sumber foto: refrez.com

Apa yang terjadi jika kuota internetmu masih ada? Berarti permasalahan yang muncul bukan dari server ISP nya, melainkan dari pengaturan internet dalam smartphone mu sendiri, atau biasa dikenal dengan istilah Access Point Name (APN).

Simpelnya, APN memiliki fungsi utama agar perangkat HP mu bisa terhubung dengan baik ke jaringan internet yang tersedia. Kalau APN nya bermasalah, maka HP mu nggak akan bisa terhubung ke jaringan internet.

Jaka sendiri sudah menuliskan beberapa cara setting APN di beberapa provider, misalkan saja buat kamu yang menggunakan Indosat, atau buat kamu yang menggunakan XL.

Maka buat kamu yang ingin tahu cara mengatasi "HTTP URL Not Found" di kartu Indosat, XL, AXIS, dan sebagainya, cara ini bisa dicoba.

3. Bersihkan Cache Smartphone

3 Custom D6f7b

Sumber foto: Ekrut

Permasalahan jaringan ataupun aplikasi yang ada di dalam HP juga bisa disebabkan karena penumpukan cache, loh!

Cache yang terlalu besar bisa jadi malah bakal memperlambat kinerja atau bahkan koneksi smartphone mu. Ia juga bisa menyebabkan aplikasi-aplikasi yang seharusnya bisa bekerja secara optimal malah lemot atau bahkan crash.

Maka, mau nggak mau, kamu harus menghapus cache yang ada di dalam smartphone mu. Ini penting biar HP mu beserta koneksi internetnya bisa kembali tersambung dan bekerja dengan baik.

4. Restart Smartphone

4 57952

Jika ternyata kedua faktor di atas nggak menunjukkan adanya masalah sama sekali, maka yang harus kamu lakukan adalah me-restart HP mu sendiri.

Bisa jadi smartphone mu memiliki masalah pada sistem atau crash pada aplikasi terkait sehingga menyebabkan jaringan internet nggak terhubung dengan optimal.

Dengan me-restart smartphone, kamu memberi kesempatan pada HP mu untuk mengatur ulang seluruh jaringan dan sistem yang mungkin aja menyebabkan kesalahan transmisi data pada smartphone mu.

Kalau misal malas me-restart HP, kamu juga bisa menghidup-matikan mode pesawat di HP mu untuk me-restart ulang jaringan yang masuk di smartphone.

5. Hubungi Customer Service Provider Terkait

5 Custom C24db

Sumber foto: Ekrut

Jika permasalahan "HTTP URL Not Found" di kartu Indosat, XL, AXIS, dan sebagainya ini masih ada setelah dilakukan cara-cara di atas, maka satu-satunya kemungkinan adalah jaringan providernya yang memang sedang bermasalah.

Yang bisa kamu lakukan adalah menelepon customer service provider terkait. Ini penting supaya kamu bisa mengetahui status jaringanmu, sehingga kamu bisa sedikit lebih tenang.

Buat kamu yang membutuhkan nomor customer service (CS) setiap provider, Jaka sudah kumpulkan di bawah ini. Silakan dicek!

Nomor CS Provider
(021) 30003000 Indosat Ooredoo
817 XL Axiata
(021) 50100000 Smartfren
0807 1 811 811 Telkomsel
132 Tri (3)

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan Jaka mengenai penyebab beserta cara mengatasi "HTTP URL Not Found" di HP mu. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Sadap Hp 07f04

Cara Sadap HP Mudah dan 10 Aplikasi Sadap HP Terbaik 2020

Aplikasi Pelacak Hp 5293b

10 Aplikasi Pelacak HP Paling Akurat 2020, Bisa Pantau HP Pacar!

Google Chrome Koneksi Internet Banner Rev

10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Google Chrome di PC

Mempercepat Download Steam Banner

4 Cara Mempercepat Download Game di Steam Hingga 10 Kali Lipat

Paket Internet Unlimited 58424

Daftar Harga Paket Internet Unlimited All Operator Terbaru 2020

Jealousy Bdb4e

Cara Menyadap Panggilan Telepon Pasangan di HP Android, Ampuh 100%!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Tanda Smartphone Kamu Disadap Hacker, Cek HP Kamu Sekarang!

10 Tanda Smartphone Kamu Disadap Hacker, Cek HP Kamu Sekarang!

Cara Menghapus Cache di HP Android, Balik Ngebut dan Anti Lelet!

Cara Menghapus Cache di HP Android, Balik Ngebut dan Anti Lelet!

5 Cara Ampuh Atasi Kartu by.U Gangguan + Penyebabnya

5 Cara Ampuh Atasi Kartu by.U Gangguan + Penyebabnya

Jangan Ganti HP! Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri + Deteksi Penyebabnya

Jangan Ganti HP! Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri + Deteksi Penyebabnya

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal