J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Apa Itu Cache? Haruskah Dihapus dari HP? Ini Penjelasannya!

Apa Itu Cache? Haruskah Dihapus dari HP? Ini Penjelasannya!

Jumat, 5 Jun 2020, 15:00 WIB
Setiap smartphone pasti memiliki data cache di dalam memori internalnya. Tapi apa kamu tau apa itu cache? Lalu, perlukah untuk menghapusnya? Ini jawabannya!

Setiap smartphone pasti memiliki sebuah sistem penyimpanan data untuk memudahkan prosesor dalam bekerja dan menjalankan beragam aplikasi.

Salah satunya adalah data cache. Setiap aplikasi yang dipasang pada smartphone Android maupun iPhone pasti akan memiliki data cache.

Tapi, apa kamu sudah benar-benar tahu arti cache itu apa? Selain itu, apakah cache di HP harus dihapus, geng?

Biar nggak bingung, Jaka akan menjelaskan secara sederhana mengenai apa itu cache dan apakah cache harus dihapus. Simak, yuk!

Penjelasan Mengenai Data Cache

Kamu pasti nggak asing lagi dengan kata cache, kan? Tapi, sebenarnya apa sih arti cache? Apakah dibutuhkan atau justru membahayakan smartphone?

Untuk lebih jelasnya, Jaka akan membahas seputar cache, fungsinya, beserta cara menghapusnya dari HP kamu. Simak, yuk!

1. Apa Itu Cache?

Apa Itu Cache 4 Aaa9b

Secara sederhana cache adalah data bersifat sementara yang disimpan pada penyimpanan internal smartphone. Data ini mencatat semua aktivitas pada aplikasi yang digunakan.

Misalnya, kamu membuka aplikasi browser, lalu mengakses situs Facebook dengan menulis alamat web nya di kolom pencarian.

Kamu pun melakukan login dengan memasukkan alamat e-mail dan password. Nah, semua data yang kamu catatkan atau lakukan di browser akan disimpan dalam cache.

Sehingga ketika nanti kamu membuka browser dan ingin mengakses situs Facebook lagi, kamu nggak perlu menulis ulang alamat web ataupun login ulang, geng.

Sebab, semua data kamu sebelumnya suda tersimpan di data cache. Aksesnya pun menjadi lebih cepat. Jadi, sudah paham kan apa itu cache?

2. Fungsi Cache

Cache Custom 55209

Lalu, apa sih fungsi cache? Fungsinya adalah untuk membantu membuat aplikasi bekerja lebih cepat dan lebih efisien karena data disimpan secara lokal.

Pada browser, data cache adalah informasi yang akan membuat situs web memuat lebih cepat karena bisa mengakses data lebih cepat dari folder lokal.

Contohnya, gambar di beranda atau situs blog bisa berukuran relatif besar, sehingga men-cache elemen-elemen tersebut hanya perlu diunduh satu kali.

Kamu juga akan meninggalkan situs web jika terlalu lama memuat, kan? Untuk itu, menggunakan caching adalah cara penting bagi pemilik situs untuk meningkatkan pengalaman user.

3. Apakah Data Cache Harus Dihapus?

Apa Itu Cache 2 Ce8e9

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah cache harus dihapus? Cache memang bermanfaat untuk efisiensi waktu dan kecepatan smartphone saat mengakses aplikasi.

Tapi, data cache yang terlalu besar justru akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot. Sebab, cache memakan memori internal, apalagi kalau datanya banyak.

Jadi, sebaiknya kamu menghapus data cache secara rutin. Nggak perlu setiap hari, kamu cukup melakukannya 2 hari sekali atau seminggu sekali saja, geng.

Atau, saat kamu merasa smartphone sudah mulai lemot, kamu juga bisa mencoba menghapus data cache untuk membantu mengurangi data nggak penting di memori internal.

4. Kelebihan dan Kekurangan Menghapus Cache

Cacheee Custom E43f8

Dari penjelasan Jaka di atas, kamu pasti bisa menyimpulkan bahwa menghapus cache di HP memiliki dampak positif dan negatif, geng.

Kelebihan menghapus cache adalah memperluas memori internal sehingga kinerjanya pun akan ringan. Biasanya, aplikasi yang tadinya error pun akan berfungsi dengan normal lagi.

Sedangkan kekurangan menghapus cache adalah memulai ulang sistem aplikasi dari awal lagi. Alhasil, loading aplikasi yang akan dibuka menjadi lebih lama daripada sebelum cache dihapus.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir karena hal ini hanya bersifat sementara. Yang penting, kamu harus sabar saat membuka aplikasi setelah menghapus data cache, geng.

Cara Menghapus Cache di HP

Apa Itu Cache 3 6e21d

Selain membersihkan HP dari bakteri dan virus, kamu juga harus membersihkan HP dari data cache yang nggak penting secara rutin, geng.

Ada cara menghapus cache di Android ataupun iPhone yang bisa kamu lakukan secara manual tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk tahu langkah-langkahnya, kamu bisa simak penjelasan tentang cara menghapus cache berikut ini.

- Langkah 1: Buka menu Pengaturan di smartphone kamu. Setelah itu, masuk ke menu Apps.

- Langkah 2: Pilih aplikasi mana yang ingin kamu hapus data cache-nya, geng.

- Langkah 3: Setelah bagian App Info terbuka, klik pilihan Clear Cache.

Apa Itu Cache 1 85c5a

Dengan begitu, semua cache pada aplikasi tadi akan terhapus. Aplikasi tadi pun akan lebih cepat saat dibuka dan nggak lemot seperti sebelumnya, geng.

Kamu pun bisa memilih aplikasi apa saja yang akan dihapus cache-nya. Tapi, cara ini cukup merepotkan karena kamu harus menghapus cache pada aplikasi satu per satu.

Rekomendasi Aplikasi untuk Menghapus Cache dan Membersihkan RAM

Selain dengan cara manual tadi, ada juga cara menghapus cache di iPhone maupun Android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, geng.

Tapi, aplikasi ini nggak hanya berguna untuk menghapus cache saja, melainkan bisa juga untuk membersihkan RAM sehingga HP nggak akan lemot.

Lalu, apa saja rekomendasi aplikasi untuk membersihkan cache dan RAM? Biar nggak penasaran, langsung saja simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Aplikasi Pembersih Ram Banner Bb33d
10 Aplikasi Pembersih RAM Android Dan PC Terbaik, Anti Lag!
HP kamu mendadak lemot? Mungkin kamu butuh aplikasi pembersih RAM yang bisa membuat enteng kinerja HP kamu, Cek rekomendasi aplikasinya di artikel ini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai apa itu cache dan cara menghapus cache di HP. Dengan rutin menghapus cache, HP pun nggak akan lemot lagi, geng.

Tentunya, kamu bisa menghapus cache secara manual atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu HP agar bekerja lebih cepat.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Membersihkan Hp Dari Bakteri A19b2

5 Jenis Bakteri Menjijikkan yang Bertebaran di HP Kamu (Plus Cara Membersihkannya)

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android 876ef

Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Android & PC, Anti Lemot!

Cara Mempercepat Koneksi Internet Pc Dan Android 574a0

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC, Laptop & HP Android | Naik 200%

Aplikasi Game Booster Banner D1948

15 Aplikasi Game Booster Terbaik Android 2020 | Game Apapun Lancar Jaya!

7 Aplikasi Penguat Sinyal Android Terbaik 2020 D475a

Sinyal Gak Stabil? Inilah 7 Aplikasi Penguat Sinyal Android Terbaik 2020

Aplikasi Keren Canggih Android Terbaru 2020 Banner 2ea5d

13 Aplikasi Keren & Canggih di HP Android Terbaru 2020, Jarang Ada yang Tau!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal