J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Lebih Hemat Streaming atau Download Film? Ini Jawabannya!

Lebih Hemat Streaming atau Download Film? Ini Jawabannya!

Minggu, 19 Apr 2020, 11:00 WIB
Kira-kira jauh lebih hemat mana ya? Streaming atau download film? Bingung? Pengin tahu jawaban terbaiknya apa? Tenang, Jaka bakal bantu kamu. Yuk baca artikel berikut biar tercerahkan!

Pilih mana? Streaming film atau download film?

Pertanyaan semacam ini sampai sekarang masih belum menemukan titik temunya, geng. Pasalnya, tiap orang memiliki pendapat dan jawabannya masing-masing yang sama-sama berbobot dan masuk akal.

Pertanyaan di atas pun bakal makin rumit jika ditanya, "Hemat mana, streaming atau download film?" Hal ini terjadi karena baik kedua opsi memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri ditinjau dari beberapa hal. Apa sajakah itu?

Streaming Film vs Download Film

Mana Lebih Hemat Download Atau Stremaing Custom 70d8b

Streaming artinya kamu memainkan audio atau video langsung tanpa harus menyimpannya lebih dahulu ke dalam memori internal/eskternal.

Kamu bisa streaming film-film favoritmu di sederet aplikasi nonton film terbaik yang sudah tersedia di internet dengan beragam paket dan fitur canggih.

Unduh atau download, artinya kamu menyimpannya terlebih dahulu sebelum memainkan audio ataupun videonya.

Kamu bisa mengunduh film-film kegemaranmu pada berbagai macam situs download film sub Indo terbaik yang sudah tersedia di internet.

Mana Yang Lebih Hemat?

Untuk menentukan mana yang lebih hemat, apakah itu streaming atau download, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dan jadi bahan pertimbangan bersama.

Apa sajakah itu? Daripada penasaran dan menimbang-nimbang sendiri, yuk simak ulasan Jaka berikut ini!

1. Penggunaan Data Internet

1 Custom 80768

Sebenarnya, kalau ditinjau secara fungsional, baik streaming ataupun download sama-sama menggunakan data internet. Besarannya pun kurang lebih sama, geng.

Misalkan saja nih, kamu mau streaming atau download di situs nonton film Indonesia online berikut ini, lalu film yang hendak kamu pilih berukuran 1,5GB, besaran data internet yang harus keluarkan untuk streaming atau download ya tetap 1,5GB.

Namun, hal tersebut berbeda jika di dalam layanan situs terdapat pilihan kualitas video. Jika kamu memilih menyetel video pada kualitas 720p dibanding 480p, maka data internet yang dibutuhkan jelas lebih banyak.

Hal ini mengingat video dengan kualitas file 720p bakal lebih besar daripada streaming versi 480p. Semakin besar dan tinggi kualitas video, semakin besar pula ukurannya.

2. Penggunaan Memori HP atau Laptop

2 Custom 1af92

Nah, ini yang membedakan, geng. Memang betul, baik streaming maupun download sama-sama melibatkan penggunaan data internet sesuai dengan ukuran file yang ditonton/didengarkan.

Yang jadi perbedaan utama adalah penggunaan memori internal atau eksternal pada HP. Jika dalam streaming film hanya bakal diputar saat kamu setel di HP, sementara untuk download bakal tersimpan ke dalam memori HP.

Ini yang jadi kelebihan dari aktivitas download di HP ataupun laptop. Dengan mengunduh film, kamu bisa mengaksesnya kapan pun sesukamu tanpa harus menguras data internet lagi.

Sayangnya, kelemahan utama yang harus siap kamu tanggung adalah memori internal atau eksternal yang lebih gampang penuh karena file film-film mu. Apalagi, ukuran sebuah film bisa dikatakan besar, bisa lebih lebih dari 2GB!

3. Fitur-Fitur yang ada di Streaming/Download

3 Custom B897e

Salah satu yang patut kamu perhitungkan ketika hendak streaming atau download film adalah fitur-fitur yang ada di dalamnya. Fitur-fitur ini contohnya seperti subtitle dan kualitas film yang hendak ditonton.

Misalkan kamu hendak nonton di situs film bareng pacar atau teman. Di situs-situs streaming resmi (yang memang untuk streaming saja ya, bukan download), entah berbayar atau gratis, kamu bakal disuguhkan kualitas video terbaik.

Hal ini wajar, mengingat statusnya yang legal dan bekerja sama dengan studio film terkait. Selain itu, kualitas subtitle nya pasti bagus dan memenuhi kaidah bahasa yang baku karena dikerjakan oleh tim profesional.

Beda jika kamu menonton di situs-situs download. Memang ada video-video yang sudah berkualitas minimal HD atau bahkan Blue-ray, namun tidak semuanya. Kualitas subtitle pun kadang-kadang juga nggak begitu bagus dan cenderung apa adanya.

4. Tujuan Nonton Film

4 Custom 3ea5b

Nah, berdasarkan faktor-faktor di atas, mungkin Jaka perlu bertanya kepada kamu sendiri sebagai pelaku utama.

Kamu mau streaming atau download film untuk jangka lama atau hanya sebentar? Apakah kamu bakal sering menyetelnya hingga hampir tiap hari, kah? Atau malah sebaliknya?

Jika kamu bukan tipikal orang yang nggak tertarik menggunakan file lebih dari sekali layaknya download, mungkin kamu lebih cocok streaming saja.

Meskipun download film lebih menjamin kamu bisa nonton di mana saja tanpa tergantung koneksi data internet, namun kamu juga harus menyiapkan kapasitas memori yang besar.

Begitu juga sebaliknya. Jika kamu memang suka banget dengan film tersebut dan tipikal orang yang hobi nonton film-film yang sama bolak-balik, maka download bisa jadi opsi terbaik.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, Jaka bisa mengambil sebuah kesimpulan besar.

Streaming bisa jadi lebih baik dan sangat dianjurkan buat kamu yang ingin menghemat memori HP atau laptopmu sekaligus menikmati fitur-fitur unggulan dalam situs streaming.

Akan tetapi, jika kamu lebih memilih untuk menghemat data internet karena hobi menonton film yang sama dan pengin punya stok film-film favorit di memori HP atau laptop, maka download bisa jadi yang terbaik buatmu.

Semua itu kembali ke kamu, geng!

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan Jaka mengenai streaming vs download film. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu punya pendapat yang berbeda?

Silakan bagikan pendapat dan komentarmu di bawah ini. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Parasite Movie Banner 41e24

Parasite: Film Terbaik 2019, Wajib Tonton!

Aktor Marvel Dc Banner 41a27

10 Aktor yang Bermain untuk Film Marvel dan DC, Pindah Karena Gagal?

10 Film Barat Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Masih Fresh Di Bioskop E95f1

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

Film Detektif Terbaik 09bf2

10 Film Detektif Terbaik 2020, Penuh Misteri & Teka-Teki Rahasia

Film Terburuk Yang Dibintangi Aktor Terkenal 44df8

7 Film Gagal Total yang Dibintangi Aktor Terkenal | Rugi Bandar!

Banner C22bb

7 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal