47 Film Horor Terseram Sepanjang Masa & Terbaru 2022, Lengkap Berbagai Negara!

Ditulis oleh Fitria Handayani - Wednesday, 19 October 2022, 19:30
Suka nonton film horor terseram dari seluruh dunia? Tonton list film horor terbaik dan paling seram versi Jalantikus (update 2022)

Jangan ngaku jadi penggemar film hantu kalau belum nonton deretan film horor terseram dan terbaru 2022 berikut ini, geng.

Bukan tanpa alasan film-film ini pantas menyandang gelar film horor terseram sepanjang masa karena memang bisa banget bikin kamu gemetaran dan nggak bisa tidur berhari-hari selesai nonton. Jalan cerita yang rumit sekaligus banyak plot-twist, elemen horor dan teror yang diberikan juga benar-benar luar biasa!

Nggak cuma film horor Hollywood, tapi ada banyak juga film dari berbagai belahan dunia seperti Thailand, Jepang, Korea, hingga rekomendasi film horor Indonesia terbaik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Apalagi di bulan Oktober 2022 ini, geng. Ada banyak banget film horror terseram yang wajib kamu saksikan. Beberapa di antaranya adalah Smile (2022) yang sempat viral, atau Hellraiser (2022) yang jadi remake karakter horor paling ikonik.

Nggak mau ketinggalan juga film horor terbaru Indonesia yang berhasil mencuri perhatian penonton beberapa waktu belakangan. Sebut saja film Pamali (2022), Inang (2022), dan yang terbaru Qodrat (2022).

Masing-masing berhasil mendapat respon positif dari kritikus serta rating tertinggi, loh. Sudah siap nonton film horor terseram di Indonesia? Langsung aja simak daftar film horor terseram sepanjang masa yang sudah tim JalanTikus rangkum berikut ini ya!

Rekomendasi Film Horor Terbaru 2022

Tahun 2022 sudah memasuki bulan Juli, kamu pun bisa menemukan beberapa film horor terbaik yang mewarnai jagat industri film dunia loh. Sudahkah kamu menonton semuanya?

ADVERTISEMENT

Jika belum, coba cek rekomendasinya di bawah ini! Oh ya, kalau mau nonton usahakan hanya di situs streaming film resmi, ya!

1. "Smile" (2022)

Smile adalah film horor luar negeri terbaru yang berhasil mencuri perhatian penonton begitu rilis di bioskop Tanah Air. Film supernatural horor ini diadaptasi dari film pendek Laura Hasn't Slept (2020).

Berkisah tentang seorang terapis bernama Rose Cotter (Sosie Bacon) yang melihat aksi bunuh diri seorang pasien yang sangat aneh. Setelahnya, ia trauma dan terus mengalami pengalaman menganggu dan semakin menyeramkan. Ia juga terus menerus melihat simbol wajah tersenyum alias smile di mana-mana.

Semakin parahnya teror tersebut, Rose akhirnya harus menghadapi masa lalunya jika ia ingin bebas. Bisakah ia melaluinya?

Film ini bakal membuat penontonnya nggak nyaman sepanjang durasi. Setelah selesai pun, dijamin kamu nggak bisa melihat orang tersenyum dengan cara yang sama.

Detil Keterangan
Rilis 28 September 2022
Durasi Film 1 jam 55 menit
Sutradara Parker Finn
Pemain Sosie Bacon

Jessie T. Usher

Kyle Gallner
Skor 6.19/10 (IMDb)

78% (Rotten Tomatoes)

2. "Hellraiser" (2022)

Masih familiar sama sosok Pinhead, salah satu karakter paling menyeramkan yang pernah ada di film horor? Nah, makhluk kejam tersebut kembali muncul dalam remake salah satu film horor barat terbaik, yakni Hellraiser (2022).

Film dengan genre supernatural horor ini merupakan adaptasi kedua dari novella The Hellbound Heart (1986) yang jadi dasar untuk film Hellraiser (1987). Film ini juga jadi reboot dari film orisinalnya, dan jadi film ke-11 yang pernah ada dalam franchise ini.

Hellraiser berkisah tentang seorang wanita muda pencandu narkoba yang harus berhadapan langsung sama kekuatan supernatural jahat dan sadis yang ada di balik kotak puzzle penuh misteri. Kotak tersebut juga ternyata punya andil soal saudara laki-lakinya yang menghilang.

Film ini sudah tayang di Hulu sejak akhir September 2022 lalu. Sayangnya, belum ada informasi kapan bakal tersedia di platform streaming Indonesia nih, geng. Ditunggu saja, ya.

Detil Keterangan
Rilis 28 September 2022
Durasi Film 2 jam
Sutradara David Bruckner
Pemain Odessa A'zion

Jamie Clayton

Brandon Flynn
Skor 6.1/10 (IMDb)

66% (Rotten Tomatoes)

3. "Orphan: First Kill" (2022)

Kamu pasti tahu kan, film horor psikologis berjudul "Orphan" (2009). Nah, film ini adalah prekuelnya, geng.

Kali ini berkisah tentang awal mula kisah hidup Esther dari film "Orphan" sebelum ia diadopsi oleh keluarga Coleman. Pemeran Esther masih sama loh, yakni Isabelle Fuhrman.

Bahwa ia adalah Leena Klammer, pasien rumah sakit jiwa dari Estonia yang kabur ke Amerika Serikat berpura-pura menjadi putri yang hilang dari satu keluarga kaya.

Seperti film pertamanya, kamu bisa menantikan ceritanya yang begitu plot twist hingga adegan menyeramkan yang penuh darah. Cocok buat kamu penggemar film gore!

Detil Keterangan
Rilis 19 Agustus 2022
Durasi Film 1 jam 38 menit
Sutradara William Brent Bell
Pemain Isabelle Fuhrman

Julia Stiles

Rossif Sutherland
Skor 6/10 (IMDb)

73% (Rotten Tomatoes)

4. "Incantation" (2022)

"Incantation" jadi salah satu film horor paling baru yang bisa disaksikan di platform streaming Netflix. Film horor asal Taiwan ini akan membuatmu ketakutan dengan berbagai adegan yang mengerikan.

Film ini dimulai dari sosok seorang ibu bernama Li Rounan (Hsuan-ye Tsai) yang ingin menyelamatkan putrinya, Duo-duo (Huang Sin-ting), dari sebuah kutukan.

Enam tahun lalu, Rounan rupanya telah dikutuk karena melanggar suatu kepercayaan setempat. Karena perbuatannya itu, kekasih dan keluarga Rounan diketahui meninggal secara misterius.

Film Incantation (2022) bahkan menjadi film terlaris dan paling sukses sepanjang masa di negara asalnya. Konon, kisah yang diceritakan pada film ini diangkat dari kisah nyata. Cocok jadi film horor terseram di dunia berdasarkan kisah nyata!

Detil Keterangan
Rilis 8 Juli 2022
Durasi Film 1 jam 50 menit
Sutradara Kevin Ko
Pemain Hsuan-yen Tsai

Huang Sin-ting

Ying-Hsuan Kao
Skor 6.3/10 (IMDb)

58% (Rotten Tomatoes)

5. "Scream" (2022)

Teror Ghostface kembali lagi! Kali ini, sang pembunuh bertopeng kembali beraksi di kota Woodsboro, California dalam film kelima seri "Scream" yang pertama kali rilis pada 1996 lalu.

Scream 5 merupakan sekuel dari "Scream 4" (2011) lalu dan menampilkan karakter-karakter original. Sebuah ciri khas dari film Scream.

Kali ini, Ghostface mengincar sekelompok anak remaja baru untuk jadi korbannya. Ternyata, mereka entah bagaimana terkait juga dengan pembunuhan asli yang terjadi di film pertama.

Salah satu film slasher terbaik ini lagi-lagi berhasil menampilkan cerita berdarah yang seru. Diramu dengan jumpscare jempolan, adegan berdarah yang sadis, serta plot twist yang klasik.

Detil Keterangan
Rilis 12 Januari 2022
Durasi Film 1 jam 54 menit
Sutradara Matt Bettinelli-Olpin, Tyler Gillett
Pemain Melissa Barrera

Mason Gooding

Jenna Ortega

Jack Quaid[Marley Shelton

Courtney Cox

David Arquette

Neve Campbell
Skor 7/10 (IMDb)

76% (Rotten Tomatoes)

6. "Texas Chainsaw Massacre" (2022)

Selanjutnya, ada lagi nih film yang jadi bagian dari seri film horor paling berpengaruh sepanjang masa, yakni "Texas Chainsaw Massacre". Pertama rilis pada 1974 lalu, film Netflix terbaru ini jadi film kesembilan dari franchise tersebut.

Berlatar beberapa dekade setelah kejadian di film pertamanya, sosok pembunuh berantai Leatherface kembali muncul dan menargetkan sekelompok pebisnis muda.

Tak itu saja, muncul juga seorang korban selamat dari kejadian aslinya yang berusaha menuntut balas dengan memburu Leatherface sendiri.

Tentunya, buat kamu yang suka adegan sadis penuh darah wajib banget nonton film yang rilis pada 18 Februari 2022 ini. Hati-hati mual, geng!

Detil Keterangan
Rilis 18 Februari 2022
Durasi Film 1 jam 23 menit
Sutradara David Blue Garcia
Pemain Sarah Yarkin

Elsie Fisher

Mark Burnham

Jacob Latimore

Moe Dunford

Olwen Fou r

Alice Krige

Jessica Allain

Nell Hudson
Skor 4.8/10 (IMDb)

31% (Rotten Tomatoes)

7. "The Black Phone" (2022)

"The Black Phone" mengangkat genre thriller nan menegangkan dengan horor penuh hantu yang pastinya unik. Film horor supernatural ini diadaptasi dari cerita pendek berjudul sama karya Joe Hill.

Berkisah tentang Finney Shaw, seorang anak berusia 13 tahun yang diculik oleh pembunuh kejam yang disebut The Grabber. Ia dikurung di sebuah basement kedap suara, di mana tak seorang pun bisa mendengar teriakannya.

Suatu ketika, Finney menemukan sebuah telepon hitam yang ada di dinding. Ternyata telepon putus tersebut bisa tersambung pada hantu-hantu yang merupakan korban The Grabber sebelumnya.

Mereka berusaha membantu Finney dengan segala cara agar apa yang terjadi pada mereka tidak lagi terjadi pada Finney.

Film ini yang rilis pada Juni 2022 ini berhasil mendapatkan ulasan positif dari para kritikus serta penonton untuk ceritanya yang luar biasa. Rating-nya di situs Rotten Tomatoes saja mencapai 100%, geng!

Detil Keterangan
Rilis 24 Juni 2022
Durasi Film 1 jam 23 menit
Sutradara Scott Derickson
Pemain Ethan Hawke

Mason Thames

Madeleine McGraw

Jeremy Davies

James Ransone
Skor 7.7/10 (IMDb)

100% (Rotten Tomatoes)

Rekomendasi Film Horor 2021

Di sepanjang tahun 2021 kemarin, ada berbagai judul film hantu terbaru yang cukup menyita perhatian. Belum sempat nonton? Simak dulu aja daftar lengkapnya berikut ini dan jangan lupa masukkan watch list!

1. "Old" (2021)

Buat kamu penggemar film thriller misteri ala M. Night Shyamalan, bisa banget nonton film "Old" nih, geng.

Film ii punya premis yang unik, di mana satu keluarga berlibur ke pantai rahasia. Namun pantai tersebut seperti menyimpan kutukan, ketika setiap orang mulai menua secara cepat.

Bisakah mereka kabur dari pantai tersebut sebelum kematian datang menjemput?

Detil Keterangan
Rilis 21 Juli 2021
Durasi Film 1 jam 48 menit
Sutradara M. Night Shyamalan
Pemain Gael Garcia Bernal

Vicky Krieps

Rufus Sewell

Alex Wolff

Thomasin McKenzie
Skor 5.8/10 (IMDb)

50% (Rotten Tomatoes)

2. "Last Night in Soho" (2021)

Selanjutnya ada "Last Night in Soho", film horor psikologis terbaru dari sutradara kawakan Edgar Wright yang baru saja tayang di bioskop.

Film ini berkisah tentang seorang gadis bernama Ellie Turner (Thomasin McKenzie) yang sedang kuliah jurusan fashion di London, Inggris. Namun setiap malam, ia mengalami pengalaman magis.

Ia suka bermimpi menyusuri waktu kembali ke tahun 60-an. Di mana ia bertemu dengan idolanya, seorang penyanyi bernama Sadie (Anya Taylor-Joy).

Namun lama kelamaan, ia sadar bahwa mimpinya itu bukanlah benar-benar mimpi.

Detil Keterangan
Rilis 3 November 2021
Durasi Film 1 jam 56 menit
Sutradara Edgar Wright
Pemain Thomasin McKenzie

Anya Taylor Joy

Matt Smith
Skor 7.3/10 (IMDb)

75% (Rotten Tomatoes)

3. "Lamb" (2021)

Film Islandia ini berkisah tentang sepasang suami istri yang tidak punya anak. Mereka tiba-tiba menemukan seekor domba yang lahir dengan cara tidak biasa di peternakan mereka.

Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk mengurus domba tersebut layaknya anak sendiri. Namun ternyata, semua itu tidak sesederhana kelihatannya.

Kekuatan mengerikan yang melahirkan domba tersebut muncul dan memaksa mereka untuk melepaskan domba itu ke alam liar.

Detil Keterangan
Rilis 13 Juli 2021
Durasi Film 1 jam 46 menit
Sutradara Valdimar Johannsson
Pemain Noomi Repace

Hilmir Snaer Gudnasson

Bjorn Hlynur Haraldsson

Ingvar Eggert Sigurdsson
Skor 6.3/10 (IMDb)

83% (Rotten Tomatoes)

4. "Resident Evil: Welcome to Raccoon City (2021)

Kabar gembira buat pencinta film zombie, di tahun 2021 ini ada lagi film live action terbaru dari franchise game populer Resident Evil yang berjudul Resident Evil: Welcome to Raccoon City.

Film ini gak berkaitan sama cerita dalam film-film live action Resident Evil sebelumnya. Film ini adalah reboot yang mengadaptasi cerita yang ada dalam game Resident Evil pertama dan kedua yang diterbitkan oleh Capcom.

Film Resident Evil: Welcome to Raccoon City menceritakan tentang awal mula wabah zombie di Raccoon City yang disebabkan oleh Umbrella Corporation. Film ini berlatar di tahun 1998.

Sekelompok kecil orang yang selamat pun terpaksa bertahan hidup dan bekerja sama mengungkap kebenaran di balik kejadian tersebut.

Kamu bisa bertemu dengan para karakter klasik game Resident Evil, seperti Claire dan Chris Redfield, Jill Valentine, Leon S. Kennedy, Ada Wong, dan juga Albert Wesker.

Detil Keterangan
Rilis 24 November 2021
Durasi Film 106 menit
Sutradara Johannes Roberts
Pemain Kaya Scodelario

Hannah John-Kamen

Robbie Amell
Skor -

5. "Fear Street Part Three: 1666" (2021)

Film ini jadi bagian dari trilogi Fear Street yang semuanya tayang di Netflix pada Juli 2021 lalu. Bagian pertama dan keduanya berjudul Fear Street Part One: 1994 dan Fear Street Part Two: 1978.

Trilogi ini diadaptasi dari novel karya R. L. Stine, bercerita tentang misteri mengerikan dan kekuatan jahat yang menyelimuti sebuah kota sejak berabad-abad yang lalu.

Buat kamu pencinta film slasher yang penuh darah, trilogi ini cocok banget karena gak hanya menyeramkan tapi juga penuh dengan adegan pembunuhan sadis.

Detil Keterangan
Rilis Juli 2021
Durasi Film 1 jam 50 menit (berbeda tiap film)
Sutradara Leigh Janiak
Pemain Kiara Madeira

Sadie Sink

Chiara Aurelia

6. "A Quiet Place Part II" (2021)

Sekuel dari film "A Quiet Place", yakni "A Quiet Place Part II", akhirnya resmi dirilis pada 26 Mei 2021. Film ini pun langsung mendapat perhatian publik.

Setelah ditunda cukup lama, "A Quiet Place Part II" akhirnya dirilis dan memikat para penggemar yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan lanjutan dari film pertamanya.

Di film keduanya ini, kamu akan disajikan dengan petualangan lanjutan dari keluarga Abbott yang tersisa untuk mencari tempat tinggal yang layak.

Setelah perjalanan panjang, Regan memutuskan untuk pergi ke menara radio dan mengirimkan suara berfrekuensi tinggi yang dihasilkan oleh alat bantu dengarnya.

Ia berharap, siapa pun yang menangkap sinyal tersebut dapat menggunakannya untuk melawan alien di luar sana. Kira-kira, apakah perjuangan mereka berbuah manis?

Detil Keterangan
Rilis 26 Mei 2021
Durasi Film 1 j 37 m
Sutradara John Krasinski
Pemain Emily Blunt

Millicent Simmonds

Cillian Murphy
Skor 7.3/10 (IMDb)

91% (Rotten Tomatoes)

7. "The Conjuring: The Devil Made Me Do It" (2021)

Film horor terbaru 2021 selanjutnya adalah "The Conjuring: The Devil Made Me Do It". Film ini baru dirilis di bioskop pada 4 Juni 2021.

"The Conjuring 3" 2021 ini kembali disutradarai oleh James Wan dan diperankan oleh Vera Farmiga, Patrick Wilson, Sterling Jerins dan Julian Hilliard.

Kali ini paranormal Ed dan Lorraine Warren berurusan dengan kasus pengadilan tahun 1981 bertajuk The Devil Made Me Do It.

Detil Keterangan
Rilis 4 Juni 2021
Durasi Film 1 j 52 m
Sutradara Michael Chaves
Pemain Vera Farmiga

Patrick Wilson

Sterling Jerins
Skor 7.3/10 (IMDb)

91% (Rotten Tomatoes)

8. "Halloween Kills" (2021)

Menyusul kesuksesan kembalinya Michael Myers di tahun 2018, "Halloween Kills" dirilis sebagai sekuel film Halloween tahun 2018 lalu.

Film ini diharapkan menjadi trilogi yang mencakup Halloween Ends yang rencananya bakal hadir di bioskop satu tahun setelah "Halloween Kills".

Sementara film ini sendiri baru akan dirilis pada 15 Oktober 2021 mendatang. "Halloween Kills" disutradarai oleh David Gordon Green.

Film ini bercerita tentang kembalinya Michael Myers ke Haddonfield yang akan membantai korbannya dengan brutal. Siap buat nonton?

Detil Keterangan
Rilis 15 Oktober 2021
Durasi Film 1 jam 45 menit
Sutradara David Gordon Green
Pemain James Jude Courtney

Kyle Richards

Anthony Michael Hall
Skor 5.7/10 (IMDb)

41% (Rotten Tomatoes)

9. "Antlers" (2021)

Film "Antlers" seharusnya ditayangkan pada musim semi tahun 2020. Namun, perilisan film ini ditunda akibat pandemi COVID-19.

Film horor yang menjadi milik Disney setelah proses akuisisi yang dilakukan terhadap 20th Century Fox kabarnya akan dirilis pada 29 Oktober 2021.

Film ini menceritakan tentang seorang bocah misterius bernama Jeremy T. Thomas. Ia memiliki rahasia yang membawanya bertemu dengan makhluk leluhur menakutkan.

Film yang disutradarai oleh Scott Cooper ini diangkat dari cerita pendek berjudul The Quiet Boy yang diproduseri oleh Guillermo del Toro.

Detil Keterangan
Rilis 29 Oktober 2021
Durasi Film 1j 39m
Sutradara Scott Cooper
Pemain Keri Russell

Jesse Plemons

Jeremy T Thomas
Skor 6.3/10 (IMDb)

60% (Rotten Tomatoes)

10. "Candyman" (2021)

Buat kamu para penggemar horor, film "Candyman" ini cocok banget buat kamu tonton di waktu senggang. Film ini kabarnya akan tayang pada 27 Agustus 2021.

"Candyman" bercerita tentang sosok hantu pembunuh yang akan muncul saat ada orang yang menyebut namanya 5 kali di depan kaca.

Pada trailer, terlihat bahwa hantu Candyman hanya dipercayai sebagai sebuah mitos, tapi banyak yang tidak menyadari bahwa hantu ini sebenarnya nyata.

Detil Keterangan
Rilis 27 Agustus 2021
Durasi Film 1 jam 31 menit
Sutradara Nia DaCosta
Pemain Yahya Abdul-Mateen II

Teyonah Parris

Tony Todd
Skor 5.9/10 (IMDb)

84% (Rotten Tomatoes)

Selain film-film di atas, Jaka juga punya rekomendasi film horor terseram dari berbagai negara yang bisa kamu simak selengkapnya di bawah ini!

Film Horor Indonesia

Sekarang, Jaka bakal memberikan beberapa rekomendasi film horor Indonesia. Meskipun nggak setenar film luar negeri, namun kualitas film Indonesia nggak kalah bagus, lho! Semuanya

1. "KKN di Desa Penari" (2022)

"KKN di Desa Penari" menjadi sangat viral dan bahkan menjadi film Indonesia paling laris sepanjang masa. Film ini diangkat dari sebuah utasan di Twitter dan diklaim bukan karangan si pembuat.

Cerita bermula ketika sekelompok mahasiswa hendak melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di sebuah desa. Mereka adalah Nur (Tissa Biani), Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Bima (Achmad Megantara), Anton (Calvin Jeremy), dan Wahyu (Fajar Nugraha).

Sejak awal keberangkatan, banyak hal aneh yang terjadi, seperti lambatnya perjalanan hingga adanya larangan keras dari Pak Prabu, Kepala Desa tempat mereka melakukan KKN, buat nggak melewati gapura yang terhubung dengan hutan.

Keadaan semakin tak kondusif di film KKN di Desa Penari. Program kerja nggak jalan sama sekali karena mereka harus menyelamatkan diri dari desa yang ternyata menyimpan berbagai hal mistis.

Detil Keterangan
Durasi Film 2 j 1 m
Sutradara Awi Suryadi
Pemain Tissa Biani

Adinda Thomas

Achmad Megantara
Skor 6.3/10 (IMDb)

2. "Ivanna" (2022)

"Ivanna" merupakan film hantu Indonesia terbaru yang akan segera rilis pada 14 Juli 2022 mendatang. Film horor ini diadaptasi dari salah satu novel karya Risa Saraswati.

Sosok hantu Ivanna yang diceritakan adalah seorang wanita Belanda yang bernama lengkap Ivanna Van Dijk, sama seperti judul novelnya. Ceritanya sendiri disebut masih berhubungan dengan film Danur 2: Maddah.

Film Ivanna (2022) berkisah tentang dua orang kak beradik bernama Ambar (Caitlin Halderman) dan Dika (Jovarel Callum) yang harus kehilangan kedua orang tuanya dan terpaksa tinggal di panti jompo.

Awalnya semua terasa baik-baik saja, sampai kemudian Ambar dan Dika menemukan sebuah ruang bawah tanah rahasia yang ternyata bekas peninggalan masa penjajahan belanda.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 43 m
Sutradara Timo Stamboel
Pemain Caitlin Halderman

Jovarel Callum

Junior Roberts
Skor 6.7/10 (IMDb)

3. "Affliction" (2021)

Affliction merupakan film horor pertama dari sutradara Teddy Soeriaatmaja. Film ini tayang eksklusif di Netflix pada Januari 2021 lalu.

Bercerita tentang sepasang suami istri Hasan dan Nina yang memutuskan pindah sementara ke kampung halaman Hasan untuk merawat sang ibu yang kondisinya semakin memburuk.

Di sana, berbagai kejadian misterius banyak terjadi di rumah masa kecil Hasan yang mengganggu sang istri serta kedua anaknya. Seperti adanya penampakan dan sang ibu yang bertingkah laku sangat aneh.

Apakah maksud dari semua kejadian aneh itu? Apa misteri besar dan mengerikan yang coba disembunyikan Hasan?

Film ini memang gak punya banyak jumpscare, tapi berhasil memberikan hawa mengerikan di sepanjang film yang bikin Jaka ketakutan.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 30 m
Sutradara Teddy Soeriaatmaja
Pemain Raihaanun

Ibnu Jamil

Tutie Kirana
Skor 6.7/10 (IMDb)

4. "Asih 2" (2020)

Di akhir tahun 2020, sutradara Rizal Mantovani menyajikan film hantu berjudul "Asih 2". Film ini merupakan lanjutan dari seri pertamanya, "Asih" (2018).

Rekomendasi film horor terbaru Indonesia ini bercerita tentang Asih, seorang hantu wanita yang memiliki masa lalu memilukan, meneror keluarga Andi dan Puspita.

Asih membunuh terlebih dahulu Andi dan Puspita. Setelah itu, Asih mengambil anak mereka, Amelia, yang kemudian hilang selama enam tahun lamanya.

Produser MD Entertainment, Manoj Punjabi menyebut film "Asih 2" akan memiliki cerita yang lebih mendalam daripada film yang pertama.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 47 m
Sutradara Rizal Mantovani
Pemain Shareefa Daanish

Marsha Timothy

Ario Bayu
Skor 8.7/10 (IMDb)

5. "Ratu Ilmu Hitam" (2019)

Ratu Ilmu Hitam merupakan film reboot dari film Suzana yang berjudul sama di tahun 80-an. Saking seramnya, film ini juga banyak dipuji kritikus dan penonton internasional loh.

Film karya Kimo Stamboel ini bercerita tentang Hanif (Ario Bayu) yang membawa istrinya, Nadya (Hannah Al Rashid), dan ketiga anak mereka mengunjungi panti asuhan tempat Hanif dibesarkan dahulu.

Ia datang untuk menjenguk pengasuh panti, pak Bandi, yang sakit-sakitan. Gak hanya Hanif yang berkunjung, tapi juga 2 sahabat Hanif saat tinggal di panti, Anton dan Jefri beserta istri-istri mereka.

Mereka berniat menginap bersama di sana untuk mengenang masa lalu. Mereka mengira malam itu akan jadi malam yang penuh kedamaian. Namun mereka segera menyadari bahwa mereka salah.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 39 m
Sutradara Kimo Stamboel
Pemain Ario Bayu

Hannah Al Rashid

Adhisty Zara

Ari Irham
Skor 6.6/10 (IMDb)

89% (Rotten Tomatoes)

6. "Perempuan Tanah Jahanam" (2019)

Maya (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita) adalah sahabat karib. Mereka berjuang untuk hidup di kota besar dengan pekerjaan seadanya dan pemasukan yang minim.

Suatu hari, saat mereka bertugas sebagai petugas tol, Maya diserang oleh seorang pengendara mobil misterius. Siapa sangka, serangan ini membuka tabir kehidupannya yang tersembunyi.

Bukan hanya karena adegan-adegannya yang sadis, tapi juga jumpscare paling menyeramkan dan plot cerita "Perempuan Tanah Jahanam" yang menakutkan bakal menggugah adrenalin para penonton.

"Perempuan Tanah Jahanam" juga sukses diputar di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia. Bahkan, film horor indonesia terbaik ini juga ditayangkan di Amerika Serikat saking booming-nya!

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 46 m
Sutradara Joko Anwar
Pemain Faradina Mufti

Tara Basro

Aghniny Haque

Marissa Anita
Skor 6.9/10 (IMDb)

95% (Rotten Tomatoes)

7. "Kafir: Bersekutu dengan Setan" (2018)

Kafir: Bersekutu dengan Setan merupakan sebuah film horor rilisan tahun 2018. Kisah dimulai dari meninggalnya seorang ayah dari sebuah keluarga atas penyebab yang tidak diketahui.

Dukun di kampung tersebut juga mati secara mendadak dan rumahnya hangus terbakar. Misteri apa yang sebenarnya siap mengancam hidup mereka?

Film seram ini layak disandingkan dengan Pengabdi Setan. Menurut Jaka, ini salah satu film horor indonesia yang paling seram!

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 37 m
Sutradara Azhar Lubis
Pemain Putri Ayudya

Sujiwo Tejo

Indah Permatasari
Skor 7.3/10 (IMDb)

8. "Sebelum Iblis Menjemput" (2018)

"Sebelum Iblis Menjemput" mengisahkan seorang gadis bernama Alfie dengan latar belakang keluarga yang tidak harmonis sama sekali.

Lama tak bertemu dengan sang ayah, Alfie kemudian mendapati kondisi ayahnya yang sakit parah dan sekarat akibat mengidap penyakit yang tidak diketahui.

Bersama Maya sang saudari tiri, mereka berdua mengungkap sisi kelam dan mengerikan dari sang ayah yang selama ini disembunyikan.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 50 m
Sutradara Timo Tjahjanto
Pemain Chelsea Islan

Pevita Pearce

Samo Rafael
Skor 7.1/10 (IMDb)

9. "Pengabdi Setan" (2017)

Diadaptasi dari film horor tahun 80-an dengan judul yang sama, Pengabdi Setan sukses meraup lebih dari 4 juta penonton di Indonesia saja!

Kisah film hantu Indonesia ini sangat sederhana. Sebuah keluarga diteror habis-habisan oleh sekumpulan makhluk gaib yang menyeramkan setelah meninggalnya Ibu kandung mereka.

Dari awal sampai akhir film kamu tidak akan bisa menebak alur cerita yang begitu apik ditampilkan di dalam film ini.

Karena itu, film ini mendapat ulasan yang baik dari penonton dan kritikus film. Bahkan, film ini meraih rating hingga 91% di Rotten Tomatoes dan 6.9 di iMDb.

Tidak hanya itu, Pengabdi Setan juga meraih banyak penghargaan di dalam maupun di luar negeri. Salah satunya adalah Piala Citra untuk Pengarah Sinematografi Terbaik.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 47 m
Sutradara Joko Anwar
Pemain Tara Basro

Ayu Laksmi

Bront Palarae
Skor 6.9/10 (IMDb)

91% (Rotten Tomatoes)

10. "Rumah Dara" (2009)

"Rumah Dara" atau yang dikenal dengan "Macabre" sebagai judul internasionalnya merupakan film horor slasher yang berisi banyak adegan pembunuhan sadis.

Menceritakan sekelompok orang yang dijamu untuk makan di rumah seorang wanita yang mereka selamatkan. Ternyata, keluarga wanita tersebut adalah psikopat yang juga kanibal.

Film yang diangkat dari film pendek ini disutradarai oleh Mo Brothers. Film ini juga menjadi film Indonesia pertama yang dilarang tayang di Malaysia karena adegannya yang brutal.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 35 m
Sutradara Kimo Stamboel
Pemain Shareefa Daanish

Julie Estelle

Ario Bayu
Skor 6.5/10 (IMDb)

11. "Kuntilanak" (2006)

Kuntilanak berkisah tentang seorang gadis bernama Samantha yang memiliki kemampuan magis untuk memanggil kuntilanak dan menuruti perintahnya.

Sementara itu, di film sekuelnya yang berjudul "Kuntilanak 2" dan "Kuntilanak 3", Samantha berupaya untuk memecahkan kutukan Kuntilanak tersebut.

Pada 2018, film horor terbaik Indonesia ini di-reboot dengan jalan cerita dan pemain baru. Buat Jaka sih, franchise film Kuntilanak merupakan film terseram yang pernah Jaka tonton.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 30m-an (berbeda-beda setiap film)
Sutradara Rizal Mantovani
Pemain Julie Estelle

Evan Sanders

Ratu Felisha
Skor 4.7/10 (IMDb)

Film Horor Hollywood Terbaik

Selanjutnya, Jaka bakal membahas mengenai film hantu terseram di dunia produksi Hollywood. Setelah nonton film-film ini, dijamin kamu bakalan ngeri ketika tidur sendirian.

1. "Host" (2020)

Di saat pandemi seperti sekarang, banyak orang yang melakukan aktivitas dari rumah. Komunikasi pun tak jarang dilakukan via aplikasi chatting ataupun video call.

Gambaran itulah yang bakal kamu temukan dalam film "Host". Film ini menyuguhkan cerita tentang pemanggilan arwah melalui platform panggilan video, Zoom.

Setelah dirilis di Shudder, Host langsung menduduki peringkat tertinggi pada situs Rotten Tomatoes sekaligus menjadi obrolan trending di media sosial.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 8 m
Sutradara Rob Savage
Pemain Haley Bishop

Jemma Moore

Emma Louise Webb
Skor 6.6/10 (IMDb)

100% (Rotten Tomatoes)

2. "Midsommar" (2019)

Kalau dipikir-pikir, rasanya nggak ada film horor barat terseram 2019 yang bikin penontonnya merinding ketakutan selain "Midsommar".

Menceritakan sekelompok pemuda yang diundang untuk datang ke sebuah festival musim panas di Swedia. Nyatanya, festival dan sekte tersebut menyimpan rahasia yang sangat mengerikan.

Berbeda dengan film horor terbaik pada umumnya, Midsommar justru menampilkan kengerian di siang bolong. Bahkan, nggak ada satupun adegan horor yang terjadi di malam hari.

Detil Keterangan
Durasi Film 2 j 7 m
Sutradara Ari Aster
Pemain Florence Pugh

Jack Reynor

Vilhelm Blomgren
Skor 7.1 (IMDb)

83% (Rotten Tomatoes)

3. "Hereditary" (2018)

Film horor terseram di dunia berjudul "Hereditary" ini bercerita tentang sebuah keluarga yang tewas satu per satu setelah nenek mereka meninggal.

Kematian mereka juga tidak wajar dan membuat sang ibu kandung depresi. Hal ini menjadi permulaan kehancuran dari keluarga yang awalnya harmonis.

Film ini menjadi kontroversi karena review yang diberikan berbeda-beda. Kalau takut dengan film ini, baca dulu aja review film "Hereditary".

Detil Keterangan
Durasi Film 2 j 7 m
Sutradara Ari Aster
Pemain Milly Shapiro

Alex Wolff

Toni Collette
Skor 7,3/10 (IMDB)

89% (Rotten Tomatoes)

4. "The Witch" (2015)

The Witch adalah film horor supernatural yang menceritakan tentang satu keluarga Puritan yang menghadapi kekuatan jahat di hutan yang terletak tak jauh dari rumah peternakan mereka di New England.

Film yang dibintangi sama Anya Taylor-Joy ini sangat sukses di kalangan kritikus dan juga penggemar. Saking seramnya, film ini juga banyak disebut sebagai film horor terbaik sepanjang masa.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 32 m
Sutradara Robert Eggers
Pemain Anya Taylor-Joy

Ralph Ineson

Kate Dickie

Harvey Scrimshaw
Skor 6,9/10 (IMDB)

90% (Rotten Tomatoes)

5."The Babadook" (2014)

"The Babadook" merupakan perpaduan antara film horor hantu yang seram dan film thriller psikologis yang bikin kamu bermimpi buruk.

Film bermula dari ketakukan Amelia akan mimpi buruk yang terus ia alami dan kecemasan Samuel akan monster yang tinggal di dalam lemari kamar tidurnya.

Film ini terasa mencekam dari awal hingga akhir. Bahkan sampai akhir film kita dibuat bingung untuk membedakan apakah yang dialami Amelia dan Samuel benar-benar nyata.

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 35 m
Sutradara Jennifer Kent
Pemain Essie Davis

Noah Wiseman

Daniel Henshall
Skor 6,8/10 (IMDB)

98% (Rotten Tomatoes)

6. "Insidious" (2010)

Insidious sering disebut-sebut sebagai salah satu film horor terseram sepanjang masa. Film ini bercerita tentang pasangan suami istri yang anaknya mengalami koma dan dirasuki beragam makhluk jahat dari dunia lain.

Film ini disutradarai sama James Wan dan jadi begitu sukses. Sampai-sampai ada 1 sekuel berjudul Chapter 2 (2013) dan 2 prekuel yang berjudul Chapter 3 (2015) serta The Last Key (2018).

Detil Keterangan
Durasi Film 1 j 43 m
Sutradara James Wan
Pemain Lin Shaye

Patrick Wilson

Rose Byrne
Skor IMDB 8,4/10
Skor 6.8/10 (emphasized text_IMDb)

66% (_Rotten Tomatoes
)

7. "The Shining" (1980)

Diambil dari karya novel Stephen King, "The Shining" merupakan film legendaris meskipun bukan termasuk film horor terbaru era 2000-an.

Percampuran horror, thriller-psycology, dan misteri, membuat film ini sangat pintar dalam mengemasnya sebagai sebuah film horor terbaik hollywood yang pernah diciptakan.

Berkisah tentang keluarga yang ditugaskan untuk menjaga Overlook Hotel di mana semua kejadian gila, mengerikan, dan misterius terus-menerus terjadi.

Detil Keterangan
Durasi Film 2 j 40 m
Sutradara Stanley Kubrick
Pemain Jack Nicholson

Shelley Duvall

Danny Lloyd
Skor IMDB 8,4/10
Skor 8.4/10 (emphasized text_IMDb)

86% (_Rotten Tomatoes
)

8. "The Exorcist" (1973)

"The Exorcist" mengisahkan seorang gadis kecil yang kerasukan iblis. Ibunya berusaha sekuat tenaga untuk menyembuhkan putrinya melalui ritual pengusiran setan.

Film tentang kesurupan ini bahkan mendapat 10 nominasi piala oscar dan berhasil memenangkan dua di antaranya.

Meski sudah banyak film yang meniru, belum ada yang bisa menyaingi kengerian yang ditawarkan film horor terbaik Netflix ini. Versi original ini pun tetap menjadi yang terseram hingga kini.

Detil Keterangan
Durasi Film 2 j 13 m
Sutradara William Friedkin
Pemain Linda Blair

Ellen Burstyn

Max von Sydow
Skor 8/10 (IMDB)

86% (Rotten Tomatoes)

Film Horor Thailand Terseram

Meskipun banyak memproduksi film-film romantis terbaik, nyatanya Thailand juga adalah salah satu negara produsen film horor terbaik di dunia. Bahkan, banyak film Thailand yang di-remake oleh Hollywood.

1. "The Medium" (2021)

Film ini sempat disebut-sebut sebagai film horor Thailand terseram. Jaka rasa sih, julukan itu tepat ya. Soalnya, film mocumentary supernatural horor ini memang luar biasa seram!

Berkisah tentang tim pembuat film dokumenter yang melakukan perjalanan ke Desa Isan di pegunungan dan mengikuti kehidupan Nim, dukun setempat.

Nim tiba-tiba menyadari kalau keponakannya, Mink, sedang dirasuki roh. Ternyata, Mink tidak hanya dirasuki 1 roh saja tapi ratusan roh jahat yang menuntut balas dendam.

BACA JUGA
    Detil Keterangan
    Durasi Film 2 j 11 m
    Sutradara Banjong Pisanthanakun
    Pemain Narilya Gulmonkolpech

    Sawanee Utoomma

    Sirani Yankittikan
    Skor 6,5/10 (IMDB)

    77% (RottenTomatoes)

    2. "Ladda Land" (2011)

    Disebut-sebut sebagai salah satu film rumah hantu paling seram, "Ladda Land" bercerita tentang sekeluarga yang baru pindah ke sebuah kawasan perumahan baru.

    Namun bukannya kedamaian, justru mereka malah diteror oleh sesosok hantu jahat yang mendiami sebuah rumah kosong di komplek tersebut.

    Namun sayangnya, gak ada yang percaya padanya. Termasuk sang ayah. Padahal perumahan tersebut itu sendiri sudah sangat mencurigakan dan menyeramkan.

    Penampakan hantunya sendiri cukup jarang, tapi sekalinya muncul, dijamin bakal bikin kamu gak bisa tidur, geng. Gak heran kan kalau film hantu Thailand ini jadi salah satu film hantu paling seram di dunia?

    Detil Keterangan
    Durasi Film 2 j 5 m
    Sutradara Sopon Sukdapisit
    Pemain Sutatta Udomsilp

    Piyathida Mitrteeraroj

    Saharat Sangkapreecha
    Skor 6,4/10 (IMDB)

    3. "4Bia" (2008)

    "4Bia" merupakan film antologi yang berisikan 4 babak, alias memilik 4 cerita berbeda. Meski begitu, ada sedikit kesinambungan di antara semuanya.

    Setiap film berdurasi 1 jam, jadi kengerian yang dibangun setiap film ini sangat terasa. Namun, tenang saja, alur film ini tidak terasa seperti diburu-buru, kok!

    Kalau Jaka sih sangat suka dengan salah satu cerita di film ini pada bagian "Pramugari dan Putri Jepang". Dijamin bikin kamu nggak bisa tidur!

    Detil Keterangan
    Durasi Film 4 jam
    Sutradara Banjong Pisanthanakun, Paween Purijitpanya, Parkpoom Wongpoom, Youngyooth Thongkonthun
    Pemain Maneerat Kham-uan

    Witawat Singlampong

    Kantapat Permpoonpatcharasuk
    Skor 6,7/10(IMDB)

    4. "Coming Soon" (2008)

    "Coming Soon" mengisahkan seorang operator bioskop yang mengalami teror mengerikan setelah ia menonton sebuah film yang berjudul "Arwah Penasaran".

    Selain mendapat teror, tokoh utama di film ini juga sempat mengalami kesulitan ketika ingin memecahkan misteri tentang siapa yang menganggunya selama ini.

    Di akhir film, kamu tidak akan menyangka bahwa hantu yang menerornya selama ini adalah .... Pokoknya, plot twist banget, deh!

    Detil Keterangan
    Durasi Film 1 j 35 m
    Sutradara Sopon Sukdapisit
    Pemain Vorakarn Rojjanavatchra

    Chantavit Dhanasevi

    Sarinrat Thomas
    Skor 6,1/10 (IMDB)

    5. "Alone" (2007)

    "Alone" berkisah tentang sepasang saudari kembar. Meski kembar, mereka memiliki hidup dan kepribadian yang jauh berbeda.

    Satu di antara mereka iri hati dengan kehidupan saudarinya dan tega untuk membunuh saudarinya sendiri demi seorang laki-laki.

    Rentetan kejadian mengerikan menimpa salah satu dari saudari kembar itu. Apakah hal ini ada kaitannya dengan kematian kembarannya?

    Detil Keterangan
    Durasi Film 1 j 45 m
    Sutradara Banjong Pisanthanakun, Parkpoom Wongpoom
    Pemain Marsha Wattanapanich

    Vittaya Wasukraipaisan

    Ruchanu Boonchooduang

    dan lain-lain
    Skor 6,6/10 (IMDB)

    6. "Shutter" (2004)

    "Shutter" menceritakan seorang fotografer bernama Tun yang mengalami kecelakaan bersama kekasihnya. Mereka menabrak seorang gadis di pinggir jalan, lalu Tun melarikan diri.

    Setelah insiden tersebut, Tun selalu dibuntuti bayangan aneh di setiap foto yang ia ambil. Bahkan, kepala dan pundak Tun selalu terasa berat dan sakit.

    Adakah hubungan antara sakit yang Tun rasakan, hantu di foto-foto Tun, dan korban tabrak larinya? Untuk tahu jawabannya, mending langsung tonton film ini!

    Detil Keterangan
    Durasi Film 1 j 37 m
    Sutradara Banjong Pisanthanakun, Parkpoom Wongpoom
    Pemain Ananda Everingham

    Natthaweeranuch Thongmee

    Feawfao Sudswingringo
    Skor 7,1/10 (IMDB)

    56% (Rotten Tomatoes)

    Film Horor Jepang Terseram

    Siapa bilang film-film Jepang isinya cuma anime yang disukai para wibu? Faktanya, movie hantu paling seram buatan Jepang adalah salah satu yang terlaris di Asia dan dunia, lho!

    1. "One Missed Call" (2003)

    "One Missed Call" bercerita tentang teror hantu melalui panggilan voicemail yang misterius. Teror ini terus menganggu orang seperti kisah berantai.

    Lebih mengerikannya lagi, kematian akibat panggilan tak terjawab itu sangat menakutkan dan bikin kita merinding.

    Film "One Missed Call" sudah diadaptasi oleh berbagai negara, termasuk Hollywood. Film hantu Jepang memang patut diacungi jempol ya, geng!

    Detil Keterangan
    Durasi Film 1 j 52 m
    Sutradara Takashi Miike
    Pemain Kou Shibasaki

    Kazue Fukiishi

    Shinichi Tsutsumi
    Skor 6,2/10 (IMDB)

    42% (Rotten Tomatoes)

    2. "Ju-on: The Grudge" (2002)

    "Ju-on: The Grudge" berfokus pada kisah Rika sebagai petugas Pusat Kesejahteraan Sosial di Jepang. Ia ditugaskan untuk mengecek sebuah keluarga di rumah tua.

    Diluar dugaan, Rika justru mengalami gangguan aneh di dalam rumah itu. Ia pun merasa sangat tidak nyaman dan terganggu dengan apa yang ia rasakan di sana.

    Dalam film ini kamu bakal diperkenalkan dengan sosok hantu bernama Kayako yang ngeri abis. Lalu, bisakah Rika lolos dari teror tersebut?

    Detil Keterangan
    Durasi Film 1 j 43 m
    Sutradara Takashi Shimizu
    Pemain Megumi Okina sebagai

    Misa Uehara

    Misaki Ito
    Skor 6,7/10 (IMDB)

    3. "Pulse" (2001)

    Kalau kamu sekarang ini suka cari-cari hal aneh di Deep Web, kayaknya kamu harus nonton film horor berjudul "Pulse" biar tobat, deh!

    Bercerita tentang petualangan Kudo yang tidak sengaja menemukan sebuah situs yang menantangnya untuk melihat hantu.

    Siapa sangka, ia menemukan kematian tidak wajar di sekitar orang-orang yang ia kenal. Apakah ada hubungannya dengan sebuah situs hantu yang ia buka?

    Detil Keterangan
    Durasi Film 1 j 59 m
    Sutradara Kiyoshi Kurosawa
    Pemain Michi Kudo

    Harue Karasawa

    Ryosuke Kawashima
    Skor 6.6/10 (IMDB)

    74% (Rotten Tomatoes)

    4. "Audition" (1999)

    Sebenarnya, nggak ada satupun sosok hantu dalam film berjudul "Audition" ini. Namun, fim ini benar-benar gila dan bikin mual.

    Film ini bercerita tentang Shigehiru Aoyama yang memutuskan untuk mengadakan audisi untuk mencari calon istri baru. Ia bertemu dengan perempuan misterius yang justru ia cintai.

    Konon, 20 menit terakhir dari film ini benar-benar mengerikan dan bakal bikin kamu tidak bisa tidur ataupun makan selama berhari-hari.

    Detil Keterangan
    Durasi Film 1 j 55 m
    Sutradara Takashi Miike
    Pemain Eihi Shiina

    Ryo Ishibashi

    Jun Kunimura
    Skor 7,2/10 (IMDB)

    81% (Skor Rotten Tomatoes)

    5. "Ringu" (1998)

    "Ringu" berkisah tentang sebuah video misterius yang konon bisa membuat orang yang menonton video tersebut meninggal seminggu setelah menontonnya.

    Film ini terus di-remake dengan berbagai judul dan berbagai versi. Namun, menurut Jaka sih, versi original ini tetap yang terbaik dengan adanya sosok hantu Sadako yang seram banget.

    Film Ringu merupakan film horor paling seram di dunia buatan Jepang yang sempat bikin Jaka trauma ketika menontonnya. Nggak heran kalau film ini legendaris banget!

    Detil Keterangan
    Durasi Film 1 j 36 m
    Sutradara Hideo Nakata
    Pemain Nanako Matsushima

    Miki Nakatani

    Yoko Takeuchi
    Skor 7,3/10 (IMDB)

    97% (Rotten Tomatoes)

    Akhir Kata

    Nah, itu dia rekomendasi film horor terbaik dan terbaru 2022 yang bisa Jaka berikan. Semua film tersebut merupakan hasil kurasi tim JT yang sudah yang terbaik di antara yang terbaik.

    Kira-kira dari seluruh film pilihan Jaka di atas, mana yang menurutmu paling pantas menyandang status sebagai film horor terseram sepanjang masa? Apakah film barat atau malah film-film asal negara Asia berkat kisahnya yang dekat dengan realitas kehidupan kita?

    Film mana pun yang jadi pilihanmu, hati-hati jangan nonton film-film di atas sendirian ya!

    Selain itu, pastikan kamu hanya menontonnya di aplikasi nonton film yang resmi berikut ini. Jangan nonton bajakan ya, geng. Melanggar hukum dan merugikan para pembuat filmnya, tuh!

    20+ Aplikasi Nonton Film Bioskop Gratis & Legal Di HP Terbaru 2022
    Mau nonton film terbaru gratis dan legal? Yuk intip list aplikasi nonton film gratis Android 2024 berikut ini, bukan LK21, IndoXXI atau Rebahin!
    LIHAT ARTIKEL

    Baca juga artikel seputar Film Hantu atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

    ARTIKEL TERKAIT

    10 Film Action Terbaru dan Terbaik 2022, Penuh Aksi Menegangkan!

    15 Film Korea Terbaik 2018 yang Wajib Ditonton Saat Liburan

    15+ Situs Download Drama Korea Terbaru 2022, Ada Subtitle Indonesia!

    Kembali Keatas