7 Film Asia yang Makin Terkenal Setelah Di-remake Hollywood, Bagusan Remake-nya?

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 10 Oktober 2019, 21:00
Meskipun Hollywood merajai dunia perfilman, namun kualitas film Asia nggak bisa diremehkan. Buktinya, banyak film Hollywood yang me-remake film Asia!

Hollywood merupakan industri perfilman terbesar dan terbaik di dunia. Nggak bisa dipungkiri kalau hampir semua film Hollywood pasti bakal terkenal di seluruh dunia.

Namun, menyajikan ide-ide film baru tentunya hal yang cukup sulit. Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh para filmmaker adalah dengan me-remake atau mendaur ulang sebuah film.

Nggak jarang, film-film remake tersebut dibuat berdasarkan film-film Asia yang populer namun kurang populer di Amerika Serikat.

7 Film Asia yang Sukses Di-remake Hollywood

Meskipun Hollywood saat ini sedang rajin banget membuat film remake, namun hal ini ternyata sudah sering dilakukan semenjak tahun '60-an.

Film Asia memang nggak sepopuler film Hollywood di seluruh dunia. Hollywood melihat hal tersebut sebagai peluang untuk mempopulerkan kembali film-film Asia terbaik.

Dalam artikel ini, Jaka bakal membahas mengenai 7 film Asia terbaik yang makin populer setelah dibuat versi remake-nya oleh Hollywood. Check it out!

1. Seven Samurai (1954)

Seven Samurai merupakan film Jepang yang dirilis pada tahun 1954. Menceritakan tentang sekelompok samurai yang disewa penduduk desa untuk membantu mereka melindungi diri dari bandit.

ADVERTISEMENT

Film ini sangat populer di Jepang saat itu. Pada tahun 1960, sutradara John Sturges me-remake film ini dengan judul Magnificent Seven.

Ceritanya hampir mirip, bedanya film ini nggak menggunakan 7 samurai melainkan 7 koboi. Remake ini sukses mempertahankan kualitas dari film orisinalnya dengan sangat baik.

Keterangan Seven Samurai
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.6 (289,730)
Durasi 3 jam 27 menit
Genre Adventure, Drama
Tanggal Rilis 19 November 1956
Sutradara Akira Kurosawa
Pemain Toshir Mifune, Takashi Shimura, Keiko Tsushima

2. Yojimbo (1961)

Yojimbo merupakan film aksi asal Jepang yang juga disutradarai oleh Akira Kurosawa. Mirip dengan Seven Samurai, film ini juga menceritakan kisah samurai yang berlatar di zaman kerajaan.

Sanjuro merupakan seorang ronin yang mengembara hingga sampai di sebuah desa terpencil. Desa tersebut berada di tengah konflik antara 2 geng besar yang sedang berperang.

Film ini sukses di-remake menjadi A Fistful of Dollar yang dirilis pada tahun 1964. Saking suksesnya, film ini kemudian dibuat menjadi film trilogi dengan bintang ikonik, Clint Eastwood.

Keterangan Yojimbo
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.2 (100,383)
Durasi 1 jam 50 menit
Genre Action, Comedy, Crime
Tanggal Rilis 13 September 1961
Sutradara Akira Kurosawa
Pemain Toshir Mifune, Eijir T no, Tatsuya Nakadai

3. Godzilla (1954)

Siapa, sih, yang nggak kenal dengan monster besar ikonik bernama Godzilla? Sudah banyak banget remake Godzilla modern yang bisa kamu saksikan.

Ternyata, Godzilla aslinya adalah film Jepang yang dirilis pada tahun 1954. Godzilla adalah produk dari radiasi bom atom yang pernah menghancurkan Jepang.

Film ini kemudian di-remake pertama kali pada tahun 1998. Godzilla (1998) tentunya memiliki sound effect serta CGI yang lebih canggih.

Keterangan Godzilla
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.6 (26,072)
Durasi 1 jam 36 menit
Genre Drama, Horror, Sci-Fi
Tanggal Rilis 3 November 1954
Sutradara Ishir Honda
Pemain Takashi Shimura, Akihiko Hirata, Akira Takarada

4. Oldboy (2003)

Oldboy merupakan film aksi menegangkan yang disutradarai oleh Park Chan-Wook pada tahun 2003. Film ini juga dikenal karena plot twist-nya yang gokil abis.

Menceritakan kisah Dae-Su yang dikurung selama 15 tahun oleh orang yang nggak dikenal. Ia kemudian berhasil bebas dan berniat untuk membalas dendam kepada penculiknya.

Film ini kemudian di-remake pada tahun 2013 dengan judul yang sama. Meskipun memiliki cerita yang mirip, namun plot twist dan tingkat kekerasan dalam remake ini berbeda dengan versi aslinya.

Keterangan Oldboy
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.4 (468,145)
Durasi 2 jam 0 menit
Genre Action, Drama, Mystery
Tanggal Rilis 21 November 2003
Sutradara Chan-wook Park
Pemain Min-sik Choi, Ji-tae Yu, Hye-jeong Kang

5. Infernal Affairs (2002)

Infernal Affairs merupakan film produksi Hong Kong yang dirilis pada tahun 2002 silam. Dibintangi oleh Andy Lau, tentunya film ini sangat populer di Asia.

Menceritakan kisah seorang penjahat yang menyusup ke kepolisian dan seorang polisi yang menyamar untuk masuk ke dalam organisasi kriminal.

Film ini kemudian di-remake dengan judul The Departed yang dirilis pada tahun 2006. Film The Departed kemudian berhasil mendapatkan Oscar sebagai film terbaik.

Keterangan Infernal Affairs
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.1 (112,255)
Durasi 1 jam 41 menit
Genre Crime, Drama, Mystery
Tanggal Rilis 12 December 2002
Sutradara Andrew Lau, Alan Mak
Pemain Andy Lau, Tony Chiu-Wai Leung, Anthony Chau-Sang Wong

6. A Tale of Two Sisters (2003)

Nggak cuma drama romantis saja, Korea Selatan juga memproduksi film horor epik yang bakal bikin kamu ketakutan. A Tale of Two Sisters merupakan film horor Korea Selatan yang dirilis tahun 2003.

Menceritakan kisah sepasang kakak adik yang nggak menyukai ibu tiri mereka yang baru dinikahi ayahnya. Di sisi lain, mereka juga masih merasakan kehilangan atas meninggalnya ibu mereka.

Film ini kemudian di-remake dengan judul The Uninvited yang rilis pada tahun 2009. Meskipun nggak semisterius versi orisinalnya, remake ini nggak kalah bagus, lho.

Keterangan A Tale of Two Sisters
Ulasan (Jumlah Pengulas) 7.2 (51,579)
Durasi 1 jam 5 menit
Genre Drama, Horror, Thriller
Tanggal Rilis 13 June 2003
Sutradara Jee-woon Kim
Pemain Kap-su Kim, Jung-ah Yum, Soo-jung Lim

7. Hachiko Monogatari (1987)

Terakhir, ada film drama asal Jepang yang dijamin bikin kamu nangis sesenggukkan setelah menyaksikan ending-nya. Hachiko Monogatari merupakan film Jepang yang diangkat dari kisah nyata.

Ber-setting di Jepang tahun 1932, Hachiko adalah seekor anjing yang dipelihara oleh seorang profesor. Profesor tersebut sangat sayang pada Hachiko dan melakukan segalanya bersama-sama.

Hingga suatu hari sang Profesor meninggal di tempat kerjanya, namun Hachiko tetap menunggu kepulangan majikannya di depan stasiun hingga akhir hidupnya.

Kisah menyentuh tentang hubungan antara manusia dan hewan ini kemudian diadaptasi menjadi film Hollywood berjudul Hachi: A Dog's Tale yang dirilis pada tahun 2009.

Keterangan Hachiko Monogatari
Ulasan (Jumlah Pengulas) 8.1 (4,173)
Durasi 1 jam 47 menit
Genre Drama, Family
Tanggal Rilis 1 August 1987
Sutradara Seijiro Koyama
Pemain Tatsuya Nakadai, Kaoru Yachigusa, Toshinori Omi

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 film Asia yang makin sukses setelah di-remake oleh Hollywood. Film manakah yang paling kamu sukai, geng?

Tulis jawabanmu di kolom komentar, yah!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT

10 Aktor yang Bermain untuk Film Marvel dan DC, Pindah Karena Gagal?

10 Aplikasi Nonton Film Terbaik untuk Android Gratis

10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Aksi dan Rahasia!

10 Film Alien Terbaik Paling Seru & Menegangkan, Dari Kisah Nyata?

10 Film Animasi yang Diam-Diam Menyelipkan Unsur Pornografi, Banyak Ditonton Anak Kecil?

10 Film Balapan Terbaik Penuh Aksi | Gak Cuma Fast and Furious!

Kembali Keatas