Ukuran Feed Instagram 2021 Terbaru & Terlengkap | Jadi Rapi & Aesthetic!

Default

Buat kamu yang sering mengunggah foto ke Instagram atau IG, tentunya ingin dong membuatnya lebih rapi dan enak dipandang? Oleh karena itu, kamu harus mengetahui ukuran Feed Instagram yang ideal.

Seperti yang kita semua tahu, Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler di tahun 2021 ini. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat berbagi foto, tapi juga tempat berbagi video dan berbagai konten multimedia lainnya.

Nah, berikut ini Jaka bakalan membahas tentang ukuran pada Feed Instagram yang benar juga ideal, terbaru di tahun 2021.

Ukuran Postingan Instagram Reels

Ukuran Instagram Reels 559ee
Sumber foto: TeknoKompas.com

Tidak mau kalah dengan aplikasi yang menyediakan video pendek, kini Instagram merilis fitur baru, yaitu Reels. Fitur ini bisa digunakan untuk mengedi foto berdurasi 15 detik dengan tambahan berbagai fitur menarik layaknya TikTok.

Selain itu hasil video yang akan buat juga bisa di draf lebih dulu sebelum dipostingan. Ketika kamu sudah mempostingkan maka akan muncul sendiri dibagian Reels dan bisa ditonton oleh para followers.

Untuk rasio Reels sendiri sebenarnya sama dengan IG Live dan IG Story video, yaitu rasio 9:16 atau 1080 x 1920 pixel.

Ukuran Feed Instagram Foto

Ukuran Feed Instagram C7f7b
Sumber foto: later.com

Pada Juli 2015, Instagram memperbarui ukuran foto pada aplikasinya menjadi 1080 x 1080 piksel. Hal ini bertujuan untuk mengakomodasi layar beresolusi pada tiap perangkat yang digunakan untuk membuka Instagram.

Jika kamu sedang sering mengedit foto Instagram, maka kamu harus memahami ukuran yang ada di aplikasi tersebut agar membuatnya rapi seperti Feeds para selebgram.

Ada tiga bentuk ukuran postingan Instagram, yakni landscape, portrait, dan square. Landscape dan portrait dihadirkan agar kamu bisa menampilkan foto tanpa terpotong.

Untuk menghindari gambar berkualitas rendah atau pecah, sebaiknya kamu mengunggah foto dalam resolusi square yakni 1080 x 1080 piksel atau rasio 1:1.

Hal ini bisa dengan mudah kamu lakukan jika kamu langsung mengambil gambar dari aplikasi, karena biasanya sudah langsung otomatis berbentuk square.

Berikut adalah ukuran postingan foto Instagram sesuai dengan bentuknya:

  • Ukuran Feed IG square maksimal 1080 x 1080 piksel atau dengan rasio 1:1.

  • Ukuran Feed IG portrait (vertical) maksimal 1080 x 1350 piksel atau dengan rasio 4:5.

  • Ukuran Feed IG landscape (horizontal) maksimal 1080 x 608 piksel atau dengan rasio 1,91:1.

Apabila kamu ingin mengubah foto kamu dari landscape menjadi square, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Instagrid atau SquareIt.

Atau, kamu bisa menggunakan beberapa software edit foto di PC/Laptop seperti Adobe Photoshop, Photoscape atau Corel Draw.

Ukuran Feed Instagram Photoshop misalnya, bisa kamu atur menjadi 1080 x 1080 piksel. Caranya pun cukup mudah untuk membuat ukuran Feed IG di Photoshop.

Ukuran Feed Instagram Video

Ukuran Feed Instagram Photoshop 1d4d9
Sumber foto: later.com

Selain foto, kamu juga bisa mengunggah video di Instagram. Berapa ukuran postingan video Instagram yang paling ideal dan baik serta nyaman untuk dilihat?

Penting untuk diketahui supaya tampilan video kamu sempurna dan tidak terpotong. Ada dua pilihan bentuk resolusi yakni portrait dan landscape untuk video.

Apalagi kalau kamu akan membuat video di aplikasi edit video seperti Kinemaster atau Power Director misalnya.

Perhatikan baik-baik sebelum mengunggah konten video, apalagi untuk tujuan promosi, ya. Berikut adalah size rasio Feed Instagram video yang ideal:

  • Portrait (vertical): Maksimal rasionya adalah 4:5 dan resolusi video sebesar 1080 x 1350 pixel.

  • Landscape (horizontal): Maksimal rasionya adalah 1.91:1 dan resolusi video sebesar 1080 x 608 pixel.

  • Square: Maksimal rasionya adalah 1:1 dan resolusi video sebesar 1080 x 1080 pixel.

Ukuran Feed Instagram IGTV

Ukuran Feed Instagram Portrait 6047a
Sumber foto: gsmarena.com

Selain mengunggah foto dan video di Feed Instagram, kini kamu juga bisa memanfaatkan fitur baru dari Instagram yakni IGTV atau Instagram TV.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunggah atau menonton tayangan video dengan durasi lebih dari satu menit, yang umumnya ditetapkan untuk video di Instagram.

Sama seperti video, bentuknya bisa dibuat model portrait maupun landscape, tapi ukuran postingan Instagram TV berbeda dari video.

Model landscape pada konten IGTV umumnya lebih disukai karena lebih nyaman dilihat dan gambar yang termuat akan terlihat lebih sempurna.

Sementara model portrait terkadang masih terpotong apabila tidak memiliki resolusi yang sama dengan perangkat yang melihatnya.

Fitur ini biasanya banyak digunakan sebagai video marketing untuk meningkatkan views dan lain-lain. Pastikan resolusinya benar agar video tidak pecah, ya!

  • Landscape (horizontal), resolusi 1920 x 1080 dan rasio 16:9.

  • Portrait (vertical), resolusi 1080 x 1920 pixel dan rasio 9:16.

  • Post Portrait, resolusi 1080 x 1350 pixel dan rasio 4:5.

  • Square, resolusi 1080 x 1080 pixel dan rasio 1:1.

Bukan hanya resolusi, ada juga beberapa ketentuan lainnya yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membuat sebuah video IGTV. Berikut poin-poinnya:

  • Ukuran foto sampul IGTV (cover): Resolusi 420 x 654 dengan rasio 1:1.55.

  • Frame rate IGTV: Minimal 30 fps dengan resolusi minimal 720p.

  • Durasi IGTV: Maksimal 60 menit jika di-upload dari Instagram web, sedangkan 15 menit jika dari aplikasi Instagram.

  • Format file video IGTV: MP4.

  • Ukuran file IGTV: Maksimal durasi 10 menit atau kurang dari 650MB.

Ukuran Postingan IG Live

Ukuran Feed Instagram Di Corel Dalam Cm B95f4
Sumber foto: buffer.com

Fitur lainnya yang membutuhkan ukuran Feed yang memadai adalah fitur Instagram Live. Fitur ini memang tidak terlalu baru, tapi belakangan ini semakin diminati.

Live atau tayangan siaran langsung Instagram ternyata juga dibuat dengan ukuran minimal tertentu agar gambar yang dihasilkan sesuai dan enak dilihat.

Berapa ukuran Feed IG Live? Ketika kamu melakukan live atau siaran langsung menggunakan Instagram, atur kualitas video kamu menjadi resolusi 1080 x 1920 piksel dengan rasio 9:16.

Sehingga, yang menonton baik melalui perangkat smartphone ataupun laptop bisa melihat dengan kualitas yang lebih baik.

Ukuran Feed Instagram Story

Ukuran Feed Instagram Adobe Illustrator B9f74
Sumber foto: later.com

Nggak cuma mengunggah foto dan video di Feed, tapi kamu juga bisa foto dan video melalui fitur Instagram Story. Fitur yang terbilang cukup terbaru ini terhitung populer, loh.

Dengan fitur ini kamu bisa berbagi foto dan video singkat, atau menambah coretan dan tulisan agar lebih menarik. Hasil foto dan video yang kamu bagikan akan tersimpan di bar bagian atas yang ada di tampilan home.

Kamu juga bisa melihat Instagram Story dari orang-orang yang kamu follow dalam bar tersebut. Kamu bisa memberi reaksi, membagi ulang, dan juga memberikan balasan.

Instagram Story akan hilang secara otomatis setelah 24 jam. Namun fitur ini cukup penting bagi kamu yang berbisnis di Instagram, misalnya untuk mengabarkan promosi.

Tidak seperti ukuran Feed IG di foto dan video, yang kamu unggah ke IG Story lebih disesuaikan dengan ukuran layar.

Konten di Instagram Story didesain agar bisa tampil penuh di layar, seperti Snapchat. Resolusi dan ukuran tidak terlalu penting karena menyesuaikan rasio layar HP kamu, baik itu 16:9 atau 18:9.

Yang mungkin mengganggu apabila kita melihat unggahan Instagram Story dari smartphone dengan resolusi yang berbeda. Unggahan tersebut bisa terpotong dan jadi tidak nyaman dilihat.

Ukuran Feed IG 2021 untuk Story yang paling pas adalah 1080 x 608 piksel dengan aspek rasio 1,91:1 untuk foto dan menggunakan ukuran video sebesar 1080 x 1920 piksel dengan rasio 9:16.

Tabel Daftar Ukuran Postingan Feed IG

Untuk lebih jelas dan singkatnya mengenai panduan ukuran gambar/video Feed IG, Jaka juga sudah siapkan rangkumannya dalam bentuk tabel.

Kamu bisa simak selengkapnya di dalam tabel di bawah berikut ini:

Jenis Konten Ukuran Konten
Foto (Square) 1:1, 1080 x 1080 piksel
Foto (Portrait) 4:5, 1080 x 1350 piksel
Foto (Landscape) 1.91:1, 1080 x 608 piksel
Video (Square) 1:1, 1080 x 1080 piksel
Video (Portrait) 4:5, 1080 x 1350 piksel
Video (Landscape) 1.91:1, 1080 x 608 piksel
IGTV (Landscape) 16:9, 1920 x 1080 piksel
IG Live 9:16, 1080 x 1920 piksel
IG Story (Foto) 1.91:1, 1080 x 608 piksel
IG Story (Video) 19:16, 1080 x 1920 piksel

Cara Membuat Feed IG Agar Tidak Terpotong

Mau posting foto atau video di Feed Instagram, tapi hasilnya ternyata kurang pas dan malah terpotong?

Jika dulu kamu harus men-download aplikasi tambahan untuk mengatur ukuran postingan agar pas dan tidak terpotong, maka sekarang hal tersebut sudah tak perlu kamu lakukan.

Soalnya, saat ini Instagram sudah menyediakan fitur resize yang akan menyesuaikan foto atau video kamu dengan format ukuran postingan Instagram.

Nah, kalau kamu belum tahu bagaimana caranya, berikut adalah langkah-langkah selengkapnya:

  1. Tekan menu ikon Plus (+) di samping kanan atas aplikasi IG.
Ukuran Feed Instagram 2021 B2562
  1. Pilih foto atau video yang akan diunggah.

  2. Tekan menu ikon untuk resize foto/video ke ukuran Feed IG yang ada di pojok kiri bawah.

Ukuran Feed Instagram 3x1 Di Photoshop F8d46
  1. Tekan tombol ikon Next untuk lanjut ke tahap editing dan posting.

Cara Posting Foto & Video di IG Story

Seperti yang sudah Jaka sebutkan di awal, bahwa Instagram tidak hanya memungkinkan kamu untuk posting foto atau video di Feed saja, tapi juga di IG Story.

Dengan tampilan Instagram yang terus di-update, bahkan hingga ke letak beberapa menu ikonnya. Mungkin membuat kamu yang baru mulai bermain Instagram bingung mengenai cara posting foto/video di IG Story.

Apalagi di tampilan terbarunya sekarang, Instagram menghilangkan ikon IG Story. Biar tidak bingung, berikut Jaka berikan langkah-langkah caranya:

  1. Geser (swipe) ke arah kanan di halaman Home Instagram untuk memunculkan halaman Instagram Story.

  2. Pilih mode IG Story yang kamu ingin gunakan.

Ukuran Postingan IG F5c4e
  1. Edit hasil rekaman video atau pengambilan gambar.

  2. Posting hasil foto/video ke IG Story.

Akhir Kata

Demikian pembahasan Jaka tentang ukuran Feed IG terbaru di tahun 2021. Kamu bisa menyesuaikannya dengan ukuran dan resolusi yang tepat agar memperbaiki tampilan Feed Instagram kamu bak selebgram.

Kamu juga bisa mencoba filter Instagram kekinian yang bikin konten kamu makin estetik dan wajah terlihat glowing dalam artikel berikut:

Filter Instagram Baru F5a15
Bikin Makin Glow Up, 15 Filter Instagram Kekinian 2021 Wajib Kamu Coba!
Mau insta story makin dilihat banyak orang? Kamu wajib banget coba daftar 15 filter Instagram kekinian 2021 berikut ini.
LIHAT ARTIKEL

Semoga artikel Jaka kali ini membantu kalian ya. Sampai berjumpa di artikel menarik lainnya!

Baca juga artikel seputar Instagram atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Akun Instagram Dengan Followers Terbanyak F2ef4
10 Akun Instagram dengan Follower Terbanyak di Dunia 2019
Akun Instagram Paling Mengerikan Banner 7f2ef
10 Akun Instagram Paling Mengerikan dan Aneh, Bocah Dilarang Lihat!
Banner Instagram 3
10 Akun Instagram Keren yang Wajib Kamu Follow Untuk Dapet Inspirasi Kreatif! (Part 3)
Aplikasi Download Video Instagram Terbaik 18d9d
10 Aplikasi Download Video Instagram iOS & Android Terbaik, Gratis!
Aplikasi Feed Instagram 8af31
10 Aplikasi Instagramable untuk Feed Instagram | Dijamin Aesthetic!
Aplikasi Repost Instagram Banner0 Cc0cb
10 Aplikasi Repost Instagram Terbaik 2018| Tanpa Watermark!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal