J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat IGTV + Cara Upload IGTV di Feed Instagram (Terbaru 2020)

Cara Membuat IGTV + Cara Upload IGTV di Feed Instagram (Terbaru 2020)

Kamis, 9 Apr 2020, 20:00 WIB
Bingung gimana cara membuat IGTV sama cara postingnya? Pas banget nih, Jaka mau bagiin cara upload IGTV sekaligus cara membuatnya di artikel kali ini.

Video menjadi salah satu media penyebaran informasi paling populer saat ini. Di tahun 2021 para peneliti memprediksi bahwa 50% kuota internet akan digunakan untuk menonton video.

Di tengah menanjaknya tren video, Instagram mencoba untuk mencari peruntungannya sendiri di ranah video dengan membuat IGTV.

Dengan sumber daya yang dimiliki oleh Instagram dan juga Facebook saat ini, IGTV tumbuh pesat dan digadang-gadang berpotensi untuk tumbuh seperti YouTube.

Apa Itu IGTV

Cara Membuat Igtv Di Instagram A5a0e

Sebelum membahas ranah yang lebih spesifik seperti bagaimana cara membuat IGTV, ada baiknya kalau kalian pahami terlebih dahulu apa itu IGTV.

IGTV adalah platform untuk upload dan streaming video yang terintegrasi dengan Instagram. Platform khusu ini memungkinkan penggunanya untuk meng-upload video dengan durasi yang lebih panjang.

Denagn adanya IGTV, para pengguna Instagram bisa dengan lebih bebas meng-upload sekaligus menonton video dengan durasi panjang di media sosial favorit mereka.

Dengan kata lain, ketika kalian bisa tahu cara membuat IGTV di Instagram, kalian bisa memanfaatkan fitur ini untuk lebih eksis lagi dengan mebagikan video dalam dursi yang lebih lama.

Kenapa Harus Tahu Cara Membuat IGTV

Cara Membuat Igtv Instagram D2b33

Dengan banyaknya platform upload dan streaming video di internet saat ini, kenapa sih kita harus tahu cara membuat video IGTV di Instagram segala?

Meskipun jumlah media upload dan streaming video terhitung banyak, setiap media memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing, begitu juga dengan IGTV.

Persepsi negatif seperti ini memang sering kali terdengar ketika membahas IGTV, dan beberapa poin Jaka di bawah ini mungkin bisa menjadi jawabannya.

1. Memiliki Potensi Perkembangan yang Luar Biasa

Dengan sukungan dari Facebook sebagai persusahaan pendukungnya, IGTV memiliki potensi yang luar biasa untuk selalu berkembang dan menjadi lebih baik.

2. Terintegrasi dengan Media Sosial Terbesar Saat ini

IGTV saat ini terintegrasi dengan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang luar biasa banyaknya. Potensi video yang kalian upload untuk ditonton pun sangat tinggi

3. Masih Baru dan Pesaing di Ranah Ini Masih Sedikit

IGTV masih tergolong sebagai media baru, dan masih sedikit influencers yang mulai mencoba untuk memanfaatkannya. Ini berarti kalian punya kesempatan lebih terbuka untuk bersaing di media yang satu ini.

4. Mudah Digunakan

Cara membuat IGTV dan juga cara upload IGTV tergolong mudah. Terlebih lagi IGTV memang diusung sebagai platform media minim editing yang cocok digunakan oleh semua orang.

5. Tren Penonton Video Online Semakin Menanjak

Tren orang dalam mengakses video saat ini tergolong masih menanjak dan diprediksi masih akan seperti ini selema beberapa tahun kedepan. IGTV memiliki potensi yang tinggi untuk ditonton.

Cara Membuat IGTV

Cara Posting Di Igtv 31467

Sudah jelas kan kenapa kalian harus tahu gimana cara membuat IGTV di Instagram? Sekarang waktunya membahas inti dari artikel Jaka kali ini.

IGTV bisa dibuat melalui perangkat smartphone yang kalian gunakan baik itu iPhone ataupun Android, dan bisa juga dibuat melalui PC atau komputer.

Kali ini Jaka bakal ngebahas cara membuat IGTV melalui semua media yang tersedia, jadi kalian tinggal pilih aja nih mau memanfaatkan perangkat yang mana untuk bikin IGTV.

Cara Membuat IGTV di iPhone dan Android

Untuk para pengguna smartphone bisa membuat channel IGTV melalui aplikasi Instagram atau juga melalui aplikasi khusus IGTV.

Kedua aplikasi ini sama-sama bisa digunakan untuk mengakses IGTV untuk versi yang sekarang ini. Cara membuat IGTV Instagram yang sekarang sudah berubah.

Pada awalnya pengguna Instagram harus membuat channel khusus sebelum upload video IGTV, tetapi sekarang IGTV sudah terintegrasi dengan akun Instagram.

Secara otomatis setiap orang sekarang memiliki channel IGTV dengan nama yang sama dengan akun Instagram mereka. Update ini dimaksudkan untuk memudahkan orang-orang dalam mengakses IGTV.

Cara Membuat IGTV di PC

Untuk yang mengakses Instagram menggunakan komputer atau laptop kerja mereka, cara membuat IGTV di laptop juga sebetulnya sama saja.

Sekarang Instagram akan membuatkan setiap akun channel IGTV-nya masing-masing dan bisa diakses baik melalui aplikasi maupun melalui PC.

Tidak dibutuhkan cara membuat IGTV di Instagram secara khusus dalam update terbaru dari Instagram sekarang ini, setiap akun akan mendapatkan 1 channel IGTV.

Cara Upload IGTV

Meskipun tidak ada cara membuat IGTV di Instagram secara khusus, cara upload IGTV melalui aplikasi dan juga PC sedikit berbeda dengan cara upload postingan biasa.

Konten untuk video IGTV memang memiliki kriteria yang agak berbeda dibandingkan dengan konten-konten Instagram lainnya, video yang diupload ke IGTV harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu.

Video yang akan diupload ke IGTV harus berdurasi minimum 1 menit, dan setiap channel memiliki batas maksimum durasi yang berbeda-beda tergantung jumlah followers-nya.

Penasaran gimana cara upload IGTV di Android, iPhone, atau di PC? Berikut informasi selengkapnya.

Cara Upload IGTV di iPhone dan Android

Ada 2 cara upload IGTV di iPhone atau di Android yang bisa kalian lakukan, dan 2 cara ini menggunakan aplikasi yang berbeda.

Maka dari itu, Jaka bakal ngebahas cara posting di IGTV via dua aplikasi ini dan kalian tinggal pilih cara mana yang paling mudah. Aplikasi yang digunakan adalah Instagram dan IGTV.

Langkah-langkah yang akan Jaka sertakan di sini menggunakan aplikasi Instagram dan IGTV di Android. Pengguna iPhone masih bisa mengikutinya karena cara upload IGTV ini sebetulnya sama saja.

Cara Upload IGTV Melaui Aplikasi Instagram

Cara upload IGTV melalui Intagram memerlukan beberapa tahapan, dan langkah-langkahnya pun sedikit berbeda dibandingkan dengan mengupload postingan biasa.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kalian ikuti sebagai cara upload IGTV langsung melalui aplikasi Instagram.

  • Langkah 1 - Instal aplikasi Instagram di smartphone kalian masing-masing, dan untuk yang belum instal bisa langsung di download aplikasinya melalui link di bawah ini.

Download Aplikasi Instagram di sini!

Instagram Icon
Instagram 127.0.0.30.121
Apps Photo & Imaging Instagram
DOWNLOAD
  • Langkah 2 - Buka Aplikasi Instagram untuk mengakses menu utama, lalu tekan tombol search yang ada di bagian bawah.
Cara Membuat Igtv 01 C3564
  • Langkah 3 - Pilih menu IGTV yang berada di bagian atas untuk membuka menu baru.
Cara Membuat Igtv Di Instagram 02 1ab33
  • Langkah 4 - Klik tanda + yang ada di bagian kanan atas untuk memilih video yang akan di_-upload_.
Cara Swipe Up Igtv 03 7518b
  • Langkah 5 - Pilih video yang sudah disiapkan sebelumnya dengan durasi 1 sampai 15 menit (tergantung jumlah followers).
Cara Membuat Igtv Instagram 04 4c6af
  • Langkah 6 - Pilih Thumbnail yang paling sesuai bisa dari videonya langsung maupun dari gambar yang telah disediakan sebelumnya, dan tekan next.
Cara Posting Di Igtv 05 68118
  • Langkah 7 - Isi judul dan deskripsi dari produk yang hendak di-upload. DI sini kalian juga bisa mengedit tampilan Preview dari video yang akan di-upload.
Cara Membuat Video Igtv Di Instagram 06 6e0da
  • Langkah 8 - Cara upload IGTV di Facebook bisa juga dilakukan melalui menu ini dengan mengaktifkan pilihan Make visible on Facebook dan pilih fanpage Facebook yang kalian miliki.

Begitulah cara upload IGTV langsung melalui aplikasi Intagram. Caranya memang sedikit lebih panjang, tetapi kalian tidak perlu menambah aplikasi lain di HP.

Cara Upload IGTV Melalui Aplikasi IGTV

Untuk yang ingin cara upload IGTV yang lebih praktis bisa menggunakan aplikasi IGTV langsung yang sudah diluncurkan Instagram belakangan ini.

Berikut langkah-langkah yang harus kalian ikuti untuk cara upload video IGTV melalui aplikasinya langsung.

  • Langkah 1 - Download dan instal aplikasi IGTV, dan buat kalian yang belum instal aplikasi ini bisa langsung download lewat link di bawah ini ya.

Download Aplikasi IGTV di sini!

Igtv 1 C5e7a
IGTV 50.1.0.44.119
Apps
DOWNLOAD
  • Langkah 2 - Buka aplikasi IGTV untuk masuk ke menu utama. Pilih tanda + yang ada di bagian kanan atas.
Cara Upload Igtv F588d

Sisa langkah cara upload IGTV selanjutnya masih sama dengan cara apload dengan aplikasi Instagram dari langkah 5 sampai langkah 8.

Cara ini juga sekaligus cara upload IGTV di feed Instagram karena secara otomatis preview yang kalian upload akan tersimpan di post dan bisa dilihat oleh para followers Instagram kalian.

Cara Upload IGTV di PC

Cara Upload IGTV juga bisa dilakukan melalui laptop maupoun PC. Untuk kalian yang memang menyimpan video yang ingin diupload di komputer, nggak perlu buat dipindahin ke HP terlebih dahulu.

Cara upload IGTV ini bisa dilakukan melalui PC hanya memanfaatkan browser saja, dan berikut ini langkah-langkah selengkapnya.

  • Langkah 1 - Buka situs Instagram melalui browser kalian, dan klik profile untuk diarahkan ke menu upload IGTV.
Cara Upload Igtv Di Feed Instagram 01 C7e78
  • Langkah 2 - Klik ikon IGTV yang ada di menu profile kalian untuk membuka menu upload, dan tekan tombolnya.
Caar Membuat Igtv Di Iphone 02 F2a2c
  • Langkah 3 - Klik tanda + untuk membuka jendela pencarian dan meng-upload video yang sudah disiapkan sebelumnya.
Cara Membuat Igtv Di Android 03 98d99
  • Langkah 4 - Edit cover, Judul, dan deskripsi video sesuai dengan kebutuhan. Ceklis kolom Post a Preview sebagai cara upload IGTV di feed Instagram kalian.

  • Langkah 5 - Scroll ke bawah kalau ingin menampilkan postingan video pada fan page Facebook yang kalian kelola. Jika seudah selesai klik tombol Post.

Cara Membuat Igtv 04 0ef69

Begitulah langkah-langkah cara upload video IGTV di PC atau laptop kalian. Gampang kan, geng?

Akhir Kata

Itu dia cara membuat IGTV dan juga cara upload IGTV di feed Instagram sekaligus cara menampilkannya di halaman fan page Facebook juga.

IGTV sekarang sedang mengalami berbagai macam penyesuaian untuk menarik lebih banyak penonton ke platform mereka ini.

Semoga informasi yang Jaka bagiin kali ini bermanfaat untuk kalian semuanya, dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Bom Chat Whatsapp A1951

Cara Spam Chat WA (BOM Chat) Otomatis Nggak Pake Ribet

Banner Jadi 743bb

Cara Mudah Print Power Point 2/4/6/9 Slide atau Full Kertas

Membaca File Office Di Android Banner

Cara Membuka File PDF, PowerPoint, Excel dan Word di HP Android

Banner Jadi 32733

Cara Ubah PDF ke Excel dengan Mudah dan Praktis, Nggak Harus Bayar

Cara Convert Pdf Ke Video Di Powerpoint Banner

Cara Convert PDF ke Video di PowerPoint

Cara Mengubah PDF Ke Word Tanpa Software Banner

Cara Mengubah PDF ke Ms. Word Tanpa Software

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal