J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bagusan Mana Antara Exynos vs Snapdragon? Intip Perbandingannya!

Bagusan Mana Antara Exynos vs Snapdragon? Intip Perbandingannya!

Senin, 6 Jul 2020, 14:00 WIB
Kira-kira lebih bagus mana antara HP dengan prosesor Snapdragon dan Exynos? Daripada bingung, mending cari tahu perbandingan Exynos vs Snapdragon di sini

Ketika membeli HP Android terbaru, apa yang jadi pertimbangan kamu? Saat ini, HP Android sudah menawarkan kualitas yang luar biasa, mulai dari RAM yang lega, kapasitas memori jumbo, hingga prosesor yang powerful.

Berbeda dengan RAM dan memori internal, merek prosesor terbaik seringkali menjadi bahan perdebatan antara pengguna. Seperti yang kita ketahui, hampir semua HP-HP flagship zaman sekarang menggunakan chipset Snapdragon.

Hanya saja, terdapat beberapa brand yang menggunakan prosesor dari merek lain. Sebut saja Kirin pada Huawei, serta Exynos pada Samsung.

Sebelumnya, Jaka telah membandingkan antara prosesor Mediatek vs Snapdragon yang menunjukkan bahwa Snapdragon lebih unggul. Lantas, bagaimana dengan Exynos vs Snapdragon?

Mengenal Lebih Dekat Prosesor Exynos dan Snapdragon

1 8fc42

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kita mengenal lebih dekat mengenai kedua prosesor terbaik ini terlebih dahulu.

Seperti yang sudah Jaka katakan sebelumnya, hampir semua HP flagship, terutama yang diproduksi dari China menggunakan prosesor Snapdragon.

Berbeda dengan HP keluaran Samsung, geng. Semua HP Samsung menggunakan prosesor Exynos, baik pada HP low-end, mid-end, hingga flagship terbarunya seperti Samsung Galaxy S20 series.

Snapdragon dirancang oleh produsen SoC kenamaan, yakni Qualcomm. Performance-nya yang sangat baik bikin prosesor ini digunakan oleh hampir semua HP Android di dunia.

Berbeda dengan Exynos, geng. Exynos merupakan prosesor yang dikembangkan secara khusus oleh Samsung untuk semua perangkatnya. Meskipun begitu, hal ini gak menutup kemungkinan kalau brand lain juga menggunakan prosesor ini.

Dari segi produk, Snapdragon memiliki pilihan varian yang lebih banyak dibandingkan dengan prosesor HP seri Exynos. Hal ini bikin Snapdragon memiliki kemampuan yang lebih bervariasi.

Meskipun rata-rata HP Samsung menggunakan chipset Exynos, namun HP Samsung yang ada di pasar Amerika Serikat dan China menggunakan prosesor Snapdragon.

Perbandingan Exynos vs Snapdragon

Kini kita masuk ke segmen perbandingan antara Exynos vs Snapdragon. Supaya adil, Jaka bakal mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan dari 2 prosesor tersebut.

1. Harga

2 A2243

Gak perlu jauh-jauh membahas performa dulu, deh. Salah satu indikator perbandingan yang paling mudah adalah dari segi harga terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui, HP Samsung yang menggunakan prosesor Exynos dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan HP dengan Snapdragon.

Performa pada HP kelas mid-range berbekal Exynos 9611 vs Snapdragon 712 cukup jauh berbeda. Snapdragon 712 bikin HP mid-range kamu memiliki performa yang mirip dengan HP flagship.

Kalau kamu mau membeli HP mid-range, saran Jaka pilihlah yang menggunakan chipset Snapdragon.

2. Efisiensi Baterai

3 9d626

Kalau kamu suka main game di HP, gak cuma RAM dan jenis processor saja yang harus kamu pertimbangkan. Percuma, kan, kalau HP ngangkat game-game berat tapi ketahanan baterainya cupu?

Faktor ketahanan baterai merupakan salah satu keunggulan Exynos dibandingkan dengan Snapdragon. Seperti yang kita ketahui, Snapdragon memang didesain untuk kamu yang membutuhkan performa maksimal.

Sementara, Exynos yang dirancang oleh Samsung telah dioptimasi supaya dapat bekerja tanpa perlu menguras baterai. Kalau kamu cuma pakai HP untuk main media sosial dan chatting, HP dengan chipset Exynos bisa jadi solusi.

3. Performa

4 7c799

Nah, kini kita masuk ke dalam performa, geng. Antara Exynos vs Snapdragon, keduanya memiliki perbedaan performa yang cukup signifikan, terutama pada multi-core benchmark.

Exynos terlihat memiliki keunggulan pada single-core benchmark serta lebih hemat RAM. Sayangnya, performanya kalah ngebut dibandingkan dengan Snapdragon.

Perbedaan Exynos vs Snapdragon gak begitu signifikan pada HP-HP flagship. Bisa dibilang, Exynos mampu menandingi Snapdragon pada HP flagship meskipun belum bisa mengalahkan Snapdragon.

Exynos vs Snapdragon, Bagus Mana?

Kalau melihat pembahasan Exynos vs Snapdragon di atas, sih, sudah kelihatan bahwa Snapdragon lebih unggul dibandingkan Exynos. Apalagi, untuk HP kelas mid dan low.

Namun, untuk kelas flagship, kualitas prosesor Exynos gak kalah dengan Snapdragon. Apalagi, Exynos memang sudah didesain dan dioptimasi secara khusus untuk HP Samsung supaya dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Selebihnya kembali lagi ke preferensi kamu masing-masing serta bujet yang kamu miliki mengingat HP Samsung dengan prosesor Exynos memiliki harga yang lebih tinggi.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai perbandingan Exynos vs Snapdragon yang wajib kamu ketahui sebelum memilih HP terbaik. Semoga bermanfaat buat kamu ya, geng

Sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

Baca juga artikel seputar Prosesor atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Keunggulan Snapdragon 865 B0a55

4 Keunggulan Prosesor Snapdragon 865, Apple A13 Bionic Kalah Telak?

Acer Predator 17 Banner

Acer Predator 17, Laptop Gaming Murah dengan VGA GTX980 dan Prosesor Intel Skylake

Alternatif Hp Xiaomi Mi Note 10 Pro C2b83

5 Alternatif HP Xiaomi Mi Note 10 Pro | Gak Kalah Canggih, Prosesor Lebih Ngebut!

Keunggulan Snpadragon 865 76825

5 Hal Menarik dari Chipset Snapdragon 865 | Kamera 200MP Bukan Sekadar Mimpi!

Banner Jadi E7592

5 HP Dengan Snapdragon 865 yang Akan Rilis di Tahun 2020

Snapdragon 855 493e1

5 Kehebatan Snapdragon 855 yang Wajib Kamu Tahu! Tapi Belum Bisa 5G?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Exynos 990 vs Snapdragon 865: Manakah Chipset yang Paling Baik?

Exynos 990 vs Snapdragon 865: Manakah Chipset yang Paling Baik?

Prosesor MediaTek vs Snapdragon Menang Mana? Hasilnya Bikin Shock!

Prosesor MediaTek vs Snapdragon Menang Mana? Hasilnya Bikin Shock!

7 HP Snapdragon 710 Terbaik 2020 | Mulai Rp2 Jutaan Saja!

7 HP Snapdragon 710 Terbaik 2020 | Mulai Rp2 Jutaan Saja!

15 HP Android Terbaik dengan Snapdragon 855, Performa Super Kencang!

15 HP Android Terbaik dengan Snapdragon 855, Performa Super Kencang!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal