J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menonaktifkan TalkBack di Android dengan Mudah & Cepat

Cara Menonaktifkan TalkBack di Android dengan Mudah & Cepat

Senin, 27 Jul 2020, 15:00 WIB
Cara menonaktifkan TalkBack biar nggak annoying ternyata mudah dan gampang banget. Simak yuk cara mematikan TalkBack di ponsel kamu!

Pernahkah kamu menyentuh ponselmu dan tiba-tiba bersuara? Pasti annoying alias menyebalkan banget, geng.

Itu artinya fitur Google TalkBack di ponsel Android-mu telah aktif tanpa sengaja. Fitur ini biasanya sudah terpasang otomatis pada HP Android yang kamu beli.

Yang paling menyebalkan, terkadang hal ini membuat kita panik karena membuat kita susah mengoperasikan ponsel kita. Sebab, setiap kita sentuh layarnya, selalu mengeluarkan suara.

Tentu saja, ada cara menonaktifkan TalkBack di Android kamu. Dengan mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mematikan Fitur TalkBack di Android

Apa Itu Google Talkback 75460

Fitur TalkBack di Android bisa mengeluarkan suara saat pengguna menyentuh layar atau ponselnya saat diaktifkan. Fitur ini mempermudah para pengguna dengan penyandang disabilitas seperti tuna netra.

Kamu bisa memilih untuk menggunakan fitur ini atau tidak. Jika kamu tidak menggunakannya, sebaiknya kamu menonaktifkannya agar tidak membuatmu panik saat tidak bisa menggunakan ponsel kamu.

Sebelum kita menuju cara menonaktifkan TalkBack di Android, terlebih dahulu kenali fitur Google TalkBack satu ini.

Apa Itu Google TalkBack?

Google Talkback Android 82dc2

Google TalkBack atau yang kini disebut dengan Android Accessibility Suite merupakan sebuah fitur di Android yang bekerja dengan mengeluarkan suara saat pengguna menyentuh layar dan berinteraksi dengan ponselnya.

Fitur ini bisa digunakan untuk membantu pengguna yang memiliki keterbatasan penglihatan dalam mengakses berbagai macam fitur di dalam smartphone mereka.

Ketika fitur ini aktif, semua fitur yang ada dalam smartphone akan berubah menjadi feedback dalam bentuk suara dan getaran.

Sehingga, mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan bisa mengetahui posisi, jenis, hingga cara mengaktifkan fitur di dalam smartphone yang mereka miliki.

Apabila fitur ini aktif, semua yang disentuh, dipilih, dan diaktifkan oleh pengguna akan diinformasikan secara detail ke dalam kata-kata atau suara.

Untuk melanjutkan perintah, pengguna perlu mengetuk layar sebanyak dua kali. Bagi para pengguna biasa, akan mendapatkan pengalaman yang berbeda saat TalkBack ini aktif.

Bagi pengguna yang bukan penyandang disabilitas, mungkin fitur ini tidak terlalu sering digunakan. Dan jika diaktifkan, mungkin tidak akan terlalu terbiasa sehingga sedikit mengganggu.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menonaktifkan TalkBack di Android. Seperti berikut yang sudah dirangkum oleh Jaka.

Cara Menonaktifkan TalkBack di Android Pakai Tombol Fisik

Cara ini berlaku di semua HP Android apapun, seperti HP Xiaomi terbaru, OPPO, Lenovo, vivo, dan lain-lain. Kamu bisa mencobanya di Android kamu dengan langkah yang paling mudah berikut ini:

Langkah 1: Pastikan ponsel dalam keadaan menyala

Kamu harus memastikan ponsel kamu dalam keadaan menyala untuk bisa menonaktifkan TalkBack di ponsel Android kamu.

Langkah 2: Tekan kedua tombol Volume atas dan Volume bawah secara bersamaan

Menonaktifkan Talkback Di Android 22979

Tekan kedua tombol volume atas dan volume bawah secara bersamaan. Pastikan kamu menekannya secara bersamaan supaya berhasil menonaktifkan TalkBack.

Langkah 3: Tahan kedua tombol selama kurang lebih 3 detik

Tahan tombol volume atas dan volume bawah selama kurang lebih 3 detik. Cara menonaktifkan TalkBack yang satu ini memang harus dilakukan dengan sabar, geng.

Langkah 4: Tunggu sampai muncul pemberitahuan atau notifikasi bahwa TalkBack telah dinonaktifkan

Tunggu munculnya pemberitahuan atau notifikasi dari ponsel bahwa kamu sudah berhasil menonaktifkan TalkBack di ponsel kamu.

Cukup mudah bukan, geng? Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi panik kebingungan saat ponselmu tidak bisa digunakan ketika TalkBack tidak sengaja aktif kembali.

Cara Menonaktifkan TalkBack di Android Pakai Settings

Apabila cara pertama gagal, kamu bisa mencoba cara selanjutnya yang sama mudahnya dengan menggunakan menu Settings. Cara ini bisa digunakan dalam HP Android manapun, kecuali Samsung yang memiliki nama fitur berbeda.

Perlu diingat, menu Settings di tiap ponsel memiliki tampilan yang berbeda-beda, namun kurang lebih memiliki langkah yang sama.

Oleh karena itu, perhatikan langkah-langkah menonaktifkan TalkBack di Android seperti berikut ini:

Langkah 1: Masuk ke menu Settings

Nyalakan ponsel kamu dan masuklah ke menu Settings untuk memulai cara menonaktifkan TalkBack di ponsel Android kamu.

Langkah 2: Cari menu Accessibility

Cara Menonaktifkan Google Talkback Ffc1e

Di kolom search, kamu bisa mencari menu Accessibility. Di HP vivo, kamu bisa menemukan menu ini dengan nama Accessible di bawah menu Shortcuts and Accesibility. Selengkapnya seperti di gambar berikut ini.

Google Talkback Accessible 091d0

Langkah 3: Pilih Accessibility

Setelah kamu menemukan menu Accessibility, klik atau pilih menu Accessibility untuk menemukan menu TalkBack. Lalu menuju ke langkah selanjutnya, geng.

Langkah 4: Pilih menu TalkBack

Google Talkback Accessibility 13f85

Pilih atau klik menu TalkBack yang tersedia di dalam pilihan menu Accessibility. Biasanya TalkBack berada di bagian Screen Reader.

Langkah 5: Geser untuk nonaktifkan TalkBack

Google Talkback Di Android F8523

Setelah menu TalkBack terbuka, segera nonaktifkan dengan menggeser tombol di bagian kanan. Selesai! Proses menonaktifkan TalkBack telah selesai.

BONUS: Cara Menonaktifkan Voice Assistant di Samsung

Berbeda dengan ponsel Android lainnya, HP Samsung memiliki fitur serupa bernama Samsung TalkBack pada sistem operasi yang lama atau Voice Assistant pada sistem operasi yang baru.

Walaupun namanya sedikit berbeda, secara umum fitur Voice Assistant di perangkat Samsung ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Google Talkback, yang kini sudah menjadi Android Accessibility Suite.

Kita juga bisa menonaktifkan fitur ini ketika tanpa sengaa mengaktifkannya. Khusus untuk HP Samsung, berikut cara menonaktifkan Samsung TalkBack maupun Voice Assistant dalam pengaturan bahasa Inggris:

Langkah 1: Masuk ke menu Settings

Nyalakan ponsel, masuk ke menu Settings di ponsel kamu untuk mulai cara menonaktifkan TalkBack atau Voice Assistant. Di ponsel Samsung memiliki cara yang berbeda-beda untuk menemukan menu Settings.

Langkah 2: Pilih menu Accessibility

Di menu Settings, pilih menu Accessibility. Kamu bisa mencarinya dengan kolom search, atau bisa langsung scroll ke bagian bawah, biasanya menu ini berada di bagian bawah.

Langkah 3: Pilih Screen Reader

Google Talkback Inggris Samsung A7cf5

Langkah ketiga untuk menonaktifkan TalkBack atau Voice Assistant adalah memilih menu Screen Reader. Biasanya pilihan ini ada di bagian atas di dalam menu Accessibility.

Langkah 4: Nonaktifkan menu Voice Assistant

Google Talkback Android Inggris Samsung Aa4b3

Cara menonaktifkan TalkBack Samsung atau Voice Assistant yang terakhir adalah dengan menggeser tombol on dan off di bagian kanan setelah menu Voice Assisstant. Geser ke pilihan Off untuk menonaktifkan TalkBack.

Samsung menyebutkan apabila kamu mengaktifkan Voice Assistant tanpa sengaja, kamu bisa menekan tombol Switch hingga muncul kerangka di sekitarnya, lalu ketuk dua kali untuk menonaktifkannya. Lakukan tindakan yang sama ketika tombol OK ada di konfirmasi yang muncul.

Apabila smartphone Samsung kamu menggunakan pengaturan bahasa Indonesia, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Masuk ke menu Pengaturan

Jika ponselmu menggunakan pilihan bahasa Indonesia, masuklah ke menu Pengaturan untuk memulai cara menonaktifkan TalkBack Samsung atau Voice Assistant.

Langkah 2: Pilih menu Aksesibilitas

Google Talkback Indonesia Samsung 6b048

Di dalam menu Pengaturan, pilih menu Aksesibilitas. Biasanya menu ini berada di bagian bawah atau lebih cepatnya kamu bisa mencarinya melalui kolom pencari dengan mengetik Aksesibilitas.

Langkah 3: Pilih Pembaca Layar

Google Talkback Samsung 64048

Menu Pembaca Layar biasanya berada di bagian atas menu Aksesibilitas. Kamu bisa pilih atau klik di menu tersebut untuk menonaktifkan TalkBack atau Voice Assistant.

Langkah 4: Nonaktifkan menu Voice Assistant

Google Talkback Android Indonesia Samsung 2f035

Untuk menonaktifkan TalkBack atau Voice Assistant, geser tombol on dan off di bagian sebelah kanan menu Voice Assistant. Selesai!

Proses menonaktifkan Samsung TalkBack atau Voice Assistant sudah selesai, geng. Kini kamu bisa menggunakan ponsel kamu kembali tanpa panik atau khawatir tidak bisa lagi menggunakan ponsel kesayangan kamu.

Akhir Kata

Itulah tadi langkah-langkah cara menonaktifkan TalkBack di Android kamu. Kamu tidak perlu lagi panik saat tiba-tiba tidak sengaja mengaktifkannya dan kebingungan tidak bisa mengoperasikan ponsel Android milikmu.

Semoga artikel Jaka kali ini bermanfaat buat kalian ya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Android Studio

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android untuk Pemula

Hemat Ram Bbm

Tips Agar BBM di Android Agar Tidak Boros Memori dan RAM

Cara Mengubah Resolusi Layar Banner

Cara Mudah Mengubah Resolusi Layar Smartphone Android

Aplikasi Edit Lagu 63b12

10 Aplikasi Edit Lagu Terbaik Android 2020, Bikin Sesuai Selera!

1 7de53

10 Aplikasi Menggambar Terbaik di HP Android 2020 | Langsung Jago!

Aplikasi Kamera Terbaik 0cde0

20 Aplikasi Kamera Terbaik Android 2020 | Foto Tambah Kece!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Fitur yang Diharapkan Ada di Android 11, Jadi Gak Sabar!

7 Fitur yang Diharapkan Ada di Android 11, Jadi Gak Sabar!

Lebih Jelek Android? 3 Perbedaan Dark Mode WhatsApp Android dan iOS

Lebih Jelek Android? 3 Perbedaan Dark Mode WhatsApp Android dan iOS

Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Mudah, Pasti Berhasil!

Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Mudah, Pasti Berhasil!

5 Cara Mengatasi Mobile Network Not Available di HP Android, 100% Works!

5 Cara Mengatasi Mobile Network Not Available di HP Android, 100% Works!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal