J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat Logo di Photoshop untuk Pemula | Nggak Pakai Ribet!

Cara Membuat Logo di Photoshop untuk Pemula | Nggak Pakai Ribet!

Sabtu, 26 Sep 2020, 07:00 WIB
Cara membuat logo di Photoshop terhitung cukup mudah, bahkan bagi pemula. Berikut adalah tutorial membuat logo keren di Photoshop yang bisa kamu ikuti.

Logo adalah identitas sebuah brand atau perusahaan yang mewakili nilai-nilai yang diusungnya. Saat ini, banyak orang yang mencari cara membuat logo yang paling bagus dan sesuai keinginan.

Konsep sebuah logo memang harus dipikirkan secara matang sebelum membuatnya. Berbagai aspek seperti komposisi warna, pilihan bentuk font, serta desain sebuah logo harus mencerminkan nilai brand yang diwakili.

Dengan demikian, meskipun berukuran kecil, namun logo memegang peranan besar pada kesuksesan sebuah perusahaan. Jika logo dibuat secara tepat, maka nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen.

Tutorial Membuat Logo Keren di Photoshop

Hingga kini, Adobe Photoshop masih menjadi menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk membuat logo. Meskipun kebanyakan pembuatan logo dilakukan di PC karena ukuran layarnya lebih lebar, namun kamu juga bisa membuat logo di smartphone Android.

Meskipun demikian, masih ada beberapa orang yang belum tahu cara membuat logo di Photoshop. Kamu bisa mengatur sendiri tingkat kesulitan logo yang ingin kamu buat di Photoshop, bergantung pada kemampuan desainmu.

Sebelum Jaka memberitahu cara membuat logo dengan Photoshop, simak terlebih dahulu penjelasan mengenai tips pembuatan logo serta jenis-jenis logo berikut ini.

Tips Sebelum Membuat Logo

Cara Membuat Logo Di Photoshop 9d24a
Sumber foto: WallpaperSafari

Logo adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon konsumen ketika berkenalan dengan sebuah brand. Dengan demikian, diperlukan logo yang tepat untuk mewakili bisnis, serta mampu membuat orang-orang mudah mengingatnya.

Agar kamu bisa menciptakan logo yang baik, Jaka akan memberikan beberapa tips sebelum mulai membuat logo yang bisa kamu ikuti. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sederhana

Semakin sederhana logo yang kamu buat, maka orang-orang tidak akan sulit mengingatnya, sehingga logomu juga akan semakin mudah dikenali.

Kamu bisa melihat contohnya pada logo Nike dan Adidas yang sederhana, namun langsung membuat semua orang mengenalinya.

2. Jangan Terlalu Banyak Efek

Meskipun aplikasi desain grafis seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dan Photoshop memiliki banyak filter dan efek, namun jangan gunakan terlalu banyak, atau bahkan semuanya.

Seperti yang telah Jaka jelaskan pada poin sebelumnya, semakin sederhana logo yang kamu buat, maka akan semakin mudah dikenali oleh banyak orang.

3. Gunakan Desain Lain sebagai Inspirasi

Kamu bisa melihat pada berbagai logo yang sudah jadi untuk menjadikannya sebagai inspirasi pada logomu sendiri. Namun, jangan tiru logo-logo tersebut sepenuhnya.

Selain termasuk plagiarisme, logomu tidak akan memiliki ciri khas tersendiri jika mencontek logo karya orang lain.

4. Perhatikan Komposisi Warna

Kamu perlu memerhatikan komposisi warna pada logo agar tidak menghasilkan warna yang monoton atau bahkan tabrak warna.

Guna mengetahui komposisi warna yang baik pada logo, kamu bisa mencari referensi warna yang ada di internet.

5. Logo Harus Bertahan Lama

Buat logo yang bisa kamu gunakan hingga bertahun-tahun agar terkesan konsisten. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan konsep yang matang sebelum membuat sebuah logo.

Meskipun kamu masih bisa melakukan re-branding di kemudian hari, namun pastikan agar perubahannya tidak terlalu banyak serta masih relevan dengan bisnis yang kamu jalankan.

Jenis-Jenis Logo

Cara Membuat Logo Dengan Photoshop 51c67
Sumber foto: Ebaqdesign

Selain tips pembuatan logo, kamu juga perlu mengetahui berbagai jenis logo agar bisa memutuskan jenis apa yang ingin kamu gunakan untuk logo buatanmu. Berikut penjelasan masing-masing jenis logo yang bisa kamu simak.

1. Abstract Mark

Logo jenis ini menggunakan bentuk geometris abstrak yang tidak akan langsung terlihat maknanya ketika pertama kali kamu melihatnya. Dengan demikian, abstract mark sangat konseptual.

Logo dengan jenis abstract mark juga hanya akan mewakili ide atau nilai perusahaan dibanding memberikan pesan secara langsung.

2. Wordmark

Logo jenis ini biasanya berupa nama perusahaan atau produk yang telah didesain sedemikian rupa supaya menarik secara visual.

Selain itu, jika menggunakan logo jenis wordmark, informasi perusahaan atau produk tetap dapat tersampaikan kepada konsumen.

3. Pictorial Mark

Logo yang menggunakan jenis pictorial mark biasanya berupa gambar yang mewakili nama produk atau perusahaan yang telah disederhanakan dan dibuat secara estesis.

Jenis logo pictorial mark sangat populer karena dianggap lebih mampu menyampaikan nilai suatu merek dibanding jenis-jenis logo lainnya. Hal ini dikarenakan pictorial mark menampilkan gambar atau ilustrasi yang jelas mewakili perusahaan, produk, atau merek tertentu.

4. Emblem

Jenis logo selanjutnya adalah emblem. Pada logo yang menggunakan jenis ini, nama perusahaan atau produk terhubung dengan elemen-elemen yang terdapat pada logo tersebut. Kamu bisa melihat contohnya pada logo Harley-Davidson di atas.

5. Letterform

Jenis logo yang terakhir adalah letterform. Logo jenis ini biasanya menggunakan satu atau beberapa huruf yang telah didesain secara unik untuk dijadikan sebagai simbol nama perusahaan.

Cara Membuat Logo di Photoshop

Setelah kamu mengetahui tips pembuatan logo serta jenis-jenis logo, maka kamu sudah memiliki gambaran untuk bisa membuat logo yang baik.

Sebagai sarana berlatih, khususnya bagi kamu yang merupakan seorang pemula dalam pembuatan desain logo, berikut Jaka berikan cara membuat logo di Photoshop. Cara ini berlaku untuk Photoshop CS, CS2, CS3, CS4, CS5, CS6, dan Adobe Photoshop CC.

Langkah 1 - Buka Adobe Photoshop

  • Pada tutorial kali ini, Jaka akan memberikan penjelasan mengenai cara membuat logo di Photoshop CS3. Kamu bisa membuka aplikasi Photoshop versi apa pun yang kamu miliki di PC atau laptopmu.

  • Klik tab File di pojok kiri atas, lalu pilih New. Langkah mudahnya, kamu bisa tekan Ctrl + N.

  • Setelah muncul dialog box, masukkan ukuran 2500 pixels x 2500 pixels.

Cara Membuat Logo Di Photoshop 5c023
  • Klik kanan pada layer Background di pojok kanan bawah, lalu pilih Duplicate Layer, kemudian klik Ok.
Cara Membuat Logo Di Photoshop Cs3 Fb796

Langkah 2 - Mulai Membuat Logo

  • Awali cara membuat logo di Photoshop dengan membuat lingkaran menggunakan Ellipse Tool pada menu toolbar.
Cara Membuat Logo Dengan Photoshop 91da9
  • Tekan bagian kiri mouse, lalu tahan tombol Shift ketika kamu membuat lingkaran. Hal ini dimaksudkan agar ukuran lingkaranmu simetris.

  • Kemudian, klik kanan pada lingkaran yang sudah kamu buat, lalu pilih Blending Options. Setelah muncul dialog box, pilih menu Stroke di kolom Styles, lalu ubah ukurannya menjadi 20 px.

Membuat Logo Di Photoshop Af9ea
  • Selanjutnya, klik Ctrl + J untuk melakukan copy paste pada lingkaran tersebut. Perkecil ukuran lingkaran kedua dan taruh di dalam lingkaran besar. Lakukan hal yang sama sekali lagi.
Cara Membuat Logo Di Photoshop Cs6 1a9c8
  • Buat garis-garis hingga menyerupai bola basket pada lingkaran yang telah kamu buat menggunakan fitur Pen Tool atau Curvature Pen Tool jika ada.
Cara Membuat Logo Di Photoshop Cs4 56925
  • Hasilnya dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Logo Di Photoshop Cs5 8c5d2
  • Langkah selanjutnya dalam cara membuat logo di Photoshop adalah membuat teks. Gunakan fitur Horizontal Type Tool di bagian toolbar.
Cara Membuat Tulisan Melingkar Di Photoshop 305e4
  • Kemudian, gunakan fitur Warp Text untuk membuat tulisannya menjadi melengkung. Fitur ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara membuat tulisan melingkar di Photoshop. Atur tingkat Bend sesuai yang kamu inginkan. Jaka menggunakan ukuran +50.
Tutorial Membuat Logo Keren Di Photoshop 170cd
  • Berikut adalah hasil akhirnya. Tentu saja kamu masih bisa melakukan editing lebih lanjut, seperti memberi warna pada logo, agar hasilnya semakin menarik.
Cara Membuat Logo Esport Di Photoshop 89b96

Selain logo klub basket, kamu juga bisa membuat logo klub olahraga lain. Bahkan, sudah banyak cara membuat logo eSport di Photoshop yang bisa kamu ikuti. Dengan demikian, kamu bisa membebaskan kreativitasmu untuk menciptakan berbagai logo.

Akhir Kata

Itu dia cara membuat logo di Photoshop dari Jaka. Kamu bisa menggunakan tutorial ini untuk mengembangkan kemampuanmu dalam menciptakan jenis-jenis logo yang lain. Jangan lupa ikuti tips pembuatan logo yang telah Jaka jelaskan di atas agar kamu bisa membuat logo yang menarik serta mudah diingat.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Logo Klub Sepak Bola Aneh 6996e

10 Logo Klub Sepak Bola Paling Aneh dan Terburuk dari Seluruh Dunia

Banner Logo 5

10 Logo Perusahaan dengan Biaya Pembuatan yang Super Mahal

Logo Populer Dengan Pesan Tersembunyi Di Dunia 2009e

10 Logo Populer di Dunia Ini Ternyata Punya Pesan Tersembunyi!

Rahasia Dibalik Logo Studio Film Di Hollywood Banner

10 Rahasia Tersembunyi Dibalik Logo Studio Film di Hollywood

Editan Photshop Poster Film Hollywood A5962

10 Editan Photoshop Seseorang yang Masuk ke Dalam Poster Film Hollywood

10 Aplikasi Desain Rumah Terbaik Untuk Bikin Denah 3d Gratis Simpel Banget 626b1

10 Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk Bikin Denah & 3D Gratis, Simpel Banget!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Membuat Logo eSport Keren Langsung di HP Android, Buat Guild ML, FF & PUBG!

Cara Membuat Logo eSport Keren Langsung di HP Android, Buat Guild ML, FF & PUBG!

7 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik di Android, Gak Perlu Jago Desain!

10 Logo Klub Sepak Bola Paling Aneh dan Terburuk dari Seluruh Dunia

10 Logo Klub Sepak Bola Paling Aneh dan Terburuk dari Seluruh Dunia

Cara Membuat Garis di Photoshop Paling Mudah dan Cepat

Cara Membuat Garis di Photoshop Paling Mudah dan Cepat

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal