J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Cara Membuat Casing HP yang Keren & Menarik, Gampang Banget!

Jumat, 24 Jul 2020, 10:30 WIB
Banyak orang masih bingung dengan cara membuat case HP sendiri. Padahal, dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana, kita bisa membuat casing HP lucu sendiri

HP telah menjadi barang kebutuhan sehari-hari, khususnya di era digital seperti saat ini. Karena kemudahannya untuk dibawa ke mana pun, HP membutuhkan pelindung berupa casing. Banyak orang yang masih bingung mengenai cara membuat casing HP.

Padahal, cara membuat casing HP tidak sulit, hanya membutuhkan kreativitas dan keterampilan. Berbekal bahan-bahan yang telah ada, kita bisa membuat case HP bergambar sendiri yang unik dan beda dibanding yang lain.

Kalau kamu sudah tidak sabar untuk tahu cara membuat case HP sendiri, Jaka akan berikan penjelasan mengenai cara membuat casing HP sendiri dengan beberapa pilihan bahan yang bisa kamu tiru berikut ini.

Cara Membuat Casing HP Sendiri dengan Mudah, Simple!

Memasangkan casing pada HP memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi efek benturan dan gesekan dengan benda lain dan mencegah kerusakan HP akibat terkena tumpahan air.

Selain itu, casing HP dapat menjaga tampilan HP agar tetap mulus yang tentunya akan menambah harga jual.

Selain alasan teknis, case HP juga mampu membuat tampilan smartphone menjadi lebih keren. Ada banyak cara membuat casing HP bergambar sendiri, bergantung bahan yang digunakan. Beberapa bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Casing HP dari Kardus

Cara Membuat Casing HP Dari Kardus 5d2ec

Bahan utama dalam membuat casing HP dari kardus adalah kardus bekas. Cara ini sekaligus bermanfaat untuk mendaur ulang kardus-kardus tidak terpakai yang mulai menumpuk di sekeliling kita.

Langkah 1 - Persiapkan Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah kardus bekas susu, kertas, gunting, double tape, bolpoin atau pensil, kain flanel, dan kain tile bermotif.

Langkah 2 - Pembuatan Pola HP di Atas Kertas

  1. Letakkan HP di atas kertas, lalu telusuri pola HP sesuai bentuk dan ukurannya menggunakan bolpoin atau pensil.

  2. Gunting pola yang telah dibuat dengan hati-hati agar bentuknya rapi dan pas dengan ukuran HP. Pastikan membuat dua pola untuk bagian depan dan belakang cover.

  3. Buatlah lubang agar kertas tidak menghalangi kamera dan speaker HP.

Caranya, gambar pola dengan menelusuri bentuk kamera dan speaker HP. Selanjutnya, potong polanya agar kertas bisa berlubang dan tidak menghalangi dua fungsi HP tersebut.

Langkah 3 - Pembuatan Pola HP di Atas Kardus

  1. Gambar pola berbentuk persegi panjang di atas kardus sesuai ketebalan HP. Pola ini berfungsi untuk bagian tengah casing HP.
Tips: Jangan gambar polanya secara pas. Beri tambahan sekitar 2-3 mm dari ketebalan asli HP.
  1. Gunting pola yang telah dibuat dengan hati-hati.

  2. Satukan ketiga pola (depan, tengah, dan belakang casing) dengan double tape. Beri jarak 2 mm di sisi kiri dan kanan pada bagian tengah casing untuk mempermudah menutup dan membuka casing saat sudah jadi nanti.

Langkah 3 - Pembuatan Pola di Atas Kain Flanel

Siapkan kain flanel dan gunting mengikuti kardus yang sudah berbentuk pola HP.

Caranya, letakkan kardus di atas kain flanel dan gunting dengan hati-hati. Pastikan untuk memberi jarak 2 cm dari pola kardus di bagian tepi kain flanel.

Langkah 4 - Pembuatan Pola di Atas Kain Tile Bermotif

  1. Gunting kain tile dengan menyesuaikan pola dari kain flanel yang sudah digunting.
Tips: Gunakan jarum pentul saat menyesuaikan pola kain flanel dengan pola kain tile supaya kain tidak mudah bergeser.
  1. Letakkan ketiga pola kardus yang telah disatukan dengan double tape di atas kain flanel yang sudah dilapisi dengan kain tile. Beri tanda dengan bolpoin atau pensil pada pinggiran kardus.

Langkah 5 - Menjahit Kain Flanel dan Tile

  1. Jahit bagian tengah casing dengan sisi kiri dan kanan agar menyatu. Ketika melakukan proses ini, pastikan kain flanel yang melapisi pola kardus ikut terjahit.

  2. Jahit semuanya dengan kain tile sebagai aksen untuk mempercantik casing.

Jika sudah, kamu bisa menikmati casing HP dari kardus yang baru saja kamu buat. Sebenarnya, cara ini juga disebut sebagai cara membuat casing HP dari kain flanel, jadi kamu tidak perlu bingung, ya, geng.

Cara Membuat Casing HP dari Plastik

Cara Membuat Casing Hp Dari Plastik 020c6

Selanjutnya adalah cara membuat casing HP dari plastik. Kreasi ini juga bagus untuk membantu mengurangi limbah plastik yang sudah terlalu banyak di planet ini.

Langkah 1 - Persiapkan Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah plastik (bentuk dan ukuran apa saja), gunting atau cutter, cetakan casing, alat pembakaran, dan ember.

Langkah 2 - Mencuci Limbah Plastik

  1. Cuci plastik yang akan digunakan agar terhindar dari segala macam kotoran yang dapat menyulitkan dalam proses pembakaran.

  2. Keringkan plastik hingga benar-benar kering.

Langkah 3 - Pemrosesan Plastik

  1. Potong plastik menjadi ukuran kecil-kecil, sekitar 2-3 cm.

  2. Panaskan plastik dengan suhu sekitar 200 derajat Celcius hingga meleleh secara keseluruhan.

Langkah 4 - Mencetak Plastik Menjadi Casing

  1. Sambil menunggu plastik dibakar, siapkan dua cetakan untuk mencetak plastik menjadi bentuk casing HP.
Tips: Gunakan cetakan yang terbuat dari keramik atau besi dengan karakteristik kuat dan tahan suhu panas.
  1. Masukkan plastik yang sudah dilelehkan pada cetakan pertama untuk membentuk bagian luar case HP.

  2. Kemudian, masukkan case HP pada cetakan kedua untuk membentuk bagian dalam case HP. Dengan demikian, casing HP dapat terbentuk secara utuh.

Langkah 5 - Melepaskan Plastik dari Cetakan

  1. Lepaskan plastik yang telah dicetak menjadi casing HP dengan cara mencelupkannya ke dalam air dingin.
Tips: Jangan geser-geser cetakannya di dalam air, ya, geng.
  1. Keringkan casing HP dari plastik yang telah dibuat. Kamu juga bisa menghiasnya dengan cat jika ingin membuatnya menjadi lebih cantik.

Cara Membuat Casing HP dari Sedotan

Cara Membuat Casing Hp Dari Sedotan B969d

Membuat casing HP dari sedotan juga dapat membantu mengurangi limbah plastik yang menjadi bahan utama sedotan. Bisakah kamu membayangkan berapa banyak sedotan plastik sekali pakai yang dibuang setiap hari, geng?

Sayang, bukan, jika hal ini terus dilakukan? Daripada terus mengotori Bumi, lebih baik jadikan saja sedotan-sedotan plastik tersebut untuk membuat casing HP sendiri.

Langkah 1 - Persiapkan Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah sedotan plastik warna-warni, kertas HVS, setrika, spidol, gunting atau cutter, kardus bekas, lem, dan lakban.

Langkah 2 - Mengatur Sedotan

  1. Letakkan kertas HVS secara mendatar (horizontal) di atas permukaan yang rata, seperti meja atau lantai.

  2. Susun sedotan warna-warni secara memanjang (vertikal) di atas kertas hingga memenuhi setengah dari kertas tersebut. Rapikan bagian atas-bawah, serta kiri-kanan sedotannya, ya.

Langkah 3 - Menyeterika Sedotan

  1. Tutup sisa kertas ke atas sedotan yang telah berjajar rapi di atas kertas.

  2. Setrika bagian atas kertas tersebut agar sedotan menjadi pipih dan menyatu antara satu dengan yang lain.

Langkah 4 - Pembuatan Pola di Atas Sedotan

  1. Letakkan HP di atas sedotan yang telah pipih dan menyatu.

  2. Gambar pola HP sesuai bentuk dan ukuran menggunakan spidol. Pastikan untuk membuat dua pola, ya!

  3. Potong pola-pola yang telah dibuat menggunakan gunting atau cutter.

Langkah 5 - Pembuatan Pola di Atas Kardus

  1. Letakkan HP di atas kardus bekas, dan mulailah menggambar polanya seperti langkah pembuatan pola di atas sedotan. Begitu pula untuk jumlahnya, gambar 2 pola HP di atas kardus bekas.

  2. Potong dua pola tersebut menggunakan gunting atau cutter.

Langkah 6 - Menempelkan Pola di Sedotan dengan Pola di Kardus

  1. Tempelkan pola HP yang telah digambar di sedotan dengan pola HP yang telah digambar di kardus bekas. Dengan demikian, akan ada dua pola sedotan-kardus yang akan menjadi bagian depan dan belakang casing HP.
Tips: Pastikan bahwa lem yang kamu gunakan kuat, ya, untuk menyatukan keduanya.
  1. Lapisi sekeliling salah satu pola yang telah disatukan tersebut dengan sedotan yang telah dipipihkan untuk menyatukan kedua pola agar bisa berhadap-hadapan menjadi bagian depan dan belakang casing HP.

Caranya, potong sedotan pipih dengan lebar sekitar 4-5 cm dan panjang sekitar 20 cm. Tenang saja, geng, kalau ternyata sedotannya kurang untuk melapisi sekeliling HP, kamu bisa menyambungnya dengan yang baru.

Langkah 7 - Tempelkan Lakban

  1. Potong lakban sepanjang sekitar 5 cm dengan ketebalan sekitar 3 cm dan tempelkan di bagian atas (jangan terlalu ke atas) pola HP yang telah disatukan dari pola di sedotan dan pola di kardus.

  2. Ulangi langkah 7.1, dan tempelkan lakban yang ini di bagian bawah (jangan terlalu ke bawah) pola HP.

  3. Tempelkan satu pola HP yang tersisa di dua lakban tersebut agar berfungsi sebagai tutup casing HP. Casing HP dari sedotan pun siap digunakan!

Cara Membuat Casing HP dari Kertas Kado

Cara Membuat Casing Hp Dari Kertas Kado 0aa2d

Cara paling sederhana untuk membuat case HP sendiri adalah dengan menggunakan kertas kado. Berikut ini adalah cara membuat casing HP dari kertas kado.

Langkah 1 - Persiapkan Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan adalah casing HP transparan, kertas kado dengan motif atau gambar sesuai selera, gunting atau cutter, dan lem.

Langkah 2 - Mengukur dan Memotong Kertas Kado

Potong kertas kado sesuai dengan bentuk dan ukuran HP kamu. Gunakan kertas kado yang agak tebal supaya awet dan tidak mudah sobek.

Langkah 3 - Menempelkan Kertas Kado

Tempel kertas kado yang telah digunting pada casing HP transparan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Tips: Jangan mengoleskan terlalu banyak lem pada kertas kado karena akan membuat teksturnya tidak rata dan gampang sobek.

Akhir Kata

Itu dia cara membuat casing HP sendiri. Semuanya mudah untuk dibikin, bukan? Kamu hanya perlu memanfaatkan barang-barang sederhana yang ada di sekitarmu untuk membuat casing HP lucu sendiri.

Jangan lupa untuk membuatnya, ya, geng! Jika sudah, beritahu pengalamanmu selama proses pembuatan melalui kolom komentar di bawah ini.

Baca juga artikel seputar Gadget atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy

ARTIKEL TERKAIT
Casing Unik Banner

20+ Casing HP Paling Unik yang Pernah Ada

5 Casing Hape Paling Kuat F

5 Casing Smartphone Termacho Dengan Standar Militer

Banner E0310

7 Casing HP Paling Aneh, Ada yang Bisa Mengobati Kesepian Loh!

Desain Casing Pc Paling Unik Banner 14a5b

7 Desain Casing PC Paling Unik di Dunia, Mirip Parutan Keju & Kapal Pesiar!

Casing Hp Tahan Banting 2f3cd

7 Merek Casing Handphone Paling Kuat & Tahan Banting

Casing Iphone Unik Banner

5 Casing iPhone Paling Aneh dan Nyeleneh, Mau Beli?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

Mau Beli HP Bekas? Ini 7 Alasan Beli HP Second Lebih Baik Daripada HP Baru!

7 HP Paling Penting dan Ikonik Sepanjang Dekade Ini, Bersejarah!

7 HP Paling Penting dan Ikonik Sepanjang Dekade Ini, Bersejarah!

5 Alasan HP Kelas Menengah Lebih Worth It di 2020 daripada HP Flagship

5 Alasan HP Kelas Menengah Lebih Worth It di 2020 daripada HP Flagship

7 Cara Mengetahui HP Disadap Orang Lain dengan Mudah, Akurat!

7 Cara Mengetahui HP Disadap Orang Lain dengan Mudah, Akurat!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal