Cara Ekstrak File Part Menjadi 1 Folder Terbaru 2021, 100% Works!

Default

Cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder merupakan hal yang cukup merepotkan. Pengennya, sih, abis download langsung menikmati, gak taunya harus gabungin file dulu.

Di era digital seperti sekarang, hampir semua hal bisa kamu temukan di internet. Entah itu berita, informasi, bahkan hiburan seperti film maupun game.

Ada kalanya kamu pasti tertarik untuk men-download sesuatu dari internet. Ketika kamu men-download, seringkali kita menemukan link download yang terpisah menjadi beberapa part atau bagian.

Biasanya, sih, hal tersebut ditemukan link download game yang mencapai puluhan gigabyte. Hal ini cukup membingungkan bagi beberapa orang.

Nggak perlu khawatir, geng. Dalam artikel ini, Jaka akan menjelaskan kamu bagaimana cara ekstrak file part menjadi 1 folder dengan mudah dan cepat.

Alasan Kenapa File Sering Dibagi Menjadi Beberapa Part

6 346a8

Para uploader yang membagi file download menjadi beberapa bagian nggak melakukan hal tersebut karena iseng, geng. Justru terdapat beberapa manfaat dari membagi file menjadi beberapa bagian.

Apa saja alasannya? Yuk, kita simak sama-sama!

1. Menghemat Memori Penyimpanan

Alasan pertama kenapa banyak file dibagi menjadi beberapa part adalah supaya ketika di-download file tersebut tidak langsung memenuhi memori.

Misalkan kamu men-download game sebesar 40GB namun ternyata kamu lupa bahwa kapasitas memori di Harddisk kamu tinggal 25GB. Download pun bakal gagal ketika memorimu sudah melebihi batas.

Dengan dibagi menjadi beberapa part, kamu dapat mengira-ngira part mana dulu yang akan kamu download. Kalau memori tidak cukup, kamu bisa membersihkan memori di PC-mu sebelum melanjutkan download.

2. Mempermudah Download

Pernah nggak kamu sedang men-download sebuah file besar namun tiba-tiba koneksi internetmu terputus? Apalagi kamu tidak men-download dengan menggunakan download manager.

Proses download yang lama menjadi sia-sia karena file tersebut menjadi corrupt atau bahkan gagal. Tentu kamu nggak mau merasakan hal tersebut, geng.

Nah, dengan dibagi menjadi beberapa part, kamu bisa men-download ulang bagian yang error jika tiba-tiba koneksi internetmu bermasalah. Gak perlu lagi download dari awal.

3. Menyesuaikan dengan Kapasitas Maksimum Web Hosting

Ketika kamu men-download file seperti film di situs download film, si pemilik situs biasanya akan menghubungkan situs tersebut dengan situs hosting.

Masalahnya, meng-upload di situs hosting memiliki batasan ukuran file dalam sekali upload. Untuk memperbesar kapasitas, si pengguna harus membayar dengan harga yang gak murah.

Oleh karena itu, biasanya si pengunggah bakal memecah file menjadi beberapa bagian supaya nggak melebihi kapasitas maksimum per akun.

4. Waktu Download yang Fleksibel

Misalkan kamu sedang men-download game berukuran besar seperti GTA V. Download game puluhan GB dengan koneksi lemot bisa menghabiskan waktu berhari-hari.

Dengan membagi file menjadi beberapa part berukuran lebih kecil, kamu bisa men-download file dengan waktu yang lebih fleksibel. Misalnya, dalam sehari kamu cuma download 2 part saja.

Cara Menggabungkan File RAR yang Dipisah dengan WinRar

Kalau misalnya kamu men-download film atau game dan menemukan beberapa file dengan ekstensi .rar, kamu gak perlu khawatir, geng.

Pasalnya, cara ekstrak file menjadi 1 folder seperti ini terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi pembaca file RAR saja.

Maka dari itu, Jaka akan ajari kamu cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder secara manual menggunakan aplikasi ekstrak file WinRar.

WinRar adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk pengarsipan dan kompresi. WinRar dapat mengarsipkan berkas-berkas dalam format RAR, ZIP, Pocket RAR.

Cara ini bisa kamu ikuti jika file yang ingin kamu ekstrak menjadi 1 folder memiliki format RAR atau ZIP. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Download WinRar di PC atau laptop melalui link di bawah ini. Pastikan juga kamu men-download WinRar yang sesuai dengan sistem operasimu.

Download WinRar for Windows 32bit:

Winrar Logo Eb0d4
WinRAR 32-bit 5.80
Apps Compression & Backup RARLab
DOWNLOAD

Atau melalui link berikut

Download WinRar for Windows 64bit:

Winrar 630ee
WinRAR 64-bit 5.80
Apps Compression & Backup RARLab
DOWNLOAD

Atau melalui link berikut

  1. Setelah ter-download, install WinRar di PC atau laptopmu. Ikuti instruksi hingga WinRar terpasang secara sempurna.

  2. Kumpulkan file yang telah terbagi menjadi beberapa part dalam 1 folder yang sama.

  3. Tandai semua file yang ingin kamu ekstrak dengan kursor atau dengan menekan shortcut Ctrl + A, kemudian klik kanan. Pilih opsi "Extract Files...".

1 19bdd
  1. Pilih directory / path yang kamu inginkan. Kalau sudah, klik OK.
2 378fb
  1. Tunggu hingga proses ekstraksi selesai. Semua part kini telah tergabung menjadi 1 file yang utuh.

Cara Ekstrak File Part agar Menjadi 1 Folder dengan HJ-Split

Gak semua file part bisa kamu gabungkan dengan menggunakan WinRar, geng. Ada juga ekstensi file yang gak bisa terbaca oleh WinRar.

Cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder selanjutnya adalah dengan menggunakan software bernama HJ-SPlit. HJ-Split merupakan software khusus yang dapat kamu gunakan untuk memecah file dan menggabungkan file.

Kamu bisa menggunakan cara satu ini untuk menggabungkan beberapa part file yang memiliki extension 001, 002, dan seterusnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Download software HJ-Split dengan mengunjungi situs https://filehippo.com/download_hjsplit/. Ukuran HJ-Split hanya beberapa MB saja, kok, geng.

  2. Ekstrak HJ-Split ke folder yang kamu inginkan, kemudian buka aplikasi HJ-Split.

  3. Pastikan kamu sudah mengumpulkan semua part file dengan ekstensi 001, 002, dan seterusnya di dalam 1 folder yang sama.

3 0c0c3
  1. Pada halaman muka HJ-Split, pilih opsi Join untuk menggabungkan file.
4 03f57
  1. Klik pada Input File, kemudian carilah file yang ingin kamu gabungkan di folder. Kalau kamu ingin menggabungkan di dalam folder yang sama dengan file part tersebut, kamu gak perlu mengutak-atik Output.
5 3de3d
  1. Klik Start untuk mulai menggabungkan part menjadi 1. Tunggu hingga proses selesai. Mudah, kan?

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder menggunakan software WinRar dan HJ-Split. Semoga bermanfaat buat kamu ya, geng!

Sampai jumpa lagi di artikel-artikel tutorial selanjutnya! Jangan ragu untuk bertanya atau memberikan komentar di kolom yang telah tersedia.

Baca juga artikel seputar Tutorial atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Cara Screenshot Di Laptop 5fb06
Kumpulan Cara Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2021 | Lengkap Semua OS
Cara Membuat Google Drive Banner 93be6
Cara Membuat Google Drive + Link Share (Tutorial Lengkap)
Tips Vsco Cam F9157
Ini Dia Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO, Dijamin Banyak Like!
Cara Download Free Fire Di Laptop 5ef5a
Cara Download Free Fire di Laptop/PC, Booyah Makin Mudah!
Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android 93465
Tutorial Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android dan PC
Cara Restart Hp Xioami 0df62
Tutorial Cara Restart HP Xiaomi untuk Semua Tipe, Dijamin Berhasil!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal