14 Aplikasi Android untuk Melacak Keberadaan Seseorang

14 June 2017

Kamu sering pergi hangout bareng teman? Ada saja yang suka 'ngaret' dan selalu datang telat. Salah satu penyebabnya ialah karena kita tidak mengetahui, hambatan apa yang akan menghadang kamu dalam perjalanan.

Selain itu, buat kamu para orang tua tentu kita ingin selalu melindungi dan memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita.

Maraknya kabar tentang aksi kejahatan terhadap anak, seperti kasus penculikan memang membuat kita sebagai orang tua khawatir. Beruntung di era digital yang serba canggih ini, ada aplikasi Android untuk melacak seseorang berdasarkan lokasi dan bukan lagi merupakan hal yang rumit.

Untuk alasan tertentu, melacak keberadaan seseorang tentunya sangat membantu.

Aplikasi Android untuk Melacak Seseorang

Misalnya, untuk mengontrol anak-anak, mengetahui lokasi pacar ataupun untuk melacak keberadaan teman. Sehingga kamu lebih mudah mengawasi orang-orang tersayang. Nah, berikut Jaka sudah kumpulkan 14 aplikasi Android untuk melacak keberadaan orang lain.

1. Bosco

Bosco adalah aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk melacak keberadaan anak-anak secara real-time, namun tetap memberi privasi kepada mereka. Orang tua dapat menjaga dan melindungi anak-anak mereka aman secara online.

Bosco membantu orang tua memantau kegiatan ber-smartphone anak-anak mereka secara online, dengan sistem notifikasi yang cerdas. Kamu bisa mengetahui apa yang aktivitas mereka di Facebook, Instagram, dan Twitter. Ada banyak lagi fitur-fiturnya.

Meski ditunjukkan untuk memantau anak-anak, tentu saja jika kamu mau aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memantau pacar misalnya. Caranya?

  • Download dan install aplikasi Bosco Parent Keeps Kids Safe di smartphone. Bosco-1
  • Daftar dan klik "Add Child", lalu tambahkan informasi yang dibutuhkan. Bosco-2
  • Selanjutnya klik "Next", pilih Negara Indonesia dan masukkan nomor telepon anakmu. Bosco-3
  • Bosco akan mengirim SMS yang berisi link untuk download Bosco Child Keeps Kids Safe (versi untuk anak). Bosco-4
  • Pasang aplikasi anak Bosco dari link SMS tadi dan konfirmasi permintaan orang tua.

Selesai, sekarang kamu dapat melacak lokasi seseorang atau anak-anak. Serta, memantau kegiatan ber-smartphone mereka.

2. Facebook Messenger

Beberapa waktu lalu, Facebook telah merilis pembaruan untuk Messenger yang memungkinkan pengguna berbagi lokasi mereka dengan teman Facebook. Apa kegunaannya?

Bayangkan situasinya seperti ini, teman atau keluarga kamu datang ke tempat baru kamu untuk pertama kalinya. Kalau hanya sekedar kasih alamat, bisa nyasar ke mana-mana.

Namun, dengan Messenger kamu bisa mengirim lokasi kamu. Tidak sampai di situ, kamu bisa langsung melacak perjalanan teman kamu. Luar biasa bukan? Lalu, bagaimana caranya?

  • Pertama perbarui dulu aplikasi Messenger di smartphone Android atau iOS kamu. messenger-1
  • Jalankan aplikasi dan pilih teman yang ingin kamu hubungi. Lalu tekan tombol 'More' yang berada di pojok kanan bawah. messenger-2
  • Muncul sejumlah pilihan, kamu pilih 'Location' dan klik 'Share Live location for 60min'. messenger-3
  • Kamu dan teman kamu bisa melacak keberadaan kalian satu sama lain selama 1 jam, dan kamu bisa 'stop' berbagi lokasi kapan saja.

3. Google Maps

Fitur terbaru dari Google Maps, kini kita dapat kasih tahu berapa lama tepatnya akan sampai di tempat tujuan. Bukan cuma itu, kita juga bisa melacak langsung perjalanan teman kita. Bagaimana caranya?

  • Pastikan aplikasi Google Maps di smartphone Android atau iOS telah diperbarui ke versi yang terbaru. google-maps-1
  • Sekarang jalankan aplikasi Google Maps, pilih menu yang terletak di samping atau ketik lingkaran kecil berwarna biru yang menunjukkan lokasi kamu berada. google-maps-2
  • Kemudian pilih 'share location' atau berbagi lokasi, terus pilih teman yang ingin kamu bagikan. Pastikan kalau teman kamu sudah terhubung sebagai kontak di akun Google kamu ya.
  • Kamu dapat mengatur berapa lama durasi waktu berbagi lokasi. Google Maps akan memberikan tautan yang harus kamu kirim ke teman melalui aplikasi chatting favorit yang kamu gunakan, WhatsApp, atau BBM misalnya. google-maps-3
  • Setelah itu, teman kamu dapat melacak lokasi kamu, memantau perjalanan kamu, dan mengetahui secara pasti kapan tiba di tempat tujuan.

Teman Suka 'Ngaret'? Begini Cara Melacak Lokasi Teman dengan Google Maps
Teman Suka 'Ngaret'? Begini Cara Melacak Lokasi Teman dengan Google Maps
Teman Suka 'Ngaret'? Begini Cara Melacak Lokasi Teman dengan Google Maps
Baca

4. Trusted Contacts

google-trusted-contacts

Pernahkah kamu merasa khawatir dengan keberadaan orang yang kamu sayangi? Bisa jadi itu teman, keluarga atau pacar. Kamu pasti punya orang yang disayang kan? Google mengeluarkan aplikasi keren buat kamu yang sayang keluarga.

Google punya Trusted Contacts yang memungkinkan kamu mengetahui secara real-time lokasi orang yang kamu sayangi dengan mudah.

Berbeda dengan aplikasi pelacak lokasi lain yang digunakan dengan cara sembunyi-sembunyi, Google Trusted Contacts digunakan berdasarkan rasa saling percaya.

google-trusted-contacts-2

Ya, aplikasi ini memungkinkan kamu memilih hingga 50 kontak tepercaya yang akan diberikan update lokasimu secara real-time, bisa itu keluarga, pacar, atau teman yang paling dekat.

Untuk mengetahui lokasimu, mereka harus mendapatkan izin dulu dari kamu. Jadi nggak asal lacak. Tapi, jika dalam waktu 5 menit kamu tidak merespon, maka aplikasi ini akan mengirimkan lokasi terakhir keberadaanmu kepada mereka.

google-trusted-contacts-3

Begitu kamu membagikan lokasimu, maka orang lain bisa melacak pergerakanmu secara real-time. Bahkan menurut pihak Google, aplikasi ini akan tetap bisa melacak lokasimu walau kamu dalam keadaan offline atau tanpa internet.

Google Rilis Aplikasi Anti Selingkuh!
Google Rilis Aplikasi Anti Selingkuh!
Google Rilis Aplikasi Anti Selingkuh!
Baca

5. Zenly

Zenly Aplikasi Android untuk Melacak Keberadaan Seseorang

Yang unik dari aplikasi Zenly ini adalah kamu dapat melacak keberadaan seseorang hanya melalui nomor telepon. Kamu bisa mengetahui lokasi teman kamu dengan Zenly jika mereka sudah mendaftar dan menggunakan Zenly juga.

Jadi, supaya bisa mengetahui lokasi keberadaan mereka, kamu bisa mengundang mereka untuk mendaftar dan menggunakan juga Zenly.

Jika nomor mereka sudah terdaftar di Zenly, barulah kamu bisa melacak lokasi mereka secara real time. Lebih lanjut silakan baca artikel berikut: Cara Melacak Lokasi Seseorang Dengan Nomor Handphone.

6. Find My Friends

Find My Friends aplikasi untuk melacak keberadaan orang lain

Aplikasi untuk melacak keberadaan seseorang selanjutnya adalah Find My Friends. Dengan aplikasi Find My Friends ini kamu juga dapat mengetahui lokasi orang lain secara real time.

Mengetahui lokasi seseorang tanpa seizin dari orang tersebut adalah tindakan yang menyalahi privasi orang. Jadi, anggota keluarga atau pacar kamu yang ingin kamu lacak lokasinya, juga harus menginstal aplikasi Find My Friends di smartphone mereka.

Lebih lanjut kamu bisa baca artikel berikut: Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Aplikasi Find My Friends.

7. Android Device Manager

android device manager aplikasi untuk melacak orang lain

Bukannya Android Device Manager ini aplikasi untuk melacak smartphone Android yang hilang? Benar sekali, namun dengan sedikit trik, kamu bisa melacak lokasi pacar kamu juga loh.

Caranya adalah dengan memasukkan akun Google kamu di smartphone dia. Jika email utama kamu penting dan mengandung banyak informasi, kamu bisa memasukkan akun Google kamu yang lain.

Tentunya, kamu punya lebih dari satu akun Google kan? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa membacanya di artikel PENTING! Inilah Cara Terlengkap Menggunakan Android Device Manager.

8. WhatsApp

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

Semua orang tentunya menggunakan WhatsApp. Dengan WhatsApp kamu bisa berbagi lokasi dengan orang lain. Kamu bahkan bisa melacak keberadaan seseorang secara diam-diam melalui WhatsApp.

Tanpa panjang lebar lagi, selengkapnya kamu bisa baca artikel Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp.

9. TheTruthSpy

mata-mata-smartphone-TheTruthSpyjpeg

Apakah kamu curiga dengan aktivitas yang dilakukan oleh teman atau pacar kamu di Android? Atau, apakah kamu merupakan orang tua yang ingin mengetahui keseharian dari anak-anaknya?

Tenang, Jaka punya caranya nih agar kamu dapat melacak lokasi, bahkan merekam segala aktivitas smartphone milik seseorang secara diam-diam dan tanpa disadari oleh mereka.

Kamu bisa menggunakan aplikasi TheTruthSpy. Lebih lanjut kamu bisa baca artikel Cara Menyadap HP Android Orang Lain Dengan Mudah.

10. Lockwatch - Thief Catcher

Aplikasi untuk melacak keberadaan seseorang selanjutnya adalah Lockwatch - Thief Catcher. Sejatinya, aplikasi Lockwatch - Thief Catcher ini berfungsi untuk melacak smartphone yang hilang.

Uniknya, selain bisa tau lokasi smartphone, kamu juga bisa tahu wajah si pencuri. Dengan sedikit trik, Lockwatch - Thief Catcher pun bisa digunakan untuk melacak keberadaan seseorang.

Kamu bisa baca selengkapnya di artikel Cara Melacak dan Memfoto Pencuri Smartphone Kamu yang Hilang.

11. Famy

Famy adalah aplikasi untuk melacak keberadaan seseorang buatan developer asal Korea yakni Spacosa. Spacosa memang fokus membuat aplikasi bertema keluarga yang memberikan kemudahan berkomunikasi antar-anggota keluarga.

Famy pun memiliki fitur yang cukup lengkap, yaitu memberi lokasi secara akurat, serta mampu merekam dan menyimpan jejak lokasi yang telah dilalui.

Tersedia empat pilihan mode untuk penandaan lokasi tiap anggota keluarga melalui map, dan disediakan juga grup chatting antar-keluarga.

12. Glympse – Share GPS Location with Friends and Family

Ya, Glympse adalah layanan yang terintegrasi dengan BBM. Glympse merupakan aplikasi pelacak lokasi, buatan developer asal Washington, Amerika Serikat. Cara kerja Glympse seperti media sosial.

Kamu bisa follow orang-orang terdekat dan berbagi lokasi dengan mereka. Salah satu fitur andalannya yaitu kemudahan untuk chatting dengan orang lain secara langsung tanpa aplikasi tambahan.

13. Family Locator, Phone Tracker

Family Locator, Phone Tracker adalah aplikasi pelacak keberadaan seseorang dan mempunyai fungsi tambahan, yakni untuk menemukan lokasi smartphone yang hilang.

Family Locator, Phone Tracker merupakan aplikasi buatan iSharingSoft asal New York, Amerika Serikat yang juga dapat digunakan untuk mengirim SMS maupun chatting dengan anggota keluarga apabila dalam kondisi bahaya.

Menariknya lagi, kamu bisa mengobrol melalui fitur Walkie Talkie secara gratis dengan anggota keluarga lainnya yang telah didaftarkan.

14. Life360 Family Locator

Family Locator, Phone Tracker

Life360 Family Locator adalah aplikasi untuk melacak keberadaan seseorang buatan Life360. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, namun tersedia pula versi premium yang bisa dibeli melalui in-app purchase.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi pelacak lokasi lainnya, dengan Family Locator Life360 kamu dapat mengetahui posisi setiap anggota keluarga kamu.

Selain fitur group chatting, terdapat juga tombol khusus yang dapat digunakan ketika berada dalam kondisi darurat.

Nah, setiap anggota yang didaftarkan sebagai keluarga akan digolongkan ke dalam Circle dan ditampilkan dalam Private Map.

Akhir Kata

Itulah 14 aplikasi Android untuk melacak seseorang berdasarkan lokasinya. Dengan sedikit trik, kamu bisa memaksimalkan fungsi dari aplikasi di atas sebagai cara melacak keberadaan seseorang. Tentunya, digunakan untuk hal-hal yang baik ya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar