J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kecepatan Internet 2 Mbps untuk Berapa HP, sih? Ini Jawabannya!

Kecepatan Internet 2 Mbps untuk Berapa HP, sih? Ini Jawabannya!

Sabtu, 10 Okt 2020, 19:30 WIB
Penasaran kecepatan 2 Mbps untuk berapa HP? Simak penjelasan Jaka di bawah untuk tahu jawabannya! ⬇️

Saat ini, keseharian kita nggak bisa lepas dari koneksi internet. Kamu membutuhkannya untuk membuka media sosial, menonton video, bermain game online, serta banyak aktivitas lainnya.

Belum lagi, jika penggunaan internet di satu tempat dalam satu waktu cukup banyak. Mungkin saja kamu harus berbagi koneksi internet dengan ibu, ayah, kakak, dan adikmu. Dengan demikian, kamu nggak bisa mendapatkan kecepatan internet yang maksimal karena harus berbagi dengan orang lain.

Oleh karena itu, kamu perlu menghitung kecepatan internet yang dibutuhkan sebelum menentukan paket internet yang tepat. Hal ini termasuk menghitung berapa banyak perangkat yang bisa tersambung ke jaringan internet tersebut dalam satu waktu.

Berapa Kecepatan Internet yang Sesuai dengan Kebutuhan Kamu?

Supaya kamu nggak salah dalam memilih paket internet, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Seperti jumlah pengguna internet, jumlah perangkat yang akan tersambung ke internet, dan jenis aktivitas online yang akan dilakukan.

Faktor-faktor tersebut penting untuk diperhitungkan agar kamu nggak merasa koneksi internet jadi lemot, padahal sudah memilih paket dengan Mbps besar dan harga mahal.

Nah, selama ini, sudah banyak paket internet yang menawarkan kecepatan internet 2 Mbps. Tapi sebenarnya, kamu bisa memanfaatkan 2 Mbps untuk berapa HP?.

Perbedaan Mbps dan MBps

2 Mbps Untuk Berapa Hp 02ac8
Sumber foto: Download Time Calculator

Sebelum kamu menentukan jawaban atas pertanyaan 2 Mbps untuk berapa HP, ada hal penting yang harus kamu pahami terlebih dahulu, geng, yaitu perbedaan Mbps dan MBps.

Selama ini, sering kali keduanya dianggap sebagai hal yang sama karena penulisannya mirip, padahal Mbps dan MBps adalah hal yang berbeda. Meskipun demikian, dua hal tersebut sama-sama satuan untuk mengukur kecepatan internet per detik.

Mbps adalah singkatan dari Megabit per second, sedangkan MBps berarti Megabyte per second. Perbedaan antara satuan bit dan byte adalah ukurannya. 1 bit sama dengan 0,125 byte, atau bisa juga diartikan sebagai 1 byte sama dengan 8 bit.

Contohnya, jika kamu berlangganan paket internet Indihome dengan bandwidth 10 Mbps download dan 2 Mbps upload, maka kecepatan real-nya adalah 1,25 MBps untuk upload dan 250 KBps untuk download.

Penyedia layanan internet (internet service provider/ISP) biasanya menggunakan satuan Mbps, sedangkan pelanggan menggunakan satuan MBps. Hal ini biasa digunakan sebagai trik pemasaran, karena dengan mencantumkan angka Mbps yang besar, kecepatan internet yang ditawarkan oleh ISP terlihat begitu tinggi.

Oleh karena itu, kamu sudah bisa menghitung sendiri kecepatan internet 2 Mbps dalam satuan MBps berdasarkan penjelasan Jaka di atas. Ya, hasilnya adalah 0,25 MBps.

Bandwidth yang Dibutuhkan untuk Penggunaan Internet

Wifi 2 Mbps Untuk Berapa Hp 722ef
Sumber foto: Lifewire

Berkaitan dengan satuan Mbps dan MBps, ada lagi hal lain yang perlu kamu ketahui untuk menentukan koneksi internet 2 Mbps bisa untuk berapa HP, yaitu bandwidth. Meskipun mungkin kamu sudah sering mendengarnya, namun apakah kamu tahu apa artinya?

Bandwidth adalah volume informasi per unit waktu yang bisa ditangani oleh media transmisi, misalnya koneksi internet. Semakin besar bandwidth sebuah koneksi, maka semakin tinggi kecepatan internetnya.

Bandwidth biasanya menggunakan satuan bits per second. Artinya, jika bandwidth sebuah koneksi internet adalah 60 Mbps, maka koneksi internet tersebut mampu memindahkan 60 juta data setiap detik.

Menurut Google Support, kebutuhan bandwidth bisa dilihat dari kompleksitas konten. Penggunaan ringan sebesar 200 Kbps bisa digunakan untuk browsing, penggunaan sedang sebesar 500 Kbps bisa digunakan untuk mengedit Google Drive, sementara penggunaan berat minimal 1 Mbps bisa digunakan untuk streaming video YouTube dan situs lainnya.

Berdasarkan perhitungan di atas dan jika merujuk pada pertanyaan 2 Mbps untuk berapa HP, maka jawabannya adalah 10 HP dengan penggunaan ringan, 4 HP untuk penggunaan sedang, dan 2 HP jika penggunaan internetnya berat.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan dengan 2 Mbps

2 Mbps Untuk Berapa Komputer 94aea
Sumber foto: Umaizi

Pada era serba digital seperti saat ini, biasanya dalam satu hunian atau kantor ada berbagai macam perangkat yang terhubung ke internet dalam satu waktu, contohnya PC, laptop, tablet, smartphone, Smart TV, CCTV, dan konsol untuk bermain game.

Dengan demikian, aktivitas online yang dilakukan pun beragam, bisa untuk kebutuhan pekerjaan maupun hiburan. Berikut adalah tabel jenis aktivitas serta kecepatan internet yang disarankan.

Aktivitas Rekomendasi Kecepatan Internet
Streaming Video - Standard Definition (SD) 3 Mbps
Streaming Video - High Definition (HD) 5 Mbps
Streaming Video - 4K/Ultra HD 25 Mbps
Streaming Musik 1-5 Mbps
Gaming 4 Mbps
Download File Besar (Film HD) 5-50 Mbps
Video Call 0,5-1,5 Mbps
Media Sosial 1 Mbps

Berdasarkan tabel di atas, bisa dikatakan bahwa kecepatan internet 2 Mbps hanya bisa dilakukan untuk hal-hal terbatas. Aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah bermain media sosial, melakukan video call, serta streaming musik dengan kualitas audio tertentu.

Dengan demikian, kecepatan internet 2 Mbps yang banyak ditawarkan oleh penyedia layanan internet nggak cukup kencang, geng. Apalagi jika digunakan secara beramai-ramai.

Untungnya, ada juga penawaran kecepatan internet di atas 2 Mbps, seperti 5 Mbps, 10 Mbps, 50 Mbps, 100 Mbps, 150 Mbps, bahkan 300 Mbps. Tentunya hal ini dapat mengakomodasi kebutuhan internet yang semakin meningkat, khususnya ketika kita banyak melakukan aktivitas di rumah seperti saat ini.

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan Jaka mengenai kecepatan internet beserta seluruh faktor penting di dalamnya, seperti perbedaan satuan Mbps dan MBps, bandwidth yang dibutuhkan suatu jaringan, serta jenis aktivitas dan rekomendasi kecepatan internetnya.

Dengan demikian, sekarang kamu bisa memperkirakan sendiri kecepatan 2 Mbps untuk berapa HP. Kamu bisa sesuaikan data di atas dengan keadaan di rumah atau kantormu, sehingga kamu bisa menentukan kecepatan internet yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Bobol Wifi 0462f

10 Aplikasi Bobol WiFi Terbaik Android 2020 | Akses Internet Gratis!

Cara Mengetahui Pencuri Wifi Banner

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Sedang Mencuri WiFi Kamu

Cara Mendapatkan Wifi Gratis 2130a

10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Manapun & Kapanpun, Gampang!

15 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Paling Mudah Dan Efektif Streaming Lancar Jaya 1b151

15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Paling Mudah, Streaming Lancar Jaya!

50d1995879aa3cc7791630fb47f7ec7c

100% Work! Cara Ampuh Download File di Google Drive yang Terkena Limit

Game Online Pc Banner B3f6c

24 Game Online PC Terbaik yang Wajib Kamu Coba di 2020, Dijamin Ketagihan!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Test Kecepatan Internet dan Arti Dataya, Jangan Salah!

Cara Test Kecepatan Internet dan Arti Dataya, Jangan Salah!

Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC Paling Cepat dan Akurat

Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC Paling Cepat dan Akurat

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & PC | Auto Ngebut!

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & PC | Auto Ngebut!

10 Fakta Gila Sejarah Internet | No 3 Gak Nyangka Banget!

10 Fakta Gila Sejarah Internet | No 3 Gak Nyangka Banget!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal