12 NFT Teraneh yang Dijual Netizen Indonesia di OpenSea, Mau Ikuti Jejak Ghozali?

Default

Tentunya kamu sudah tahu tentang kisah pemuda bernama Ghozali yang berhasil menjual kumpulan foto selfie dirinya sendiri di platform OpenSea sebagai sebuah Non-Fungible Token (NFT).

Foto selfie yang dijual Ghozali berjumlah sekitar 900 foto yang sudah ia kumpulkan selama 4 tahun, tepatnya sejak tahun 2017-2021. Foto tersebut kemudian ia jual di OpenSea dengan harga jual awal 0,001 ETH atau sekitar Rp 46.000.

Gak disangka, foto selfie Ghozali tersebut laris manis, loh! Ia berhasil meraih pundi-pundi lebih dari Rp 4,7 miliar dari hasil penjual NFT foto selfie dirinya itu.

Tentunya kisah sukses Ghozali mengundang rasa penasaran warganet Indonesia. Tak sedikit yang akhirnya berusaha mengikuti jejak Ghozali dengan berjualan NFT di platform OpenSea.

Sayangnya, netizen Indonesia pengikut jejak Ghozali malah bikin kelakuan aneh nih, geng. Banyak yang justru menjual foto-foto aneh sebagai NFT.

Kayaknya sih, karena banyak orang yang awam kripto dan belum mengerti cara memanfaatkan OpenSea dengan baik.

Jaka sudah merangkum 12 di antaranya, berikut ini daftar NFT teraneh yang dijual netizen Indonesia di OpenSea.

1. Foto KTP

Opensea Foto Ktp Jadi Nft De32a
Sumber foto: Twitter @Cryptofess_

Kalau Ghozali menjual foto selfie dirinya, kali ini kelakuan kacau warganet Indonesia justru menjurus ke tindak kejahatan, geng. Yap, kamu gak salah baca. Ada netizen yang justru menjual foto kartu tanda penduduk (KTP), geng!

Adanya foto KTP yang dijual sebagai NFT di OpenSea ini viral di Facebook. Akun tersebut terlihat mengutuk orang yang mengunggah foto KTP sebagai NFT.

Terlihat akun yang mengunggah NFT tersebut menulis koleksinya sebagai "Indonesian Identity Card (KTP) Collection". Yap, foto KTP yang diunggah gak cuman satu, geng, tapi banyak banget!

Kebayang betapa bahayanya identitas pribadi itu bisa dijual gitu aja sebagai NFT. Pasalnya, pada KTP terdapat identitas pribadi kita berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang harus dijaga privasinya.

Ketika Jaka coba cari di situs resmi OpenSea, akun tersebut sudah tidak ditemukan alias sudah dihapus.

2. Foto Bayi

Foto Bayi Nft Opensea 2fddc
Sumber foto: Facebook Air Drop Indonesia

Selanjutnya ada lagi foto yang gak lazim dan sudah menjurus ke arah kriminalitas. Ada orang gak bertanggung jawab yang mencuri foto-foto bayi lalu menjualnya sebagai NFT di OpenSea.

Hal itu terungkap ketika ada akun Facebook yang menulis di komunitas Airdrop Indonesia tentang kejadian yang ia alami. Foto anaknya yang masih bayi dicuri dari Instagram dan TikTok.

Ia lalu menemukan foto anaknya itu di situs OpenSea, geng. Sayangnya, sampai sekarang masih belum ada informasi terbaru terkait siapa orang yang berani melakukan hal seperti itu.

3. Foto Makanan

Foto Makanan Nft 44ee8

Kalau kamu ketik kata kunci "makanan" di kolom pencarian OpenSea, alhasil bakal menemukan banyak banget NFT foto makanan Indonesia.

Mulai dari camilan macam mi instan, cirambay, cilor, martabak, hingga makanan berat seperti rendang, bakso, steak, nasi kuning, pasta, gorengan, juga kue-kue tradisional.

Waduh, ini mau jualan NFT atau mau promosi hasil masakan sendiri, ya?

4. Foto Seksi

Foto Seksi Jadi Nft Di Opensea E0a16

Yap, kamu gak salah baca, geng. Banyak netizen yang mengaku menemukan foto-foto seksi yang dijual sebagai NFT di OpenSea. Kacau banget, kan?

Seperti koleksi NFT bernama "Nadia" misalnya. Terlihat foto-foto yang cukup seksi dari seorang wanita yang dijual mulai dari 0,001 ETH.

Selain itu, kamu bisa coba ketik di kolom pencarian "IndonesianTreasure", alhasil kamu bakal nemu akun yang menjual foto-foto seksi dari banyak perempuan, geng. Duh, bahaya banget ya.

5. Foto Ibu Ghozali

Ghozali Mom Ebf68

Gak mau kalah dari sang anak, ibu dari Ghozali juga ikutan jual NFT di OpenSea nih, geng. Koleksi NFT tersebut dinamai "Ghozali Moms".

"Saya adalah ibu Ghozali dan saya sangat beruntung memilikinya. Terima kasih untuk bantuannya buat keluarga kami, sangat kami hargai," tulisnya di bio akun OpenSea miliknya.

Isi koleksi tersebut tentu saja sekumpulan selfie dari ibu Ghozali yang viral itu, geng.

6. Jualan Kuota

Jualan Kuota Jadi Nft Di Opensea A2e20
Sumber foto: Twitter @pop_parts

Beralih ke yang lucu-lucu, ada juga loh netizen yang justru menjual NFT foto jualan kuota. Produk tersebut ia jual dengan nama "Kuota Smartfren 15GB+Hengset JBL". Waduh mas, kalau mau iklan kios pulsa sih gak gini caranya, hehehe.

7. Jualan Foto Selfie

Foto Selfie Nft Opensea 05d82
Sumber foto: Twitter @Nabila740

Lagi-lagi ada yang mengikuti jejak Ghozali nih, geng. Banyak orang yang lalu mengunggah foto-foto selfie mereka ke OpenSea dan menjualnya. Salah satunya adalah koleksi "ulinzx".

Ia menulis bahwa kamu gak akan bisa menemukan foto-foto selfie-nya itu di mana pun. Beli NFT selfie tersebut dan jadikan koleksimu.

Selain itu, ada pula kelakuan ajaib netizen dengan akun OpenSea bernama "Lord Erwin". Sama halnya dengan Ghozali, ia juga merilis koleksi foto selfie dirinya - namun dalam berbagai pose.

Sejauh ini, ia sudah merilis sekitar 64 item NFT selfie Lord Erwin dan bakal merilis hingga 100 NFT. Tertarik membeli?

8. Cosplay Low Budget

Cosplay Nft Opensea 25769
Sumber foto: Twitter @Nabila740

Selanjutnya gak kalah aneh sih, ada netizen yang mengunggah foto selfie dirinya dan menyebutnya sebagai cosplay karakter dalam anime, loh. Salah satunya akun "yunusril".

Ia sempat mengunggah koleksi NFT berjudul "cosplay sasuke". Ada pula koleksi bernama "yunusuchiha". Waduh, ada-ada saja ya?

9. Jualan Lemari

Foto Lemari Nft Opensea F9484
Sumber foto: Twitter @AirdropfindX

Ya, selain jualan lemari di toko meubel, kamu juga bisa jualan lemari di OpenSea, geng. Gak, kamu gak salah baca. Ada netizen Indonesia yang benar-benar mengunggah foto jualan lemari miliknya di platform marketplace NFT terbesar tersebut.

10. Jualan Baju

Jualan Baju Muslim Nft Opensea B59d0

Boleh dicoba nih buat kamu yang punya bisnis fashion online. Netizen satu ini terlihat mengunggah barang dagangannya berupa koleksi baju muslim sebagai NFT di OpenSea.

Koleksi "MuslimCloth" ini bisa dibilang pionir ya, geng. NFT-nya mungkin gak dibeli, tapi ini bisa jadi salah satu platform promosi juga, kan?

11. Seni Kamuflase

Nft Kamuflase Tretan Muslim 88aef
Sumber foto: Instagram @tretanmuslim

Kelakuan ajaib netizen Indonesia gak berhenti sampai tadi aja, loh. Contohnya koleksi yang dirilis dengan nama "Dustin Camouflage Chameleon" ini.

Komedian Tretan Muslim mengunggah 10 NFT seni kamuflase dalam koleksi tersebut, dan ada yang mau membelinya loh, geng.

Kamu bisa menemukan koleksi seni kamuflase Dustin di atas toilet, di tengah jemuran baju, bahkan di atas jalan berbatu.

12. Foto Majikan Kucing

Nft Kucing Opensea 80b66
Sumber foto: Facebook NFT Indonesia

Sebagai budak dari kucing, tentunya kita ingin mengunggah foto majikan kita di mana-mana, dong? Termasuk juga di platform OpenSea ini.

Kali ini, ada netizen yang mengunggah foto-foto majikan kucingnya yang berwarna oranye tersebut saat sedang bermain dengan balsem. Wah, unik banget ya, geng!

Akhir Kata

Nah, itu dia deretan NFT paling aneh yang dijual sama netizen Indonesia di marketplace OpenSea. Sebagian sih memang jadi lucu-lucuan aja. Namun, sebagian lainnya harus diwaspadai karena sudah menjurus ke arah kriminalitas nih, geng.

Hal itu juga mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan transaksi NFT di Indonesia.

Dari rilis yang Jaka dapatkan, Kominfo sudah memberi peringatan pada platform transaksi NFT untuk memastikan platform-nya tidak memfasilitasi penyebaran konten yang melanggar peraturan perundang-undangan.

Selain itu, Kominfo juga mengimbau pengguna agar bisa bersikap lebih bijak dalam memanfaatkan NFT agar tidak timbul dampak negatif maupun melanggar hukum.

Mereka juga akan mengambil tindakan hukum yang tegas bagi pengguna yang terbukti melanggar hukum. Jadi, hati-hati ya, geng, dengan segala hal yang kamu unggah di platform tersebut!

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

BACA JUGA

Viral Penampakan Sosok Kuntilanak di NFT Ghozali Everyday, Jadi Bernilai Rp4,5 Miliar!

Setelah NFT Ghozali Everyday Laris Manis, Terbitlah Ghozali Token

NFT Ghozali Everyday Hasilkan Miliaran Rupiah, Netizen: Karyanya Bakal Viral Everyday!

Ghozali Belum Usai, Kini Muncul NFT Lord Erwin: Bakal Cuan Besar Juga?

Cara Daftar dan Minting OpenSea, Hasilkan Cuan dari NFT seperti Miliuner Ghozali Everyday!

Susul SuperlativeSS, NFT Ghozali Everyday Masuk Trending di OpenSea!

ARTIKEL TERKAIT
Apa Itu Koin Nft Thumb 52434
10 Koin NFT Terbaik 2022, Prospek Paling Cerah buat Investasi!
Nft Termahal Di Dunia C3386
20 NFT Termahal di Dunia yang Pernah Terjual, Ada yang Harganya Miliaran Rupiah!
Keuntungan Nft Ghozali Everyday 998ec
Meski Hasilkan Lebih dari 200 ETH, Keuntungan NFT Ghozali Everyday Ternyata HANYA Rp1,5 M
Nft Ghozali Everyday C7347
Penjualan NFT Ghozali Everyday Meroket 200+ ETH atau Rp13,5 M dalam Semalam, Auto Tajir!
Netizen Nft Ghozali Everyday 7d76a
NFT Ghozali Everyday Hasilkan Miliaran Rupiah, Netizen: Karyanya Bakal Viral Everyday!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal