Waspada Pinjol Ilegal, Uang Pintar Apakah Aman atau Tidak? Simak Faktanya di Sini!

Default

Uang Pintar apakah aman atau tidak banyak ditanyakan oleh pengguna yang butuh dana. Hal ini wajar mengingat banyaknya aplikasi pinjaman online ilegal yang menawarkan dana cepat namun memiliki banyak jebakan yang dapat menimbulkan kerugian besar bagi pengguna.

Misalnya saja, jebakan bunga yang super rendah di bulan awal meminjam, dan tiba-tiba meninggi di bulan-bulan selanjutnya. Atau ancaman pencurian data berkedok pinjaman uang.

Nah, Uang Pintar juga tidak luput dari risiko di atas. Agar terhindar dari penipuan, Jaka sarankan kamu untuk mengecek keamanan aplikasi Uang Pintar terlebih dulu. Baca artikel Jaka di bawah untuk penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Aplikasi Pinjaman Online Terbaik & Terpercaya 2023, Terdaftar di OJK!

Uang Pintar Apakah Aman?

Uang Pintar pinjaman online adalah sebuah layanan pinjaman online yang diklaim dapat memberikan dana dengan limit besar, tenor pinjaman yang panjang, dan bunga yang rendah.

Ada beberapa versi aplikasi Uang Pintar yang ditemukan di internet, seperti Uang Pintar Pinjaman Cepat yang dikembangkan oleh Xian Technology Co., Uang Pintar Kredit Pinjaman Dana Rupiah Cepat yang dikembangkan oleh Rachel Nichols, dan Uang Pintar Pinjaman Kilat yang tersedia di Google Play Store.

Sekarang pertanyaannya, mana aplikasi yang resmi dan legal terdaftar di OJK? Jaka bakal membahasnya satu per satu.

1. Uang Pintar - Pinjaman Cepat

Aplikasi Uang Pintar yang dikembangkan oleh xian technology co dianggap ilegal. Pasalnya, status pengembang kurang jelas siapa. Informasi kontak yang terlihat pun sangat personal dan tidak profesional karena menggunakan domain e-mail gratisan (outlook) dan nomor HP. Entitas yang legal biasanya menggunakan informasi kontak yang profesional dari perusahaan.

2. Uang Pintar - Kredit Pinjaman Dana Rupiah Cepat

Sementara Uang Pintar yang dikembangkan oleh developer bernama Rachel Nichols juga dipastikan ilegal. Soalnya, aplikasi ini tidak terdaftar di OJK, bahkan sudah masuk ke Investor Alert Portal.

3. Uang Pintar - Pinjaman Kilat

Terakhir ada aplikasi Uang Pintar yang tersedia di Google Play Store. Sekilas aplikasi ini terlihat legal, tapi ternyata ada indikasi penipuan juga, geng.

Soalnya, kolom komentar di laman Play Store mereka terdapat banyak pengguna yang komplain karena mendapat ancaman penyebaran data, penagihan yang tidak wajar, dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga sepertinya sudah tidak tersedia lagi di Play Store.

Selain itu, developer aplikasi ini, yakni PT Uang Pintar Indonesia, pernah masuk dalam Daftar Pinjaman Online Ilegal OJK Desember 2022! Saat itu, aplikasi mereka bernama Duit Aman - Pinjaman Nyaman yang sudah dihentikan operasinya.

Baca Juga: Aplikasi Pinjol Ilegal Cepat Cair Terbaru 2023, Pinjaman Online Berbahaya!

Bahaya dan Risiko Pinjam Dana di Pinjol Ilegal

Kenapa kamu wajib tahu mana saja aplikasi yang legal dan ilegal, seperti Uang Pintar apakah aman atau tidak? Soalnya, kamu bisa menderita berbagai risiko yang merugikan, loh.

Pertama, mereka bisa mencuri data pribadi kamu. Soalnya, kamu pasti diminta untuk menginput sejumlah data penting seperti KTP dan lainnya, kan? Data tersebut bisa saja dijual ke pihak lain.

Kamu juga bisa jadi merasakan teror yang berlebihan dari pemberi pinjaman, mulai dari pesan spam, penganiayaan, dan pengancaman, padahal kamu sudah mencicil tagihanmu!

Terakhir, bisa saja aplikasi ilegal yang kamu instal di HP itu sudah disusupi sama virus atau malware. Hal itu tentu saja sangat berisiko karena bisa membahayakan perangkatmu.

Walaupun skema pinjaman yang ditawarkan bisa dibilang menarik dengan limit Rp2 juta - Rp7 juta dengan tenor maksimal 180 hari dan suku bunga mulai dari 155 saja, tetap saja berbahaya, geng. Pertimbangkan baik-baik sebelum mencobanya, ya! Lebih baik gunakan aplikasi pinjol yang terbukti legal dan aman. Ada juga kok, yang menawarkan bunga rendah dan dana cepat cair.

Uang Pintar Apk Fc93d
Klaim Berikan Pinjaman Bunga Rendah, Apakah Uang Pintar Aman Digunakan?
Ingin meminjam dana di Uang Pintar APK? Teliti dulu apakah aplikasi ini legal atau ilegal dengan membaca artikel berikut ini.
LIHAT ARTIKEL

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Pinjaman Online Untuk Mahasiswa 8a795
8 Aplikasi & Situs Pinjaman Online untuk Mahasiswa Terbaik 2023, Aman Tanpa Jaminan!
Pinjaman Online Cepat Cair 45a7a
14 Pinjaman Online Cepat Cair 5 Menit, Pinjol Resmi OJK 2023 yang Bisa Diandalkan
Pinjol Legal Bunga Rendah Tenor Panjang 61ee7
18 Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Terbaik & Langsung Cair ke DANA
Pinjol Ilegal Ed62a
300+ Aplikasi Pinjol Ilegal Cepat Cair Terbaru 2023, Waspada Aplikasi Bodong!
Banner Bri 57673
4 Pinjaman Online BRI Cepat Cair Terbaru, Bisa Pinjam Dana Sampai Rp500 Juta!
Aplikasi Pinjaman Syariah Bab91
7 Aplikasi Pinjaman Online Syariah Terbaik 2023, Aman Tanpa Riba!
Tags Terkait: tips & trikFintech
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal