6 Cara Pinjam Uang di Aplikasi DANA, Langsung Cair Tanpa Jaminan

Default

Di era digital ini, kemudahan akses pinjaman online (pinjol) kian marak. Namun, tak sedikit pengguna yang lebih memilih kemudahan dan keamanan meminjam uang di aplikasi DANA.

Lalu, pertanyaan selanjutnya, apakah DANA memang menawarkan fitur pinjaman? Jawabannya, iya. DANA menghadirkan fitur DANA Premium yang memungkinkan penggunanya untuk meminjam saldo mulai dari Rp100.000 hingga jutaan rupiah.

Kamu bisa meminjam uang dengan 3 syarat, yaitu akun DANA terverifikasi, punya reputasi akun yang baik, dan pengguna DANA selama 3 bulan lebih. Yuk, lanjutkan membaca artikel ini untuk panduan lengkapnya!

DISCLAIMER:

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu memahami segala peraturan yang diberikan. Sesuaikan juga jumlah pinjaman dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Jangan sampai gagal bayar!

1. Cara Pinjam Uang di Aplikasi DANA Premium

Cara Pinjam Di Dana 2
Sumber foto: Dana - Cara pinjam uang di dana premium

Bagaimana pinjam uang di DANA? Cara pinjam uang online di akun DANA sangat mudah, kamu hanya perlu memastikan kalau akunmu sudah termasuk akun premium dan proses peminjaman bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit saja.

Perlu Jaka ingatkan bahwa pinjam uang di aplikasi DANA tidak seperti cara pinjam uang di Kredivo. Cara ini juga berbeda dari pilihan bayar nanti (Pay Later) seperti pinjam uang di OVO atau OVO Paylater maupun GoPayLater.

Sistemnya adalah dengan meminta uang ke pengguna DANA lain. Bisa teman kamu sendiri atau bahkan orang asing melalui link minta DANA yang kamu sebar kepada target. Aplikasi DANA hanya akan jadi perantara saja.

Jika sudah paham, simak penjelasan selanjutnya berikut ini:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Buat akun DANA dengan mengisi data-data yang diminta.
  3. Buat akun jadi premium dengan cara di atas.
  4. Klik menu "Minta" atau "Request".
  5. Klik "Set Amount" untuk menentukan nominal pinjaman.
  6. Tulis angka nominal > Klik "Lanjutkan".
  7. Muncul kolom "Tulis Catatan" > Klik "Lewati" atau "Skip".
  8. Akan muncul QR Code, bagikan link ke sosial media yang kamu miliki.
  9. Jaka merekomendasikan untuk membagikannya ke grup Facebook pinjaman online.
  10. Pastikan kamu sudah berhasil bergabung di grup FB tersebut dan cari postingan orang yang bisa memberikan pinjaman dana langsung cair.
  11. Pastikan postingan tersebut masih baru > Tempelkan link yang sudah kamu salin sebelumnya di kolom komentar, dan kirimkan.
  12. Tunggu hingga ada orang yang menawarkan pinjaman online.

Jika ada orang yang menawarkan, kamu tinggal berkomunikasi dengan mereka dan tunggu hingga uang cair ke saldo DANA.

Kamu juga bisa langsung mencairkannya ke rekening bank dengan cara memilih "Tambahkan rekening bank" atau "Add to bank account" yang ada di bagian bawah layar. Langsung cairkan uang pinjaman yang sudah ada di rekening kamu di ATM terdekat.

2. Cara Pinjam Uang di DANA via Bukalapak

Cara Pinjam Uang Di DANA Via Ecommerce
Sumber foto: DANA - Pinjaman saldo dana

Cara pinjam uang di DANA Paylater bisa dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga seperti e-commerce yang prosesnya mirip dengan melakukan top up. Cara ini bisa dilakukan melalui e-commerce Bukalapak yang tak jauh berbeda dengan cara pinjam uang di Akulaku.

  1. Buka aplikasi Bukalapak.
  2. Masukkan kata kunci Isi Saldo Dana di kolom pencarian.
  3. Pilih toko yang melayani pengisian saldo.
  4. Checkout dan isi jumlah DANA.
  5. Pilih pembayaran menggunakan cicilan tanpa kartu kredit (misal Akulaku).
  6. Klik bayar sekarang untuk melanjutkan proses pinjaman.
  7. Kamu akan diarahkan ke aplikasi Akulaku.
  8. Pilih tenor pinjaman mulai dari 1-12 bulan.
  9. Seller di Bukalapak akan mengirim saldo DANA.
  10. Kirim ke nomor rekening bank yang dimiliki.

3. Cara Pinjam Uang di DANA via Shopeepay Later

Cara Pinjam Uang Di DANA Via Shopeepay Later 560x350
Sumber foto: Cara Pinjam Uang di DANA via Shopeepay Later - Pinjam saldo dana online

Selain Bukalapak, kamu juga bisa melakukan cara pinjam uang di Shopee dengan pembayaran lewat DANA atau ShopeePay Later. Berikut cara pinjam uang di Shopee dengan DANA:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu profil dan salin nomor HP akun DANA.
  3. Buka aplikasi Shopee.
  4. Masukan kata kunci top up DANA.
  5. Pilih jasa top up DANA (hati-hati, pilih yang terpercaya)
  6. Masukkan nominal yang diinginkan
  7. Klik bayar dan pilih metode pembayaran Shopeepay Later.
  8. Masukkan nomor HP di bagian komentar.
  9. Tunggu hingga proses disetujui dan saldo dikirimkan ke akun DANA.

4. Cara Pinjam Uang di DANA via JULO

Julo
Sumber foto: Google Play - Pinjam uang di dana premium JULO

Kalian tahu JULO PayLater? Itu, loh, layanan PayLater dan Kredit Tanpa Agunan KTA. Dengan JULO, kamu bisa isi saldo DANA dan mencairkannya jika butuh uang tunai. Simak cara pinjam uang di OVO/DANA dengan JULO di sini:

  1. Buka aplikasi JULO.
  2. Pilih Dompet Digital.
  3. Pilih DANA.
  4. Masukkan nomor HP yang terdaftar di DANA.
  5. Pilih nominal top up dan jangka waktu pembayaran.
  6. Masukkan PIN.
  7. Bubuhkan tanda tangan digital untuk konfirmasi pinjaman.
  8. Tunggu saldo masuk ke DANA.
  9. Buka aplikasi DANA.
  10. Pilih Kirim.
  11. Pilih Rekening Bank.
  12. Masukkan nomor rekening dan jumlah saldo yang ingin dicairkan.
  13. Konfirmasi dengan memasukkan PIN DANA.
  14. Penarikan berhasil!

5. Cara Pinjam Uang di DANA Paylater

Cara Pinjam Uang Di DANA Paylater C64e9

Satu lagi cara pinjam uang di aplikasi DANA yang cukup populer adalah dengan memanfaatkan fitur paylater di aplikasi DANA. Pengguna DANA premium disebut-sebut bisa mengajukan pinjaman melalui fitur ini.

Namun setelah melakukan penelusuran, Jaka menemukan fakta bahwa fitur DANA paylater sejatinya belum dirilis, geng. Mengutip dari penjelasan di situs resmi DANA, fitur DANA paylater tidak muncul di akun pengguna karena memang masih dalam tahap pengembangan.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

Ktp 6fba8
Sumber foto: IST - KTP

Mungkin kamu masih memiliki sejumlah pertanyaan seputar cara pinjam uang melalui aplikasi DANA. Kebetulan, di bawah ini sudah Jaka kumpulkan deretan pertanyaan yang sering diajukan berdasarkan topik ini. Silakan cek di bawah, ya.

1. Apakah Bisa Pinjam Uang di Aplikasi DANA?

Ya, ada beberapa cara pinjam uang di aplikasi DANA seperti melalui Akulaku, Shopee Paylater, JULO, hingga meminta uang dari pengguna lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa akun DANA tidak menyediakan fitur paylater, melainkan hanya sebagai perantara untuk meminjam uang dari penyedia lainnya saja.

2. Berapa Bunga Pinjam Uang di DANA?

Jumlah bunga pinjaman saldo DANA langsung cair nantinya akan tergantung dengan ketentuan tempat kamu meminjam uang. Jika pinjaman saldo DANA dilakukan melalui aplikasi JULO, bunganya diketahui mulai dari 0,1% per hari. Sedangkan jika menggunakan aplikasi DanaRupiah akan dikenakan bunga 1% per hari.

3. Apakah Pinjol Bisa Cair Lewat DANA?

Ada sejumlah aplikasi pinjam saldo DANA online pinjol yang bisa kamu gunakan untuk meminjam uang, di antaranya seperti DanaRupiah dan JULO. Nantinya, uang tersebut akan langsung dicairkan lewat akun DANA milikmu.

Hanya saja, jangan mudah tergiur apabila ada platform pinjam saldo dana online yang mengklaim jika mereka melayani proses cara pinjam uang di DANA tanpa KTP. Adapun layanan pinjol yang Jaka rekomendasikan di sini sudah terjamin aman karena diawasi oleh OJK. Jadi harus cermat-cermat, ya.

4. DANA itu Termasuk Bank Apa?

DANA bukanlah badan usaha yang setara dengan bank atau kantor perbankan. DANA adalah sebuah platform dompet digital yang memiliki lisensi resmi dan telah memperoleh izin dari Bank Indonesia. Namun DANA telah bekerja sama dengan beberapa bank untuk memudahkan pelayanan seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI, Panin Bank, Bank Permata, CIMB NIAGA, BTN, dan Bank Sinar Mas.

5. Apakah Bisa Pinjam Uang di Aplikasi DANA Lewat WhatsApp?

Hal ini tidak bisa dilakukan. DANA dan WhatsApp adalah dua aplikasi berbeda. WhatsApp hanya berperan sebagai media bagi kita untuk membagikan kode QR kepada kerabat yang bersedia meminjamkan uangnya.

6. Berapa limit pinjam uang di DANA?

Limit pinjaman yang bisa kamu ajukan lewat akun DANA bisa beragam tergantung limit yang diberikan oleh pinjol selaku sumber penyedia pinjaman.

7.Apakah DANA Ada DC Lapangan?

DANA DC Lapangan
Sumber foto: Finansial Bisnis - DANA Ada DC Lapangan

Pada dasarnya, pihak DANA tidak memiliki tim debt collector. Hal itu karena DANA merupakan aplikasi e-wallet biasa. Namun jika kamu menggunakan pinjol (pihak ketiga) untuk mendapatkan pinjaman via DANA, maka bisa jadi layanan pinjol tersebut memiliki DC lapangan. Sebaiknya cek lagi ketentuan penagihan dari APK pinjol yang kamu pakai.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa metode dan cara pinjam uang di DANA. Meminjam uang melalui DANA Premium menawarkan solusi praktis dan aman untuk kebutuhan finansialmu.

Dengan proses yang mudah, cepat, dan tanpa jaminan, kamu dapat mengakses dana pinjaman yang dibutuhkan. Namun ingat, manfaatkan fitur DANA Premium dengan bijak dan hanya gunakan cara yang legal ya. Semoga bermanfaat!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal