Microsoft Berencana Akuisisi Discord Ratusan Triliun | Kabar Baik atau Buruk?

Default

Kalau kamu hobi main game, pasti sudah gak asing dengan Discord, dong? Software chatting (voice, text, & video) satu ini memang ditujukan kepada gamers untuk berkomunikasi dalam game.

Gak hanya untuk platform PC, Discord juga bisa digunakan di HP, geng. Kerennya lagi, software ini bisa kamu gunakan secara gratis, namun kamu juga bisa berlangganan Discord Nitro untuk mendapatkan lebih banyak benefit.

Menurut rumor yang berkembang, Microsoft berencana untuk mengakuisisi alias membeli Discord, geng. Kabarnya sih, Discord rela dibeli asal Microsoft menggelontorkan dana lebih dari 10 miliar dollar AS atau sekitar Rp144,5 triliun.

Harga fantastis tersebut bukan tanpa alasan. Berdasarkan laporan, Discord memiliki 140 juta pengguna aktif tiap bulannya dan memeroleh pendapatan Rp1,8 triliun di tahun 2020 saja.

1 Cb6b6

Jumlah monthly user tersebut disebut hampir menyaingi media sosial Twitter yang memiliki 192 juta pengguna aktif tiap bulannya.

Gak hanya Microsoft, perusahaan teknologi raksasa lainnya yaitu Epic Games dan Amazon juga sempat tertarik untuk membeli Discord. Namun, pembicaraan tersebut nampaknya gak berlangsung mulus.

Kabar rencana akuisisi ini nampaknya juga berdampak baik untuk Microsoft. Pasalnya, harga saham Microsoft langsung meningkat 1,2% setelah kabar tersebut beredar.

Di awal Maret 2021 kemarin, Microsoft juga telah sukses mengakuisisi studio game Bethesda dan perusahaan induknya, ZeniMax Media senilai 7,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp108 triliun.

Akuisisi Microsoft atas Bethesda merupakan upaya Microsoft Xbox untuk memperluas rangkaian fitur langganannya yang terintgrasi dengan penawaran Xbox Game Pass.

2 F91b8

Beberapa tahun belakangan, Microsoft memang sedang gencar membangun ekosistem gaming yang superior. Salah satunya adalah dengan membangun platform streaming game, Mixer yang sayangnya gagal menyaingi Twitch.

Mengakuisisi Discord bisa dibilang adalah upaya Microsoft untuk masuk ke dalam pasar media sosial setelah sebelumnya gagal membeli TikTok pada 2020.

Selain itu, Microsoft juga adalah satu-satunya perusahaan yang secara legal mampu untuk membeli Discord dengan nilai Rp144,5 triliun.

Perusahaan game raksasa lain seperti Nintendo, EA, atau Epic Games pun gak rela mengeluarkan uang sebanyak itu. Facebook sih sebenarnya mampu, namun gak bakal diizinkan pemerintah karena berpotensi melanggar undang-undang Antitrust.

3 F7fd9

Antitrust merupakan kebijakan pemerintah untuk menangani monopoli dengan menghentikan penyalahgunaan kekuatan pasar oleh perusahaan-perusahaan besar.

Antitrust juga bertujuan untuk mencegah merger dan akuisisi perusahaan yang akan menciptakan atau memperkuat monopoli.

Facebook juga saat ini sedang menghadapi 2 tuntutan Antitrust setelah sebelumnya mengakuisisi Instagram dan WhatsApp. Daripada nasibnya sama seperti Alibaba milik Jack Ma, mendingan gak usah, deh.

Kira-kira, apakah Discord akan jatuh ke tangan Microsoft? Kita tunggu saja tanggal mainnya, geng!

Baca artikel mengenai Berita atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

BACA JUGA

Daftar Korban Keganasan Netizen Indonesia 2021 | Dayana Hingga All England!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.6.4 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Artis Indonesia yang Nikah Sama Pemuka Agama | Adem Ayem Dunia-Akhirat

Download KineMaster Diamond APK v4.14.4 Tanpa Watermark, Gratis!

Bikin Shock! Selebtwit Cantik Asal Jepang Ini Ternyata Om-om 50 Tahun

ARTIKEL TERKAIT
Tags Terkait: microsoft
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal