Jack Ma Bukan Lagi Orang Terkaya Nomor 1 di China, Konspirasi Pemerintah?

Siapa sih yang gak kenal dengan Jack Ma? Sejak tahun 2019 lalu, nama pendiri Alibaba dan Ant Group ini selalu terpampang di urutan paling atas dalam daftar orang terkaya di China.

Kesuksesan bisnisnya yang menggurita bikin Jack Ma merajai ekonomi di China. Namun sayang, kejayaannya sebagai orang terkaya nomor 1 di China selama 2 tahun berturut-turut harus berhenti.

Berdasarkan laporan dari Hurun Global Rich List 2021, Jack Ma tercatat memiliki kekayaan senilai 48,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp694,5 triliun.

Jumlah tersebut bikin Jack Ma harus rela menduduki peringkat keempat dalam daftar orang terkaya di China. Data serupa juga dirilis oleh majalah bisnis Amerika, Forbes.

Peringkat pertama kini ditempati oleh Zhong Shanshan, pendiri perusahaan air minum kemasan Nongfu Spring sekaligus pemilik perusahaan farmasi pengembang vaksin Covid-19, Beijing Wantai Biological Pharmacy.

Zhong Shanshan tercatat memiliki kekayaan Rp1,06 biliun. Disusul Ma Huateng (Tencent) di posisi kedua dengan Rp968 triliun, dan Collin Huang (Pinduoduo) di posisi ketiga dengan Rp886 triliun.

Awal Kejatuhan Jack Ma

Jack Ma E463e

Lengsernya Jack Ma dari urutan pertama dari daftar orang terkaya di China ini dipicu oleh pidatonya pada 24 Oktober 2020 lalu yang mengritik pemerintah China terkait regulasi keuangan.

Imbasnya, regulator China menangguhkan rencana IPO (Initial Public Offering) ANT Group senilai 37 miliar dollar AS, hanya beberapa hari sebelum saham perusahaan dilepas ke publik.

Selain itu, regulator China juga mengekang dan memperketat pengawasan mereka terhadap Alibaba & Ant Group atas dasar dugaan monopoli bisnis.

Regulator pun langsung meluncurkan penyelidikan anti-trust secara resmi ke Alibaba pada Desember lalu. Sejak saat itu, pengawasan dalam sektor teknologi dan Fintech semakin ketat.

Kedua hal inilah yang dinilai para peneliti dari Hurun sebagai pemicu kejatuhan Ma. Mereka pun menambahkan kalau Ma akan sulit kembali ke posisi semula apabila masih "dikekang" oleh pemerintah China.

Sempat Menghilang 3 Bulan

Jack Ma2 949e6

Semenjak kritiknya kepada pemerintah China, Jack Ma dikabarkan menghilang. Hal ini mulai tercium publik setelah Jack Ma gak hadir dalam acara TV Dragons Den-style Africa's Business Heroes di mana ia menjadi juri.

Fotonya sebagai juri di halaman web acara pun juga dihapus. Katanya, sih, ia mengundurkan diri karena bentrokan jadwal. Anehnya, beberapa hari sebelum kejadian, Jack Ma nge-tweet gak sabar untuk ketemu kontestan.

Hal ini cukup mengherankan mengingat Jack Ma adalah orang yang suka banget muncul di TV. Publik pun berspekulasi bahwa Jack Ma "dihilangkan" oleh pemerintah China.

Pasalnya, hal ini tidaklah mustahil untuk terjadi. Seorang taipan properti bernama Ren Zhiqiang tiba-tiba menghilang setelah menyebut presiden Xi Jinping seorang "badut" karena gagal menanggulangi virus Corona.

Beberapa bulan kemudian, Ren muncul kembali dan langsung dijatuhi hukuman penjara 18 tahun setelah secara "sukarela dan jujur" mengakui korupsi yang ia lakukan.

Tiga bulan pasca menghilang, Jack Ma akhirnya kembali tampil di publik dalam sebuah video pendek berdurasi 50 detik di mana ia memberi sambutan kepada para guru penerima Jack Ma Rural Teachers Award.

Hal ini mematahkan teori bahwa Jack Ma dihilangkan. Bisa saja Jack Ma memang sengaja menghindari sorotan publik atau sibuk mengunjungi para guru di pedesaan.

Akhir Kata

Setelah membaca berita di atas, menurut kamu apakah ini beneran konspirasi pemerintah China? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya, geng!

Sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya.

Baca artikel mengenai Berita atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT
Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli Di Media Sosial Banner A306e
Waspada Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli di Medsos, Jangan Salah Ngomong!
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Ingin Mengharamkan Daging Sapi Banner 58436
Bill Gates Ingin Mengharamkan Daging Sapi, Apa Alasannya?
Paus Terdampar Di Madura Banner Bc31a
52 Paus Terdampar di Pantai Madura Jadi Fenomena Langka, Apa yang Terjadi?
Samsung Galaxy A02 Rilis Di Indonesia Banner 2c28b
Samsung Galaxy A02 Resmi Rilis di Indonesia, Berapa Harganya?
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Korea Utara Berusaha Hack Teknologi Vaksin Covid 19 Banner Db26a
Korea Utara Kabarnya Coba Hack Teknologi Vaksin COVID-19, Mau Bikin Sendiri?
Benarkah Gojek Dan Tokopedia Akan Merger Banner 19cde
Benarkah Gojek dan Tokopedia Akan Merger? Ini Faktanya
Misteri Lubang Raksasa Di Siberia Banner 51f59
Misteri Lubang Raksasa di Siberia, Tempat Mendarat UFO?
Tags Terkait: china
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal