Cara Unlock IMEI iPhone Terbaru 2022, Buka Layanan Seluler yang Terblokir!

Default

Cara unlock IMEI iPhone bisa dibilang gampang-gampang susah. Soalnya, bagian satu ini berkaitan banget dengan kebijakan pemerintah dan operator seluler.

Bagi kamu yang belum tahu, IMEI adalah kode penting yang menandakan identitas suatu telepon seluler. Nggak hanya untuk Android, tapi juga untuk iPhone.

Kalau IMEI HP sampai diblokir, artinya kartu SIM yang dipakai tidak akan bisa digunakan untuk mengirim SMS, melakukan panggilan, atau bahkan mengakses internet.

Lantas, kenapa IMEI bisa sampai terblokir? Bagaimana cara cek IMEI yang terblokir? Apa ada cara untuk unblock IMEI yang terblokir? Jawabannya bisa kamu temukan di artikel berikut. Simak sampai tuntas, ya

Apa itu IMEI? Apa Pentingnya Bagi HP?

Cara Mengetahui Imei Iphone Ef30f
Sumber foto: Apa itu IMEI

Sebelumnya, Jaka mau mengulas sedikit soal IMEI dan fungsinya. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, alias identitas bagi peralatan seluler internasional.

IMEI biasanya berupa 15-17 digit kode yang menandakan keunikan sebuah telepon seluler. Kode ini juga bukti kalau suatu perangkat teridentifikasi secara resmi oleh produsen HP.

IMEI juga digunakan sebagai syarat mutlak aktivasi jaringan GSM (Global System for Mobile Communication). Kalau HP nggak punya IMEI, IMEI-nya nggak terdaftar, atau IMEI-nya terblokir, maka kamu nggak akan bisa menikmati fasilitas jaringan GSM.

Sebut saja mengirim SMS, melakukan panggilan, atau bahkan mengakses internet. Kamu juga bahkan nggak bisa menikmati layanan sosial media, perbankan, dan lainnya yang membutuhkan nomor HP aktif.

IMEI harus terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin IMEI) dan Bea Cukai melalui serangkaian proses. Terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk membuktikan kamu pemilik asli ponsel tersebut atau bukan.

Kamu bisa mengetahui IMEI HP-mu dengan menekan *#60# atau melalui menu pengaturan di HPmu.

Penyebab IMEI iPhone atau Android Terblokir

Imei Hp C7ec5
Sumber foto: Penyebab IMEI Keblokir

Kamu pasti bertanya-tanya, kenapa bisa IMEI yang sudah terdaftar malah diblokir pemerintah. Nah, inilah beberapa alasannya.

Pertama, biasanya karena HP tersebut merupakan ponsel yang sebelumnya hilang. Pemilik ponsel tersebut melaporkan kehilangannya ke kantor Polisi. Polisi berkoordinasi dengan operator seluler untuk memblokir kartu SIM di HP tersebut.

Pemblokiran dilakukan supaya tidak terjadi penyalahgunaan oleh orang lain yang menemukan ponsel tersebut.

Kedua, biasanya IMEI diblokir karena HP tersebut merupakan barang yang dijual di black market (BM).

Black market adalah istilah untuk pasar yang menjual barang-barang, utamanya elektronik, secara ilegal. Yap, barang yang dijual di BM tidak melalui proses perpajakan, makanya biasanya lebih murah dari harga asli.

Biasanya, IMEI yang terblokir bikin HP kamu nggak bisa menangkap sinyal. Jadi, bar sinyalmu cuma 1 atau bahkan nggak ada sama sekali.

Cara Mengecek IMEI HP Terblokir atau Tidak

Imei Iphoe 9d4e9
Sumber foto: Cara cek IMEI

Untuk memastikan IMEI HPmu terblokir atau tidak, kamu bisa melakukan cara yang Jaka beberkan di bawah ini.

  1. Aktifkan mode pesawat selama 30 detik
  2. Copot kartu SIM-mu dan pasang kembali
  3. Hidupkan HP
  4. Lakukan factory reset
  5. Lakukan setting APN baru
  6. Jika kartumu dapat menangkap sinyal, IMEI-mu aman
  7. Jika kartumu masih susah dapat sinyal, kemungkinan IMEI HP-mu diblokir

Jaka akan menjelaskan sedikit tentang factory reset. Fungsi ini dijalankan kalau kamu mau mereset semua pengaturan di HP dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik.

Jadi, bagian dalam ponselmu akan sama seperti HP yang baru diproduksi. Factory reset bisa kamu akses di Settings lalu di bagian General Management.

Tapi, hati-hati, geng. Factory reset artinya menghapus semua data yang ada di HP, baik itu dokumen, foto, video, aplikasi, dan lainnya. Pastikan kamu sudah memback-upnya dulu, ya.

Nah, kalau setting APN baru itu gunanya untuk menghubungkan perangkat kamu ke layanan seluler. Kamu wajib melakukan pengaturan ini supaya bisa mengirim SMS, menelpon, dan mengakses internet.

Cara setting APN biasanya berbeda tiap operator seluler. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca artikel Jaka di bawah ini.

Cara Setting Apn Internet Android Banner B5b63
Cara Setting APN Internet HP Semua Operator (Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, AXIS, 3 Dan Smartfren)
Pernah merasakan internet HP lemot parah? Mungkin kamu belum mengetahui cara setting APN internet untuk HP Android. Ini ulasan lengkap semua operator!
LIHAT ARTIKEL

Cara Unlock IMEI iPhone dan Android

Imei Iphone Diblokir A9429
Sumber foto: Cara Unlock IMEI

Nah, geng, kalau dari hasil pengecekan ternyata IMEI kamu diblokir, langkah yang bisa kamu lakukan tentu saja ialah membuka blokir tersebut.

Namun, menurut Jaka, langkah ini cukup tricky. Soalnya, kalau kamu pengen buka blokir IMEI, kamu harus membuat laporan kehilangan ke kantor polisi.

Setelahnya, surat ini bisa kamu bawa ke gerai operator selulermu. Dengan begitu, mereka akan membuka blokir IMEI-mu.

Namun, terdapat biaya administrasi dan jasa lainnya yang akan kamu keluarkan jika mengurus hal ini. Cara ini juga cukup rumit dan memakan waktu.

Makanya, kebanyakan orang menggunakan jasa unlock IMEI iPhone, Android, dan HP lainnya. Jasa unlock ini menjanjikan IMEI HP bisa berfungsi secara normal.

Para penjaja jasa unlock IMEI HP bisa ditemui di berbagai marketplace seperti Shopee, Bukalapak, dan forum online Facebook, Kaskus, dan lainnya.

Harga unlock IMEI iPhone sekitar Rp100.000 hingga Rp180.000 per jasa, bervariasi tergantung garansinya. Ada yang garansi 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, hingga unlock IMEI iPhone permanen. Lebih lama pastinya lebih mahal.

Tentu saja, praktik ini ilegal karena tidak sesuai dengan prosedur yang diberikan pemerintah. Menurut informasi yang Jaka himpun dari forum online Quora, cara ini merupakan cara tercepat untuk membuka blokir IMEI iPhone atau Android.

Tips Agar IMEI iPhone Tidak Terblokir

Nomor Identitas Telepon Seluler International Mobile Equipment Identity Imei 130703215551 456 D0e85
Sumber foto: Tips IMEI Tidak Terblokir

Nah, kalau kamu ingin IMEI HP kamu terbebas dari blokir pemerintah, kamu bisa melakukan tips dari Jaka berikut ini.

1. Beli HP di Toko Resmi

HP yang dijual di toko resmi tentu memiliki identitas yang valid dan bisa dibuktikan. IMEI HPnya sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian, jadi nggak akan diblokir.

Hindari membeli HP di forum yang tidak terpercaya, karena bisa saja suplainya berasal dari black market. Kalau sudah begini, IMEI-nya pasti akan terblokir.

2. Daftar IMEI iPhone ke Kemenperin dan Bea Cukai

Seperti yang Jaka sebutkan, ponsel black market tidak terdaftar di database pemerintah. Sebelum akhirnya diblokir pemerintah, kamu bisa mendaftarkan IMEI HP ini ke Kementerian Perindustrian dan Bea Cukai.

Cara lengkap mendaftarkan IMEI HP bisa kamu baca selengkapnya di artikel Jaka berikut!

Cara Daftar Imei 59054
2 Cara Daftar IMEI Untuk HP Yang Tidak Terdaftar Di Kemenperin, Hindari Pemblokiran!
Ingin tahu cara daftar IMEI? Agar HP tidak diblokir oleh pemerintah, kamu bisa cek cara daftar IMEI di Kemenperin berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Demikian cara dan tips unlock IMEI iPhone yang bisa Jaka sampaikan. Kalau IMEI HP kamu terlanjur diblokir, lebih baik kamu mengurusnya langsung ke operator selulermu.

Jaka tidak menyarankan kamu untuk menggunakan jasa unlock IMEI karena sifatnya ilegal. Bukan nggak mungkin, kamu malah terjerat kasus hukum jika melakukan cara ini.

Selain itu, Jaka juga menyarankan kamu untuk membeli ponsel dari official store-nya. Lebih aman dan bebas dari blokir IMEI tentunya. Selamat mencoba, geng!

Baca juga artikel Tips, Finance, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal