Cara Daftar IMEI untuk HP yang Tidak Terdaftar di Kemenperin, Biar Gak Keblokir!

Cara daftar IMEI menjadi suatu hal yang penting di era sekarang. Apalagi, mulai tanggal 18 April 2020 lalu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI resmi memberlakukan pemblokiran ponsel black market (BM).

Oleh karena itu, semua pengguna ponsel di Indonesia baik smartphone Android maupun iPhone terbaru dan beli di luar Indonesia diwajibkan untuk mendaftarkan IMEI sebelum tanggal tersebut.

Apabila kamu membeli HP tersebut setelah tanggal 18 April 2020 dan nomor IMEI-nya tidak terdaftar, maka kamu harus mendaftarkannya dengan cara daftar IMEI di Kemenperin berikut ini.

Apa Itu IMEI?

Daftarkan Imei 57699

Apa itu IMEI? IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Pemerintah mulai menerapkan pemblokiran HP black market sejak 18 April 2020 lalu. Hal tersebut dilakukan untuk menekan penyelundupan ponsel dan juga mendukung industri yang kondusif dalam negeri.

Selain itu, pemblokiran ini juga dilakukan untuk melindungi masyarakat dari perangkat yang ilegal.

Sehingga apabila nomor IMEI ponsel tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) maka ponsel tersebut bisa diblokir.

Kabar baiknya, bagi kamu yang membeli ponsel dengan berbelanja di luar negeri baik membeli sendiri (hand carry) maupun lewat ekspedisi tetap bisa daftarkan IMEI ponselnya secara mandiri.

Meskipun pemblokiran HP black market masih cukup sulit untuk dilakukan, namun pemerintah terus berupaya untuk merealisasikannya.

Syarat Mendaftarkan IMEI

Cara Daftar Imei Hp Luar Negeri 98773

Sebelum kita menuju cara daftar IMEI HP luar negeri, sebaiknya kamu mengetahui syarat-syarat untuk registrasi IMEI Indonesia di Kemenperin.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut, setiap individu diperbolehkan membeli ponsel maksimal dua (2) unit dari luar negeri.

Kemudian, nilai kedua unit ponsel tersebut tidak boleh lebih dari 500 dolar AS (setara dengan Rp7,3 juta), baik hand carry maupun pengiriman.

Apabila melewati batas nilai harga dan jumlah unit tersebut, maka pengguna yang kelebihan membawa unit ponsel akan disita dan diperbolehkan membawa pulang hanya dua (2) unit saja.

Jika ada kelebihan nilai, maka akan dikenakan biaya PPN 10 persen dan PPH 7,5 persen dari harga.

Sementara itu, bagi ponsel asal luar negeri yang dimasukkan ke Indonesia melalui perusahaan jasa kiriman, proses registrasi IMEI akan dilakukan oleh perusahaan jasa kiriman melalui Bea Cukai.

Bagi turis asing yang menggunakan kartu SIM asing tidak perlu melakukan registrasi. Apabila ingin menggunakan kartu SIM Indonesia, dapat melakukan pendaftaran di gerai operator seluler untuk mendapatkan akses 90 hari.

Skema pemblokiran IMEI juga berlaku untuk HP yang hilang atau dicuri, sehingga tidak dapat digunakan kembali oleh orang lain. Namun, hal ini perlu didukung dengan surat bukti kehilangan dan melapor ke operator seluler.

Semua HP BM, baik baru atau bekas, yang diaktifkan dengan layanan operator Indonesia setelah 18 April 2020 tidak akan bisa dipakai lagi (tidak dapat menggunakan sinyal selular).

Pemberlakuan blokir IMEI hanya dilakukan untuk perangkat HKT (handphone, komputer genggam, dan tablet), tidak termasuk untuk laptop.

Cara Daftar IMEI di Kemenperin

Cara daftar IMEI HP yang tidak terdaftar bisa dilakukan bagi kamu yang membeli ponsel dari luar negeri.

Pendaftaran ini bisa dilakukan secara mandiri melalui aplikasi daftar IMEI bernama Mobile Bea Cukai atau mengakses situs web www.beacukai.go.id/register-imei.html.

Lalu ikuti cara daftar IMEI iPhone maupun Android berikut ini:

1. Buka aplikasi Mobile Bea Cukai

Cara Mendaftar Imei 3c3ab
  • Download aplikasi Mobile Bea Cukai terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini:
Unnamed 16 5592c
Mobile Beacukai Latest Version
Apps Utilities Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
DOWNLOAD
  • Setelah aplikasi ter-install, buka aplikasi dan klik IMEI untuk memulai cara mendaftar IMEI. Jangan lupa cek nomor IMEI terlebih dahulu untuk memastikan ponsel tersebut sudah terdaftar atau belum.

2. Isi Data Diri

Registrasi Imei Indonesia 6fc2b
  • Kemudian kamu akan diarahkan untuk pengisian formulir. Yang pertama kamu harus mengisi data diri dan data penerbangan kamu.

  • Isi dengan lengkap kemudian klik Next untuk menuju formulir selanjutnya.

3. Isi Detail Barang

Cara Daftar Imei Di Kemenperin B2012
  • Selanjutnya, isi detail barang yang sudah kamu beli di luar negeri. Jelaskan secara detail merek, tipe, dan jangan lupa nomor IMEI dari ponsel tersebut.

  • Kalau kamu mau tau cara cek IMEI untuk iPhone dan iPad, buka pengaturan > umum. Lalu pilih mengenai dan cari nomor serinya. Biasanya IMEI/MEID dan ICCID ada di bagian bawah.

Atau kamu bisa baca artikel di bawah ini untuk informasi lengkapnya.

Cara Melihat Nomor Imei Smartphone Cina Android Iphone Banner
Cara Melihat Nomor IMEI Di Android, IPhone Dan Smartphone Cina Lainnya
IMEI digunakan untuk melacak dan memblokir smartphone kamu. IMEI juga digunakan untuk melihat keaslian dari smartphone tersebut ketika ingin dijual atau beli. Berikut ini cara melihat nomor IMEI di Android, iPhone dan Smartphone cina lainny
LIHAT ARTIKEL

4. Simpan Formulir

Cara Daftar Imei Iphone B6c73
  • Setelah semua data lengkap dan benar, simpan formulir dengan klik Complete. Setelah itu kamu akan mendapatkan QR Code dan Registration ID.

  • Selanjutnya kamu perlu datang ke kantor Bea Cukai, di mana petugas akan melakukan scanning QR Code di bagian pemeriksaan Bea Cukai.

Setelah semua urusan dengan bagian pajak dan pemeriksaan selesai, kamu akan mendapatkan persetujuan oleh pejabat Bea Cukai. Nomor IMEI dari dua unit ponsel yang kamu beli dari luar negeri otomatis terdaftar dan bisa digunakan di Indonesia.

Akhir Kata

Demikian cara daftar IMEI di Kemenperin yang bisa kamu lakukan apabila kamu telah membeli ponsel di luar negeri dan nomor IMEI-nya belum terdaftar di Indonesia.

Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir kalau nanti ponsel baru kamu nggak bisa dipakai begitu sampai di Indonesia. Selamat mencoba ya, geng!

Baca juga artikel seputar Blokir HP atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Android Studio
Cara Mudah Membuat Aplikasi Android untuk Pemula
Aplikasi Dan Game Wajib Install 5b58a
10 Aplikasi & Game Android Terbaru yang Wajib Kamu Tahu
Game Penghasil Pulsa B835a
12 Aplikasi & Game Penghasil Pulsa Tercepat, No Tipu-Tipu!
Fa7d05447c6ace689d45e2af0e2d845a
10 Aplikasi Android Paling Berguna yang Tidak Ada di iPhone dan iPad
Aplikasi Lokal Populer E4e26
10 Aplikasi Android Lokal Karya Anak Bangsa Paling Populer di Google Play Store
Aplikasi Android Paling Mahal
10 Aplikasi Android Paling Mahal yang Bisa Bikin Miskin!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal