J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Tips Memilih Smartphone yang Paling Pas Untukmu, Poin Terakhir Paling Penting!

6 Tips Memilih Smartphone yang Paling Pas Untukmu, Poin Terakhir Paling Penting!

Jumat, 13 Okt 2017, 12:30 WIB
Kali ini Jaka akan memberikan beberapa tips untuk pemula yang akan membeli smartphone. Mau tahu? Simak selengkapnya yuk!

Perkembangan smartphone saat ini sangatlah pesat. Para produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat smartphone terbaru. Bahkan hampir setiap bulan selalu ada smartphone baru yang keluar di pasaran.

Namun, banyaknya pilihan merek dan produk smartphone pastinya akan membuat bingung para pemula untuk memilih smartphone yang akan mereka beli. Nah, karena itu kali ini Jaka akan memberikan beberapa tips untuk pemula yang akan membeli smartphone. Mau tahu? Simak selengkapnya yuk!

BACA JUGA
  • 10 Tips Membeli iPhone Bekas Mulus dan Berkualitas, Biar Gak Kena Tipu!
  • 10 Tips Menjual HP Bekas dengan Harga Tinggi
  • Walau Mahal, Ini 8 Alasan Orang Pilih iPhone Daripada Android!

6 Tips Memilih Smartphone yang Paling Pas Untukmu, Poin Terakhir Paling Penting!

1. Tentukan Biaya untuk Pembelian Smartphone

7268f10190feaf956cc5bcc74c61d3c1

Dana untuk membeli smartphone adalah hal yang paling penting. Meskipun bagi beberapa orang dana untuk smartphone bisa menyesuaikan, ada baiknya kamu memperkirakan dana yang akan dikeluarkan.

Berapa kisaran dana yang akan dikeluarkan untuk membeli sebuah smartphone? Kamu bisa memperkirakan dana semisal antara Rp2.000.000 sampai dengan Rp3.500.000.

2. Tentukan Fungsi Utama Smartphone yang Akan Digunakan

10235569f402dfcb00d30cf76c11dc58

Banyak sekali orang tidak mengerti fungsi keunggulan dari smartphone yang akan mereka beli. Mereka hanya tergiur dengan spesifikasi tinggi, tetapi tidak mengerti fungsi utama atau keunggulan smartphone tersebut. Sebagai contoh, smartphone bermerk Oppo ataupun Vivo memiliki fungsi utama atau keunggulan di sektor kamera, namun kurang dalam sektor kekuatan kinerja berat semisal untuk bermain game.

Sedangkan ada beberapa smartphone produksi Xiaomi yang mengunggulkan kinerja berat sehingga cukup ringan jika digunakan untuk bermain game, tetapi kurang baik dari sektor kamera. Ada pula smartphone standar yang hanya memiliki kualitas seadanya yang biasa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan ringan seperti smartphone produksi Samsung, Huawei, Asus, Acer, dan lain-lain.

3. Kenali Jenis Smartphone

402f4f5367514cb081f2423c085ab8b8

Kamu juga harus mengetahui jenis-jenis smartphone yang ada di pasaran. Maksud dari jenis-jenis ini adalah smartphone tersebut adalah smartphone low-end, mid-end, atau high-end.

Low-end berarti smartphone tersebut untuk kalangan bawah dengan harga sangat murah. Mid-end untuk kalangan menengah dengan harga yang tidak terlalu murah, tetapi juga tidak terlalu mahal. Sedangkan high-end atau sering disebut flagship adalah smartphone premium untuk kalangan atas dengan harga yang mahal. Pembagian jenis-jenis tersebut juga menentukan kualitas dari smartphone tersebut.

4. Tentukan Spesifikasi Smartphone yang Akan Digunakan

96aee7db465547ab21e538c7f7d2e161
Menentukan smartphone yang akan digunakan cukup penting. Minimal kamu harus mengetahui prosesor (dualcore, quadcore, ataupun octacore), besaran RAM dan memori internal, jaringan sinyal (2G, 3G, ataupun 4G), slot SIM card (single SIM, dual SIM ataupun hybrid), dan ukuran kamera (8 MP, 12 MP, 16 MP ataupun 20 MP).

Tentukan spesifikasi mana yang akan kamu pilih. Jangan sampai karena memilih spesifikasi yang rendah, tetapi penggunaan kamu berat sehingga smartphone jadi sering error. Atau malah kamu memilih spesifikasi tinggi tetapi penggunaan biasa-biasa saja dan membuat fungsi smartphone kurang maksimal.

5. Cari Review Tentang Smartphone yang Akan Dibeli

4029670b80d9a95908a8f74dc64fb58a
Setelah menentukan smartphone yang akan kamu beli, lebih baik kamu mencari review tentang smartphone pilihanmu itu. Kamu bisa mancari review di internet ataupun menanyakan kepada kenalan yang menggunakan smartphone yang sama.

6. Tanyakan Garansi Pada Penjual

D8c25a7ecf722094fcc9038a9fc578dc
Setelah mantap dengan smartphone yang kamu pilih dan akan membelinya, jangan lupa tanyakan garansi smartphone yang akan kamu beli. Sebab zaman sekarang ada bermacam-macam garansi. Bila tidak hati-hati, maka kamu akan dirugikan.

Sebagai contoh, ada garansi toko yang merupakan garansi dari toko penjual smartphone tersebut. Biasanya ada tukar unit bila terjadi masalah setelah pembelian, klaimnya pun cukup mudah, tergantung kebijakan dari penjual smartphone tersebut. Garansi resmi merupakan garansi nasional yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ini adalah garansi yang bisa dibilang aman bila kamu membeli smartphone, sebab cukup mudah untuk klaim garansi.

Ada pula garansi distributor, yaitu garansi dari perusahaan pengimpor smartphone. Garansi ini yang banyak diberlakukan pada smartphone sekarang ini. Klaim garansi ini memerlukan waktu yang cukup lama, paling cepat bisa 1 bulan dan paling lama bisa berbulan-bulan.

Itulah beberapa tips untuk para pemula yang ingin membeli smartphone, yang saat ini semakin banyak pilihannya di pasaran. Setelah membaca artikel ini semoga kamu tidak salah membeli smartphone sesuai kebutuhan ya!

ARTIKEL TERKAIT
Banner Amixem Softwarenasa

Mau Jadi Astronot? Wajib Coba 20+ Software Dari NASA Ini, Gratis!

Banner Moresky Ebookhack

Mau Jadi Hacker Profesional? Nih 35+ eBook Tentang Hacking GRATIS!

Banner Googledevelopersblog Launchpad

Dukung Startup Digital, Google Buka Launchpad Accelerator Kelas 4

Banner Jalantikus M650

Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!

Banner Freeformers Bitcoinemas

Meroket! 1 Bitcoin Makin Mahal, Lebihi Harga Emas 1 Ons

APPS TERKAIT
Commtorresphonetester206jalantikus Icon
Phone Tester (hardware info) 2.0.6
Apps Miguel Torres
Aida64 Icon
AIDA64 1.45
Apps Devi
Comossibussoftwaredeadpixeltest20 Icon
Dead Pixel Test 2.0
Apps Ossibus Software
Antutu Benchmark
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

Jangan Terjebak Iklan! 5 Hal Ini WAJIB Kamu Perhatikan Sebelum Ganti Smartphone

Jangan Terjebak Iklan! 5 Hal Ini WAJIB Kamu Perhatikan Sebelum Ganti Smartphone

Jangan Asal, Hindari 5 Hal Ini Ketika Membeli Smartphone Baru!

Jangan Asal, Hindari 5 Hal Ini Ketika Membeli Smartphone Baru!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal