J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Mana Yang Lebih Penting, RAM Lebih Cepat Atau RAM Lebih Besar?

              Mana Yang Lebih Penting, RAM Lebih Cepat Atau RAM Lebih Besar?

              00
              Kamis, 20 Apr 2017, 18:30 WIB
              Ketika hendak membeli RAM, manakah yang lebih dibutuhkan? Kapasitas besar atau kecepatannya? Untuk lebih jelas, simak pembahasan Jaka berikut yuk!

              RAM atau Random Access memory merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah perangkat komputer yang bertugas sebagai media penyimpanan sementara ketika komputer sedang dinyalakan. Selain itu, RAM juga berfungsi untuk mendukung berbagai aktivitas seperti ketika kita sedang melakukan editing atau bermain game.

              Sejauh ini, sebagian besar orang berpendapat kalau memiliki RAM dengan kapasitas besar itu akan lebih baik, sementara sebagian kecil lainnya berpendapat kalau kecepatan merupakan hal yang wajib diutamakan ketika hendak membeli RAM sehingga muncul pertanyaan manakah yang lebih dibutuhkan? Apakah kapasitas RAM yang lebih besar ataukah RAM dengan kecepatan tinggi? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, sebaiknya kalian simak dahulu pembahasan Jaka kali ini terkait dengan RAM (Random Access Memory).

              BACA JUGA
              • 4 Cara Untuk Meningkatkan Performa RAM Komputer
              • 4 Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengganti atau Menambah RAM Laptop
              • Anti Lemot, Ini Cara Menambah RAM HP Android | No Root!

              Mana Yang Lebih Penting, RAM Lebih Cepat Atau RAM Lebih Besar?

              1. Kenapa RAM Dibutuhkan?

              RAM pada dasarnya digunakan oleh komputer kalian untuk menyimpan sementara berbagai file perangkat lunak sehingga bisa dengan mudah dan cepat diakses ketika dibutuhkan. Tanpa adanya RAM pada suatu perangkat komputer, sudah pasti perangkat komputer kalian tidak akan bisa menjalankan perangkat lunak apa pun, termasuk sistem operasi yang kalian instal karena file perangkat lunak tadi tidak memiliki tempat untuk menyimpan data yang akan diakses.

              2. Mana yang Lebih Penting Antara Kapasitas dan Kecepatan RAM?

              105815df174ef9bbb3c3e29959c641c1
              Foto: makeuseof.com

              Pada label yang tertera di kepingan RAM, kalian pasti akan melihat sejumlah keterangan seperti ukuran kapasitas RAM (dalam satuan MB, GB, TB) dan kecepatan RAM itu sendiri yang tertera dalam satu Mhz atau Ghz.

              Ukuran kapasitas RAM sendiri akan sangat mempengaruhi kemampuan perangkat komputer yang kalian gunakan. Semakin besar kapasitas RAM yang kalian gunakan, maka kemungkinan penggunaan Hard Drive kalian sebagai penyimpanan file sementara (temporary) akan semakin kecil.

              Sebagai catatan, ketika Hard Drive kalian digunakan sebagai penyimpanan file sementara, akses ke file sementara tersebut atau yang biasa disebut temporary files akan jauh lebih lambat dibandingkan ketika temporary files tersebut disimpan di RAM. Selain itu, semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka komputer kalian akan memiliki lebih banyak virtual memory yang bisa kalian gunakan untuk mengakses sejumlah aplikasi kelas berat termasuk game.

              C469ead8ff97fbf039aed3f6315a680c
              Sumber foto: Foto: makeuseof.com

              Namun, walaupun memiliki RAM dengan kapasitas yang besar merupakan hal yang baik, penambahan kapasitas RAM secara berlebihan justru akan menjadi tindakan sia-sia dan merupakan bentuk pemborosan biaya. Sebab kalian juga harus menyesuaikan kapasitas RAM dengan kemampuan prosesor komputer kalian.

              Sebagai gantinya, akan lebih baik jika kalian juga memperhatikan aspek kecepatan frekuensi RAM itu sendiri. Frekuensi dari RAM ini sendiri akan mempengaruhi bandwith maksimal atau banyaknya data yang bisa mengalir dari dan ke dalam RAM itu sendiri dalam satu waktu.

              3. RAM Seperti Apa yang Kalian Butuhkan?

              095bdf7bd8b3ec9facba766532e14b06
              Sumber foto: Foto: stroragereview.com

              Setelah memahami penjelasan tentang kapasitas dan kecepatan RAM, pertanyaannya sekarang adalah RAM seperti apa yang benar-benar kalian butuhkan?

              Untuk menjawab pertanyaan tersebut, semuanya tergantung pada spesifikasi perangkat komputer kalian dan kebutuhan penggunaan RAM kalian. Jika kalian hanya menggunakan perangkat komputer kalian untuk bekerja dan menjalankan sejumlah aplikasi ringan seperti Microsoft Office, rasanya RAM sebesar 2-4 GB sudah cukup untuk kalian gunakan.

              Namun, jika kalian adalah seorang gamer yang suka bermain game kelas berat atau sering menjalankan berbagai aplikasi berat seperti emulator Android, sangat disarankan kalian memiliki RAM dengan kapasitas 8-16 GB tentunya dengan didikung prosesor sekelas i5 dan i7.

              Untuk masalah frekuensi RAM, kalian juga harus menyesuaikan kemampun motherboard kalian dengan frekuensi RAM yang kalian gunakan. Contohnya, jika frekuensi motherboard kalian hanya sekitar 1.300 Mhz, maka percuma saja kalian menggunakan RAM dengan frekuensi di atas 1.300 Mhz. Kenapa? Karena motherboard kalian akan membatasi kecepatan frekuensi RAM yang digunakan agar sesuai dengan kemampuan motherboard itu sendiri.

              490908ebc0509c60e965522ee20b085f
              3 Cara Mudah Mengoptimalkan Performa RAM Pada Windows
              Pernah mengalami ketika RAM sudah lumayan besar, tetapi kinerja PC masih belum ngebut? Mungkin tandanya kamu harus mengoptimalkan RAM PC kamu. Gimana ya caranya? Nih, Jaka kasih tahu. Simak yuk!
              LIHAT ARTIKEL

              4. Harus Beli Baru Atau Upgrade RAM?

              C59d7807a314218bc92f178ee0287a4f
              Sumber foto: Foto: quora.com

              Setelah memahami kebutuhan RAM kalian, selanjutnya yang harus kalian pikirkan matang-matang adalah apakah kalian harus membeli RAM baru untuk mengganti RAM lama kalian ataukah cukup dengan melakukan upgrade RAM saja?

              Untuk memutuskannya, pertama kalian harus melihat terlebih dahulu berapa banyak slot RAM yang tersedia pada perangkat komputer kalian dan pastikan jenis RAM yang digunakan oleh perangkat komputer kalian apakah DDR2, DDR3 atau DDR4.

              Sebagai contoh, jika kalian memiliki 2 slot RAM DDR3 dan salah satu slotnya telah terisi dengan RAM DDR3 8 GB sementara kalian adalah seorang gamer kelas berat, kalian bisa menambahkan kepingan RAM DDR3 8 GB tambahan jika memang kalian ingin meningkatkan peforma gaming kalian.

              Sementara, jika slot RAM DDR3 kalian sudah penuh dan kalian masih menginginkan peforma RAM DDR3 yang lebih, namun sudah tidak bisa menambah kapasitas lagi karena batasan pada kepingan RAM DDR3 adalah 8 GB, kalian bisa mengganti RAM DDR3 kalian dengan DDR 4 yang kapasitasnya mencapai 16 GB per keping atau kalian bisa mengganti RAM DDR3 kalian dengan RAM DDR3 berfrekuensi lebih tinggi.

              Itulah tadi pembahasan terkait aspek RAM mana yang lebih penting, apakah ukuran kapasitas atau kecepatan RAM itu sendiri? Pesan dari Jaka, pandai-pandailah dalam memilih RAM, sesuaikan penggunaan RAM kalian dengan kebutuhan kalian, baik itu dari segi kapasitas dan kecepatan RAM itu sendiri. Semoga bermanfaat, jangan sungkan meninggalkan komentar ya di kolom di bawah ini.

              APPS TERKAIT
              Capsa Royale Icon
              Capsa Royale 3.1.1
              Games 88 Entertaiment
              Jalantikus Icon
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Dress Up Diary Icon
              Dress Up Diary 1.3.43
              Games Maingames

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal