J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Android, 100 Works!

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Android, 100 Works!

Selasa, 30 Jun 2020, 08:00 WIB
Pengen install game baru di HP Android tapi gagal terus? Simak artikel berikut tentang cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android

Kamu tahu gak kenapa Android menjadi sistem operasi dengan pengguna terbanyak di dunia? Salah satu alasannya adalah karena sifatnya yang opensource, geng.

Sifat opensource ini bikin kamu dapat mengutak-atik sistem operasi ini dan memudahkan developer dalam membuat aplikasi-aplikasi keren.

Banyaknya aplikasi Android bikin kita jadi tergiur untuk meng-install aplikasi atau game terbaru di HP. Sayangnya, gak semua proses instalasi berjalan mulus.

Kalau kamu pernah mengalami hal ini, kamu wajib banget menyimak artikel berikut mengenai cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang berikut ini.

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

Sebelum Jaka membahas mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang, kamu harus mengetahui dulu apa penyebab hal tersebut terjadi di HP Android kamu.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa mencari solusi yang efektif dan praktis dalam mengatasi masalah tersebut. Sejauh ini, terdapat 5 masalah utama kenapa aplikasi gagal ter-install di HP kamu.

Kalau kamu pengen tahu selengkapnya, simak di bawah ini ya, geng!

1. Memori Tidak Cukup

1 D1113

Kalau kamu suka mengoleksi aplikasi atau game tapi HP kamu jadul dan memori penyimpanannya kecil, mendingan kamu urungkan niatmu, deh, geng.

Pasalnya memori tidak cukup gak cuma bikin kamu gagal install aplikasi saja, tapi juga bisa bikin HP kamu jadi makin lemot dan gak berfungsi dengan maksimal.

Kalau HP kamu punya slot memori eksternal, mendingan kamu pasang saja. Pindahkan segala data seperti musik, foto, dan video ke dalam memori eksternal.

2. Aplikasi Tidak Kompatibel

2 Aee11

Selain memori yang penuh, kamu juga harus memerhatikan spesifikasi minimum dari aplikasi yang ingin kamu install. Mulai dari RAM, chipset, bahkan OS.

Misalkan kamu ingin meng-install aplikasi dengan spesifikasi minimum OS Lollipop, sementara HP kamu sendiri masih menggunakan OS KitKat.

Selain itu, versi aplikasi yang ingin kamu install juga berpengaruh banget. Versi aplikasi yang terlalu jadul juga bikin HP jadi gak bisa meng-install aplikasi tersebut.

3. File APK Rusak

3 D449f

APK adalah paket aplikasi Android (Android Package) yang umumnya digunakan untuk menyimpan sebuah aplikasi atau program yang akan dijalankan pada perangkat Android.

APK bisa kamu download melalui situs penyedia aplikasi tidak resmi di luar Google Play Store. Misalnya saja seperti WhatsApp mod atau game Android yang sudah di-hack.

Karena gak download secara resmi, otomatis APK tersebut gak mendapatkan update dan support secara langsung dari developer.

4. Lokasi Instalasi Salah

4 3c920

Seperti yang kita ketahui, HP pada umumnya memiliki 2 memori penyimpanan, yakni internal dan eksternal. Terkadang aplikasi gagal di-install juga karena hal ini.

Ada aplikasi yang bisa di-install di memori internal dan eksternal, namun ada juga aplikasi yang hanya bisa dipasang di memori internal.

Mungkin saja aplikasi kamu tidak bisa di-install karena kamu mencobanya di memori eksternal (SD Card) sementara aplikasi tersebut hanya bisa di-install di memori internal.

5. Penyebab Lain

5 C516d

Selain keempat penyebab di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan hal-hal lain. Misalnya seperti memori kamu corrupt atau ada permission yang belum kamu setujui.

Memberi izin pada HP untuk meng-install aplikasi dari sumber tidak dikenal penting banget kalau misalnya kamu men-download APK di luar Google Play Store.

Secara default, Android menonaktifkan opsi ini untuk mencegah virus atau program malware yang disembunyikan di dalam APK masuk ke HP kamu.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Terpasang di Android

Nah, setelah kamu mengetahui penyebab kenapa aplikasi tidak bisa terpasang, kini saatnya Jaka membahas mengenai cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang di Android.

Kamu bisa mencocokkan penyebab di atas apakah sesuai dengan kondisi yang kamu alami. Setelah itu, baru kamu mencari solusi yang sesuai dari daftar di bawah ini.

1. Restart HP

6 Cc1c6

Solusi pertama adalah dengan hal yang sangat simpel, yakni me-restart HP kamu. Sebagian besar masalah yang terjadi di HP bisa kamu atasi dengan melakukan restart.

Restart atau reboot berfungsi untuk me-refresh kembali sistem di HP kamu sekaligus menghentikan semua program yang berjalan di background.

Caranya mudah, kok. Kamu tinggal tekan tombol power selama beberapa detik hingga muncul opsi untuk me-reboot atau restart HP kamu.

2. Cek Spesifikasi Aplikasi

7 989dd

Sebelum kamu meng-install aplikasi, pastikan HP Android kamu sudah memenuhi semua spesifikasi minimum yang disarankan oleh aplikasi.

Cara gampangnya adalah kamu bisa mencari aplikasi tersebut di Google Play Store. Kalau gak ada, berarti antara HP kamu gak mendukung atau aplikasi tersebut berbahaya buat HP kamu.

Kamu juga bisa membuka halaman apikasi di Google Play Store untuk mengecek spesifikasi minimum dari aplikasi tersebut.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

8 A9d29

Kalau kamu gak bisa install aplikasi karena memori kamu kepenuhan, mungkin kamu bisa pakai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang satu ini.

Misalnya kamu suka banget main game di HP. Namun karena kesibukan kamu, kamu jadi gak bisa main game untuk beberapa waktu.

Dengan menghapus aplikasi yang sudah gak dipakai, kamu bisa meng-install aplikasi yang lebih berguna atau kamu inginkan. Biar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi cleaner.

4. Berikan Izin Aplikasi yang Tidak Dikenal

9 0ef9d

HP Android memerlukan izin untuk meng-install aplikasi yang tidak dikenal untuk alasan keamanan. Hal ini menjadi salah satu penyebab aplikasi tidak terinstal di Android.

Dengan melakukan hal ini, kamu jadi lebih leluasa untuk meng-install aplikasi di luar Google Play Store. Tapi, kamu harus ingat bahwa opsi ini bikin HP kamu rentan terkena virus.

  • Langkah 1: Buka menu Settings di HP, kemudian scroll hingga kamu menemukan Passwords & Security. Tap pada menu tersebut.

  • Langkah 2: Pilih Privacy di dalam kolom Privacy.

10 6e0d0
  • Langkah 3: Selanjutnya, klik pada Special app access. Tap pada Install unknown apps.
11 1a296
  • Langkah 4: Kalau kamu men-download APK dari Google Chrome, klik pada aplikasi tersebut. Kemudian aktifkan Allow from this source.
12 B9e07

5. Reset HP

13 A2dac

Kalau cara-cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di atas gak ada yang ampuh, mungkin problemnya adalah dari HP kamu sendiri, geng.

Kalau HP kamu sering banget download aplikasi tidak resmi, mungkin saja HP kamu memiliki malware atau bug pada OS sehingga menjadi error.

Solusinya, kamu bisa factory reset HP kamu supaya bisa berfungsi dengan normal kembali. Sebelumnya, kamu bisa backup data kamu dulu supaya tidak hilang akibat reset.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android. Semoga penjelasan Jaka di atas dapat mengatasi kesulitan kamu ya, geng!

Baca juga artikel seputar Tutorial atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Cara Screenshot Di Komputer Banner 3d505

7 Cara Mudah Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2020 | Tutorial + Gambar!

Alamat Situs Moviegan Terbaru 2019 Cara Download Nonton Film Favorit Makin Mudah 88438

Alamat Situs Moviegan Terbaru 2020 | Lengkap dengan Tutorial Download!

Tips Vsco Cam F9157

Ini Dia Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO, Dijamin Banyak Like!

Tutorial Cara Download Free Fire Di Laptop Pc Booyah Makin Mudah 70f75

Tutorial Cara Download Free Fire di Laptop / PC, Booyah Makin Mudah!

Tutorial Cara Ekstrak File Part Agar Menjadi 1 Folder 100 Works 6f063

Cara Ekstrak File Part agar Menjadi 1 Folder, 100% Works!

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android 93465

Tutorial Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android dan PC

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal