Apa Itu VPN? Ini Dia Pengertian, Jenis, Kelebihan & Kekurangan

Default

Di dunia digital saat ini, penting sekali untuk melindungi privasi online kamu. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan VPN, atau Virtual Private Network.

VPN menciptakan terowongan aman antara perangkat dan server jarak jauh, dengan mengenkripsi lalu lintas kamu dan menyembunyikan alamat IP kamu. Hal ini membuat lebih sulit bagi peretas dan pihak ketiga lainnya untuk melacak aktivitas online kamu.

Mau tahu lebih lengkap tentang layanan untuk memperlancar akses internetmu? Simak penjelasan apa itu VPN beserta informasi lainnya di bawah ini.

Apa itu VPN?

VPN adalah layanan yang memungkinkan kamu terhubung ke internet melalui terowongan aman dan terenkripsi. Terowongan ini dibuat antara perangkat kamu dan server jarak jauh yang dimiliki oleh penyedia VPN.

Ketika kamu terhubung ke VPN, semua lalu lintas internet kamu diarahkan melalui terowongan ini. Ini berarti ISP (Penyedia Layanan Internet) kamu, pemerintah, atau siapa pun yang memantau jaringan tidak dapat melihat website apa yang kamu kunjungi atau data apa yang kamu kirim dan terima.

Ketika terhubung ke VPN, perangkat mengenkripsi semua lalu lintasnya sebelum mengirimkannya melalui internet. Enkripsi ini tidak dapat dipecahkan tanpa kunci, yang hanya diketahui oleh perangkat kamu dan server VPN. Server VPN kemudian mendekripsi lalu lintas dan mengirimkannya ke tujuannya.

Apa Saja Jenis-jenis VPN?

Ada beberapa jenis VPN yang biasa digunakan. Jenis VPN biasanya tergantung dari cakupan penggunanya, apakah penggunanya personal, atau selingkup perusahaan. Simak penjelasannya berikut:

  • VPN Remote Access: Jenis VPN ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk memungkinkan karyawan mengakses jaringan perusahaan dari luar kantor.

  • Site-to-Site VPN: Jenis VPN ini memungkinkan dua jaringan yang berbeda-beda terhubung satu sama lain sehingga data bisa dipertukarkan dengan aman.

  • Mobile VPN: Jenis VPN ini dirancang untuk digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.

Kelebihan & Kekurangan VPN

Saat memilih VPN, ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan, seperti tingkat keamanan, kecepatan koneksi, dan harga layanan. Berikut ini sejumlah kelebihan dan kekurangan VPN.

Kelebihan Menggunakan VPN

Ada banyak keuntungan menggunakan VPN. Beberapa keuntungan paling umum meliputi:

  • Keamanan yang meningkat: VPN mengenkripsi lalu lintas kamu, membuat lebih sulit bagi peretas dan pihak ketiga lainnya untuk melacak aktivitas online kamu.

  • Privasi yang ditingkatkan: VPN menyembunyikan alamat IP kamu, sehingga lebih sulit bagi situs web dan layanan online lainnya untuk melacak lokasi kamu.

  • Akses ke konten yang dibatasi geografis: VPN dapat digunakan untuk mengakses konten yang diblokir di wilayah kamu. Misalnya, kamu bisa menggunakan VPN untuk menonton konten Netflix Amerika Serikat jika kamu berada di Inggris.

  • Mengurangi pembatasan kecepatan ISP: ISP kadang-kadang membatasi (memperlambat) kecepatan jenis lalu lintas tertentu, seperti streaming video. VPN dapat membantu mengurangi atau menghilangkan pembatasan kecepatan ISP.

Kekurangan Menggunakan VPN

Ada beberapa kerugian menggunakan VPN. Beberapa kerugian paling umum meliputi:

  • Kecepatan yang berkurang: VPN dapat memperlambat koneksi internet kamu, terutama jika kamu menggunakan VPN akses jarak jauh.

  • Biaya tambahan: Layanan VPN biasanya membebankan biaya bulanan.

  • Keterampilan teknis: Beberapa layanan VPN membutuhkan keterampilan teknis tertentu untuk mengatur dan menggunakannya.

Akhir Kata

VPN adalah alat berharga yang dapat digunakan untuk melindungi privasi dan keamanan kamu saat online. Jika kamu peduli dengan privasi online kamu, maka sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan VPN.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel Cara Salin Tautan di TikTok, Cara Cek Penghasilan TikTok, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengirim Aplikasi Lewat Wa 5d4f9
4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA (WhatsApp), Bisa Kirim APK Game!
Wa Mod Apk Fab79
WhatsApp MOD APK Android Download, 6 Aplikasi Terbaru Anti Banned 2024!
Cara Untuk Menyembunyikan Status Online Yang Ada Di Whatsapp 1 1280x720 A9188
Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!
Cara Merekam Video Call Whatsapp 3918f
Cara Merekam Video Call WhatsApp dengan Mudah | 100% Works!
Cara Mengetahui Lokasi Lewat WhatsApp 5be62
10 Cara Melacak Lokasi dan Identitas Orang Lain Pakai Nomor Whatsapp
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal