Gokil! Transaksi NFT Tembus Rp 152 Triliun di Tahun 2021, Meningkat 8 Kali Lipat

Default

Siapa sih yang gak tahu NFT atau Non-Fungible Token? Aset digital yang berbasis blockchain ini memang sedang naik daun beberapa waktu belakangan.

Popularitasnya meroket, sampai-sampai jumlah transaksi NFT yang terjadi di kuartal III tahun 2021 berhasil memecahkan rekor tertinggi selama ini, yakni mencapai 10,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 152 triliun!

Dilansir Kompas.com, jumlah transaksi ini berdasarkan data terbaru dari firma riset pasar DappRadar.

Nilai transaksi tersebut naik lebih dari 8 kali lipat jika dibandingkan dengan kuartal II tahun 2021. Saat itu, nilai transaksinya 'hanya' mencapai 1,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 18,5 triliun saja.

Popularitas yang terus meroket

Popularitas NFT sejak beberapa waktu belakangan memang perlahan meningkat. Khususnya di tahun 2021, peningkatan transaksi NFT sudah mulai terlihat cukup menanjak.

Kita bandingkan, untuk akhir tahun 2020 saja nilai transaksi NFT hanya mentok di angka 52,8 juta dollar AS.

Angka tersebut meningkat signifikan jadi 1,2 miliar dollar AS pada kuartal I tahun 2021, meningkat tipis jadi 1,3 miliar dollar AS pada kuartal II, dan meningkat berkali lipat pada kuartal III jadi 10,7 miliar dollar AS.

Transaksi NFT sepanjang 2021

Peningkatan Transaksi Nft Tahun 2021 2febc
Sumber foto: DappRadar via Reuters

Sebagai salah satu aset kripto, NFT biasanya diperdagangkan lewat blockchain, semacam buku besar digital yang mendukung cryptocurrency macam Ethereum, Bitcoin, dan lainnya.

Namun selain itu, NFT juga bisa diperdagangkan di off-chain, misalnya lewat balai lelang. Itulah mengapa data volume transaksi NFT kerap berbeda, tergantung di mana transaksi itu dilakukan.

Kalkulasi DappRadar mencatat, nilai transaksi NFT mencapai 13,2 miliar dollar AS atau setara Rp 188,3 triliun sepanjang 2021 kemarin.

Angka berbeda dihasilkan firma riset pasar lainnya, CryptoSlam. Menurut data mereka, volume transaksi NFT yang terjadi hanya di blockchain saja yakni mencapai 9,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 137,6 triliun.

Sementara itu, ada pula data NonFungible terkait transaksi NFT di blockchain Ethereum saja sepanjang 2021 mencapai 7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 100,3 triliun.

Penjual dan pembeli NFT makin banyak

Transaksi Nft Di Opensea 06ced
Sumber foto: DappRadar via Reuters

Tentunya jumlah transaksi yang meningkat tak terlepas dari jumlah penjual dan pembeli NFT yang juga terus tumbuh.

Berdasarkan data di situs NonFungible, setidaknya ada 122.910 dompet kripto yang jadi penjual dan 260.489 dompet kripto yang jadi pembeli minimal 1 NFT pada kuartal III-2021.

Jumlah tersebut sangat meningkat jika dibandingkan dengan kuartal II-2021, di mana jumlah seller NFT tercatat ada 40.056. Sementara buyer NFT yakni ada 97.658 dompet kripto.

Walaupun begitu, bukan berarti ada ratusan ribu orang yang sudah terlibat di sana, ya. Pasalnya, setiap orang bisa memiliki lebih dari satu dompet kripto yang mereka gunakan.

Namun angkanya sendiri tetap cukup menakjubkan. Jumlah dompet kripto yang aktif berinteraksi dengan NFT pada kuartal III-2021 yakni 412.578 dompet, naik dari kuartal sebelumnya yang hanya 20.371 dompet.

Kejayaan penjual NFT

The Merge NFT 5a555

Pada akhirnya, jumlah transaksi ini tentu saja membuat para penjual NFT jadi makin sejahtera. Ada banyak sekali NFT yang terjual sampai miliaran rupiah dalam beberapa waktu belakangan.

Salah satu NFT termahal adalah karya artis digital Beeple yang mendapatkan 69 juta dollar AS atau sekitar Rp 993 miliar untuk kolase karya seninya "Everydays: The First 5000 Days".

Dilansir dari Reuters, NFT dalam bentuk koleksi memang biasanya jadi yang paling mahal. Salah satu contohnya adalah seri NFT CryptoPunk yang terdiri dari 10.000 koleksi NFT dan terjual 532 juta dolar AS pada Oktober 2021 lalu.

Ada pula NFT iseng-iseng seperti yang dilakukan Jack Dorsey, pendiri Twitter. Ia menjual twit pertamanya yang berbunyi "just setting up my twttr" yang terjual seharga 2,9 juta dollar AS atau Rp 41,7 miliar.

Di Indonesia sendiri ada sosok Ghozali yang jadi sosok di balik viralnya koleksi NFT "Ghozali Everyday". Dari penjualan NFT ini, Ghozali mendapat keuntungan sampai Rp 1,7 miliar loh.

Meme memang selama ini sudah beberapa kali dijual kembali sebagai NFT. Meme "Nyan Cat" misalnya, yang dijual dengan harga 300 ETH atau setara Rp 8,1 miliar. Ada pula meme "Bad Luck Brian" yang laku 20 ETH atau sekitar Rp 545 juta.

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

BACA JUGA

Bos OpenSea Jadi Miliuner, Lebih Kaya Mana Sama yang Bikin NFT?

Viral NFT Foto 6 Koruptor Indonesia Dijual Lewat OpenSea, Setya Novanto Paling Mahal!

Pemprov Jabar Bakal Punya Akun NFT, Ridwan Kamil: Gambar Monyet Aja Laku Rp50 M!

16 Fakta Ghozali Everyday yang Belum Banyak Diketahui, Gak Niat Jualan Sampai Rencana Rilis NFT Spesial!

Ketahui Cara Menghitung Biaya Menjual NFT di Marketplace, Nggak Gratis Lho!

Begini Cara Membeli Tanah di Decentraland, Bisa Jadi Pilihan Investasi!

ARTIKEL TERKAIT
Apa Itu Koin Nft Thumb 52434
10 Koin NFT Terbaik 2022, Prospek Paling Cerah buat Investasi!
Game Play2earn Dan Nft Terbaik 371b3
20 Game NFT Android Terbaik 2022, Raup Cuan Sebanyak Mungkin!
Nft Aneh Dijual Di Opensea 03070
12 NFT Teraneh yang Dijual Netizen Indonesia di OpenSea, Mau Ikuti Jejak Ghozali?
Koleksi Nft Seni Digital Paling Laris E358e
5 Koleksi NFT Seni Digital Terlaris dalam Seminggu Terakhir, Terjual Ratusan Miliar!
Aplikasi Crypto 3d289
13 Aplikasi Crypto Indonesia Terbaru 2022, Cocok buat Pemula & Berizin BAPPEBTI!
Game Nft 1622a
20+ Game NFT Penghasil Uang Terbaik 2022, Bisa Tambang Crypto Gratis!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal