7 NFT Teraneh di Dunia, Dari Kentut Digital Sampai Lukisan Diri Sendiri!

Default

Non-fungible Token atau yang lebih sering disingkat sebagai NFT lagi trending banget di kalangan pegiat aset digital, geng.

Singkatnya, NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya diverifikasi pada blockchain, tidak dapat dipertukarkan, namun dapat diperjualbelikan.

Aset kripto yang umumnya berupa karya berbentuk digital ini memang cukup unik dan berbeda.

Sebelum lanjut ke bagian paling menarik dari artikel ini, kamu bisa cari tahu lebih banyak soal NFT dengan membaca artikel Jaka berikut:

Nft Bc1aa
NFT Kripto: Definisi, Contoh, Dan Alasan Mengapa Harganya Mahal
NFT (Non-Fungible Token) adalah berkas kepemilikan aset cypto digital seperti game, app, foto, & digital art lain. Pelajari NFT & cara mining NFT di artikel berikut!
LIHAT ARTIKEL

Nah, kali ini Jaka bakal membahas NFT-NFT paling aneh di dunia yang tentu saja dibanderol dengan harga fantastis.

Mungkin hal-hal berikut terlihat nggak penting, tapi nyatanya semuanya laku terjual dengan harga selangit, loh. Bikin heran dan garuk-garuk kepala, ini dia daftarnya, geng!

1. Simfoni Kentut

NFT Kentut Digital Fe3b3

Rasanya nggak akan ada orang di dunia ini yang tertarik untuk membeli kentut. Tetapi sepertinya kentut berbentuk seni digital yang tak akan menyiksa indera penciuman ini berbeda.

Seorang sutradara film yang berbasis di Brooklyn Alex Ramirez-Mallis justru menghasilkan uang dari kentut.

Pria 36 tahun itu merekam suara perutnya dan teman-temannya sejak Maret 2020. Setahun kemudian, ia menyusun suara perut kembung itu menjadi sebuah simfoni berdurasi 52 menit.

Ram rez menawarkan kentut NFT untuk dijual sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan dan sebagai kalender kentut bernama "Year of Farts: Master Collection" di pasar OpenSea.

Kentut-kentut itu dijual secara satuan mulai dari harga 85 dolar AS atau sekitar Rp1,2 juta. Jadi, mau mencoba "jajan" kentut digital, nggak?

2. Artikel Tentang NFT

Artikel Jadi NFT 2cd6b

Pada bulan Maret 2021, Samanth Subramanian dan David Yanofsky menerbitkan sebuah artikel tentang NFT yang diterbitkan di Quartz.

Dua penulis tersebut membahas mekanisme NFT, platform artis OpenSea, dan cara menjual NFT.

Kocaknya, di akhir teks mereka justru menulis bahwa artikel tentang NFT tersebut dapat dibeli sebagai NFT.

Terkesan lucu dan tentunya konyol, artikel tersebut berhasil dijual seharga 1.814 dolar AS atau senilai Rp26 juta. Uang yang diperoleh kemudian disumbangkan ke International Women's Media Foundation.

Wow... Kira-kira artikel Jaka ini bisa dijual sebagai NFT nggak, ya? Hehehe.

3. Tisu Toilet Digital dengan Bunga

NFT Teraneh Tisu Toilet 6a2bf

Produsen tisu toilet asal Amerika Serikat, Charmin, memperkenalkan gulungan toilet digital pertamanya pada Maret 2021 lalu.

Nggak cuma menampilkan gambar tisu toilet semata, Charmin juga menambahkan bunga dan dekorasi warna-warni dengan latar belakang berwarna biru pada NFT berjenis gambar yang satu ini.

Walau 'cuma' gambar, NFT tersebut harganya mencapai 4.100 dolar AS atau sekitar Rp58,8 juta.

Pendapatan dari karya seni yang aneh ini sebagian besar diberikan ke organisasi kemanusiaan bernama "Direct Relief", sementara Charmin hanya mendapat 0,01% dari hasil penjualannya.

4. Parfum Digital

NFT Parfum Digital 2655f

Alasan utama seseorang membeli parfum tentu saja karena wanginya, tetapi parfum digital yang diproduksi Look Labs di Berlin, Jerman ini sesuai dengan namanya alias hanya berbentuk digital dan nggak ada wujud aslinya. Gimana mau mencium aromanya, ya?

Parfum bernama "Cyber Eau de Parfum" tersebut dinobatkan jadi wewangian digital pertama di dunia dan disebut memiliki aroma metaverse.

Para pengembangnya menggunakan spektroskopi untuk memindai kemasan, botol, dan aroma parfum.

NFT yang mencengangkan ini dijual seharga 18.000 dolar AS atau setara dengan Rp258,2 juta. Bisa dapat mobil tuh, geng!

5. Foto Diri Emrata yang Dibeli Dirinya Sendiri

NFT Emrata 495b9

Cerita NFT art yang satu ini nggak kalah unik, geng. Jadi ceritanya, seorang seniman bernama Richard Prince mencuri foto Instagram model Emily Ratajkowski atau yang lebih populer dengan nama Emrata, saat mengenakan bikini seksi.

Foto itu kemudian digambar di atas kanvas oleh Prince, termasuk kolom komentar dan caption foto tersebut layaknya sebuah screenshot.

Kesal dengan hal itu, sang model membeli gambar dirinya dari Prince pada tahun 2014 senilai 81.000 dolar AS sebagai aksi simbolis dari pengambil alihan hak atas fotonya sendiri.

Pada Mei 2021, Emrata menjual copy digital lukisan itu sebagai NFT bertajuk "Buying Myself Back" yang laku seharga 175.000 dolar AS atau sekitar Rp2,5 miliar rupiah.

6. Bocah Perempuan di Meme Terkenal

Side Eyeing Chloe NFT 4fc0a

Penggemar meme kocak yang sempat viral pasti nggak asing lagi dengan foto gadis kecil di atas, bukan?

Yep, anak bernama Chloe Clem tersebut memberikan tatapan tak setuju itu saat ibunya hendak memberikannya kejutan untuk mengunjungi Disneyland.

Setelah meme putrinya viral, sang ibu melelang foto bernama "Side Eyeing Chloe" tersebut seharga 25 ethereum atau sekitar 74.000 dolar AS yang berarti mencapai Rp 1 miliar, geng!

Walau foto dan video Chloe sangat mudah ditemukan dan beredar luas di internet, sebuah label musik asal Dubai bernama 3F tetap membelinya dengan harga yang luar biasa tinggi.

7. Kicauan Pertama di Twitter Tahun 2006

Tweet Pertama Jack Dorsey 14027

Siapa bilang tweet iseng di platform Twitter pribadi tak berharga? Buktinya, kicauan pertama di Twitter milik sang CEO Jack Dorsey yang telah dihapus itu menjadi sesuatu dengan harga yang bikin melongo.

Dorsey menjual tweet-nya sendiri sebagai aset NFT seharga 2,9 juta dolar AS alias Rp41,6 miliar rupiah dan dibeli oleh Sina Estavi yang merupakan CEO perusahaan blockchain asal Malaysia, Bridge Oracle.

Jack Dorsey menandatangani NFT tersebut untuk meresmikannya. Selain itu, NFT yang satu ini masuk ke dalam NFT termahal di dunia, geng!

Akhir Kata

Itu dia 7 NFT paling aneh di dunia yang pernah terjual. Selain objeknya yang aneh, harganya juga bikin terbengong-bengong.

Memang ada-ada saja bentuk investasi zaman now. Mana nih, yang menurutmu paling aneh? Yuk, diskusi di kolom komentar!

Baca juga artikel seputar NFT atau artikel menarik lainnya dari Ayu Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Nft Bc1aa
NFT Kripto: Definisi, Contoh, dan Alasan Mengapa Harganya Mahal
Cara Membeli Nft Di Jobtribes Banner 40ad2
Cara Membeli NFT di JobTribes, Karya Seni Digital yang Bikin Cuan!
Game Penghasil Uang 17ac7
25 Game Penghasil Uang Langsung ke Rekening 2021, Cuan Ngalir!
Aplikasi Crypto 3d289
10+ Aplikasi Crypto Indonesia Terbaik untuk Pemula, Berizin BAPPEBTI!
Nft Art 5f0f9
NFT Art: Karya Seni Digital di Dunia Kripto dengan Harga Miliaran!
Tags Terkait: cryptounik aneh
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal