Viral NFT Foto 6 Koruptor Indonesia Dijual Lewat OpenSea, Setya Novanto Paling Mahal!

Default

Fenomena aset digital Non-Fungible Token (NFT) di Indonesia semakin menggeliat dalam sepekan terakhir, geng.

Hal itu setelah seorang pemuda bernama Ghozali berhasil meraup miliaran rupiah hanya dengan menjual foto selfie dirinya dalam bentuk NFT.

Masyarakat pun mulai membuka matanya tentang potensi keuntungan dari tren teknologi blockchain yang satu ini.

Seperti yang belakangan ini diketahui, tak sedikit pengguna NFT dari Indonesia yang pada akhirnya ikut-ikutan menjual berbagai foto random sebagai aset digital, geng.

Setelah kemarin sempat heboh NFT foto KTP yang dijual di platform OpenSea, kini muncul pula NFT berupa enam foto wajah koruptor Indonesia, lho.

Menurut pantauan Jaka, Rabu (19/01/2022), NFT foto koruptor itu dijual oleh akun OpenSea dengan nama Komisi Pemberantasan Korupsi.

Akun itu tampak menjual 6 item NFT yang mana masing-masing merupakan eks tahanan KPK karena terlibat kasus korupsi, geng.

Foto Koruptor Dijual Jadi NFT Ae791

Sumber foto: OpenSea

Adapun keenam korputor yang fotonya dijual dalam bentuk NFT antara lain adalah Miranda S Goeltom, Djoko Susilo, Akil Mochtar, Amran Batipu, Muhammad Nazaruddin, dan Setya Novanto.

Menariknya, salah satu yang dibanderol paling mahal adalah NFT foto Setya Novanto saat mengenakan kemeja putih dan rompi berwarna oranye khas KPK.

Penasaran berapa harga foto Setya Novanto? Yup, akun tersebut membanderolnya dengan harga 0,9 Ethereum (ETH) atau setara dengan Rp40 jutaan!

Namun pada dasarnya, foto-foto koruptor serta mantan narapidana kasus korupsi di Tanah Air itu dijual dengan harga yang beragam di platform OpenSea, geng.

Untuk foto Muhammad Nazaruddin sendiri dipatok dengan harga 0,7 ETH atau sekitar Rp30,8 juta. Sementara lainnya diharga mulai dari 0,5 ETH hingga 0,6 ETH.

NFT Foto Setya Novanto 78cf2

Sumber foto: OpenSea

Pertanyaannnya, apakah pihak KPK memang benar-benar memiliki akun di marketplace NFT dan menjual foto koruptor yang mereka tangkap?

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, akhirnya buka suara soal kabar viral tersebut. Dirinya dengan tegas mengatakan bahwa akun Komisi Pemberantasan Korupsi di OpenSea itu bukan resmi milik KPK.

Ali juga menegaskan bahwa KPK sama sekali tidak pernah membuat akun di marketplace NFT mana pun, apalagi sampai menjual foto koruptor dan eks narapidana kasus korupsi.

Terkait hal tersebut, Ali meminta kepada siapa saja untuk tidak memakai lambang, logo, serta nama KPK dengan sesuka hatinya apalagi sampai disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"KPK tidak pernah membuat akun di marketplace tersebut dan meminta semua pihak agar tidak menyalahgunakan nama dan logo lembaga KPK," ujar Ali melalui pesan singkat, dilansir dari inews, Rabu (09/01/2022).

Tidak sampai di situ, pihak KPK juga meminta kepada publik untuk mewaspadai akun-akun yang mengatasnamakan KPK di OpenSea.

Ali sangat menekankan bahwa KPK tidak memiliki kepentingan untuk melakukan transaksi jual beli atau yang bersifat komersial di marketplace apa saja.

"KPK tidak pernah melakukan kegiatan apa pun yang bersifat komersial, serta jual beli dan kegiatan ekonomi lainnya untuk mendapatkan keuntungan ekonomi," lanjutnya.

Untuk lebih lanjut, Ali meminta kepada masyarakat untuk melaporkan segala bentuk kerugian atau penipuan yang mengatasnamakan KPK di berbagai platform yang ada.

"Jika masyarakat menemukan dugaan penipuan menggunakan nama dan logo KPK, silakan hubungi aparat penegak hukum terdekat atau ke call center KPK 198," tegas Ali.

Di satu sisi, enam NFT foto yang dijual itu memang masuk dalam kategori orang terkenal di Indonesia, geng.

Setya Novanto misalnya, yang sempat heboh karena terlibat kasus e-KTP. Lalu ada Muhammad Nazaruddin yang terlibat kasus Wisma Atlet, dan ada nama Djoko Susilo dari kasus pengadaan simulator SIM.

Selain itu, nama-nama lain seperti Akil Mochtar pernah terlibat kasus suap penanganan sengketa Pilkada, lalu Miranda S Goeltom yang terlibat kasus Bank Century, serta Bupati Buol Amran Batalipu yang ditangkap karena kasus HGU Perkebunan Sawit.

Jadi, apakah kamu tertarik membeli NFT foto para koruptor tersebut?

Baca juga artikel seputar NFT atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Pemprov Jabar Bakal Punya Akun NFT, Ridwan Kamil: Gambar Monyet Aja Laku Rp50 M!

16 Fakta Ghozali Everyday yang Belum Banyak Diketahui, Gak Niat Jualan Sampai Rencana Rilis NFT Spesial!

Ketahui Cara Menghitung Biaya Menjual NFT di Marketplace, Nggak Gratis Lho!

Begini Cara Membeli Tanah di Decentraland, Bisa Jadi Pilihan Investasi!

Jangan Ketinggalan Zaman, Inilah 6 Profesi yang Paling Dibutuhkan di Era Metaverse!

Deretan NFT Milik Netizen +62 dengan Harga Gak Masuk Akal, Sampai Rp700 Triliun Per Item!

ARTIKEL TERKAIT
Thetan Arena Artwork De303
Saingi Axie Infinity, Thetan Arena Bisa Jadi Game Play-to-Earn Nomor 1: Bisa Cuan Banyak!
Koleksi Nft Seni Digital Paling Laris E358e
5 Koleksi NFT Seni Digital Terlaris dalam Seminggu Terakhir, Terjual Ratusan Miliar!
Foto Randy Bagus Dijual Di Pasar Nft 9ff2a
Wow! Foto Randy Bagus Dibanderol Rp620 Juta di Marketplace NFT Rarible, Mau Beli?
Syahrini Jual Nft 9e27c
Syahrini Mulai Terjun ke Dunia NFT, Jual Avatar Berhijab Mirip Dirinya
Kirim Uang Kripto Lewat Whatsapp 3bb55 44682
WhatsApp Rilis Fitur Baru untuk Transaksi Aset Kripto, Semudah Berkirim Pesan!
City Seoul Metaverse 748a6
Canggih! Seoul di Korea Selatan Bakal Jadi Kota Metaverse Pertama di Dunia
Tags Terkait: NewsViral
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal