Panduan Memilih NFT paling Cuan, Biar Langka & Gak Pasaran!

Default

Tips memilih NFT yang mampu menghasilkan cuan besar ternyata sangatlah mudah. Nantinya, kamu hanya perlu menggunakan tools gratis dan melakukan analisa sederhana terhadap grafik harga. Penasaran?

Belakangan ini aset Non-fungible Token (NFT) tengah menjadi ramai dibicarakan, apalagi setelah seorang pemuda berusia 22 tahun asal Jepara bernama Ghozali berhasil menjual foto selfie nya dalam NFT Ghozali Everyday.

Nah, kesempatan ini dimanfaatkan oleh orang-orang, tak hanya untuk membuat NFT sendiri, tapi juga membeli NFT-NFT langka dan berharga yang kelak bisa menghasilkan cuan/keuntungan. Penasaran bagaimana caranya?

BACA JUGA
  • 25+ Game Penghasil Uang Langsung ke Rekening Tanpa Modal, Terbaru 2022 & 100% Works!
  • 13 Aplikasi Crypto Indonesia Terbaru 2022, Cocok buat Pemula & Berizin BAPPEBTI!
  • NFT Art: Definisi, Contoh, Cara Membuat & Jual NFT Crypto Art
  • NFT (Non-Fungible Token) Kripto: Pengertian dan Alasan Kenapa Harganya Mahal

1. Riset Apakah Aset NFT Sungguh Berharga

Tips Memilih NFT 1 9c5f1
Sumber foto: The Conversation

Setelah mengetahui apa itu NFT dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan pribadi, kini saatnya kamu mencari mana aset NFT yang layak dibeli dan mampu menghasilkan cuan besar.

Dilansir Binance, ada 6 indikator dasar yang bisa kamu terapkan untuk mengetahui apakah aset NFT yang hendak kamu beli berharga atau tidak. Makin terpenuhi semua indikatornya, makin berharga aset tersebut dan mampu bernilai tinggi.

a. Nilai Guna

NFT akan semakin berharga jika ia memiliki nilai guna/utility. Sebagai contoh dalam game Axie Infinity, aset NFT tersedia dalam bentuk monster/hero eksklusif yang bisa digunakan untuk bertarung dan mendapatkan keuntungan lebih besar.

b. Kelangkaan

Semakin langka aset NFT yang diperjualbelikan, makin bernilai dan mahal harganya. Ini sangat sesuai dengan teori dasar ekonomi tentang sifat barang langka. Apalagi, aset NFT tersebut biasanya punya ciri khas khusus yang takkan ditemui di aset lain.

c. Ukuran Komunitas

Aset NFT yang memiliki dukungan komunitas jangka panjang dan besar bisa membuat nilainya lebih mahal, mengingat adanya proyek-proyek berkaitan dengan NFT. Hal ini mampu meningkatkan daya tarik dan permintaan dari waktu ke waktu, sehingga membuat aset NFT nampak lebih langka.

d. Asal Usul Aset NFT

Calon pembeli harus memperhatikan asal usul aset NFT, mulai dari siapa penciptanya, apa dan bagaimana karya-karyanya. Jika penciptanya seorang seniman ternama, maka aset NFT yang kamu beli bakal makin berharga serta mahal dari waktu ke waktu.

e. Selera Pribadi

Subjektivitas dan preferensi individu ikut berperan dalam menentukan nilai NFT. Selalu ada kemungkinan bahwa pengguna hanya menyukai NFT karena sejumlah alasan, misalkan penampilan luar dan estetika, koneksi pribadi, relevansi aplikasi NFT, atau hubungan dengan proyek yang terkait.

2. Gunakan NFT Tools

Tips Memilih NFT 2 A3fe6
Sumber foto: Medium

Salah satu hal yang wajib dilakukan calon pembeli saat melirik aset NFT adalah melakukan analisa menggunakan NFT rarity tools. Alat ini sangat penting untuk menentukan nilai serta ranking aset yang hendak kita beli.

Tak hanya itu, NFT tools juga sangat penting untuk mengecek apakah aset NFT tersebut langka atau tidak, mengingat semakin langka asetnya, makin mahal pula harganya, baik di masa kini maupun masa depan.

Berikut Jaka sudah sajikan beberapa contoh NFT rarity tools yang bisa digunakan untuk memilih NFT yang cuan. Beberapa di antaranya gratis, loh!

a. Rarity.tools: Memiliki tampilan yang mudah digunakan. Tak hanya itu, situs ini mampu memberi rarity score bagi aset-aset yang hendak kamu beli.

b. OpenSea: Tak hanya menjual aset-aset NFT via OpenSea, situs marketplace terbesar ini juga memberi bantuan pada calon pembeli untuk melihat mana aset NFT yang paling cuan.

c. Nansen: Situs Nansen adalah andalan para calon pembeli luar negeri saat hendak membeli aset NFT mengingat rincian analisanya yang lengkap.

d. NFT Bank: NFT Bank menyajikan daftar ranking aset NFT yang langka dan berpotensi menghasilkan cuan dalam waktu singkat. Direkomendasikan oleh para investor kelas menengah.

e. Icy.tools: Mau NFT rarity tools yang gratis? Gunakan Icy.tools saja! Dengan tampilannya yang sederhana dan mudah dipahami, kamu bisa menemukan aset paling bernilai di sini.

3. Diskusi dengan Expert NFT

Tips Memilih NFT 3 Ba232
Sumber foto: Ars Technica

Salah satu hal wajib yang kamu lakukan adalah berdiskusi dengan para expert yang sudah terlebih dahulu terjun dalam dunia NFT, termasuk yang paling populer adalah aset NFT Art.

Cara termudah untuk menemukan mereka adalah bergabung di dalam komunitas gamers atau para pegiat NFT yang ada di Discord. Tak jarang, mereka juga membuka grup diskusi di situs media sosial lainnya seperti WhatsApp dan Telegram.

Yang paling penting, kamu harus menggunakan prinsip-prinsip NFT yang sudah Jaka sajikan di atas agar tidak salah sasaran dan membeli aset yang cuan.

4. Investasikan di NFT Populer dan Terpercaya

Tips Memilih NFT 4 312ff
Sumber foto: Coffee Bros.

Sama halnya jika kamu mencoba membuat dan menjual NFT sendiri, kamu harus pintar-pintar menginvestasikan pendapatanmu untuk membeli NFT yang populer dan terpercaya.

Aset-aset ini biasanya hanya dijual di marketplace yang sudah terkenal dan besar, contohnya OpenSea, Rarible, SuperRare, hingga Nifty Gateway.

Sebagai catatan, kamu harus memiliki akun dompet kripto yang aktif. Sebagai contoh, Jaka sudah pernah menuliskan soal dompet Metamask yang bisa kamu baca dengan mengeklik banner artikel Jaka berikut.

Metamask Ebee6
Download MetaMask Terbaru 2021, Lengkap Dengan Cara Daftar!
Download MetaMask Extension untuk Chrome agar kamu bisa bertransaksi cryptocurrency dengan mudah. Berikut ini link download dan cara daftar MetaMask!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah tips memilih NFT paling cuan dan mudah. Pastikan kamu memperhatikan langkah-langkah yang Jaka beri di atas agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Game Play2earn Dan Nft Terbaik 371b3
17 Game NFT Android Terbaik 2022, Raup Cuan Sebanyak Mungkin!
Untitled Design 49 6da89
7 NFT Teraneh di Dunia, Dari Kentut Digital Sampai Lukisan Diri Sendiri!
Game Nft Paling Cuan3 7ce6f
A-Z Istilah Dalam NFT yang Wajib Kamu Tahu, Panduan Penting buat Pemula!
Nft Art 5f0f9
NFT Art: Definisi, Contoh, Cara Membuat & Jual NFT Crypto Art
Nft Marketplace E72eb
NFT Marketplace: Definisi, Cara Kerja, dan Contoh NFT Marketplace!
Arti Nft 8576e
NFT (Non-Fungible Token) Kripto: Pengertian dan Alasan Kenapa Harganya Mahal
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal