Viral Penemuan Ikan Tapah Raksasa 65 Kilogram di Sumut, Termasuk Ikan Rawan Punah?

Default

Sekelompok warga di Tebing Tinggi, Sumatera Utara dapat rejeki nomplok. Mereka berhasil mendapatkan ikan Tapah raksasa seberat 65 Kg saat memancing di Sungai Padang pada Minggu, 27 Maret 2022 kemarin.

Video saat warga berusaha menarik ikan tersebut dari sungai dan menimbangnya pun viral di media sosial setelah diunggah ke Facebook dengan akun Maz Raden.

Video tersebut memperlihatkan 6 orang warga yang kesulitan mengangkat ikan raksasa tersebut. Ukurannya memang sangat besar.

Penemuan Ikan Tapah Raksasa F54b7

"Penemuan monster sungai, ikan Tapa hasil mancing semalam bersama kawan-kawan para pemancing di sungai Dipo Titi Gantung, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Diperkirakan beratnya kurang lebih 65 kg," tulis narasi di video.

Seorang warga bernama Raden menceritakan kronologinya. Saat itu, pancingan salah satu warga berhasil mengenai seekor ikan. Namun, saat akan ditarik terasa begitu berat.

Ternyata, ikan yang ditangkapnya sangat besar sampai-sampai kail warga tidak bisa menarik ikan tersebut.

Warga lain pun datang membantu melemparkan pancing dengan harapan mata kailnya bisa menyangkut di tubuh ikan tersebut.

Ikan Tapah Raksasa Di Sumut 21888

Ikan tapah itu pun berhasil ditarik dengan tiga mata pancing. Warga menghabiskan waktu sampai 30 menit untuk bisa mengangkat ikan ini sampai ke tepi sungai.

Ternyata, ikan tersebut juga sangat berat. Butuh lima orang warga yang mengangkatnya. Ikan ditimbang, beratnya ternyata mencapai 65 Kg atau setara satu orang dewasa, geng.

Menurut Raden, ikan tersebut akhirnya tidak dikonsumsi sendiri melainkan dijual ke salah satu warga dengan harga Rp700.000 dan uangnya dibagi-bagi kepada warga yang membantu memancing.

Hampir Punah?

Sebenarnya ikan tapah itu ikan apa, sih? Mungkin banyak dari kamu yang belum familiar dengan nama tersebut. Ternyata, ikan tapah termasuk ikan air tawar asli Indonesia.

Seperti dilansir Kompas.com, Ahli Peneliti Utama Bidang Ikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Haryono mengatakan kalau ikan raksasa ini juga bisa ditemukan di beberapa negara lain.

Habitatnya luas, yakni di sungai-sungai di Asia terutama di Pakistan, India, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan Afganistan.

Ikan Tapah 6749c
Sumber foto: Wikipedia

Menurut Haryono, ikan tapah raksasa seperti yang ditemukan warga sebenarnya cukup mudah ditemukan khususnya di Indonesia bagian barat, misalnya di Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini tidak termasuk ikan langka di Indonesia dan belum dilindungi.

Namun berdasarkan IUCN Red List, ikan tapah sebenarnya sudah masuk kategori rawan punah, loh. Hal itu diakibatkan angka konsumsi yang sangat tinggi oleh masyarakat sekitar sungai.

Bukan yang Terbesar

Ia tak terlalu banyak makan, hanya satu sampai 2 kali dalam seminggu. Tapi ukurannya bisa jadi sangat besar. Bentuknya sekilas mirip lele ya, geng?

Ikan ini bisa tumbuh cukup besar, sampai sepanjang 150 cm dengan berat mencapai 86 kilogram. Jadi, ikan tapah yang ditemukan warga kemarin bukanlah yang paling besar, geng.

Ikan tapah merupakan ikan predator atau karnivora. Makanannya mulai dari hewan amfibi, udang, dan ikan yang lebih kecil.

Cara berkembang biaknya bertelur atau ovipar. Ia biasa melakukannya di aliran sungai dangkal. Musim bertelurnya saat musim hujan.

Ikan ini juga ternyata cukup ganas, loh. Jadi harap berhati-hati, ya, kalau kamu menemukannya!

Ikan air tawar ini biasa ditemukan di sungai besar yang dalam dengan aliran air yang lambat. Kamu juga bisa menemukannya di bendungan dan air tawar lainnya.

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

BACA JUGA

Siap-siap! Tsunami Matahari Sedang Terjadi, Bisa Rusak Jaringan dan Sebabkan Gangguan Listrik?

Ilmuwan Dunia Buktikan Kebenaran Kisah Ashabul Kahfi, Bukti Kehebatan Al-Quran!

Viral! Turis Bule Asal Bulgaria Ini Jadi Pengais Sampah di Bali Demi Bisa Makan

Viral! Will Smith Tampar Chris Rock di Panggung Oscar 2022, Netizen Panen Meme

7 Bintang Tamu Podcast Deddy Corbuzier yang Ditangkap Polisi, Terbaru Dea OnlyFans!

5 Potret Artis Indonesia Sebelum dan Sesudah Oplas, Penampilannya Makin Cetar!

ARTIKEL TERKAIT
Hewan Raksasa Paling Mengerikan Fb431 0aedd
10 Hewan Raksasa Paling Mengerikan yang Pernah Hidup | Ada yang Bisa Memangsa Dinosaurus
Tags Terkait: sosial mediaHiburan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal