10 Hewan Raksasa Paling Mengerikan yang Pernah Hidup | Ada yang Bisa Memangsa Dinosaurus

Default

Bumi di masa lalu dipenuhi banyak sekali hewan yang sangat mengerikan. Saking mengerikannya, bahkan hewan-hewan tersebut lebih cocok dipanggil dengan sebutan monster.

Monster-monster ini bisa tumbuh hingga mencapai ukuran yang luar biasa besar. Bahkan jauh lebih besar dari makhluk mana pun yang hidup saat ini. Namun sayangnya, para monster ini sudah punah dari Bumi.

Jika biasanya kita akan merasa sedih mengetahui ada hewan yang sudah punah, tapi tidak dengan monster-monster raksasa ini. Mereka begitu mengerikan hingga kamu berharap tidak pernah bertemu dengan mereka.

Ada ular yang bisa memangsa buaya, hingga buaya yang bisa memangsa dinosaurus. Penasaran seperti apa penampakan mereka? Simak daftarnya berikut ini seperti dilansir dari Science Focus.

1. Gigantopithecus blacki

Gigantopithecus Blacki Science Focus A0f0b

Mulai dari Yeti hingga King Kong, mitos dan cerita tentang kera raksasa sudah banyak diceritakan di masyarakat.

Namun kali ini, kera raksasa benar-benar ada. Monster tersebut bernama Gigantopithecus blacki, kera terbesar yang pernah hidup. Tingginya mencapai 3 meter dan beratnya bisa mencapai 500 kilogram.

Bentuk tubuhnya yang kekar serta kekuatannya yang besar menjaga Gigantopithecus tetap aman dari predator yang ada di sekelilingnya. Seperti harimau, macan tutul, hingga beruang hitam.

Walaupun bertubuh besar, kera yang satu ini adalah seekor herbivora. Ia hidup sekitar 300.000 1 juta tahun yang lalu di hutan Asia, mulai dari China, India, hingga Vietnam.

2. Titanoboa cerrejonensis

Titanoboa Cerrejonensis Science Focus 458e7

Jika kebanyakan ular raksasa sudah begitu menyeramkan, maka Titanoboa cerrejonensis jadi yang paling menyeramkan yang pernah ada.

Ular ini hidup di Kolombia sekitar 58-60 juta tahun yang lalu. Mereka memiliki ukuran raksasa.

Panjangnya saja bisa mencapai 13 meter dan berat mencapai 1,1 ton. Sementara tebal tubuhnya juga sangat besar, seukuran dengan tinggi pinggang orang dewasa.

Seperti anakonda saat ini, Titanoboa akan menunggu di dasar danau atau sungai. Hewan apa pun yang mendekat akan mereka dekati dari bawah air. Salah satu mangsa mereka biasanya adalah buaya.

Di sini, sang ular akan melilit korbannya yang berjuang untuk membebaskan diri sebelum akhirnya mengerutkan tubuhnya untuk memakan sang mangsa.

3. Daeodon shoshonensis

Daeodon Shoshonensis Science Focus 4f47c

Deodon shoshonensis adalah seekor babi karnivora yang mudah marah. Rahangnya dipenuhi gigi taring tajam yang sangat membantu untuk mematahkan tulang dan mencincang daging. Makanan utamanya adalah kuda kecil dan juga unta.

Ukurannya besar, kerangka kepalanya saja bisa mencapai 1 meter. Daeodon shoshonensis hidup 18-25 juta tahun yang lalu di kawasan Amerika Utara.

4. Sarcosuchus imperator

Sarcosuchus Imperator Science Focus 116fe

Buaya yang satu ini bahkan lebih mengerikan dari buaya yang hidup saat ini. Mereka dahulu hidup di kawasan Sub-Sahara Afrika sekitar 110 juta tahun yang lalu.

Banyak orang menyebutnya buaya super, salah satunya karena rahangnya saja bisa berukuran lebih besar daripada manusia dan dipenuhi dengan gigi tajam.

Sekali Sarcosuchus imperator mendapatkan mangsanya, si korban tidak akan bisa lolos karena mereka akan menyeretnya ke air untuk ditenggelamkan lalu dimakan.

Buaya ini bisa memiliki panjang hingga 12 meter dengan berat mencapai 10 ton. Hal itu membuat buaya ini begitu besar. Saking besarnya bahkan hingga bisa memangsa dinosaurus yang ada saat itu.

5. Arctodus Simus

Arctodus Simus Science Focus 7235b

Manusia purba harus melawan banyak predator mengerikan, dan Arctodus Simus adalah salah satu yang paling mengerikan.

Beruang yang hidup di Amerika Utara sekitar 12.500 800.000 tahun yang lalu ini punya ukuran tubuh jauh lebih besar daripada beruang yang hidup saat ini. Tingginya mencapai 4 meter dengan berat mencapai 1 ton.

6. Arthropleura

Arthropleura Science Focus 1a911

Arthropleura merupakan salah satu serangga paling besar yang pernah hidup di Bumi. Hewan ini hidup di Skotlandia dan Amerika Utara sekitar 280-340 juta tahun lalu. Panjangnya mencapai 2 meter dengan 30 pasang kaki.

Hewan yang punya rupa begitu menyeramkan ini punya tubuh yang lebar dan gepeng serta dilindungi pelindung keras. Mereka biasa memakan daun yang busuk serta binatang kecil apa pun yang bisa ia makan.

7. Dunkleosteus terrelli

Dunkleosteus Terrelli Science Focus C0646

Dunkleosteus terrelli ini hidup di semua belahan dunia sekitar 400 juta tahun yang lalu. Spesies ikan yang satu ini bisa memiliki panjang hingga 10 meter.

Bagian kepalanya juga sangat keras, sehingga bisa mengigit dengan kekuatan hingga 5000 Newtons.

Dunkleosteur terrelli bisa membuka rahangnya yang dipenuhi dengan gigi tajam dalam 1/15 detik, yang akan menyebabkan arus air sehingga menyeret korban yang lebih kecil untuk masuk ke dalam mulutnya.

8. Brontornis burmeisteri

Brontornis Burmeisteri Science Focus 1ab58

Burung yang satu ini tidak menggemaskan, melainkan sangat mengerikan. Mereka merupakan burung karnivora paling besar yang pernah ada. Tingginya bisa mencapai 3 meter dengan berat mencapai 400 kilogram.

Brontornis burmeisteri memiliki paruh yang sangat besar dan cakar yang tak kalah besarnya. Mereka juga sangat cepat, dan bisa menendang dengan kuat hingga meretakkan tulang mangsanya.

Burung ini hidup di kawasan Amerika Selatan sekitar 23-25 juta tahun lalu. Mangsa utamanya adalah armadillo, yang dikenal punya cangkang yang sangat keras.

9. Beelzebufo ampinga

Beelzebufo Ampinga Science Focus 527d3

Beelzebufo ampinga merupakan amfibi yang harus kamu takuti. Hewan menyerupai kodok ini bersembunyi di semak-semak pada periode Kapur. Mangsanya adalah serangga, kadal, bahkan dinosaurus kecil.

Hewan yang hidup di Madagaskar sekitar 70 juta tahun lalu ini memiliki panjang mencapai 40 sentimeter dan berat 9 kilogram.

10. Archelon ischyros

Archelon Ischyros Science Focus F0e52

Archelon ischyros merupakan penyu yang hidup di lautan zaman Kapur. Karnivora satu ini bisa memiliki tubuh seukuran mobil.

Rahangnya sangat kuat yang ia gunakan untuk menghancurkan tubuh mangsanya. Biasanya ia memangsa berbagai hewan, salah satunya cumi-cumi.

Spesimen paling besar dari penyu ini yang pernah ditemukan memiliki panjang mencapai 4 meter dan lebar 5 meter. Mereka hidup 74 juta tahun lalu di wilayah Amerika Utara.

Cangkangnya tidak terdiri dari 1 tulang yang padat, melainkan terdiri dari banyak pelat tulang dan pelat kulit yang terpisah.

Akhir Kata

Itu tadi 10 hewan raksasa atau yang lebih cocok disebut monster yang pernah hidup di Bumi kita.

Melihat ukurannya, rasanya kamu akan bersyukur deh kalau mereka sudah punah ratusan hingga jutaan tahun yang lalu. Gak kebayang kan kalau kamu harus ketemu mereka di alam liar?

BACA JUGA

10 Artis yang Tak Mau Akui Anaknya Sendiri | Sampai Minta Tes DNA

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

9 Potret Apartemen Tasya Kamila di New York | Bergaya Klasik Minimalis

Baca Manga Tokyo Revengers Chapter 220 Bahasa Indonesia | Nyawa Senju Terancam!

Kisah di Balik Istana Rp12,5 Miliar Terbengkalai di Tengah Sawah Garut | Misteri Akhirnya Terungkap

ARTIKEL TERKAIT
Megabat Kelelawar Raksasa 39 3947d
Megabat, Kelelawar Berukuran Raksasa | Mirip Siluman?
Knickers Sapi Raksasa Australia Abc News 6bf71
Knickers, Sapi Raksasa asal Australia yang Lebih Besar dari Sapi Limosin
Polar Wolf 53139
Kepala Serigala Raksasa Ditemukan | Usianya 40.000 Tahun!
Fdd2ef6ff672a60ee1e1ee45e923303a
Jadi Persembunyian Monster Raksasa?! 5 Misteri Laut Dalam yang Perlu Kamu Ketahui
Untitled Design 2021 07 06t113626 410 C14a8
Harpy Eagle, Burung Elang Raksasa Sebesar Anak Manusia yang Sempat Viral
Penemuan Fosil Dinosaurus 173e8
Fosil Badak Raksasa Seberat 4 Gajah Afrika dan Lebih Tinggi dari Jerapah Ditemukan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal