J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Hewan yang Awalnya Tidak Dipercaya Ada | Ada yang Asli Indonesia!

Jumat, 22 Jan 2021, 13:00 WIB
Hewan yang awalnya tidak dipercaya ada oleh ilmuwan berikut ini membuktikan bahwa masih ada tempat di bumi yang menyimpan makhluk eksotis dan unik.

Pernahkah kamu membayangkan hewan-hewan yang ada di dalam dongeng ataupun mitos menjadi nyata dan hidup di dunia kita? Pasti akan sangat menghebohkan apabila itu benar terjadi.

Namun, ternyata hal ini memang benar terjadi. Ada hewan yang awalnya tidak dipercaya ada oleh ilmuwan tetapi akhirnya mereka ditemukan dan membuat dunia heboh pada saat itu.

Hewan-hewan ini bisa dikatakan tergolong 'aneh' dan berbeda dari hewan yang mungkin biasa kita temui. Lantaran lokasi mereka yang cenderung endemik atau khas.

Agar kamu tidak penasaran, berikut ini Jaka sudah merangkum dengan lengkap daftar hewan yang awalnya tidak dipercaya ada oleh ilmuwan.

Hewan yang Dianggap Mitos Para Ilmuwan Zaman Dulu

Mungkin kamu mengenal hewan dalam mitos seperti unicorn dan naga. Namun, tahukah kamu ternyata kedua hewan ini sudah ditemukan.

Memang tidak tampak mirip atau sama persis seperti yang ada di dalam cerita-cerita dongeng dan mitos. Namun, hewan-hewan ini dinilai sebagai perwujudan asli dari kedua hewan mitos tadi.

Agar kamu makin tidak penasaran, berikut ini Jaka sudah merangkum daftar hewan yang awalnya tidak dipercaya ada oleh ilmuwan.

1. Komodo

Hewan Mitologi Tts B4f03

Saat penjajah Belanda di Indonesia pertama kali mendengar komodo, mereka hanya menganggap itu mitos belaka. Mereka tidak percaya jika ada sebuah pulau penuh dengan kadal mengerikan yang bisa tumbuh hingga lebih dari 6 meter panjangnya.

Hingga pada tahun 1910, Letnan J. K. H. van Steyn van Hensbroek yang penasaran dengan cerita itu. Ia mengajak sekelompok orang ke Pulau Komodo untuk memverifikasi rumor tersebut.

Apa yang mereka temukan adalah sebuah pulau yang dihuni oleh komodo, meskipun ukurannya lebih kecil dari cerita rakyat yang selama ini dikisahkan.

Komodo segera menjadi ikon dan dianggap sebagai perwujudan dari naga. Hal ini membuktikan bahwa masih ada lokasi di dunia yang menyembunyikan hewan-hewan unik dan menakjubkan, seperti di Indonesia.

2. Gorila

Makhluk Mitologi Yunani Terkuat B65fd

Keberadaan kera raksasa, gorila, ternyata baru ditemukan pada pertengahan abad ke-19. Selama ini sosok gorila hanya dianggap sebagai mitos manusia kera yang terkenal karena kebrutalannya.

Laporan pertama tentang keberadaan gorila memang sedikit menakjubkan. Katanya ada seekor kera raksasa yang hidup bersama penduduk lokal dan bisa memukuli gajah hingga terkapar dengan batang kayu.

Tentu saja ilmuan tidak mempercayai laporan tersebut, tetapi semuanya berubah ketika tengkorak gorila ditemukan pada tahun 1846.

Berkat ahli biologi seperti Dian Fossey, kita sekarang tahu bahwa gorila bukanlah hewan buas pembuat teror. Namun, pada kenyataannya gorila lembut dan penuh rasa ingin tahu, primata yang sangat manusiawi.

3. Pelikan

Makhluk Immortal E7383

Meski terdengar aneh, pelikan pernah dianggap sebagai makhluk dalam mitologi Kristen. Carl Linnaeus seorang ahli biologi Swedia yang menulis Systema Naturae, buku tentang cara klasifikasi hewan yang masih digunakan saat ini, pada tahun 1735 itu menuliskan pelikan sebagai salah satu hewan mitos.

Banyak orang di abad ke-18 percaya bahwa 'pelikan' adalah burung mistis yang dapat menghidupkan kembali orang mati dengan mematuk dadanya sendiri dan memberi darahnya kepada orang mati itu.

Sesungguhnya, ini adalah sesuatu yang dilakukan induk pelikan jika bayi mereka mati. Karena itu, pelikan dipandang sebagai simbol orang tua yang rela berkorban dalam mitologi Kristen.

4. Platipus

Makhluk Mitos Dari Huruf R 02089

Platipus bisa dikatakan jenis mamalia paling aneh yang ada di dunia. Platipus tidak hanya bertelur, mereka juga memiliki paruh bebek, ekor berang-berang, dan duri berbisa yang menempel di kaki berselaput mereka. Aneh. bukan?

Para ilmuwan pertama kali melihat makhluk ini pada akhir abad ke-18. Saat kulit platipus pertama dikirim ke Inggris dari Australia, ilmuwan pikir itu sangat aneh. Mereka bahkan yakin makhluk itu adalah tipuan atau lelucon.

Namun, sekitar tahun 1860, ilmuwan George Bennett melihat platipus hidup di alam liar. Dia mempelajarinya dengan sangat rinci dan komunitas ilmiah akhirnya menyadari bahwa spesies hewan baru itu nyata.

5. Okapi

Makhluk Mitos Jawa 02f49

Mamalia eksotis ini adalah satu-satunya kerabat jerapah yang masih hidup dan mereka diyakini sama mistisnya dengan unicorn.

Banyak dari ciri-cirinya yang dianggap 'aneh', seperti lidah yang bisa mencapai matanya sendiri, kaki belakangnya yang seperti zebra, dan pendengaran super tajam yang memungkinkannya menghindari pemburu.

Pada tahun 1909, sebuah ekspedisi dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan keberadaan okapi di Afrika dan membawa spesimen hidup kembali ke AS.

Beberapa bulan kemudian, seekor bayi okapi ditemukan dan ditangkap. Sayangnya, bayi itu tidak selamat saat ekspedisi keluar dari hutan. Namun, penemuannya membuktikan tanpa keraguan unicorn Afrika bukan hanya legenda.

Akhir Kata

Itu tadi deretan hewan yang awalnya tidak dipercaya ada oleh ilmuwan. Apakah ada hewan favoritmu di dalam daftar ini?

Simak juga daftar makhluk laut dalam paling mengerikan bahkan dianggap sebagai alien di bumi di artikel berikut:

Hewan Laut Dalam Paling Mengerikan 96067
7 Makhluk Paling Mengerikan Yang Hidup Di Laut, Dianggap Alien Saking Seremnya!
Hewan paling mengerikan yang hidup di laut dalam ini mungkin tidak pernah kamu lihat sebelumnya. Bentuknya memang menakutkan!
LIHAT ARTIKEL

Berikan komentar dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lainnya. Nantikan info dan kabar menarik lainnya di JalanTikus.com.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Game Ps5 6eba6
10 Game PS5 yang Paling Ditunggu, Gak Sabar Banget Buat Main!
Kabel Hdmi Mcable Untuk Gaming Dan Film
Canggih! Kabel HDMI Murah Ini Ubah PS4 Jadi PS5
Ps5
Harga Terjangkau, Performa PS5 Akan Setara PC Seharga Rp 15 Jutaan!
Sejarah Lengkap Konsol Ps1 Sampai Ps5 Mana Yang Jadi Favoritmu A80ae
Sejarah Lengkap Konsol PS1 sampai PS5, Mana yang Jadi Favoritmu?
Ps5 Vs Xbox 920x613 Custom Eddb7
5 Alasan Xbox Series X Lebih Baik dari PS5, No. 3 Pasti Setuju Banget!
Ps4 Pro Vs Ps5 Banner 26d4c
PS4 Pro vs PS5, Mana yang Lebih Worth It Dibeli? Ini Perbandingannya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal