Foto Langka Buaya Gendong Ratusan Anaknya di Punggung | Spesies Terancam Punah!

Saat kamu melihat foto di atas apa yang ada pikiran kamu? Apakah menduga seekor buaya tengah berenang di bawah tumpukan kayu kering yang mengapung di air?

Rupanya ada cerita di balik foto menakjubkan tersebut. Foto ini diambil oleh seorang fotografer asal India, Dhritiman Mukherjee.

Foto ini menunjukkan seekor gavial atau gharial air tawar jantan tengah menunggu sekitar lebih dari 100 anaknya yang berusia sebulan untuk naik ke punggungnya sebelum memulai perjalanan. Foto ini diambil di sekitar perairan National Chambal Sanctuary, India Utara.

"Buaya biasanya membawa anak mereka dengan memasukkannya ke mulut," ujar Patrick Campbell, kurator senior reptil di Museum Sejarah Alam London, seperti yang dilansir dari BBC.

Keberadaan Hewan Langka D7077

"Namun untuk gharial, morfologi moncongnya yang unik tidak memungkinkan mereka melakukan hal itu (membawa anaknya di dalam mulut). Jadi, bayi-bayi gharial harus berpegangan pada kepala dan pundak ayahnya agar tetap selamat," tambahnya.

Sebagai informasi, gavial atau gharial (Gavialis gangeticus) disebut juga sebagai buaya pemakan ikan di perairan air tawar.

Hewan tersebut tergolong anggota ordo crocodilia dari famili Gavialidae yang memiliki habitat asli di bagian utara anak benua India. Gharial panjangnya dapat sepanjang 4,5 meter dengan berat hingga 900 kilogram.

Melansir dari National Geographic, hewan tersebut dijuluki gharial lantaran tonjolan bulat yang berada di ujung moncongnya. Tonjolan ini disebut gharas, yang dalam bahasa Hindi berarti "pot lumpur".

Tonjolan tersebut berfungsi menguatkan suara serta meniup gelembung selama musim kawin. Sehingga adaptasi ini membantu kelangsungan hidup spesies itu.

Potret Hewan Langka 10c17

Menurut Mukherjee, "ayah buaya" pada foto tersebut sudah kawin dengan tujuh sampai delapan betina yang berbeda dan mendapatkan keturunan lebih dari 100 tukik.

Namun jangan salah, meski memiliki ratusan tukik, melansir Live Science, keberadaan gharial sekarang tengah sangat terancam punah.

Natural History Museum menghitung, cuma tinggal 650 ekor gharial dewasa yang berada di sungai air tawar India juga Nepal.

Foto Mukherjee merupakan satu dari 100 gambar yang memperoleh label "sangat dipuji" pada kompetisi Fotografer Satwa Liar 2020 yang diselenggarakan oleh Natural History London.

Baca juga artikel seputar Hewan atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Dulu Diejek Gara-gara Fisiknya, 8 Artis Ini Kejutkan Publik dengan Penampilan Baru | Beda Banget!

Terobsesi dengan Barbie, Gadis Ini Operasi Bibir hingga Jadi Paling Dower Sedunia

300+ Caption Instagram Keren & Kekinian Terbaik 2021

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Lebih Dekat dengan Sealand, Negara Terkecil di Dunia | Lebih Mirip Kilang Minyak Lepas Pantai

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tags Terkait: foto
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal