Kecepatan Rotasi Bumi Lebihi Pesawat Jet, Kenapa Kita Tidak Merasakannya?

Seperti yang kita tahu, Bumi ini senantiasa bergerak. Ketika mengelilingi Matahari, Bumi saat itu juga berputar pada porosnya.

Kira-kira berapa kecepatan Bumi saat bergerak? Seberapa cepat Planet Biru ini berputar pada porosnya dan seberapa kencang ia mengorbit pada Matahari?

Bumi berputar pada porosnya setiap 24 jam tepatnya 23 jam 56 menit 4 detik. Panjang kelilingnya mencapai 40.070 kilometer.

Jadi kalau kamu membagi jarak memakai waktu rotasi Bumi, artinya planet ini berputar 1.670 kilometer per jam. Angka yang jauh lebih cepat dari kecepatan maksimum mobil balap di dunia.

Mengutip dari Ask an Astronomer, blog yang dijalankan oleh para astronom di Cornell University di Ithaca, New York, Amerika Serikat. Menjelaskan bahwa kecepatan Bumi mengorbit Matahari sekitar 110.000 kilometer per jam.

Kecepatan Rotasi Bumi F24ac

Artinya, kecepatan itu melebihi kecepatan maksimum dari pesawat jet tercanggih sekalipun.

Para ilmuwan memperhitungkan kecepatan itu dengan cara menghitung jarak tempuh Bumi mengelilingi Matahari kemudian membaginya dengan lama waktu Bumi menyelesaikan satu orbit, yakni satu tahun atau 365 hari.

Bagaimana cara menghitung jarak Bumi mengelilingi Matahari? Para ilmuwan menentukan panjang keliling lingkaran yang ditempuh Bumi dalam mengelilingi Matahari.

Selama ini telah diketahui kalau Bumi rata-rata berjarak sekitar 149,6 juta kilometer dari Matahari.

Telah diketahui juga kalau Bumi bergerak dalam jalur yang bukan melingkar, melainkan elips, sehingga ada peristiwa aphelion.

Agar lebih sederhana dalam melakukan penghitungan ini maka caranya dengan mengasumsikannya sebagai sebuah lingkaran kemudian menghitung dengan persamaan keliling lingkaran tersebut dengan jarak Bumi ke Matahari sebagai jari-jarinya lingkaran ini.

Kecepatan Tata Surya Mengelilingi Pusat Galaksi

Kenapa Kita Tidak Merasakan Bumi Berotasi B6a38

Tata Surya kita juga ikut bergerak. Tata surya kita berlokasi di dalam Galaksi Bima Sakti yang juga turut mengorbit pusat galaksi ini.

"Para ilmuwan mengetahui kalau Bima Sakti mengorbit pusat galaksi berdasarkan dari pengamatan bintang lain," kata Katie Mack, astrofisikawan teoretis di North Carolina State University.

Apabila bintang-bintang yang berada teramat jauh tampak bergerak, itu lantaran Tata Surya juga ikut bergerak dibandingkan dengan posisi bintang-bintang tersebut.

"Jika saya mulai berjalan, saya dapat mengatakan bahwa saya bergerak karena bangunan yang saya lewati tampaknya bergerak, dari depan ke belakang saya," kata Mack seperti dilansir Live Science.

Contohnya, kamu berada di dalam kereta yang bergerak dan saat melewati kereta lain, dari jendela kamu melihat seakan kereta tersebut juga tengah bergerak bersamaan. Padahal kereta tersebut diam.

Melalui pengamatan pergerakan bintang-bintang lain terhadap matahari, para ilmuwan sudah menentukan kalau Tata Surya mengorbit ke pusat galaksi Bima Sakti dengan kecepatan mencapai 720.000 kilometer per jam!

Kenapa Kita Tidak Merasakannya?

Apakah Bumi Berotasi 8edcb

"Meski semua bergerak terus-menerus, organisme hidup yang berada di permukaan Bumi tidak merasakannya lantaran alasan yang sama saat penumpang di pesawat tidak merasakan diri mereka melayang di udara dengan kecepatan ratusan mil per jam," kata Mack.

Ketika pesawat lepas landas, penumpang bakal merasakan adanya perubahan percepatan pesawat saat melaju di atas landasan pacu.

Perasaan bergerak tersebut disebabkan adanya kecepatan pesawat yang berubah dengan cepat dari semulanya diam.

Namun ketika pesawat terbang sudah berada di ketinggian jelajah, penumpang tidak akan merasakan kecepatan ratusan mil per jam lantaran kecepatannya yang tidak berubah.

Hal yang sama berlaku dengan Bumi yang bergerak teramat cepat, tetapi kita sama sekali tidak merasakannya. Sebab, Bumi bergerak dengan kecepatan konstan.

Namun, bagaimana jadinya jika kecepatan gerak Bumi tiba-tiba berubah atau bergerak berbalik arah? Sangat mungkin kita semua dapat terlempar kocar-kacir layaknya biji kuaci. Menarik bukan?

Baca juga artikel seputar Luar Angkasa atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

BACA JUGA

10 Potret Aksi Unik Artis Dunia Saat Berkunjung ke Indonesia | Ada yang Blusukan Lihat Jamban

Inget, Nggak? 6 Artis Ini Sering Banget Dapat Peran Jadi ART | Jago Ngelawak Semua!

Nonton Film Devil on Top 2021 | Benci Sama Bos Malah Berujung Pacaran

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Bukan Editan, 5 Penemuan Hewan Berukuran Besar Ini Sempat Bikin Heboh | Gede Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Cari Teman Sekitar Terbaik 2020 Banner Ba87c
10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?
Aplikasi Pencari Kerja 7a188
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!
Aplikasi Edit Nama Ac2cf
7 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2020 | Nama Makin Kece!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
0 Vnxpzxovujy72qvg Custom 5a5dc
Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC
Menerjemahkan Tulisan Lewat Kamera Banner 4ad20
Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!
Tags Terkait: bumiSains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal