Bukan Editan, 5 Penemuan Hewan Berukuran Besar Ini Sempat Bikin Heboh | Gede Banget!

Kekayaan yang dimiliki alam semesta tak pernah ada habisnya untuk diteliti, termasuk soal flora dan fauna yang selalu punya kejutan bagi manusia.

Soal keberagaman fauna sendiri, ada banyak hal yang bisa menjadikannya begitu unik. Baik karakteristik fisik, habitat dan gaya hidup, hingga ukuran tubuh yang dimiliki.

Tentu kamu kaget kan, jika melihat hewan-hewan yang biasa berukuran normal ternyata memiliki jenis lain yang punya ukuran super besar?

Saking besarnya, hewan-hewan tersebut besarnya bisa mirip-mirip manusia, atau malah sebesar kapal!

Bukan editan loh geng, penemuan hewan-hewan berikut memang benar-benar terjadi dan membuat geger orang di seluruh dunia. Yuk, kepoin sekarang!

1. Megabat

Megabat B1c19

Kemunculan kelelawar raksasa di atap seorang warga di Filipina membuat heboh dunia maya beberapa waktu lalu.

Foto kelelawar dengan ukuran sayap mencapai 1,7 meter tersebut pertama kali dibagikan oleh seorang pengguna Twitter dengan username @AlexJoestar622.

Meski terlihat menyeramkan, spesies kelelawar buah berjubah emas yang juga disebut megabat ini hanya memakan buah atau madu yang berasal dari bunga.

Kelelawar ini memiliki sayap yang sangat lebar, tetapi ukuran tubuhnya hanya sebesar anjing.

Megabat diketahui kerap menggantungkan dirinya di pohon besar serta dapat ditemukan di wilayah tropis dan subtropis. Ngeri nggak, geng?

2. Cumi-Cumi Raksasa

Cumi Cumi Raksasa 6f220

Hewan laut berukuran jumbo ini ditemukan di Laut Bering yang terletak di antara Rusia dan Alaska pada Oktober 2007, saat organisasi Greenpeace tengah melakukan ekspedisi untuk keperluan riset.

Cumi-cumi raksasa tersebut dilaporkan menabrakkan diri ke kapal selam milik organisasi pembela lingkungan hidup tersebut, kemudian menyemprotkan cairan tintanya ke kapal.

Aksi cumi-cumi raksasa itu terekam kamera dari kapal selam. Beruntung, hewan sefalopoda tersebut langsung menjauh dan tidak mengalami cedera.

Sesuai namanya, cumi-cumi raksasa memang memiliki tubuh yang sangat besar - mereka dapat mencapai ukuran maksimal 13 meter untuk betina dan 10 meter untuk jantan.

Karena ukurannya yang besar, tak banyak hewan laut yang menjadi predator mereka. Hanya beberapa jenis paus seperti paus sperma dan paus pilot saja yang memakan mereka.

3. Ubur-Ubur Surai Singa

Ubur Ubur Surai Singa 2076e

Pada bulan Februari tahun 2014 silam, penemuan ubur-ubur dengan diameter mencapai 1,5 meter ditemukan di pantai selatan Hobart, Tasmania, Australia oleh Jose Lim dan keluarganya.

Usut punya usut, hewan tersebut masuk ke dalam spesies ubur-ubur surai singa yang merupakan salah satu organisme terbesar di dunia, loh.

Biota laut tersebut sebelumnya juga pernah ditemukan terdampar di Massachusetts pada tahun 1870 dan memiliki diameter tubuh mencapai 2,3 meter.

Tentakelnya yang seperti surai juga sangat panjang, bisa mencapai 36,6 meter dan digunakan untuk memangsa ikan, zooplankton, ubur-ubur kecil, dan makhluk laut lainnya.

Ubur-ubur ini banyak ditemukan di perairan dingin seperti Kutub Utara, Atlantik utara, dan Samudra Pasifik utara.

4. Elang Harpy

Elang Harpy 15670

Burung biasanya dikenal sebagai hewan berukuran kecil hingga sedang. Mungkin burung terbesar yang pernah kamu jumpai hanyalah sebesar lengan manusia.

Tetapi ada loh, spesies burung elang seukuran manusia, namanya elang harpy.

Foto elang harpy sempat menggegerkan warga Facebook dengan kemunculan foto hewan tersebut yang lebih terlihat seperti seorang pria yang menggunakan kostum burung.

Ada pula foto seorang pria yang foto bareng dengan hewan super besar ini, geng. Bukan editan atau palsu, burung Harpy Eagle beneran sebesar itu!

Diketahui, burung yang sangat lihai berburu itu memiliki tinggi hingga 1,1 meter dan lebar sayapnya mencapai 2 meter. Wow!

5. Buaya Lolong

Buaya Lolong 2720a

Siapa yang tak takut dengan buaya? Reptil tersebut dikenal sebagai satwa berdarah dingin yang ganas. Ukurannya yang besar juga membuat buaya semakin mengerikan.

Walaupun buaya yang kita tahu selama ini sudah berukuran besar, ternyata mereka bukanlah buaya terbesar di dunia, loh.

Buaya yang sangat besar pernah ditemukan pada September 2011 di Kota Bunawan, Filipina dan dilaporkan suka memangsa manusia. Hiii!

Binatang yang dikenal dengan nama buaya Lolong tersebut memiliki panjang sekitar 6 meter dengan berat 1 ton dan sudah berumur 50 tahun.

Lolong akhirnya mati di sebuah penangkaran, namun tak diketahui apa penyebab nyawa buaya raksasa tersebut tak terselamatkan.

Akhir Kata

Waduh, ngeri-ngeri sedap kalau nemu hewan-hewan di atas di sekitar rumah kita ya, geng. Kalau lihat, bakal panik nggak? Panik nggak? Ya panik lah, masa enggak!

Untung saja, tidak mudah untuk menemukan hewan berukuran raksasa seperti itu, geng. Menurutmu, mana yang paling keren?

Baca juga artikel seputar Hewan atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

Danau Sentani di Papua Surut, Benda Peninggalan Zaman Purbakala Muncul ke Permukaan

10 Artis Wanita Berdarah Blasteran yang Punya Nama Panjang dan Sulit Dieja

75+ Nada Dering WA Terbaru & Terlengkap 2021, Gratis!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

10 Potret Rumah Masa Kecil Artis Indonesia, Tak Mewah Tapi Penuh Memori! | Ada yang Beralas Tanah

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 07 08t122757 390 63e2b
Viral Orangutan Masuki Desa di Kalimantan Timur, Pertanda Lingkungan Sudah Rusak Parah?
Untitled Design 2021 07 07t111336 969 9666e
Keren! Hewan Ini Berhasil Dihidupkan Kembali Oleh Ilmuwan Setelah Dibekukan Selama 30 Tahun
Hewan Purba 7b261
Pasti Kamu Nggak Tahu! 5 Hewan Ini Hidup Sebelum Dinosaurus Ada di Muka Bumi
Untitled Design 2021 06 30t233043 238 91e78
12 Potret Hewan Hasil Kawin Silang Ini Keren Banget | Jadi Spesies Langka dan Mahal!
Untitled Design 2021 05 04t101038 854 6bc7f
Ini 7 Hewan Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah, Ada yang Saat Ini Masih Hidup!
Hewan Zaman Purba E9890
7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Dunia | Banyak yang di Indonesia
Tags Terkait: fakta
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal