3 Fakta Menarik Duel Dewa Kipas vs GM Irene dari Kacamata Esports

Default

Ada sejumlah fakta menarik yang terjadi dalam duel Dadang Subur alias Dewa Kipas vs Grandmaster Wanita Catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar, Senin (22/03/21) lalu.

Sebagaimana diketahui, Dewa Kipas awalnya viral usai mengalahkan pecatur dunia, Levy Rozman alias GothamChess di Chesscom. Dewa Kipas dituduh main curang karena data permainannya tidak normal sehingga akunnya di-banned oleh Chesscom.

Sementara Irene Sukandar bereaksi ketika Deddy Corbuzier membuat konten yang mengangkat nasib Dewa Kipas dituduh sebagai cheater. Alhasil, keduanya pun menerima tantangan duel secara langsung.

Dalam laga tersebut, Dewa Kipas harus menyerah kalah dari Irene Sukandar dengan skor 0-3.

Dari jalannya laga yang ditonton hingga 1,2 juta orang itu di YouTube Deddy, ada sejumlah fakta menarik yang bisa dilihat dari kacamata esports. Berikut ulasan Jaka selengkapnya.

1. Dewa Kipas Pakai Atribut Dewa United

Dewa Kipas Ad8e0

Sebelum memulai laga sengit kontra Irene Sukandar, Dewa Kipas tampak mengenakan jaket hitam berlogo Dewa United, sebuah tim eSports yang baru saja meramaikan industri gaming di Tanah Air di tahun 2021 ini.

Dengan memanfaatkan nickname 'Dewa' yang digunakan Dewa Kipas, maka Dewa United sekaligus memanfaatkan viralnya Dadang Subur untuk menguatkan brand mereka, tak hanya di kancah eSports saja.

Namun setelah Dewa Kipas takluk 0-3 dari Irene Sukandar, kerja sama antara ia dan Dewa United tak berhenti sampai di sana. Pihak manajemen langsung menggelar fun match bersama Dadang Subur di Jakarta.

Dewa Kipas menantang CEO Dewa United, Kevin Hardiman atau yang dikenal dengan Om Gadun. Hasilnya, Pak Dadang berhasil menaklukkan pihak Dewa United.

Laga ekshibisi catur ini disiarkan secara langsung melalui akun Instagram Dewa United Esports. Tampak pada duel tersebut, kedua pemain bermain santai sembari menyeruput kopi hitam yang disediakan.

Hasilnya, Dewa Kipas memenangkan laga atas CEO Dewa United dengan skor 2-0.

2. Chelsie Monica Penggemar Mobile Legends

Chelsie Monicaa F1bce

Tak hanya menaikkan pamor Dewa Kipas dan Irene Sukandar, duel pecatur Indonesia yang digawangi Deddy Corbuzier itu juga mengangkat nama komentator cantik dan pecatur putri nasional, Chelsie Monica.

Namun siapa sangka, Chelsie Monica yang memiliki gelar Master International Wanita, juga jago memainkan game Mobile Legends loh! Dara cantik 25 tahun itu kerap mengunggah aktivitasnya di media sosial.

Tampak dalam Instagram Stories @chelsie.monica, pemilik nickname Cuteica itu piawai memainkan hero support Eudora, dan berhasil meraih total 9 kill.

Chelsie Monica 03ab6

Bahkan jika melihat riwayat match, Chelsie memainkan hero Eudora 14 kali dari 20 laga. Total permainan Chelsea menggunakan hero penguasa petir itu sudah mencapai 1104 match dengan win rate 50,8%. Keren banget!

Makanya, saat menjadi komentator di laga catur Dewa Kipas vs Irene Sukandar, Chelsie Monica juga membawa beberapa istilah dari Mobile Legends, seperti recall atau lainnya.

3. Total Hadiah Fantastis

Dewa Kipas 100jt 553d6

Dewa Kipas, meskipun takluk dari GM Irene dalam laga yang diinisiasi oleh Deddy Corbuzier, namun berhasil mengantongi total hadiah yang fantastis, yaitu Rp 100 juta.

Sementara Irene yang berhasil menang 3-0 atas Pak Dadang, mengantongi total hadiah Rp 200 juta. Angka ini tentu saja sangat besar, belum pernah didapat dalam pertandingan catur resmi di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan kompetisi eSports di Indonesia, umumnya penyelenggara bisa menyiapkan hadiah Rp200 juta, namun tetap dibagikan kepada pemenang dan runner up.

Kemudian jika melihat kompetisi eSports nasional seperti Free Fire Indonesia Masters (FFIM) 2021 Spring lalu, tim EVOS Esports sebagai pemenang juga mendapat hadiah utama sebesar Rp 250 juta.

Namun, total hadiah ini masih harus diatur oleh manajemen, kemudian pro player akan mendapat haknya masing-masing. Maka, untuk sebuah duel individu, angka Rp 200 juta yang didapat Irene Sukandar sangat besar.

Meski demikian, bukan nominal hadiah yang menjadi tujuan duel Dewa Kipas vs GM Irene Sukandar, melainkan untuk meningkatkan citra catur Indonesia agar dikenal luas oleh masyarakat dan di kancah internasional.

Akhir Kata

Meski memiliki latar belakang sebagai pecatur, namun kita patut mengapresiasi Dewa Kipas dan Irene Sukandar, karena juga turut meramaikan industri eSports nasional.

Siapa tahu, setelah ini Dewa Kipas akan bergabung dengan manajemen Dewa United Esports dan bisa mengangkat citra catur Indonesia makin dikenal khalayak luas.

BACA JUGA

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Kisah Cinta Pro Player Paling Heboh, Kekerasan & Perselingkuhan!

5 Penemuan Aneh Tapi Jenius Banget, Bikin Hidup Anti Ribet!

Mirip Film Kiamat, Arus Laut Utama Bumi Melambat | Dunia Dalam Bahaya?

7 Pemain Catur Terbaik Indonesia Bergelar Grandmaster, Jagoan Tiada Tanding!

ARTIKEL TERKAIT
Tim Esports Terbaik Banner A13d6
10 Tim eSports Terbaik Dunia, Penghasilannya Sampai Ratusan Miliar!
Cover Terminated B332b
4 Kabar Esports Menghebohkan Maret 2021: Aerowolf Terminated, Xinn Comeback ke RRQ?
Cover Player Kembar 4181d
4 Pemain Esports Indonesia yang Kembar Identik, Mending Satu Tim atau Saingan?
Momen Farewell Pro Player C2e2e
5 Momen Perpisahan Pro Player Paling Bikin Baper, Penonton Kecewa!
Atlet Esports Indonesia Yang Diakui Dunia A06b1
5 Pro Player Indonesia yang Mendunia, Diboyong Tim Luar Negeri!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal