7 Pemain Catur Terbaik Indonesia Bergelar Grandmaster, Jagoan Tiada Tanding!

Kalau bicara olahraga catur, kita tidak hanya membahas aktivitas memindahkan biduk yang dilakukan 2 orang. Akan tetapi, pertandingan catur terkenal sebagai seni strategi tingkat tinggi dan dan berpikir logis.

Mereka yang sudah terkenal piawai bermain catur akan dipertandingkan secara ketat hingga tingkat internasional.

Setelah itu, mereka yang berhasil masuk peringkat catur ELO minimal 2500 dan memenangkan Kejuaraan Junior Dunia akan mendapat gelar 'Grandmaster' (GM) dari organisasi catur internasional, Federation Internationale des Eches (FIDE).

Nah, di Indonesia sendiri ternyata sudah cukup banyak pecatur yang berhasil berprestasi dan mampu meraih gelar Grandmaster. Siapa saja mereka? Berikut info selengkapnya!

1. Herman Suradiradja

Grandmaster Indonesia 1 9c443

Pecatur Indonesia pertama sepanjang sejarah yang berhasil meraih gelar Grandmaster adalah Herman Suradiradja.

Lahir di Sukabumi, 14 Oktober 1947, GM Herman menempuh pendidikan catur dan memperoleh semua persyaratan mendapat gelar GM di Bulgaria.

Hingga akhir hayatnya di tahun 2016, GM Herman masih cukup aktif bermain catur, walau performanya menurun karena kondisi kesehatannya.

2. Haji Ardiansyah

Grandmaster Indonesia 2 447ec

Bagi penggemar catur pastinya sudah familiar dengan nama GM Haji Ardiansyah. Lahir di Banjarmasin, 5 Desember 1951, GM Abah sudah beberapa kali mewakili Indonesia dalam Olimpiade Catur.

Salah satunya yang paling membanggakan, ia berhasil mengalahkan pecatur top dunia, yakni GM Viswanathan asal India pada Olimpiade Dubai 1986.

GM Abah sendiri memperoleh gelar GM saat Olimpiade Catur di Lucerne, Swiss pada tahun 1982. Sampai akhir hayatnya di tahun 2017, GM Abah sudah meraih peringkat ELO tertinggi pada Juli 2000, yakni 2421.

3. Utut Adianto Wahyuwidayat

Grandmaster Indonesia 3 3812a

Lahir di Jakarta, 16 Maret 1962, Utut Adianto sudah berhasil meraih gelar GM di usianya yang masih muda, yakni 21 tahun. Persis seperti kita nonton The Queen's Gambit (2020)!

Bahkan, ia pernah menjadi grandmaster super pada tahun 1995 hingga 1999. Saat itu, ELO ratingnya melebihi 2600. Hebat banget, bukan?

Kini, selain mendirikan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) dan menjadi politikus, ia dipercaya menjadi Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi).

4. Edhi Handoko

Grandmaster Indonesia 4 4 A1c35

GM Edhi merupakan pecatur andal Indonesia kelahiran Solo 28 Agustus 1960. Sebelumnya, ia berhasil meraih gelar Grandmaster Nasional pada tahun 1978.

Puncaknya, ia meraih gelar Grandmaster internasional pada tahun 1994 dengan total perolehan rating ELO mencapai 2495.

Ia pun terkenal berhasil membawa banyak sekali piala dan medali bagi Indonesia. Setelah pensiun, ia beralih menjadi pelatih bagi pecatur muda Indonesia.

5. Cerdas Barus

Grandmaster Indonesia 4 260f1

Lahir di Karo, 1 Januari 1961, GM Cerdas Barus justru mengenal catur saat ia pertama kali memainkan Satur Karo, permainan tradisional khas Karo yang mirip dengan catur konvensional.

Setelah itu, ia mulai rutin mengikuti pertandingan catur baik di dalam maupun luar negeri. Puncaknya adalah saat ia memperoleh gelar Grandmaster Nasional di Bandung tahun 1982.

Ia pun tercatat tidak pernah absen mengikuti berbagai macam pertandingan catur hingga masa pensiunnya di tahun 2002.

6. Novendra Priasmoro

Grandmaster Indonesia 6 85029

Sekolah Catur Utut Adianto sudah melahirkan puluhan hingga ratusan pecatur berprestasi. Salah satunya adalah Novendra Priasmoro.

Lahir di Jakarta, 24 November 1999, Novendra berhasil meraih gelar Grandmaster dengan ELO rating mencapai 2504 saat menjuarai Liberic Open 2020 di Ceko.

Selain itu, ia juga terkenal menjuarai berbagai macam pertandingan catur, mulai dari tahun 2012, 2014, 2015, 2016, hingga 2017 berturut-turut!

7. Irene Kharisma

Grandmaster Indonesia 7 Ab644

Siapa sih yang nggak familiar dengan Irene Kharisma? Pecatur muda ini berhasil meraih gelar Grandmaster Internasional Wanita (GMIW) sejak bulan Desember 2008.

GM Irene sendiri juga merupakan alumni Sekolah Catur Utut Adianto, yang mana ia sudah dikenalkan dengan catur saat berusia 8 tahun oleh sang ayah.

GM Irene juga terkenal berkat berbagai macam prestasinya. Makanya nggak heran, ia berani menerima tantangan bermain catur lawan Dewa Kipas saat menjadi bintang tamu Deddy Corbuzier Podcast.

Akhir Kata

Itulah tadi sederet pemain catur terbaik Indonesia yang sudah bergelar 'grandmaster'. Mau coba menantang mereka bermain?

Baca juga artikel seputar Catur atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Kelakuan Aldi Taher yang Dianggap Cari Sensasi

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

5 Orang Super Kaya yang Hidup Luar Biasa Hemat, Tak Peduli Gengsi!

ARTIKEL TERKAIT
Game Catur B0791
11 Game Catur Terbaik Online & Offline 2021, Untuk HP dan PC!
Diserang Netizen Pecatur Dunia Yang Kalah Blokir Indonesia Banner 4ee8d
Diserang Netizen, Pecatur Dunia yang Kalah dari Pak Dadang Blokir Indonesia
Untitled Design 69 De1d3
Nonton The Queens Gambit (2020) | Pecatur Wanita dan Kentalnya Seksisme
Mengenal Pak Dadang Pecatur Indonesia Yang Kalahkan Gamer Catur Dunia Banner C9dac
Mengenal Pak Dadang, Pecatur Indonesia yang Kalahkan Gamer Catur Dunia!
Pak Dadang Dituduh Curang Banner B73a1
Pak Dadang Main Curang saat Kalahkan Pecatur Dunia GothamChess?
Maxresdefault22 A472e
GothamChess Siap Rematch Lawan Dewa Kipas, Tapi Ada Syaratnya!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal