J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              6 Tips Penting Untuk Membuat Smartphone Android Tetap Aman

              6 Tips Penting Untuk Membuat Smartphone Android Tetap Aman

              00
              Sabtu, 2 Jul 2016, 10:00 WIB
              Ikuti cara-cara di dalam artikel ini, agar smartphone tetap aman terkendali guys.

              Saat ini, smartphone Android sudah mendominasi pasar teknologi. Tentu saja, karena sistem operasi Android memiliki satu sifat yaitu open-source yang memberikan berbagai kemudahan kepada para penggunanya. Kamu bisa mengakses apapun sesuai daya kreatifitas kamu yang kamu punya untuk mengutak-atik sebuah perangkat Android.

              Namun, di sisi lain hal ini juga membawa nilai fleksibilitas sendiri bagi para pembuat aplikasi berbahaya seperti pengembang malware dan juga hacker. Biasanya, mereka akan mencoba hal-hal gila untuk mencuri informasi pribadi pengguna smartphone seperti password, mengambil data-data pribadi seperti layanan perbankan, dan lain sebagainya. Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Baiklah, Jaka akan memberikan enam tips penting untuk membuat smartphone aman.

              BACA JUGA
              • WASPADA, Malware Berbahaya Ini Menyamar Jadi Aplikasi Google di Android Kamu!
              • AWAS! Situs-situs Khusus Dewasa Ini Terinfeksi Malware!
              • HATI-HATI! Malware GHOST PUSH Berhasil Masuk Google Play Store Android!

              10 Tips Penting Untuk Membuat Smartphone Android Kamu Tetap Aman

              1. Enkripsi Smartphone Android Kamu

              smartphone android aman 1

              Google telah memberikan beberapa langkah untuk memastikan agar smartphone Android kamu tetap aman. Nah, salah satu caranya adalah mengenkripsi smartphone Android kamu. Setelah kamu berhasil mengenkripsi smartphone Android kesayangan kamu, maka kamu diwajibkan untuk memasukkan PIN dan password untuk mengakses file. Enkripsi smartphone Android akan menyimpan data sebaik mungkin walaupun perangkat kamu di-hack atau bahkan dicuri. Oh iya, untuk mengenkripsi smartphone, Settings > Security > Encrypt Phone.

              2. Selalu Gunakan App Permissions dengan Seksama

              smartphone android aman 2

              Sistem operasi Android terbaru, yakni Marshmallow, berbeda dari OS Android sebelumnya. Marshmallow akan selalu meminta izin untuk setiap aplikasi yang akan ter-install di smartphone. Sehingga, kamu bisa memiliki kemampuan untuk menolak aplikasi tertentu melalui fitur App Permissions ini. Jadi, dengan adanya hal ini, aplikasi sampah tidak bisa ter-install begitu saja meski tanpa kita sadari.

              3. Pasang Aplikasi Android Device Manager

              Android Device Manager 1.1.9
              Apps Drivers & Smartphone Google Inc.
              DOWNLOAD

              Android Device Manager merupakan aplikasi yang sangat membantu apabila smartphone kamu hilang. Ya, karena di dalam aplikasi Android keren ini, kamu bisa menemukan lokasi smartphone Android terbaik kamu, kemudian menghubungkannya ke akun Google kamu. Lalu, kamu juga bisa me-reset PIN screen lock smartphone kamu apabila ada hal yang tidak terduga. Ketiga, setelah kamu mendapatkan data-data kamu, kamu bisa menghapus semua data yang ada di smartphone tersebut. Kamu juga bisa membacanya di PENTING! Inilah Cara Terlengkap Menggunakan Android Device Manager.

              4. Simpan Data-Data Penting di Penyimpanan Internal

              smartphone android aman 3

              Memangnya kamu pikir, smartphone Android Nexus dan iPhone tidak menyediakan slot SD card tanpa alasan begitu saja? Sebenarnya, selain menghambat kinerja, resiko untuk kehilangan data pada memori eksternal juga cukup rentan. Masalahnya, memori eksternal menggunakan campuran sistem antara EXT dan FAT, yang mana dianggap cukup mudah untuk menyusup dan mendapatkan akses file pribadi. Saat dihubungkan ke PC, aplikasi pada PC memiliki akses untuk menyusupi file di SD card, dan hal itu berpotensi untuk menanamkan virus atau kode lainnya dengan mudah. Jadi, simpan data-data penting kamu di memori internal ya.

              5. Perhatikan Jaringan Internet Kamu

              Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
              Apps Productivity Liquidum Limited
              DOWNLOAD

              Jika jaringan internet kamu tidak aman, maka jelas ini bisa menjadi jembatan terbaik bagi para hacker dengan leluasa mencuri data kamu. Untuk itu, gunakan aplikasi VPN di Android seperti Rocket VPN yang sudah cukup terbukti untuk dapat diandalkan. Dengan menggunakan aplikasi VPN di Android, berarti memastikan semua informasi yang kamu kirim di seluruh web sudah terenkripsi dan identitas kamu tetap tersembunyi.

              6. Jangan Gunakan Sembarang WiFi Seenaknya

              smartphone android aman 4

              Siapa sih yang tidak suka internet gratisan? Memang, jika kita pergi ke suatu tempat, hal pertama yang akan dicari adalah hotspot WiFi. Tetapi, apakah kamu tahu, menggunakan sembarang WiFi seenaknya dapat menjadi sebuah masalah untuk kamu? Apa alasannya? Pertama, di jaringan terbuka seperti itu, sangat memungkinkan orang jahat untuk mengintai. Bahkan, beberapa kode berbahaya juga bisa ditransfer ke smartphone Android kesayangan kamu. Jadi, ingat jangan gunakan sembarang WiFi seenaknya mulai dari sekarang.

              Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar membuat smartphone Android terbaik kesayangan kamu tetap aman dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, JalanTikus juga mempunyai beberapa tips dan trik lainnya seputar keamanan untuk smartphone Android. Selamat mencoba!

              Tips dan Trik Untuk Smartphone Android Lainnya:

              APPS TERKAIT
              Hotspot Shield 6.8.0
              Apps AnchorFree, Inc
              Malwarebytes Anti-Exploit 1.08.1.1196
              Apps Malwarebytes
              SUPERAntiSpyware 6.0.1218
              Apps SUPERAntiSpyware
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal